cover
Contact Name
Rahmat Perdana
Contact Email
rahmat260997@gmail.com
Phone
+6282182864903
Journal Mail Official
jber.cahayaic@gmail.com
Editorial Address
Jl. Perumnas Griya Sungai Duren Indah, No. 54 A, Jambi, Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Journal of Basic Education Research
ISSN : 27164217     EISSN : 27161560     DOI : https://doi.org/10.37251/jber
Core Subject : Education,
Journal of Basic Education Research (JBER) publishes high-quality methodological assessment, evaluation, and study research texts in various educational settings and scientific disciplines with their own specific phenomena, as well as related studies that address issues of concern in education today. Journal of Basic Education Research (JBER) discusses scientific research on how assessment and evaluation can improve educational outcomes; research on how various scientific disciplines can inform theoretical, practical, and political perspectives at various levels and education systems. This journal mainly covers, manuscripts in the following fields: Performance assessment Instrument development Policy analysis Program evaluation Test management Development of research methodology in Primary and Elementary Programs Curriculum assessment and evaluation in Primary and Elementary Programs Local and global issue education 21st century Learning evaluation and assessment in Primary and Elementary Programs
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2022): Januari" : 6 Documents clear
Perbandingan Hasil Belajar Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 Pada Kelas III A dan III B Sekolah Dasar Samino Samino; Latipia Damayanti
Journal of Basic Education Research Vol 3 No 1 (2022): Januari
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37251/jber.v3i1.201

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar tema pada kelas III A dan III B di Sekolah Dasar. Metode Penelitian: Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 peserta didik kelas V SDN 2 Muara Kelingi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket hasil belajar peserta didik. Temuan Utama: Hasil yang didapatkan adalah terdapat perbandingan antara hasil belajar pada kelas III A dan III B di SDN 2 Muara Kelingi. Keterbaruan Penelitian: Keterbaruan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan perbandingan hasil belajar tema pada kelas III A dan III B di Sekolah Dasar..
Implementasi Belajar dan Bermain: Hasil Belajar pada Muatan Pelajaran IPS Sekolah Dasar Supriati Supriati; Juwita Saputri
Journal of Basic Education Research Vol 3 No 1 (2022): Januari
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37251/jber.v3i1.202

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi belajar dan bermain pada muatan pelajaran IPS. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan subjek penelitian berjumlah 14 peserta didik dengan teknik random sampling. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan wawancara para narasumber Temuan Utama: Hasil menunjukan bahwa belajar dan bermain memberikan pengalaman yang luar biasa bagi peserta didik. Muatan pelajaran IPS menjadi muatan yang dapat mempelajari kehidupan lingkungan sosial. Keterbaruan Penelitian: Keterbaruan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan implementasi belajar dan bermain pada muatan pelajaran IPS.
Karakter Peduli Sosial: Pengaruh Aplikasi “Tik Tok” PadaPeserta Didik Kelas V A SD Ninda Silvia; Ilyani Ropida
Journal of Basic Education Research Vol 3 No 1 (2022): Januari
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37251/jber.v3i1.203

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah mencari tahu pengaruh penggunaan aplikasi Tik Tok pada karakter peduli sosial peserta didik. Metode Penelitian: Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Mix Method. Penelitian dilakukan di SD Negeri 66/IV Kota Jambi pada kelas V A. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial Temuan Utama: Hasil penyebaran kedua angket mengungkapkan karakter peduli sosial peserta didik perlu ditingkatkan. Sedangkan penggunaan aplikasi Tik Tok peserta didik masuk dalam kategori tidak baik. Hasil dari pengujian regresi mengungkapkan bahwa penggunaan aplikasi Tik Tok berpengaruh pada karakter peduli sosial peserta didik dengan nilai sig. 0,031. Oleh karena itu, karakter peduli sosial peserta didik perlu ditingkatkan agar peserta didik tidak semakin menjadi manusia yang anti sosial. Keterbaruan Penelitian: Keterbaruan dalam penelitian ini terdapat pada variabel yang berbeda dengan penelitian sebelumnya, yaitu karakter peduli sosial. Keterbatasan penelitian ini terletak pada hanya media sosial aplikasi Tik Tok saja serta karakter peduli sosial.
Hubungan Karakter Tanggung Jawab Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Irma Widya Ningsih
Journal of Basic Education Research Vol 3 No 1 (2022): Januari
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37251/jber.v3i1.204

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakter tanggung jawab pada peserta didik terhadap proses pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Metode Penelitian: Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan sampel 13 peserta didik di kelas II SD Negeri 091 Mersam dan teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket karaktertanggung jawab. Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Temuan Utama: Hasil yang didapatkan menunjukkan terdapat hubungan pada karakter tanggung jawab pada peserta didik terhadap proses pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar dengan nilai sig. 0,00 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa karakter tanggung jawab memiliki hubungan yang signifikan terhadap proses pembelajaran muatan Tematik di Sekolah Dasar. Keterbaruan Penelitian: Keterbaharuan penelitian ini adalah meneliti hubungan karakter tanggung jawab terhadap proses pembelajaran muatan Tematik di sekolah dasar. Sedangkan penelitian sebelumnya melakukan penelitian dengan meneliti peningkatan keterampilan berpikir kritis dan sikap gemar membaca peserta didik melalui model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berbasis literasi
Metode Pembelajaran Karya Wisata Candi Muaro Jambi: Analisis Hasil Belajar Peserta Didik pada Muatan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Qonita Luthfiah; Fatimah Fatimah
Journal of Basic Education Research Vol 3 No 1 (2022): Januari
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37251/jber.v3i1.205

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPS peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran karyawisata. Metode Penelitian: Dengan metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 27 orang peserta didik kelas IV SDN 46/VII Tanjung II, dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Temuan Utama: Hasil observasi dan wawancara dianalisis menggunakan teknik analisis dari milles dan huberman. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran IPS dengan menggunakan metode karyawisata mendapatkan hasil belajar yang memuaskan guru dengan kategori baik karena peran seorang guru dalam memberikan pembelajaran dan peserta didik yang berantusias dalam belajar. Keterbaruan Penelitian: Perbedaan penelitian yang dilakukan dengan penelitian yang pernah dilakukan terkait pembelajaran berbasis karyawisata ini adalah penggunaan metode pembelajaran karya wisata candi muaro jambi terhadap hasil belajar peserta didik pada muatan pembelajaran IPS di sekolah dasar. Hal ini yang membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang metode pembelajaran karya wisata di candi muaro jambi.
Analisis Karakter disiplin Peserta Didik Sekolah Dasar dalam Muatan Pembelajaran Matematika Ubaidillah Ubaidillah; Rendi Nur Efendi
Journal of Basic Education Research Vol 3 No 1 (2022): Januari
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37251/jber.v3i1.206

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter disiplin peserta didik kelas V. Dengan mengunakan muatan pembelajaran matematika dalam pembelajaran Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah sudi kasus.Penelitian ini bertujuan memusatkan perhatian pada sebuah fenomena atau kejadian. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 orang peserta didik kelas V .Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 66/IVKota Jambi, dengan teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Analisis data yang peneliti gunakan adalah teknik analisis data Miles & Huberman. Temuan Utama: Hasil dalam penelitian ini, bahwasanya tidak ada upaya khusus yang diberikan guru kepada karakter disiplin peserta didik. Peserta didik telah memiliki karakter disiplin yang baik. Hal ini terbukti dari hasil observasi yang telah peneliti lakukan. Peserta didik telah memenuhi setiap indikator-indikator dari karakter disiplin. Akan tetapi, karakter disiplin sangatlah dilatih dalam muatan pembelajaran matematika. Oleh karena itu penting bagi guru, tetap menjaga dan meningkatkan kembali karakter disiplin dalam diri peserta didik melalui muatan pelajaran matematika. Keterbaruan Penelitian: Keterbaruan dalam penelitian ini adalah menemukan bagaimana karakter disiplin peserta didik yang ada di kelas V C SD Negeri 66/IV Kota Jambi. Serta pada muatan pelajaran matematika di kelas.Keterbatasan penelitian ini terletak pada hanya karakter disiplin saja serta hanya pada muatan pelajaran matematika.

Page 1 of 1 | Total Record : 6