cover
Contact Name
Ridho Dedy Arief Budiman
Contact Email
ridho.ikippgriptk@gmail.com
Phone
+6289675086527
Journal Mail Official
juwara.harapanananda@gmail.com
Editorial Address
YAYASAN PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN HARAPAN ANANDA DAERAH KALIMANTAN BARAT Jalan Arteri Supadio, Komplek Pondok Indah Lestari, Sungai Raya, Kubu Raya Phone: +6289675096527 e-mail: juwara.harapanananda@gmail.com
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara
ISSN : 27972097     EISSN : 27972119     DOI : -
JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Yayasan Pendidikan dan Pengembangan Harapan Ananda Daerah Kalimantan Barat dengan p-ISSN 2797-2097 (cetak) dan e-ISSN 2797-2119 (online). Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian dibidang pendidikan, pengajaran, evaluasi belajar, dan teknologi baik laporan penelitian maupun tinjauan buku yang dapat memberikan solusi permasalahan bagi perkembangan dunia pendidikan dan pengajaran secara luas dan bermanfaat serta belum pernah publikasi di media cetak maupun elektronik.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022)" : 7 Documents clear
Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Turunan Fungsi Kelas XI SMA Lea Lea; Theresia Sukma Mantili; Etthy Christin
Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Yayasan Pendidikan Dan Pengembangan Harapan Ananda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58740/juwara.v2i1.35

Abstract

Tujuan penelitian  adalah  menganalisis kemampuan pemahaman matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI.instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman matematis siswa yang berjumlah 3 soal sesuai dengan indikator pemahaman matematis siswa. Setelah pengumpulan data, peneliti menganalisis hasil pengerjaan soal kemampuan pemahaman matematis dan hasil wawancara untuk melihat kemampuan pemahaman matematis siswa. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa kelas XI SMA Kristen Filadelfia masih rendah yang ditunjukkan dengan terdapatnya banyak kekeliruan penyelesaian soal kemampuan pemahaman matematis khususnya pada indicator menyatakan ulang sebuah konsep dalam materi turunan fungsi, memberi contoh dan bukan contoh dari konsep, setra pada indikator menyajikan konsep dalam berbagai representasi matematis yang dinyatakan dalam materi turunan fungsi.  . Abstract  The purpose of this research is to analyze the students’ mathematical understanding ability. The method used in this research is descrivtive method. The research subjects were XI grade students. The instrument used in this study was a test of students’ mathematical understanding abilities, which consisted of 3 questions according to the indicators of students’ mathematical understanding. After colleting data, the researcher analyzed the results of working on the mathematical understanding ability and interview results to see the students’ mathematical understanding ability. Based on data analysis, it can be concluded that the mathematical understanding ability of grade XI students is still low, which is indicated by the presence of many errors in solving problems of mathematical understanding ability, especially on indicators of restating concepts in function derivative materials, providing examples and not examples of concept, and indicators presenting concepts in various mathematical representations expressed intrems of derivative function.
Integrasi Geogebra dan Problem-Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi SPLDV Lulu Sopanda; Sri Karmila Novita Sari; Mardiana Mardiana
Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Yayasan Pendidikan Dan Pengembangan Harapan Ananda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58740/juwara.v2i1.36

Abstract

Abstrak Dalam penelitian ini, pembelajaran yang mengintegrasikan Geogebra dan Problem-Based Learning dilakukan guna mewujudkan pembelajaran yang lebih efektif, yang mana pada penelitian sebelumnya, model pembelajaran sering kali dilakukan secara murni tanpa kombinasi media yang tepat. Ketika intervensi dilakukan, ditemukan bahwa hasil post-test kelas eksperimen meningkat secara signifikan. Pembelajaran SPLDV menggunakan Geogebra terintergrasi PBL dibanding dengan metode konvensional, metode konvensional menghasilkan hasil yang jauh lebih buruk. Integrasi Geogebra dan PBL dianggap lebih efektif daripada pembelajaran konvensional. Skor N-Gain meningkat sebesar 75% di kelas eksperimen, menunjukkan bahwa itu cukup efektif. Sedangkan di kelas kontrol juga terjadi peningkatan, namun hanya sebesar 50%, yang berarti kurang efektif. Ini menjadi bukti bahwa implementasi integrasi Geogebra dan PBL lebih efektif dibanding pembelajaran konvensional dalam meningkatkan pemahaman konsep pada materi SPLDV. Abstract In this study, learning that integrates Geogebra and Problem-Based Learning is carried out in order to realize more effective learning, which in previous studies, the learning model was often carried out purely without the right combination of media. When the intervention was carried out, it was found that the post-test results of the experimental class improved significantly. SLETV learning using PBL integrated Geogebra compared to conventional methods, conventional methods produce far worse results. GeoGebra and PBL integration is considered more effective than conventional learning. The N-Gain score increased by 75% in the experimental class, indicating that it was quite effective. Meanwhile in the control class there was also an increase, but only by 50%, which means it is less effective. This is proof that the implementation of Geogebra and PBL integration is more effective than conventional learning in improving concept understanding in SLETV material. 
Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa dalam Kegiatan Layanan Bimbingan Karir Melalui Metode Konseling Wira Miharja; Rycka Rycka; Marguin Marguin
Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Yayasan Pendidikan Dan Pengembangan Harapan Ananda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58740/juwara.v2i1.39

Abstract

Abstrak Pemilihan objek penulisan tersubut berdasarkan kenyataan bahwa kemampuan pemahaman siswa terhadap layanan bimbingan karir ini masih rendah. Padahal dengan dikuasainya materi ini pada pada umum siswa tidak mengalami kesulitan untuk mempelajari mata pelajaran lainnya. Ini dilakukan pada bulan Januari dan April 2022. Metode konseling kelompok sebagai metode pembelajaran dalam proses layanan guru melatih siswa untuk jujur dan terbuka dalam menjawab masalah yang ada pada diri mereka. Kerjasama dalam kelompok menjadi kunci siswa dalam menyelesaikan masalah pelajaran dan sekolah. Dari penulisan ini dapat disimpulkan bahwa kelas XII IPA SMAN 2 Sungai Raya sangat antunisiasi dan termotivasi dalam mengikuti layanan bimbingan. Motivasi akan senantiasa menentukan intensiasi belajar siswa. Hal ini akan dapat menigkatkan prestasi belajar siswa. Abstract The selection of the object of writing is based on the fact that students' understanding ability of this career guidance service is still low. In fact, by mastering this material, in general, students do not have difficulty learning other subjects. This was carried out in January and April 2022. The group counseling method as a learning method in the teacher service process trains students to be honest and open in answering problems that exist in themselves. Cooperation in groups is the key for students in solving learning and school problems. From this writing, it can be concluded that the XII IPA class of SMAN 2 Sunggai Raya is very enthusiastic and motivated in participating in the guidance service. Motivation will always determine student learning intentions. This will be able to increase student achievement.
Rancang Bangun Sistem Informasi Absensi dan Penghitungan Lembur Karyawan Slamet Rahayu; Nunu Nugraha Purnawan; Rian Piarna
Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Yayasan Pendidikan Dan Pengembangan Harapan Ananda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58740/juwara.v2i1.40

Abstract

Abstrak CIFO merupakan salah satu perusahaan internet service provider dan software house di kota Bandung. Pengelolaan absensi dan penghitungan lembur karyawan di PT. CIFO belum terorganisir secara maksimal, sering terjadi beberapa kendala diantaranya kesalahan input absensi, kesalahan penghitungan upah lembur dan pengelolaan laporan absensi belum maksimal. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem informasi absensi dan penghitungan lembur karyawan yang sudah terkomputerisasi untuk membantu permasalahan diatas. Sistem yang yang dihasilkan memiliki fitur-fitur yang mendukung seperti fitur absensi, pengajuan izin dan cuti serta pengelolaan lembur karyawan. Untuk mendukung validitas dan kesesuaian dengan kebutuhan user sistem ini diuji dengan teknik pengujian Blackbox dengan keberhasilan 100%, dan Teknik pengujian Unit Acceptance Testing (UAT) dengan hasil untuk ketiga aspek yaitu, Aspek Kemudahan, Pencapaian Tujuan dan Apresiasi dengan rata-rata persentase sebesar 75% yang berarti Baik.  Abstract CIF) is an internet service provider and software house company in the city of Bandung. Managing absenteeism and employee overtime calculations at PT. CIFO has not been organized optimally, there are often a number of obstacles including absentee input errors, errors in calculating overtime pay and absent report management. Therefore this study aims to design and build a time attendance information system and the calculation of computerized employee overtime to help the above problems. The resulting system has features that support such as time attendance, permit and leave applications as well as overtime management of employees. To support the validity and compliance with the needs of the user of this system was tested with Blackbox testing techniques with 100% success, and Unit Acceptance Testing (UAT) testing techniques with results for all three aspects namely, Aspect of Ease, Achievement of Goals and Appreciation with an average percentage of 75 % which means Good.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Dampak Sosial Informatika di Kelas IX SMP Yakhalusti Pontianak Yuzi Hana Christiani
Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Yayasan Pendidikan Dan Pengembangan Harapan Ananda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58740/juwara.v2i1.42

Abstract

Abstrak Penelitian ini menggunakan metodologi Penelitian Rerearch and Development (R&D). Langkah-langkah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android menggunakan model ADDIE yang merupakan kepanjangan dari Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi dampak sosial informatika (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis android pada materi dampak sosial informatika (3) Mengetahui respon siswa setelah impementasikan media pembelajaran berbasis android pada materi dampak sosial informatika. Kelayakan media diperoleh dari hasil validasi ahli yang terdiri dari dua ahli media dan satu ahli materi. Hasil yang diperoleh dari ahli media 90% dengan kategori “sangat layak”, berdasarkan uji ahli materi diperoleh skor sebesar 91,2% dengan kategori “sangat layak”, untuk hasil ujicoba respon siswa berjumlah 42 siswa diperoleh hasil 87,14% dengan kategori sangat layak. Kesimpulan bahwa media pembelajaran berbasis android pada materi dampak sosial informatika layak digunakan pada kelas IX SMP Yakhalusti Pontianak. Abstract This study uses the Research and Development (R&D) methodology. The steps for developing android-based learning media use the ADDIE model which stands for Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. This study aims to: (1) determine the development of android-based learning media on the social impact of informatics materials (2) determine the feasibility of android-based learning media on the social impact of informatics materials (3) find out student responses after implementing android-based learning media on the social impacts of informatics materials . The feasibility of the media was obtained from the results of expert validation consisting of two media experts and one material expert. The results obtained from media experts 90% fall into the "very feasible" category, based on the material expert test, a score of 91.2% is obtained in the "very feasible" category, for the results of the 42 student response test results obtained 87.14% in the very category. worthy. In conclusion, android-based learning media on the social impact of informatics material is suitable for use in class IX of SMP Yakhalusti Pontianak.
Dampak Implementasi Kurikulum Sekolah Penggerak Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 8 Pontianak Nadira Puteri Aswinda; Yessy Karista
Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Yayasan Pendidikan Dan Pengembangan Harapan Ananda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58740/juwara.v2i1.43

Abstract

Abstrak Kurikulum sekolah penggerak diterapkan agar siswa memiliki nilai-nilai pancasila dalam dirinya selain itu guru juga harus membawa perubahan yang baik terutama dalam meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik. Kurikulum sekolah penggerak ini memiliki dampak terhadap motivasi belajar peserta didik karena adanya capaian pembelajaran dan perolehan hasil belajar dari kurikulum ini didasarkan pada makna profil pelajar pancasila. Metode penelitian yang digunakan adalah library research yaitu penelitian berbasis kepustakaan, dilakukan dengan cara menganalisis literatur yang ada di buku, jurnal, karya ilmiah dan lainnya yang berhubungan dengan dampak implementasi kurikulum sekolah penggerak terhadap motivasi belajar peserta didik. Hasil penelitian ini menjelaskan mengenai kurikulum sekolah penggerak, transformasi sekolah melalui program sekolah penggerak, ruang lingkup program sekolah penggerak, profil pelajar pancasila, elemen kunci nilai-nilai profil pelajar pancasila, perbedaan kurikulum sekolah penggerak dengan kurikulum 2013, peran guru dalam kurikulum sekolah penggerak, motivasi belajar, dan pengaruh kurikulum sekolah penggerak terhadap motivasi belajar peserta didik. Abstarct Curriculum school mobilizer is applied so that students have pancasila values in themselves, besides that teachers must also bring good changes, especially in improving the quality of student learning.   The curriculum of this driving school has an impact on the learning motivation of students because the learning outcomes and the acquisition of learning outcomes from this curriculum are based on meaning pancasila student profile. The research method used is library research, namely literature-based research, carried out by analyzing the literature in books, journals, scientific papers and others related to the impact of the implementation of the driving school curriculum on the learning motivation of students. The results of this study explain the driving school curriculum, school transformation through the driving school program, the scope of the driving school program, profile pancasila students, key elements of pancasila student profile values, differences in the driving school curriculum with the 2013 curriculum, the role of teachers in the driving school curriculum, motivation learning, and the influence of the driving school curriculum on the learning motivation of learners.
Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Informatika Kelas VII MTs Negeri 2 Pontianak Vindo Feladi
Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Yayasan Pendidikan Dan Pengembangan Harapan Ananda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58740/juwara.v2i1.50

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui : (1) Motivasi, dan hasil belajar siswa mata pelajaran informatika kelas VII MTS Negeri 2 Pontianak, (2) Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran informatika kelas VII MTS Negeri 2 Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTS Negeri 2 Pontianak yang berjumlah 400 siswa. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah Proportionate Random Sampling dengan jumlah sampel 186 siswa. Data penelitian diperoleh dengan teknik komunikasi tak langsung dan studi dokumenter, dengan angket sebanyak 25 pernyataan yang telah melalui tahap uji coba setelah itu di uji validitas dan uji reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif yang di gunakan untuk mendeskripsikan data masing-masing variabel, dan analisis regresi linear sederhana yang di gunakan untuk pengujian hipotesis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, (1) Deskripsi hasil motivasi cenderung sangat tinggi dan hasil belajar siswa mata pelajaran informatika di MTS Negeri 2 Pontianak masuk dalam istimewa, (2) Terdapat pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran informatika kelas VII MTS Negeri 2 Pontianak. Abstract This study aims to determine: (1) Motivation, and student learning outcomes of class VII informatics subjects at MTS Negeri 2 Pontianak, (2) The effect of motivation on student learning outcomes of class VII informatics subjects at MTS Negeri 2 Pontianak. This study uses a quantitative descriptive method with an ex-post facto approach, the population in this study is all 400 students of MTS Negeri 2 Pontianak. The sampling technique used is proportional random sampling with a sample of 186 students. Research data obtained by indirect communication techniques and documentary studies, with a questionnaire of 25 statements that have gone through the trial phase after which the validity and reliability tests were tested. The data analysis technique used is descriptive quantitative analysis which is used to describe the data of each variable, and simple linear regression analysis is used for hypothesis testing. The conclusions of this study are, (1) Description of motivational outcomes tends to be very high and student learning outcomes of informatics subjects at MTS Negeri 2 Pontianak are classified as special, (2) There is an influence of motivation on student learning outcomes of class VII informatics subjects at MTS Negeri 2 Pontianak.

Page 1 of 1 | Total Record : 7