cover
Contact Name
Asep Irvan Irvani
Contact Email
irvan.irvani@uniga.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpif@uniga.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Samarang No. 52A, Garut, Jawa Barat, 44151
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU FISIKA
Published by Universitas Garut
ISSN : -     EISSN : 2798334X     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF) is a peer-reviewed journal that is intended as a medium for disseminating ideas and research results in the fields of physics education and physics. The scope of this journal includes physics education, theory and application of physics. This journal is published twice a year, in June and December by Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut, Indonesia. The review process in this journal employs a double-blind review, which means that both the reviewer and author identities are concealed from the reviewers, and vice versa.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2023): December 2023" : 6 Documents clear
Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Fisika di SMA Intan Ananda; Nurul Fadieny; Safriana Safriana
Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika Vol 3, No 2 (2023): December 2023
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpif.v3i2.2828

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penggunaan aplikasi Quizizz  sebagai metode penilaian dalam pembelajaran fisika, terutama pada sub bab sumber radiasi elektromagnetik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif. Adapun teknik analisis data menggunakan literature review. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui jurnal elektronik nasional dan internasional yang diakses melalui database dengan menggunakan teknik penelusuran elektronik. Beberapa artikel dipilih berdasarkan kata kunci “Quizizz ” dan “evaluasi pembelajaran fisika”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Quizizz  sebagai alat penilaian dalam pembelajaran fisika memiliki pengaruh positif terhadap minat, motivasi, dan hasil belajar siswa.
Analisis Keterampilan Kolaboratif Siswa dalam Kegiatan Praktikum Pesawat Sederhana Riska Puspita Agustini; Asep Irvan Irvani
Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika Vol 3, No 2 (2023): December 2023
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpif.v3i2.2570

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan kolaboratif siswa dalam kegiatan praktikum pesawat sederhana di kelas 8 sekolah menengah pertama. Penelitian dilakukan pada rangkaian kegiatan Lesson Study di salah satu sekolah menengah pertama negeri di Kabupaten Garut dengan tahapan plan-do-see. Ada 16 siswa kelas 8 yang menjadi subjek penelitian. Pengambilan data diperoleh dari dokumen hasil kerja siswa, hasil refleksi dengan observer, serta video rekaman kegiatan. Analisis data menggunakan metode kualitatif untuk mengeksplorasi keterampilan kolaboratif siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa keterampilan kolaboratif siswa dalam kegiatan praktikum pesawat sederhana sangat baik. Di dalam kegiatan praktikum sangat dibutuhkan keterampilan kolaboratif dan kerja sama tiap anggota kelompok supaya terbangun kebersamaan yang erat di antara tiap anggota kelompok. Dengan terciptanya kolaborasi antar anggota kelompok, proses pemecahan masalah yang memerlukan waktu lama pada kegiatan praktikum dapat tercapai lebih cepat.
Pengembangan Buku Panduan Praktikum Fisika Berbasis Problem Solving pada Materi Listrik Statis Vira Wulandari; Hartatiana Hartatiana; Herma Widya
Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika Vol 3, No 2 (2023): December 2023
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpif.v3i2.2684

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa buku panduan praktikum berbasis problem solving pada materi listrik statis yang valid dan praktis. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Palembang pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XII IPA. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran problem solving dengan metode penelitian Research and Development (R&D)  model Borg & Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan pada pengumpulan data yaitu angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan responden yang bertujuan untuk menguji divalidasi dan kepraktisan dari bahan ajar yang telah dikembangkan. Hasil penelitian ini yaitu telah dikembangkan buku panduan praktikum berbasis problem solving pada materi listrik statis yang telah divalidasi oleh para validator. Hasil validasi ahli materi sebesar 88%, ahli media sebesar 96%, dan ahli bahasa sebesar 98% dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba lapangan diperoleh persentase respons peserta didik sebesar 89% dan respons pendidik sebesar 89% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis problem solving pada materi listrik statis yang telah dikembangkan sangat valid dan sangat praktis serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Analisis Penerapan Model Discovery pada Materi Fisika dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tahun 2020-2022 Emi Juliani Harahap; Nurul Fadieny; Safriana Safriana
Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika Vol 3, No 2 (2023): December 2023
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpif.v3i2.2810

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mempelajari penggunaan model pembelajaran discovery dalam materi medan magnet dan dampaknya terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa di salah satu Madrasah Aliah swasta di Kecamatan Dewantara. Desain Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan melalui kajian literatur terhadap artikel-artikel yang berkaitan dengan model pembelajaran discovery. Data yang digunakan diperoleh dari jurnal-jurnal ilmiah yang memuat penerapan discovery learning tahun 2020 sampai dengan tahun 2022. Berdasarkan hasil analisis data dapat ditetapkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif siswa.
Literatur Review: Model Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Nyi Safitri; Safriana Safriana; Nurul Fadieny
Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika Vol 3, No 2 (2023): December 2023
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi adalah salah satu strategi dalam proses belajar mengajar yang bertujuan dapat memenuhi kebutuhan proses belajar yang beragam dari setiap peserta didik. Penulisan artikel ini menggunakan metode tinjauan pustaka (literature review). Tinjauan pustaka dilakukan dengan mengumpulkan artikel-artikel yang diterbitkan dalam kurun waktu lima tahun terakhir, yaitu dari tahun 2018 hingga 2022. Tujuan dari kajian pusta ini adalah menganalisis penerapan model pembelajaran diferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik. Pencarian literatur difokuskan pada kata kunci "Pembelajaran berdiferensiasi" melalui Google Scholar. Implementasi pembelajaran berdiferensiasi terlihat dalam pelaksanaan pembelajaran yang menyediakan media dan sumber belajar yang disesuaikan dengan tipe dan gaya belajar peserta didik. Berdasarkan hasil tinjauan pustaka, strategi pembelajaran berdiferensiasi dapat menjaga semangat belajar dari peserta didik yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Peserta didik diberikan kegiatan pembelajaran  beragam yang sama dengan yang mereka perlukan. Dengan menerapkan strategi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik, pemahaman mereka pada keterampilan yang dimiliki akan meningkat dan bermanfaat di masa depan. Hasil kajian literatur menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi memiliki karakteristik yang mencakup mengakomodir, melayani, dan mengakui keberagaman siswa dalam belajar sesuai dengan kesiapan, minat, dan preferensi belajar mereka.
Analisis Pengembangan Media Komik Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Awla Mikamahuly; Nurul Fadieny; Safriana Safriana
Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika Vol 3, No 2 (2023): December 2023
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpif.v3i2.2818

Abstract

Keunggulan penggunaan media pembelajaran meliputi beberapa hal. Pertama, media pembelajaran memberikan pedoman bagi guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran, guru dapat merencanakan pengajaran dengan lebih terarah dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Kedua, media pembelajaran membantu penyajian materi pelajaran dengan cara yang menarik sehingga meningkatkan kualitas pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan interaktif dapat membuat siswa lebih tertarik dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Ketiga, media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis pengembangan media pembelajaran komik dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Metode SLR (Systematic Literature Review) digunakan dalam penelitian ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan komik sebagai media pembelajaran menawarkan pendekatan yang menarik dan efektif bagi siswa karena sifatnya yang lugas, mudah dipahami, serta mampu menghidupkan materi pelajaran dengan kreativitas visual.

Page 1 of 1 | Total Record : 6