cover
Contact Name
Elida Soviana
Contact Email
jurnalidcom@gmail.com
Phone
+6285157550006
Journal Mail Official
jurnalidcom@gmail.com
Editorial Address
Jalan Serma Mukhlas, Karangtengah, RT 02 RW 03, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Kode pos 53416
Location
Kab. banjarnegara,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Penelitian Inovatif
Published by CV Firmos
ISSN : 2808148X     EISSN : 28081366     DOI : https://doi.org/10.54082/jupin.IDPaper
Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN) merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti Teknik, Pendidikan, Ilmu Sosial Humaniora, Bahasa/Linguistik, Kesehatan, serta Ekonomi dan Bisnis. Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN) dipublikasikan oleh CV Firmos dan terdaftar di LIPI dengan P-ISSN : 2808-148X dan E-ISSN : 2808-1366 serta terdaftar di Crossref dengan Prefix DOI : 10.54082. Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN) dipublikasikan 3 kali dalam setahun, yaitu pada bulan April, Agustus, dan Desember. Semua penerimaan naskah diproses secara double blind review oleh mitra bestari.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2021): JUPIN - Agustus 2021" : 5 Documents clear
Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Shalat Kewajibanku Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa SDIT Al Islamiyah Putra Ulinuha
Jurnal Penelitian Inovatif Vol 1 No 1 (2021): JUPIN - Agustus 2021
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.458 KB) | DOI: 10.54082/jupin.1

Abstract

Shalat merupakan ibadah yang terdiri dari perkataan maupun perbuatan yang dimulai dengan takbirotul ikhram dan diakhiri dengan salam. SDIT Al Islamiyah menggunakan metode demonstrasi yang digunakan dalam mata pelajaran PAI materi Shalat Kewajibanku kelas 3 semester 1.Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan gambaran implementasi  metode demonstrasi yang digunakan dalam mata pelajaran PAI materi Shalat Kewajibanku kelas 3 semester 1 untuk meningkatkan hasil belajar dan efektifitas metode demonstrasi yang digunakan dalam mata pelajaran PAI materi Shalat Kewajibanku kelas 3 semester 1 untuk meningkatkan hasil belajar . Penelitian ini dilakukan di SDIT Al Islamiyah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini pertama, gambaran impelemtasi metode demonstrasi yang digunakan dalam mata pelajaran PAI materi Shalat Kewajibanku kelas 3 semester 1 hasil belajarnya sangat baik dan memuaskan dengan guru PAI sebagai mediatornya dan praktek langsung di depan kelas. kedua, ffektifitas metode demonstrasi yang digunakan dalam mata pelajaran PAI materi Shalat Kewajibanku kelas 3 semester 1 hasil belajarnya sangat baik dan memuaskan. Karena guru PAI sudah merencakan dan mempersiapkan dengan baik. Semua peralatan yang digunakan untuk demonstrasi dalam pembelajaran sudah dicek dan maksimalkan agar membantu pembelajaran berjalan dengan baik.
Rancang Bangun Alat Penghapus Papan Tulis Otomatis Berbasis Arduino Uno Menggunakan Sensor Suara Berkat Iman Setia Dawolo; M. Safii; Indra Gunawan; Iin Parlina; Widodo Saputra
Jurnal Penelitian Inovatif Vol 1 No 1 (2021): JUPIN - Agustus 2021
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.004 KB) | DOI: 10.54082/jupin.3

Abstract

Dalam membantu dan mempermudah menjaga kebersihan, kesehatan dan efesien dalam proses belajar bengajar pada saat menghapus papan tulis banyak murid atau para pengajar yang menyebabkan tangan menjadi kotor dan berdampak pada kesehatan. Salah satu teknologi yang dapat di terapkan dalam mengatasi hal tersebut yaitu merancang suatu alat yang dapat menghapus papan tulis secara otomatis menggunakan perangkat keras (Hadware) seperti sensor suara, sensor PIR, motor DC yang berbasis mikrokontroler arduino. Dimana alat penghapus papan tulis akan berkerja dan berfungsi apabila sensor PIR mendeteksi adanya pergerakan yang memiliki pancaran infrared pasif yaitu tubuh  manusia dan input suara terdeteksi pada sensor suara serta di bantu dengan pergerakan motor DC yang telah di integerasikan dengan mikrokontroler sebagai penggerak penghapus papan tulis. Dan berdasarkan hasil pengujian alat kondisi penghapus papan tulis akan bergerak dua kali bolak balik dari  kiri ke kanan untuk menghapus papan tulis.
Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Multimedia Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Di SMK Negeri 1 Mempawah Hulu Marselus Marselus
Jurnal Penelitian Inovatif Vol 1 No 1 (2021): JUPIN - Agustus 2021
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (77.295 KB) | DOI: 10.54082/jupin.4

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di kelas X MM SMK Negeri 1 Mempawah Hulu dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang ada di kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MM semester genap tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus dan setiap akhir siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang diberikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran Simulasi  dan  Komunikasi  Digital  dapat  meningkatkan keaktifan  dan  motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa dari siklus I sebesar 71,87% meningkat pada siklus  II sebesar 75,35% dan  meningkat juga pada siklus  III menjadi 76,77%. Motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 71,86% meningkat pada siklus II sebesar 74,61% dan meningkat juga pada siklus III menjadi 77,44%. Terbukti bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital.
Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dasar Penanganan Bahan Hasil Pertanian Melalui Pelaksanaan Team Teaching Pada Siswa Kelas X A APHP SMK N 1 Sengah Temila, Kab. Landak Sri Suprapti
Jurnal Penelitian Inovatif Vol 1 No 1 (2021): JUPIN - Agustus 2021
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.185 KB) | DOI: 10.54082/jupin.5

Abstract

Penelitian  ini  dilakukan  dengan  tujuan  untuk  meningkatkan  motivasi belajar Dasar Penanganan Bahan Hasil Pertanian siswa kelas X A APHP SMK N 1 Sengah Temila melalui pembelajaran team   teaching   dan   untuk   mendeskripsikan   peningkatan   motivasi   belajar Dasar Penanganan Bahan Hasil Pertanian siswa kelas X A APHP SMK N 1 Sengah Temila Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X A APHP yang berjumlah 23 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik  pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan  observasi  dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara reduksi, paparan data dan penyimpulan. Juga dilakukan analisis data deskriptif untuk data hasil observasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan team teaching agar dapat meningkatkan motivasi belajar dasar penanganan bahan hasil pertanian yaitu guru kelas X A APHP sebagai guru 1 dan peneliti sebagai guru 2 melaksanakan tahap perencanaan dan tahap pelaksanaan. Selanjutnya pada tahap refleksi yaitu seusai proses pembelajaran di kelas, guru 1 dan guru 2 berdiskusi mengenai pelaksanaan pembelajaran agar diperoleh berbagai rumusan perbaikan yang tepat untuk pembelajaran berikutnya. Dari hasil observasi keterlaksanaan team teaching, pada siklus I mencapai 80,48% dan 90% pada siklus  II.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  adanya  peningkatan  motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan besarnya rata-rata persentase dalam angket motivasi belajar siswa, yakni secara keseluruhan pada siklus I sebesar 74,41% dengan kategori sedang menjadi 87,28% dengan kategori tinggi pada siklus II.
Game Edukasi Pengenalan Hewan Berdasarkan Habitatnya Untuk Siswa Sekolah Dasar Yogiek Indra Kurniawan; Dhenok Prastyaningtyas Paramesvari; Widhiatmoko Herry Purnomo
Jurnal Penelitian Inovatif Vol 1 No 1 (2021): JUPIN - Agustus 2021
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (897.581 KB) | DOI: 10.54082/jupin.6

Abstract

Terdapat masalah dalam penyampaian materi pelajaran pada siswa sekolah dasar, seperti pada materi pengenalan hewan, yaitu kebosanan anak dalam belajar serta kesulitan dalam memahami materi pembelajaran yang diberikan karena kurangnya media pembelajaran. Game edukasi ini bertujuan untuk dapat mengatasi masalah pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar, membantu perkembangan kecerdasan dan meningkatkan kemampuan anak dalam peroses belajar siswa sekolah dasar pada materi pengenalan hewan berdasarkan habitatnya. Game edukasi ini dibuat dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 tahap, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Dari hasil implementasi, game edukasi yang dibangun memiliki beberapa fitur, seperti : materi, bermain, dan kuis. Berdasarkan hasil pengujian blackbox, semua fitur sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan, sedangkan berdasarkan user acceptance test, nilai rata-rata persepsi user terhadap game edukasi yang dibangun bernilai 80% dan berada di indikator kategori baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 5