cover
Contact Name
Elida Soviana
Contact Email
jurnalidcom@gmail.com
Phone
+6285157550006
Journal Mail Official
jurnalidcom@gmail.com
Editorial Address
Jalan Serma Mukhlas, Karangtengah, RT 02 RW 03, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Kode pos 53416
Location
Kab. banjarnegara,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Penelitian Inovatif
Published by CV Firmos
ISSN : 2808148X     EISSN : 28081366     DOI : https://doi.org/10.54082/jupin.IDPaper
Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN) merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti Teknik, Pendidikan, Ilmu Sosial Humaniora, Bahasa/Linguistik, Kesehatan, serta Ekonomi dan Bisnis. Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN) dipublikasikan oleh CV Firmos dan terdaftar di LIPI dengan P-ISSN : 2808-148X dan E-ISSN : 2808-1366 serta terdaftar di Crossref dengan Prefix DOI : 10.54082. Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN) dipublikasikan 3 kali dalam setahun, yaitu pada bulan April, Agustus, dan Desember. Semua penerimaan naskah diproses secara double blind review oleh mitra bestari.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2024): JUPIN Februari 2024" : 23 Documents clear
Studi Deskriptif Personal Branding Digital Member BTS di Weverse Dhimas Ginanjar; Lady Esra Silalahi
Jurnal Penelitian Inovatif Vol 4 No 1 (2024): JUPIN Februari 2024
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54082/jupin.240

Abstract

BTS kini menjadi boyband dengan fandom yang sangat besar di dunia sejak dibentuk pada 2013 silam. Dukungan jutaan ARMY (sebutan penggemar BTS) tidak muncul dalam sekejap. Personal branding yang dilakukan oleh tujuh member BTS menjadi bahan bakar untuk menjaring lebih banyak penggemar. Itulah kenapa, diyakini ada personal branding yang dilakukan oleh BTS berdampak lurus pada dukungan penggemar maupun loyalitas ARMY. Dari penelitian ini, ingin diketahui bagaimana dampak komunikasi digital yang dilakukan anggota BTS akan berdampak pada keputusan ARMY untuk memberikan dukungan. Penelitian ini fokus pada pola komunikasi digital, loyalitas penggemar, serta personal branding para member BTS. Penelitian kualitatif ini dilakukan dengan teknik deskriptif dan fenomenologi. Yang menjadi subyek penelitian adalah para ARMY dan informasi dari penggemar itu digali lewat wawancara. Hasil penelitian menyebutkan adanya korelasi kuat antara upaya personal branding yang dilakukan oleh anggota BTS secara digital dengan loyalitas dukungan oleh ARMY.
Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran di Tengah Krisis (Studi Kasus pada PT. Pos Indonesia) Indah Purnama Ayu
Jurnal Penelitian Inovatif Vol 4 No 1 (2024): JUPIN Februari 2024
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54082/jupin.245

Abstract

Perkembangan teknologi dan arus informasi, setiap perusahaan dituntut untuk terus mengembangkan diri dan melakukan inovasi untuk tetap mengibarkan bendera perusahaannya atau merosot dan gulung tikar. Teknologi yang kian canggih membuat perusahaan perlu berdaptasi untuk tetap bertahan. PT Pos Indonesia adalah salah satu perusahaan milik negara di bidang logistik. Berdasarkan sumber yang penulis himpun, di mata masyarakat, PT Pos Indonesia adalah layanan pengiriman konservatif kuno, lambat dan tertinggal. Dibanding jasa pengiriman yang lain, masyarakat lebih memilih jasa pengiriman yang lain. Hal ini tentu saja menjadi tantangan terbesar PT Pos untuk mempertahankan eksistensinya di tengah persaingan jasa pengiriman yang kian menjamur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seperti apa strategi PR dalam menerapkan pelayanan Pos Indonesia dalam mempertahankan bisnisnya di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih dan krisis yang terjadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan menggunakan metode wawancara dan dianalisa menggunakan SWOT. Hasil analisa yang dilakukan penulis berdasarkan data dan anlisa SWOT yang ada saat ini PT Pos telah mencapai kematangan dan sedang berproses bangkit dari keterpurukan dengan meluncurkan produk terbaru berbasis digital diantaranya posfin, pospay, o-ranger, dll. Namun diperlukan strategi pemasaran berkelanjutan yang dapat mengurangi pelanggan switching ke pesaing lain yang lebih memiliki teknologi terbarukan yang murah dan efisien. PT pos perlu melakukan promosi dan produk terbaru yang lebih merakyat agar tidak ada lagi pandangan bahwa PT Pos kuno dan lambat.
Strategi Kampanye Digital Partai Keadilan Sejahtera Menghadapi Pemilu 2024 Arif Yahya; Diani Febrianti; Irfan Fadli Rasyad
Jurnal Penelitian Inovatif Vol 4 No 1 (2024): JUPIN Februari 2024
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54082/jupin.254

Abstract

Seiring perkembangan era digital, partai politik turut memanfaatkan media digital termasuk media sosial untuk meningkatkan dukungan dan suara mereka. Penggunaan media digital sebagai sarana kampanye dinilai cukup efektif untuk memenangkan suara terutama dari kalangan generasi millennial dan generasi Z yang akan suara mayoritas dalam Pemilu 2024. Partai politik menggunakan big data yang bersumber dari media sosial untuk menyusun kampanye digital. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai salah satu peserta pemilu 2024 turut menggunakan media digital untuk kampanyenya. PKS perlu Menyusun strategi kampanye digital dengan tujuan untuk meningkatkan popularitas, elektabilitass dan akseptabilitas sehingga dapat memenangkan pemilu 2024. Dalam penelitian ini ada sejumlah rumusan masalah yang menjadi batasan masalah yang dibahas, diantaranya peran teknologi digital dalam membantu PKS dalam mengimplementasikan strategi kampanye untuk Pemilu 2024, strategi kampanye digital yang dan oleh PKS dalam menghadapi Pemilu 2024, dan dampak dari strategi kampanye digital PKS meningkatkan popularitas, elektabilitas dan akseptabilitas partai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mendeskripsikan tujuan dari penggunaan media digital sebagai sarana kampanye dalam pemilu 2024. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan paradigma konstruktivisme, untuk memahami cara PKS dalam merancang strategi kampanye digital yang efektif. Kampanye digital dengan memanfaatkan media sosial, cukup efektif digunakan di kota besar seperti Jakarta, namun penggunaan kampanye digital belum cukup efektif di daerah karena sejumlah faktor seperti topografi wilayah yang tidak terjangkau akses internet. Untuk memaksimalkan dan melengkapi kamapnye tersebuat, maka PKS juga masih terus menggunakan kammpanye konvensional. Dengan menggabungkan strategi konvensional dan digital, PKS dapat meningkatkan popularitas dan peluangnya untuk terpilih pada Pemilu 2024.
Analisis Konten Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Parfum Bermerek Lokal HMNS Melalui Media Sosial Instagram Rahma Dwi Mutia; Dwi Ulina Sari
Jurnal Penelitian Inovatif Vol 4 No 1 (2024): JUPIN Februari 2024
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54082/jupin.255

Abstract

Perkembangan zaman yang modern saat ini dimanfaatkan oleh banyak orang untuk memenuhi kebutuhan serta memaksimalkan penampilan agar lebih menarik. Beberapa tahun terakhir ini produk pafum lokal mulai menjamur dan populer di tengah masyarakat. Salah satunya yaitu parfum lokal yaitu HMNS berhasil menjual 10.000 pcs parfum setiap bulannya. Penelitian ini membahas mengenai strategi komunikasi dalam pemasaran brand HMNS di media sosial dengan mengkomunikasikan misi dan nilai-nilai produk yang mereka luncurkan. Dalam penelitian ini, penulis akan melihat lebih jauh bagaimana proses komunikasi pemasaran yang mereka terapkan di media sosial instagram dengan memakai model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Dari hasil penelitian tersebut nantinya, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana komunikasi dalam konteks pemasaran dapat mempengaruhi persepsi dan perilaku konsumen. Serta menghasilkan hasil penelitian berupa HMNS membangun strategi komunikasi pemasaran di era digital melalui media sosial Instagram dengan membuat konten dengan pendekatan storytelling dan word-of-mouth dari para konsumen mereka. Dalam konten tersebut, HMNS menyampaikan cerita-cerita tentang perjalanan perusahaan mereka.
Etika Komunikasi dalam Penyiaran Konten Selebritis di Program Insert Trans TV di Era Digital Dina Marliana; Muhammad Ihsan Syahputra
Jurnal Penelitian Inovatif Vol 4 No 1 (2024): JUPIN Februari 2024
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54082/jupin.256

Abstract

Maraknya informasi di media sosial di era digital seakan menggeser posisi media mainstream. Beriringan dengan itu, berita hoaks tak terbendung lagi. Beberapa konten tayangan televisi dianggap kalah cepat dengan media sosial. Hal ini yang kemudian membuat redaksi pemberitaan kekurangan informasi. Beberapa narasumber memilih untuk menggunakan media sosial peribadinya sebagai media klarifikasi. Redaksi Insert Trans TV dengan narasumber utama selebritis menghadapi dilema tersebut. Hingga akhirnya tim redaksi mengambil konten klarifikasi selebritis di channel media sosial. Penelitian ini bertujuan melihat bagaimana etika redaksi Insert dalam memanfaatkan berita di media digital. Penelitian ini menggunakan tiga dimensi etika komunikasi yaitu dimensi aksi, dimensi moral dan dimensi tujuan. Metode penelitiannya kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data didapat dari wawancara mendalam serta observasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa konten selebritis yang ditayangkan di Trans TV beberapa diambil dari media digital seperti YouTube dan Instagram narasumber. Hal ini untuk tetap memenuhi standar penyiaran Indonesia. Redaksi Insert tetap menerapkan kode etik jurnalistik dalam peliputan dan penulisan naskahnya. Konten tayangan adalah hasil dari komodifikasi virtual dimana redaksi menambahkan narasi, voice over, gambar-gambar pendukung hingga backsound musik yang sudah menerapkan etika penyiaran. Hingga tayangan Insert memiliki konten sendiri dengan menambahkan narasumber lain jadi tayangannya tetap memiliki dua sisi atau cover both side bahkan menjadi program mengklarifikasi berita hoaks di media digital.
Komunikasi Krisis PT Astra Honda Motor pada Kasus Patahnya Rangka ESAF Alif Reynaldin; Septiansyah Saputra
Jurnal Penelitian Inovatif Vol 4 No 1 (2024): JUPIN Februari 2024
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54082/jupin.257

Abstract

Insiden merupakan bagian dari krisis yang harus segera ditangani. Penanganan krisis menjadi bagian dari fungsi manajemen public relations. Pada Agustus 2023 ramai diperbincangkan di media sosial mengenai berbagai insiden patahnya serta berkaratnya rangka eSAF pada sepeda motor Honda. Kasus tersebut mendapatkan sorotan penuh oleh publik, dikarenakan Honda sebagai merek dagang kendaraan roda dua yang dinilai paling banyak peminat nya. banyak nya warganet yang menyoroti kasus ini dan lambat nya PT AHM dalam membuat langkah pencegahaan menjadikan kasus patah nya rangka ESAF bergulir menjadi Krisis, Hal ini membuat Public Relations PT. Astra Honda Motor (AHM) harus mampu mengelola dan merespon krisis akibat insiden rangka eSAF yang mudah berkarat dan patah. namun setelah nya PT AHM memulai langkah-langkah strategi yang tepat, dengan merangkul media-media otomotif, regulator seperti KNKT dan dinas Perhubungan hingga menggelar event bersama komunitas-komunitas nya, bukan hanya itu PT AHM memberikan layanan cek rangka ESAF gratis pada bengkel resmi AHASS dan menjamin rangka esaf dengan garansi hinggga 5 tahun. maka dari itu situasi krisis ini lah yang mendorong penulis tertarik pada kasus krisis patah nya rangka esaf , tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah untuk mengetahui lebih dalam strategi PT AHM dalam menangin krisis patah nya rangka esaf dan PT AHM dalam menangani krisis untuk mempertahankan citra brand kendaraan roda dua yang paling diminati. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kualitatif dengan metode Studi Kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi komunikasi krisis PR PT. Astra Honda Motor dalam mengelola dan merespon krisis atas insiden rangka eSAF yang mudah berkarat dan patah. Hasil penelitian menunjukkan pada Pre-Crisis Public Relations AHM tidak melakukan respon apapun. Kemudian saat crisis event, AHM mengeluarkan press release serta merilis video yang memunculkan hujatan. Dan ketika pasca crisis, AHM mulai memperbaiki strategi komunikasi krisis mereka yaitu melakukan pendekatan dengan media konvensional dan juga komunitas – komunitas. Sehingga penelitian ini dapat ditarik kesimpulan, bahwa PR AHM melakukan strategi komunikasi krisis untuk meminimalisir krisis dan menjaga reputasi perusahaan.
Pemetaan Wilayah Pembudidaya Ikan Air Tawar pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumba Timur Berbasis Web Into Kune; Alfrian Carmen Talakua; Hawu Yogia Pradana Uly
Jurnal Penelitian Inovatif Vol 4 No 1 (2024): JUPIN Februari 2024
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54082/jupin.259

Abstract

Kabupaten Sumba Timur kaya akan potensi sumber daya alam, salah satunya di bidang perikanan. Meningkatnya jumlah penduduk di Sumba Timur menyebabkan kebutuhan pangan semakin meningkat. kebutuhan ikan sebagai sumber protein hewani dan juga sebagai sumber penghasilan tambahan bagi para petani ikan, permasalahan yang muncul pada masyarakat Sumba Timur yaitu semakin meningkatnya angka stunting, dan informasi lokasi budidaya. Sistem Informasi Geografis mempunyai manfaat yang besar dalam pengolahan data khususnya data khusus dan data atribut dalam bentuk digital. Data ini akan disimpan sebagai atribut suatu lokasi atau objek lokasi geografis, sehingga dapat digunakan secara maksimal dalam proses analisis informasi. Perancangan pemetaan digital pada sistem ini menggunakan ArcGIS 10.2. Fitur-fitur Web GIS yang ada pada WebGIS Pemetaan Wilayah Pembudidaya Ikan Air Tawar Pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumba Timur diantaranya adalah basemaps, navigasi, info peta, pencarian, analisis kawasan dan tematik, daftar layer, tambah layer, dan gambar. Pemanfaatan GIS berbasis Web bertujuan untuk memudahkan para pengusaha dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumba Timur dalam mengakses informasi dan melakukan pengolahan data untuk melihat daerah-daerah yang mempunyai potensi budidaya ikan air tawar agar lebih efisien. Berdasarkan hasil pendataan responden kemudian dihitung dengan menggunakan aturan perhitungan SUS. Kemudian skor masing-masing responden dijumlahkan dari Q1 hingga Q10. Kemudian angka tersebut dikalikan 2,5 untuk mendapatkan nilai akhir. Rata-rata skor SUS dari banyak penelitian adalah 78, sehingga skor SUS di atas 78 dianggap di atas rata-rata dan skor di bawah 68 dianggap di bawah rata-rata. Hasil pengujian SUS menunjukkan aplikasi berjalan dengan baik dan sesuai desain.
Intervensi Keperawatan Kombinasi ROM Aktif dan Squishy pada Pasien Post Stroke dengan Hambatan Mobilitas Fisik Fajar Agung Nugroho
Jurnal Penelitian Inovatif Vol 4 No 1 (2024): JUPIN Februari 2024
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54082/jupin.260

Abstract

Stroke merupakan salah satu penyakit tidak menular yang berdampak pada hilangnya kemampuan motorik pada salah satu ekstremitas atau keduanya. Penderita stroke non hemoragik seringkali mengalami gangguan mobilitas fisik sehingga memerlukan terapi untuk mencegah penurunan kekuatan otot. Sebuah intervensi keperawatan, seperti latihan rentang gerak aktif atau Range of Motion (ROM) dan squishy dapat diimplementasikan pada pasien pasca stroke. Tujuan penelitian ini yaitu memberikan asuhan keperawatan dan intervensi keperawatan melalui latihan ROM aktif dan terapi squishy pada pasien stroke non hemoragik yang sedang mengalami kehilangan kekuatan otot. Penelitian ini merupakan case report atau laporan kasus yang berfokus pada pasien stroke non hemoragik sebagai responden. Intervensi keperawatan yang diberikan berupa kombinasi latihan ROM aktif dan terapi squishy, intervensi diterapkan pada hari ke-3 pasca stroke dan dilakukan setiap hari selama 3 hari. Pasien melakukan intervensi ini selama dua kali sehari (pagi dan sore). Setelah 3 hari dilakukan ROM aktif yang dikombinasikan dengan intervensi squishy terjadi peningkatan kekuatan otot pada ekstremitas kanan atas (tangan kanan). Kekuatan otot pasien di hari ketiga meningkat pada tangan kanan dari 3 menjadi 4. Untuk meningkatkan kekuatan otot pada pasien stroke non hemoragik diperlukan sebuah latihan ROM aktif dan terapi squishy sebagai terapi non farmakologi. Intervensi ini dapat dipraktikkan setiap hari, 2-3 kali selama pasien mengalami gangguan mobilitas fisik agar dapat meningkatkan otot yang mengalami penurunan.
Implementasi Media Powtoon Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Yoga Fernando Rizqi; Niken Ayu Saputri; Muncarno Muncarno; Rapani Rapani; Erni Erni; Loliyana Loliyana
Jurnal Penelitian Inovatif Vol 4 No 1 (2024): JUPIN Februari 2024
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54082/jupin.261

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas IV pada mata pelajaran IPAS. Hal ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran terdapat penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga mengakibatkan kejenuhan dan kurangnya keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran. Kemudian media yang kurang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan karakteristik materi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan media powtoon terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 39 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu dengan jumlah 39 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan non tes berupa dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran discovery learning dengan media powtoon terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur.
Kajian Litelatur Review Krisis Komunikasi Hotto Purto pada Kasus Overclaim dalam Menjaga Citra Perusahaan Agatha Ayu Lisa Widawati; Mohammad Elbana
Jurnal Penelitian Inovatif Vol 4 No 1 (2024): JUPIN Februari 2024
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54082/jupin.262

Abstract

Citra perusahaan memiliki peranan sentral dalam dunia bisnis, menjadi fondasi yang kuat bagi kesuksesan jangka panjang perusahaan. Ketika perusahaan berhasil membangun citra yang positif, dampaknya dapat dirasakan pada berbagai aspek, termasuk kepercayaan konsumen dan hubungan dengan pemangku kepentingan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui krisis komunikasi pada kasus overclaim mempengaruhi citra Hotto Purto dan bagaimana perusahaan meresponnya untuk menjaga reputasinya di mata public dan untuk mengetahui Sejauh mana dampak krisis komunikasi yang disebabkan oleh overclaim pada Hotto Purto dapat membahayakan hubungan perusahaan dengan konsumen, pemangku kepentingan, dan apakah tindakan perbaikan telah diimplementasikan dengan efektif untuk memulihkan citra perusahaan. Metode kualitatif memungkinkan peneliti untuk mengeksplorasi secara mendalam bagaimana perusahaan Hotto Purto merespons krisis komunikasi akibat overclaim. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara mendalam dengan pihak terkait, seperti manajemen perusahaan, karyawan, dan pihak eksternal yang terlibat dalam situasi krisis. Hasil penelitian ini adalah krisis komunikasi Hotto Purto memberikan peringatan bagi perusahaan lain untuk selalu berkomitmen pada integritas, transparansi, dan manajemen reputasi yang efektif demi menjaga hubungan baik dengan konsumen dan pemangku kepentingan.

Page 1 of 3 | Total Record : 23