cover
Contact Name
Fathirma'ruf
Contact Email
ainarajiepp@gmail.com
Phone
+6285253190336
Journal Mail Official
ainarajiepp@gmail.com
Editorial Address
Ainara Press, Jln. Lintas Sumbawa, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Location
Kab. dompu,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
ISSN : 27757854     EISSN : 27757854     DOI : https://doi.org/10.54371/jiepp.v1i2
JIEPP-Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) dengan Focus & Scope pada bidang: Inovasi Pembelajaran, Implementasi Teori & Manajemen Pendidikan, Evaluasi Pembelajaran, Pengembangan Teknik, Model & Perangkat Pembelajaran, Teknologi Pendidikan, Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum, Belajar dan Pembelajaran, Desain sistem Pembelajaran, serta Makalah Ilmiah Hasil Penelitian bidang Ilmu Pendidikan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)" : 5 Documents clear
Peran Guru dalam Pembelajaran Home visit di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Sekolah Dasar Jamaah Jamaah
Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (586.378 KB) | DOI: 10.54371/jiepp.v1i1.74

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran home visit di SD Negeri 25 Woja. Instrumen dalam penelitian ini berupa pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan di peroleh dari triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Negeri 25 Woja melaksanakan pembelajaran tatap muka berdasarkan Surat Edaran Bupati Dompu: Nomor 420/3495.UM/Dikbud tanggal 22 Juli 2020 tentang penyelenggaraan pembelajaran tatap muka pada zona hijau dan kuning di masa pandemi Covid-19 (kondisi khusus). Adapun pada pengimplementasian home visit terdapat tiga tahapan yaitu: a) tahap persiapan, b) tahap pelaksanaan, dibagi menjadi 2 yaitu: tahap pelaksanaan kegiatan awal dan kegiatan lanjutan, c) tahap monitoring dan evaluasi pembelajaran, Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) pembelajaran home visit ini dilakukan berdasarkan instruksi Surat Edaran Bupati Dompu: Nomor 420/3495.UM/Dikbud tanggal 22 Juli 2020 tentang penyelenggaraan pembelajaran tatap muka pada zona hijau dan kuning di masa pandemi Covid-19 (kondisi khusus). 2) pelaksanaan home visit terdapat tiga tahap yaitu: a) tahap persiapan b) tahap pelaksanaan terbagi menjai dua yaitu: tahap pelaksanaan kegiatan awal dan tahap pelaksanaan kegiatan lanjutan. c) tahap monitoring dan evaluasi pembelajaran
Peran Orang tua dalam Membimbing Anak Usia Sekolah Dasar di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19 Enung Nurhasanah
Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (650.564 KB) | DOI: 10.54371/jiepp.v1i1.75

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana peran orang tua dalam membimbing anak usia sekolah dasar di rumah pada masa pandemi covid-19 di Desa Kareke Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu. Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data di lapangan mengunakan teknik observasi, wawancara,dan dokumentasi.Yang menjadi subjek penelitian ini terdiri dari kedua orang tua yang memiliki anak usia 6-12 tahun sebanyak 6 keluarga ,anak berjumlah 7 orang dan juga seorang guru yang bertempat tinggal di dusun Raba Desa Kareke Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu.Penentuan subjek mengunakan purposive sampling, Analisis data digunakan secara deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peran orang tua dalam membimbing anak usia sekolah dasar di rumah pada masa pandemi covid-19 di Desa Kareke Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu adalah telah dilaksanakan walau kurang maksimal seperti di sekolah.Semua dikarenakan banyak dari orang tua anak yang sibuk dengan pekerjaanya dan juga kurangnya pemahaman orangtua terhadap materi pembelajaran anak.Tetapi orang tua tetap memiliki rasa peduli pada pendidikan anak. Rata-rata baik dari narasumber yang lulusan SMA atau pasca sarjana, melakukan bimbingan di malam hari dengan pembelajaran sesuai kemampuan orangtua.Orang tua biasa membimbing maupun memotivasi anak dengan cara berbeda-beda. Terkadang ada yang memberi iming-iming hadiah, memberikan pujian, nasehat maupun ada yang memberikan hukuman, agar anak mau belajar selama berada di rumah.
Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Budiman Budiman
Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (830.239 KB) | DOI: 10.54371/jiepp.v1i1.76

Abstract

Permasalahan yang dijawab dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kontekstual (CTL) berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa, materi membuat skema kehidupan beberapa jenis makhluk hidup di lingkungan sekitarnya dan slogan upaya pelestariannya di SD Negeri 29 Dompu. pada mata pelajaran IPA tahun pelajaran 2019/2020 ". Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Bentuk ini menggunakan dua kelompok, satu kelompok diberi perlakuan, sedangkan kelompok lainnya tidak diberi perlakuan. Kelompok yang diberi perlakuan adalah kelas eksperimen dengan model pembelajaran kontekstual (CTL), dan kelompok yang tidak diberi perlakuan adalah kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Fokus penyajian dalam penelitian ini adalah (1) model pembelajaran kontekstual (CTL) di kelas IV B, (2) metode konvensional di kelas IV A, (3) pre-test dan post-test, (4) semester genap, (5)) siklus hidup hewan. Analisis data menggunakan metode statistik yaitu perhitungan uji-t dapat melihat pengaruh model pembelajaran kontekstual (CTL) dengan membandingkan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pernyataan tersebut ditunjukkan dengan nilai thitung> ttabel atau 7,123> 1,677. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kontekstual (CTL) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV B (eksperimen) dan kelas IV A (kelas kontrol) di SD. Negeri 29 Dompu pada tahun pembelajaran 2019/2020.
Peran Guru dalam Menerapkan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas III Sekolah Dasar Rizaluddin Rizaluddin
Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (753.753 KB) | DOI: 10.54371/jiepp.v1i1.77

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum terpadu yang mengabungkan beberapa materi, kurikulum ini mengutamakan pemahaman skill, pendidikan karakter, aktif berdiskusi, dan memiliki sopan santun yang tinggi.Tujuan penelitian ini untuk mendekripsikan peran guru dalam menerapkan kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 03 Kempo. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenalogi. Penelitian ini menggunakan dua data yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui tehnik observasi dan diperkuat dengan tehnik wawancara. Kemudian data sekunder diperoleh melalui tehnik dokumentasi. Analisi data pada penelitian ini menggunakan analisis penelitian deskriptif yang hanya mengumpulkan, menulis dan menyimpulkan tanggapan dari sumber yang diperoleh penulis dengan cara mewawancarai dan mengumpulkan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa peran guru dalam menerapkan kurikulumĀ  2013 menurut guru, yang perlu kita siapkan yaitu RPP dan Silabus, buku paket, media pembelajaran, Lcd dan Leptop, selain sebagai pedoman agarĀ  pembelajarannya terarah dengan baik dan benar, ini juga sebagai penunjang agar tercapainnya apa yang di inginkan kurikulum 2013. Pembelajaran kurikulum 2013 mengutamakan pemahaman skill pendidikan karakter, aktif berdiskusi dan memiliki sopan santun yang tinggi.
Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Daring di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada Siswa SMP) M. Nur Imansyah
Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.26 KB) | DOI: 10.54371/jiepp.v1i1.78

Abstract

Penelitian ini bertujuanĀ  untuk menjawab rumusan masalah Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis daring pada masa pandemic covid-19 di SMPN 01 Dompu tahun Pembelajaran 2020/2021 Pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu dengan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran secara daring menggunakan Google Classrrom tidak efektif karena banyaknya faktor dan kendala yang di alami siswa atau peserta didik saat proses pembelajaran daring. Hal ini pun menjadi permasalahan yang sangat penting bagi siswa, karena siswa dituntut untuk selalu aktif dalam media pembelajaran Google Classroom, sedangkan tidak semua siswa memiliki kuota internet untuk mereka belajar daring. Apalagi saat ini proses pembelajaran tidak jauh dari jaringan internet.

Page 1 of 1 | Total Record : 5