cover
Contact Name
Agus Zainudin
Contact Email
jurnalalashr21@gmail.com
Phone
+6281336390005
Journal Mail Official
jurnalalashr21@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kyai Mojo No.101, Kaliwates Kidul, Kaliwates, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68133 Tel / fax : (0331) 428 732 ; 0857 4632 4403 / (0331) 428 732
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
ISSN : 25028383     EISSN : 28083954     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Al-Ashr Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun pada periode Maret dan September. Jurnal Al-Ashr ini memuat dan menyebarluaskan berbagai hasil penelitian, kajian ilmiah Dosen, Guru, Praktisi, Pengawas, Mahasiswa dalam lingkup bahasan tentang (1). Pendidikan agama dan umum, (2). Pembelajaran Dasar, menengah, atas, tinggi, (3). Pembelajaran pada masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2017): September" : 7 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN SKI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI BUSTANUL ULUM LANGKAP BANGSALSARI JEMBER Mohamad
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 2 No 2 (2017): September
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (736.713 KB)

Abstract

Model pembelajaran Role Playing merupakan salah satu permainan gerak yang didalamnya terdapat aturan, tujuan dan sekaligus melibatkan unsur bahagia. Dalam pembelajaran ini para peserta didik dibagi menjadi tiga kelompok kemudian masing–masing kelompok memperagakannya dan mendiskusikannya sehingga secara bersama-sama para peserta didik dapat mengeksplorasi perasaan, sikap, nilai, dan berbagai strategi pemecahan masalah dalam pembelajaran.Dalam penelitian ini yang menjadi masalah pokok adalah ingin mendeskripsikan penerapan model pembelajran Role Playing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI. Permasalahan tersebut peneliti konsen meneliti dan mengkaji secara mendalam dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalahmetode observasi, interview, tes dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian yang diperoleh berupa hasil tes. Data hasil tes merupakan tes formatif pada tiap akhir siklus. Nilai rata-rata kelas saat pelaksanaan pre tes mencapai 55,47. Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran pada siklus I mencapai nlai rata-rata 78,83. Pada siklus II terlihat siswa lebih aktif ketika pembelajaran. Perolehan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus II sebesar 92,50 dan telah mencapai kriteria aktivitas belajar sangat tinggi. Hal ini menunjukkan terjadinya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan baik. Penerapan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas III pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sub bab masa kanak-kanak nabi Muhammad SAW di MI Bustanul Ulum Langkap Bangsalsari Jember
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN SKI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI BUSTANUL ULUM LANGKAP BANGSALSARI JEMBER Mohamad
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 2 No 2 (2017): September
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (736.713 KB)

Abstract

Model pembelajaran Role Playing merupakan salah satupermainan gerak yang didalamnya terdapat aturan, tujuan dansekaligus melibatkan unsur bahagia. Dalam pembelajaran ini parapeserta didik dibagi menjadi tiga kelompok kemudian masing–masingkelompok memperagakannya dan mendiskusikannya sehingga secarabersama-sama para peserta didik dapat mengeksplorasi perasaan,sikap, nilai, dan berbagai strategi pemecahan masalah dalampembelajaran.Dalam penelitian ini yang menjadi masalah pokok adalahingin mendeskripsikan penerapan model pembelajran Role Playinguntuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada matapelajaran SKI. Permasalahan tersebut peneliti konsen meneliti danmengkaji secara mendalam dengan menggunakan pendekatankualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalahmetode observasi, interview, tes dan dokumentasi. Analisa data yangdigunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikankesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber.Hasil penelitian yang diperoleh berupa hasil tes. Data hasil tesmerupakan tes formatif pada tiap akhir siklus. Nilai rata-rata kelas saatpelaksanaan pre tes mencapai 55,47. Aktivitas belajar siswa selamaproses pembelajaran pada siklus I mencapai nlai rata-rata 78,83. Padasiklus II terlihat siswa lebih aktif ketika pembelajaran. Perolehan nilairata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus II sebesar 92,50 dan telahmencapai kriteria aktivitas belajar sangat tinggi. Hal ini menunjukkanterjadinya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan baik.Penerapan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkanpemahaman siswa kelas III pada mata pelajaran Sejarah KebudayaanIslam sub bab masa kanak-kanak nabi Muhammad SAW di MIBustanul Ulum Langkap Bangsalsari Jember
PENERAPAN METODE RESITASI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN QURDIS DI MTs. NEGERI 7 JEMBER HASIT
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 2 No 2 (2017): September
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (641.295 KB)

Abstract

Metode rsitasi merupakan salah satu metode yang sangat urgen danmembantu terhadap siswa dalam mendalami memahami materi al qur’anhadits, dimana siswa dituntut mampu menyelesaikan tugasnya dengan jalanpemberian tugas. Penerapan metode resitasi dapat membantu guru dalammenstranfer pengetahuan qurdis kepada peserta didik dengan baik, dan siswasangat diuntungkan karena dapat membantu bagi peningkatan kemampuankognitif siswa dan life skill anak dalam kehidupannya. Motivasi juga sangatperlu ditanamkan dalam jiwa siswa, sebab dengan motivasi, akan dapatmerubah jati diri dan kepribadiannya. Setelah memperoleh berbagai ilmu danpengalaman maka selanjutnya diamalkan secara istiqomah/kontinue agar segalayang diperolehnya tidak mudah hilang dan memberikan makna yang positifbagi kehidupannya
PERANAN ORGANISASI IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA DAN IKATAN PELAJAR PUTRI NAHDLATUL ULAMA (IPNUIPPNU) DALAM MEMBENTUK JIWA KEPEMIMPINAN SISWA MA’ARIF M. Chasan
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 2 No 2 (2017): September
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.914 KB)

Abstract

Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif, lokasipenelitian bertempat di SMP Ma’arif 08 Wuluhan. Fokus penelitian ini adalahbagaimana peranan Organisasi IPNU – IPPNU dan bagaimana bentuk programkegiatan serta bagaimana materi organisasi IPNU – IPPNU dalam membentukjiwa kepemimpinan siswa di SMP Ma’arif 08 Wuluhan Kabupaten Jember.Sumber penelitian ini didapat dari data – data primer dan sekunder. Denganmenggunakan metode pengumpulan datanya di dapat dari observasi, interviewdan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan OrganisasiIkatan Pelajar Putra Nahdlatul Ulama Dan Ikatan Pelajar Putri NahdlatulUlama (IPNU – IPPNU) dalam Membentuk Jiwa Kepemimpinan Siswa adalahsebagai media / wadah dalam menyiapkan kader - kader pemimpin yang dapatdiharapkan untuk NU maupun Bangsa dengan mengikuti kegiatan formalmaupun kegiatan non formal serta kegiatan pelatihan pengembangan di bidangkesiplinan yang diselenggarakan oleh pengurus komisariat IPNU – IPPNU diSMP Ma’arif 08 Wuluhan guna sebagai bekal untuk menjadi seorangpemimpin masa depan yang berkarismatis, diplomatis, otoriter dan moralis
PERAN GURU AQIDAH AKHLAQ DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MAARIF KH. SHIDDIQ JEMBER wijayani
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 2 No 2 (2017): September
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (666.049 KB)

Abstract

Lembaga pendidikan sebagai sentral pembelajaran dan pendidikan, memiliki peran yang sangat signifikan dalam mendukungprogram pengembangan potensi peserta didik yang mengarah pada peningkatan kecerdasan spiritual siswa. Maka lembaga pendidikan harus mewujudkan hal-hal yang menjadi harapan dari lembaga pendidikan itu sendiri, peserta didik, orang tua, masyarakat dan guru. Peran guru aqidah akhlaq dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa menjadi sebuah keharusan di lembaga pendidikan, mengingat kecerdasan spiritual siswa adalah bagian dari keberhasilan lembaga pendidikan untuk melahirkan generasigenerasi muda yang berkualitas, baik secara akademik, Aqidah Akhlaq, kematangan emosional, moral serta spiritual.
RAGAM BAHASA DALAM AKTIVITAS JUAL BELI PADA PASAR TRADISIONAL, PASAR MODERN, DAN DARING DITINJAU DARI KELAS SOSIAL Beby Dwi Febriyanti
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 2 No 2 (2017): September
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.677 KB)

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanadanya perbedaan ragam bahasa yang digunakan dalam proses transaksijual beli pada pasar tradisional, pasar moder, dan pasar online ditinjaudari kelas sosial. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptifkualitatif. Sumber data penelitian adalah ujaran lisan maupun tulismasyarakat pengguna bahasa, sedangkan data penelitiannya berupakalimat-kalimat proses jual beli serta bentuk kata sapaan. Lokasipenelitian dilakukan di pasar tradisional Jember, pasar modern dikawasan kabupaten Jember, serta memanfaatkan media sosial berupafacebook dan instagram. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengantriangulasi. Analisis data dilakukan dalam beberapa tahapan, (1) reduksidata, (2) menyajikan dan memaparkan data, (3) penarikan simpulan.Hasil penelitian ini adalah pertama, tentang penggunaan bahasa padapasar tradisional adalah cenderung digunakannya bahasa daerah baikbahasa Jawa ataupun Madura. Bentuk sapaan antara penjual denganpembeli menggunakan sapaan pada umumnya yakni Mas, Mbak, Pak,Bu. Kedua penggunaan bahasa pada pasar modern di kawasanKabupaten Jember adalah antara pembeli dengan pramuniagamenggunakan bahasa Indonesia. Kata sapaan yang digunakan samadengan pasar tradisional yakni Mas, Mbak, Pak, Bu, Dek. Ketigapenggunaan bahasa pada pasar online menggunakan bahasa Indonesiadan diselingi dengan istilah-istilah asing, begitu pula dalam bentuk katasapaannya
PERAN KEPALA MADRASASAH SEBAGAI SUPERVISOR AKADEMIK DALAM MENGEMBANGKAN MUTU PENDIDIKAN DI MI KALIWINING RAMBIPUJI Moh. Nur Huda Nurhuda
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 2 No 2 (2017): September
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Kepala sekolah sebagai supervisor artinya kepala sekolah berfungsi sebagai pengawas, pengendali, pembina, pengarah, dan pemberi contoh kepada guru dan karyawannya di sekolah. Salah satu hal yang terpenting bagi kepala sekolah, sebagai supervisor adalah memahami tugas dan kedudukan karyawankaryawannya atau staf di sekolah yang dipimpinnya. Dengan demikian, kepala sekolah bukan hanya mengawasi dan guru yang melaksanakan kegiatan, tetapi Ia membekali diri dengan pengetahuan dan pemahamannya tentang tugas dan fungsi stafnya, agar pengawasan dan pembinaan berjalan dengan baik dan tidak membingungkan. Kepala sekolah sebagai supervisor harus diwujudkan dalam kemampuan menyusun, dan melaksanakan program supervisi pendidikan, serta memanfaatkan hasilnya.   Kata Kunci:  Kepala Madrasasah Sebagai Supervisor, Mutu Pendidikan

Page 1 of 1 | Total Record : 7