cover
Contact Name
Agus Zainudin
Contact Email
jurnalalashr21@gmail.com
Phone
+6281336390005
Journal Mail Official
jurnalalashr21@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kyai Mojo No.101, Kaliwates Kidul, Kaliwates, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68133 Tel / fax : (0331) 428 732 ; 0857 4632 4403 / (0331) 428 732
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
ISSN : 25028383     EISSN : 28083954     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Al-Ashr Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun pada periode Maret dan September. Jurnal Al-Ashr ini memuat dan menyebarluaskan berbagai hasil penelitian, kajian ilmiah Dosen, Guru, Praktisi, Pengawas, Mahasiswa dalam lingkup bahasan tentang (1). Pendidikan agama dan umum, (2). Pembelajaran Dasar, menengah, atas, tinggi, (3). Pembelajaran pada masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 82 Documents
PENGARUH PENDIDIKAN, PERTUMBUHAN EKONOMI, SERTA PENYERAPAN TENAGA KERJA TERHADAP KEMISKINAN KABUPATEN/ KOTA DI JAWA TIMUR Pamuji, Alif
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 4 No 1 (2019): Maret
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.228 KB)

Abstract

Studi ini menganalisis pengaruh pendidikan, pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja, serta kemiskinan di kabupaten kota provinsi jawa timur tahun 2008-2012. Provinsi jawa timur terdiri dari 29 kabupaten dan 9 kota. Metode analisis yang digunakan menggunakan regresi panel dan persamaan simultan dengan software eviews 8. Hasil estimasi menunjukkan pertama, pendidikan berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan tenaga kerja terserap. Kedua pertumbuhan ekonomi dan tenaga kerja terserap, secara bersama-sama dan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kemiskinan di kabupaten kota provinsi jawa timur tahun 2008-2012
ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN KONSUMEN TERHADAP KEPUASAN PEMBELIAN DI NIKO BUSANA JEMBER Dani Umnbrana, Bastomi
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 4 No 2 (2019): September
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.717 KB)

Abstract

Pada era globalisasi saat ini persaingan bisnis antarperusahaan sangat ketat, baik di pasar domestik maupun di pasarintemasional. Perusahaan yang ingin berkembang dan mendapatkankeunggulan kompetitif harus dapat memberikan produk berupa barangatau jasa yang berkualitas dengan harga yang bersaing, penyerahan lebihcepat, dan layanan yang baik kepada pelanggan. Penelitian ini merupakanmodel penelitian survei, mengambil sampel dari suatu populasi denganmenggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data. Unit sebagai obyekanalisis dalam penelitian ini adalah pembeli pada Nico Busana di KabJember. Dari kelima variabel bebas yaitu faktor 1 (physical aspect), faktor 2(reliability), faktor 3 (personal interaction), faktor 4 (problem solving), danfaktor 5 (policy) ternyata secara parsial berpengaruh sangat signifikanterhadap faktor 6 (keputusan membeli) di Nico Busana Jember. Adapunkelima variabel bebas yang diteliti terbukti bahwa variabel bebas faktor 1(physical aspect), faktor 2 (reliability), faktor 3 (personal interaction), faktor4 (problem solving), dan faktor 5 (policy) mempunyai koefisien betasebesar 0,332; 0,510; 0,106; 0,045 dan 0,215, sehingga hipotesis keduadinyatakan diterima. Kelima variabel bebas yang mempunyai pengaruhdominan terhadap keputusan membeli di Nico Busana Jember adalahfaktor 2 (reliability) yang ditunjukkan oleh koefisien beta terbesar yaitu0,510, sehingga hipotesis ketiga dinyatakan ditolak
ANALISIS TINGKAT PENDIDIKAN KONSUMEN TERHADAP BAURAN PEMASARAN HARDYS DEPARTEMENT STORE BANYUWANGI Bahri, Saiful
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 4 No 2 (2019): September
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.886 KB)

Abstract

Penelitian tentang “Analisis Tingkat Pendidikan Konsumen Terhadap Bauran Pemasaran Hardys Departement Store Banyuwangi”.Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran secara simultan daan parsial terhadap kepuasan konsumen Hardys Departement Store Banyuwangi. Populasi dalam penelitian ini seluruh kosumen Hardys Departement Store Banyuwangi, dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah 60 orang, Dalam penelitian ini metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu yang umumnya disesuaikan dengan tujuan dan masalah penelitian. Metode analisis penelitian verifikatif (termasuk didalamnya metode penelitian eksperimen dan survey eksplanatory) yang bertujuan menguji hubunganvariabel dari hipotesis yang diajukan disertai data empiris (Rochaety,2007:13). Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dan informasi dikumpulkan dari kuesioner dan responden. Singarimbun dan Effendy (1995:3) penelitian survey adalah penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang pokok.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS EDUKASI TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA SALON DAN KLINIK KECANTIKAN: (Studi Kasus Konsumen Salon dan Klinik Kecantikan di Tiga Kecamatan yang berada di kawasan Kota Jember Ashilah, Khittah
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 4 No 2 (2019): September
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (690.878 KB)

Abstract

Penelitian tentang “Analisis Pengaruh Kualitas Edukasi Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen dalam Menggunakan Jasa Salon dan Klinik Kecantikan di Kota Jember”. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) menjelaskan dan menganalisis pengaruh tangibilitas, reliabilitas, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap kepuasan konsumen Salon dan klinik kecantikan di Kota Jember; (2) menjelaskan dan menganalisis pengaruh tangibilitas, reliabilitas, daya tanggap ,jaminan dan empati terhadap loyalitas konsumen Salon dan Klinik kecantikan di Kota Jember; (3) menjelaskan dan menganalisis pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen salon dan klinik kecantikan di Kota Jember. Populasi dalam penelitian ini seluruh kosumen salon dan klinik kecantikan di tiga kecamatan yang berada di kawasan Jember Kota yaitu kec. Patrang, kec.Sumbersari dan kec.Kaliwates dengan jumlah salon dan klinik kecantikan sebanyak 39, dengan jumlah konsumen semanyak 5040 yang menggunakan jasa salon dan klinik kecantikan. Penentuan jumlah sampel sebanyak 140 konsumen, pengambilan sampel dilakukan secara purposive random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah metode persamaan struktural. Dan hasil analisis menunjukkan bahwa kelima variabel dimensi kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas baik secara langsung maupun secara tak langsung melalui kepuasan konsumen. Daya tanggapmerupakan variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen, sedang variabel yang terendah pengaruhnya adalah reliabilitas.
KESEJAHTERAAN GURU DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU Suryadi
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 1 No 1 (2016): Maret
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.508 KB)

Abstract

Kompetensi guru adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh seseorang dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik serta bertanggung jawab dalam membantu mendewasakan peserta didik dalam proses pembelajaran.Kompetensi guru meluputi kompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional dan kompetensi social. Dalam rangka melaksanakan tugasnya-tugasnya, guru harus memiliki berbagai kompetensi diantaranya kompetensi profesional yang meliputi Kemampuan untuk mengembangkan pribadi peserta didik, khusunya kemampuan intelektual serta membawa peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat Indonesia yang bersatu berdasarkan pancasila dan mampu mencerdaskan kehidupan bangsa. Gambaran ideal tersebut dapat diwujudkan meskipun kesejahteraan guru masih belum terpenuhi secara optimal, karena kesejahteraan guru bukan merupakan salah satu factor penghambat kinerja mengajar bagi guru professional tetapi harus menjadi skala proritas pemerintah dan pengelola lembaga pendidikan. Profesi guru adalah profesi yang sangat mulia, terhormat dan merupakan pekerjaan tanpa tanda jasa, guru yang tanpa tanda jasa melakukan tugasnya tanpa mengharap imbalan dan melaksanakan tugasnya dengan penuh keikhlasan. Mainset ini tetap harus hidup dalam jiwa setiap guru, akan tetapi yang harus mengerti adalah pihak kepala sekolah dan pemerintah bersama-sama memikirkan kesejahteraan guru- ketika guru sejehtera maka murid pun ikut sejehtera.
MELAHIRKAN SUMBER DAYA GURU (SDG) MI UNGGULAN DI ERA GLOBALISASI Yanuar Dianto, Elga
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 1 No 1 (2016): Maret
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.263 KB)

Abstract

Memasuki era globalisasi sekarang ini kita dibawa kepada suatu kesadaran global yaitu fase dimana dunia terbuka tanpa batas. Di dalam dunia yang tanpa batas inilah terjadi persaingan yang mencangkup seluruh aspek kehidupan. Globalisasi terjadi Antara lain disebabkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi terutama tekhnologi informasi yang semakin hari semakin pesat dan berkembang.(mulyasa.2002;3) Untuk itu diperlukan upaya perubahan mendasar dalam berbagai bidang kehidupan, ekonomi, politik, sosial, dan budaya, termasuk pendidikan. Di sisi lain, untuk dapat keluar sebagai pemenang dalam era yang penuh persaingan ini maka kata kuncinya adalah sumber daya manusia yang  berkualitas. Dan oleh karena itu pendidikan menjadi sebuah keniscayaan yang tidak dapat ditawar-tawar lagi, karena salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut adalah melalui pendidikan yang berkualitas.
PERAN PENDIDIKAN PRAMUKA DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA MI DARUL FALAH BESUK WIROWONGSO AJUNG JEMBER 2015 Hadis Surur, Ihda
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 1 No 1 (2016): Maret
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (600.426 KB)

Abstract

MI Darul Falah didirikan agar menjadi pelayan masyarakat untuk membantu menjadikan insan yang berakhlakul karimah. Untuk mewujudkan hal itu MI Darul Falah berikhtiyar untuk berbenah dan improfisasi mulai Kegiatan Belajar Mengajar, fasilitas dan mengembangkan kegiatan ektrakulikuler. Kegiatan pramuka diproyeksikan untuk pembentukan dan peningkatan berkarakter siswa dan berakhlakul karimah. kegiatan-kegiatan pramuka adalah kegiatan melatih ketangkasan siswa dan melatih sensitif siswa untuk memiliki kecintaan tanah air dan ketaatan dalam beragama serta mendemons-trasikan karakter keteladanan para tokoh pejuang Islam. Disinilah letak bahwa kegiatan pramuka sangat berperan dalam peningkatan akhlaq siswa.
PEMBELAJARAN PLURALISME PRESPEKTIF KH. HASYIM MUZADI Yoyok Marsidi
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 1 No 1 (2016): Maret
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.082 KB)

Abstract

Seiring tumbuhnya Islam di Indonesia, bermacam paham agama masuk ke dalam masyarakat seperti paham wahabisme dan salafisme dari jazirah Arab. Namun masyarakat Indonesia tidak mudah ditembus dan dipengaruhi oleh dua paham ini. Dan terbukti nyata paham ini butuh puluhan bahkan ratusan tahun untuk bisa terserap oleh masyarakat Indonesia. Dan kini dua paham itu telah tampil mencengkeram sebagian dari bangsa Indonesia dan merusak kedamaian beragama yang sudah berjalan ratusan tahun di bumi Indonesia. Namun benar apa yang ditulis Media Indonesia di Editorialnya bahwa masyarakat Indonesia masih boleh berharap banyak pada dua pengawal sejati pluralisme di Indonesia, yaitu NU dan Muhammadiyah. Bagaimana pun NKRI adalah harga mati dan pluralisme adalah jaminannya. Tidak akan terwujud sebuah negara kesatuan dengan Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Budha di dalamnya tanpa ada tenggang-rasa antar umat beragama. Tidak akan ada kedamaian dan ketenteraman dalam menjalankan ibadah ketika nilai-nilai ”lakum diinukum waliya din” sudah tidak lagi diamalkan bangsa Indonesia. Jika sudah tidak lagi ada kerukunan antar umat beragama mungkin bisa jadi bangsa Indonesia akan menjadi bangsa barbar yang beringas. Dan bukan mustahil satu agama dan agama yang lain akan saling menjatuhkan dan berperang di atas bumi Indonesia. Sungguh tidak ada satu agama pun yang menghendaki hal seperti ini.
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSONS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs MIFTAHUL ULUM RENES WIROWONGSO AJUNG JEMBER TA 2015/2016 Hasanah, Siti Muflihatul
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 1 No 2 (2016): September
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (616.038 KB)

Abstract

Strategi pembelajaran peer lessons dapat memperkuat perkembangan pembelajaran matematika dan mampu berpengaruh terhadap perubahan pada hasil belajar matematika siswa dengan baik. Rumusan Masalah adalah adakah Pengaruh Stategi Pembelajaran Peer Lessons Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Miftahul Ulum Renes Wirowongso Ajung Jember Tahun Palajaran 2015/2016? Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh peer lessons terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di MTs Miftahul Ulum Renes Wirowongso Ajung Jember Tahun pelajaran 2015/2016. Manfaat penelitian ini adalah untuk mendidik siswa menjadi seorang yang percaya diri, aktif, dan tentunya mereka dapat merasakan pembelajaran yang menyenangkan. Sehingga mereka termotivasi untuk belajar lebih giat lagi. Jenin penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Obyek penelitian ini adalah MTs Miftahul Ulum Renes Wirowongso Ajung Jember. Sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh (sensus), 32 siswa-siswi. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini antara lain: metode interview, metode observasi dan metode Dokumentasi. Analisa data menggunakan rumus Chi kwadrat dengan taraf signifikan 5% kemudian untuk mengetahui bobot hasil chi kwadrat tersebut dipergunakanlah rumus KK (koefisien kontingensi). Hasil penelitian ini bahwa terbukti variabel X dengan variabel Y terdapat pengaruh. Analisis data dan pengujian hipotesis nilai X2 empiris = 9,2. lebih besar dari X2 kritik dengan db 1 dan taraf signifikansi 5 % = 3,841 yang berarti signifikan, artinya hipotesis kerja diterima dan hipotesis nihil ditolak. Kemudian berdasarkan hitungan rumus KK, nilainya = 0,355 berada diantara 0,201 – 0,400 berarti ada peranan atau pengaruh yang signifikan. Sehingga dapat diinterpre-tasikan bahwa semakin berkualitas penggunaan strategi pembelajaran peer lessons, maka hasil belajar matematika siswa semakin meningkat dengan baik. Guru hendaknya menguasai strategi peer lessons dalam proses pembelajaran matematika siswa, sehingga siswa aktif dan menyenangkan serta siswa dapat dengan mudah memahami materi pelajaran matematika dengan baik. Hendaknya guru menggunakan pree-test dan post-test dalam pembelajaran dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kesukaran dan ketuntasan belajar matematika siswa terhadap materi pelajaran yang diajarkannya 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN SKI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI BUSTANUL ULUM LANGKAP BANGSALSARI JEMBER Mohamad
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 2 No 2 (2017): September
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (736.713 KB)

Abstract

Model pembelajaran Role Playing merupakan salah satu permainan gerak yang didalamnya terdapat aturan, tujuan dan sekaligus melibatkan unsur bahagia. Dalam pembelajaran ini para peserta didik dibagi menjadi tiga kelompok kemudian masing–masing kelompok memperagakannya dan mendiskusikannya sehingga secara bersama-sama para peserta didik dapat mengeksplorasi perasaan, sikap, nilai, dan berbagai strategi pemecahan masalah dalam pembelajaran.Dalam penelitian ini yang menjadi masalah pokok adalah ingin mendeskripsikan penerapan model pembelajran Role Playing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI. Permasalahan tersebut peneliti konsen meneliti dan mengkaji secara mendalam dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalahmetode observasi, interview, tes dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian yang diperoleh berupa hasil tes. Data hasil tes merupakan tes formatif pada tiap akhir siklus. Nilai rata-rata kelas saat pelaksanaan pre tes mencapai 55,47. Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran pada siklus I mencapai nlai rata-rata 78,83. Pada siklus II terlihat siswa lebih aktif ketika pembelajaran. Perolehan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus II sebesar 92,50 dan telah mencapai kriteria aktivitas belajar sangat tinggi. Hal ini menunjukkan terjadinya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan baik. Penerapan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas III pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sub bab masa kanak-kanak nabi Muhammad SAW di MI Bustanul Ulum Langkap Bangsalsari Jember