cover
Contact Name
Agus Zainudin
Contact Email
jurnalalashr21@gmail.com
Phone
+6281336390005
Journal Mail Official
jurnalalashr21@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kyai Mojo No.101, Kaliwates Kidul, Kaliwates, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68133 Tel / fax : (0331) 428 732 ; 0857 4632 4403 / (0331) 428 732
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
ISSN : 25028383     EISSN : 28083954     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Al-Ashr Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun pada periode Maret dan September. Jurnal Al-Ashr ini memuat dan menyebarluaskan berbagai hasil penelitian, kajian ilmiah Dosen, Guru, Praktisi, Pengawas, Mahasiswa dalam lingkup bahasan tentang (1). Pendidikan agama dan umum, (2). Pembelajaran Dasar, menengah, atas, tinggi, (3). Pembelajaran pada masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2018): Maret" : 6 Documents clear
PERKEMBANGAN LIMA TAHUN PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 SD GUNUNGSARI I KECAMATAN UMBULSARI JEMBER Mely
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 3 No 1 (2018): Maret
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.246 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitanyang dialami guru dalam melaksanakan kurikulum 2013, penyebabkusulitan yang dialami, dan solusi yang dilakukan guru untukmengatasi kendala tersebut. Data diperoleh berdasarkan dari hasilangket, wawancara, dan observasi kepada guru kelas. Hasil penelitian ini yaitu kendala yang dialami guru berupa materi pembelajaran banyak yang tidak tuntas, dan komponen penilaian yang terlalu rumit. Penyebab kesulitan karena materi pembelajaran terlalu banyak, dan proses penilaian yang rumit. Solusi yang dilakukan selama ini yaitu melaksanakan kegiatan pembelajaran dan proses penilaian sesuai kemampuan guru.
IMPLIKASI INTEGRASI IMTAQ DAN IPTEK DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM fitriyatul
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 3 No 1 (2018): Maret
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.103 KB)

Abstract

Globalisasi melahirkan kemajuan ilmu pengetahuan danteknologi yang sedikit banyak akan memberikan dampak baik positif maupun dampak negatif terhadap lingkungan kehidupan masyarakat. Di samping dampak positif, kemajuan iptek ini tidak sedikit menjadikan individu-individu teralienasikan baik dari Tuhannya maupun lingkungan sosialnya. Hal ini disebabkan oleh penyimpangan-penyimpangan atau penyalahgunaan iptek tersebut. Problematika fenomena tersebut menunjukkan bahwa perlu adanya balance atau keseimbangan antara nilai-nilai moral atau ketaqwaan dan nilai-nilai ilmu pengetahuan danteknologi. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui adanya pengaruh kemajuan iptek terhadap perkembangan pendidikan Islam dan untuk mengetahui model integrasi imtaq dan iptek dalam pengembangan kurikulum pendidikan Islam. Sedangkan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan kajian literature (Library Research). Untuk hasil penelitian ini bahwa perekembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) memiliki pengaruh baik yang bersifat positif maupun negatif. Di satu sisi, kemajuan iptek merupakan suatu “anugerah” bagi dunia pendidikan Islam karena dengan iptek tersebut akses terhadap pengetahuan-pengetahuan dan informasi semakin mudahdan cepat. Akan tetapi di sisi lain, iptek juga telah mendatangkan “petaka” yang dikhawatirkan mengancam nilai-nilai agama, moral dan kemanusiaan. Adapun untuk membangun pendidikan yang mampu melahirkan sumber daya manusia seutuhnya yang berkwalitas, baik material maupun spiritual diperlukan sistem pendidikan yang integral dan berorientasi pada aspek teo-ontroposentris secara dinamis dan juga berorientasi pada pengembangan seluruh potensi dan dimensi pesertadidik secara proporsional.
EDUTAINMENT MENJAWAB PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH Elga Yanuar Dianto
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 3 No 1 (2018): Maret
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.789 KB)

Abstract

Pendidikan merupakan investasi masa depan. Melalui pendidikan, peserta didik dapat mengembangkan segala potensi yangada pada dirinya. Peserta didik dapat meningkatkan wawasanpengetahuannya dari yang tidak tahu menjadi tahu. Pendidikanberupaya untuk mewadahi potensi peserta didik dan membekalipeserta didik untuk menyiapkan kehidupan di masa yang akan datang. Pendidikan erat kaitannya dengan proses pembelajaran atau kegiatan belajar. Keberadaan guru menjadi salah satu komponen penting dalam proses belajar mengajar. Tugas guru adalah membelajarkan peserta didik. Dalam membelajarkan peserta didik, guru perlu mengembangkan kompetensi dan tekniknya dalam mengajar. Seringkali guru kurang memperhatikan teknik mengajar. Banyaknya mata pelajaran yang harusdikuasai oleh guru, membuat para guru menerapkan metode ceramah dari hari ke hari sehingga peserta didik merasa jenuh, bosan, bahkan malas-malasan mengikuti proses pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada penurunan prestasi belajar peserta didik. Sebagai seorang guru, harus pandai mengelola kelas, mengemas suatu pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. Pembelajaran yang menarik dan menyenangkan menjadi salah satu alternatif bagi guru untuk meningkatkan kualitasnya dalam mendidik peserta didik. Untuk itu, guru harus mengetahui hakikat belajar dan pembelajaran yang baik. Keberhasilan proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh pemahaman guru terhadap hakikat tersebut. Selain dapat meningkatkan semangat belajar, pembelajaran yang menarik danmenyenangkan juga memicu seorang guru untuk lebih kreatif daninovatif dalam menciptakan pembelajaran yang dapat menarikperhatian siswa dalam menyampaikan materi pelajaran. Disinilahtingkat kekreativan dan keterampilan mendidik siswa akan terlihat,sehingga guru harus pandai memutar otak. Salah satu konsep yang mungkin bisa dipakai adalah dengan menggunakan konsepEdutainment. Harapannya, dengan konsep Edutaiment pendidikmampu menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, serta akan tercapainya pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik. Key Word: Edutainment, Problematika, Pembelajaran
PENGARUH POSSING PROBLEM BERKELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA Prima Cristi
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 3 No 1 (2018): Maret
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.435 KB)

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi turut mewarnai dunia pendidikan.Kesalahan menggunakan model dan metode belajar menghambat tercapainya tujuan pendidikan yang diinginkan.Perlu adanya model pembelajaran yang baru selain model pembelajaran konvensional yaitu Model Pembelajaran Possing Problemberkelompok. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran PossingProblem Berkelompok dengan metode ceramah. Kemudian juga untuk mengetahui hasil belajar mana yang lebih tinggi. Pokok bahasan diambil dalam penelitian ini adalah Sistem Persamaan Linier. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Penelitian ini mnggunakan eksperimental. Jenis dari penelitian ini adalah komparatif, dimana membandingkan hasil belajar matematika siswa antara kelas eksperien dengan kelas control. Desai yang digunakan adalah True Eksperimen Desain.Metode pengumpulan data menggunakantes, hasil yang diperoleh dalam penelitian ini terdapat perbedaan. Perhitungan penelitian ini dilakukan dengan Uji-t, hasinya t-hitung 1.877,t-tabel 1.671 dengan taraf signifikansi 5%diperoleh bahwat-hitung lebih besar daripada t-tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Possing Problem Berkelompok dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ceramah.Dan hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Possing Problem Berkelompok menunjukan lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan metodeceramah.
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERMAINANSISWA KELAS III SEMESTER GENAP DI MI SHIBYANUL ISLAMIYAHKECAMATAN SUKORAMBI JEMBER Siti Khorunnisa
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 3 No 1 (2018): Maret
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (648.96 KB)

Abstract

Salah satu untuk menunjang suatu keberhasilan dalam proses belajar mengajar tersebut yaitu dengan adanya metode pembelajaran. Metode pembelajaran merupakan cara yang di gunakan guru untuk menyampaikan pelajaran kepada siswa. Dengan adanya metode pembelajaran di harapkan dapat membantu guru dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa. Oleh karenaitu, guru hendaknya menghadirkan metode pembelajaran dalam proses pembelajaran demi tercapainya tujuan pembelajaran. Adapun tujuan dari rumusan masalah ini adalah ingin mendeskripsikan,proses pelaksanaan upaya meningkatkan prestasi belajar bahasa indonesia dengan menggunakanmetode permainan siswa kelas III semester genap di MI Shibyanul Islamiyah kecamatan sukorambi kabupaten jember tahun pelajaran 2016/2017, mendeskripsikan proses perencanaan upaya meningkatkan prestasi belajar bahasa indonesia dengan menggunakan metode permainan siswa kelas III semester genap di MI Shibyanul Islamiyah kecamatan sukorambi kabupaten jember tahun pelajaran 2016/2017, serta evaluasi peningkatan belajar bahasa indonesia dengan menggunakan metode permainan siswa kelas III semester genap di MI Shibyanul Islamiyah kecamatan sukorambi kabupaten jember tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatifdeskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 18 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes
PENGARUH LINGKUNGAN PENDIDIKAN PESANTREN TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA MTS AL-AZHAR MUKTISARI KEC.KALIWATES JEMBER Anisatul Hamdana
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 3 No 1 (2018): Maret
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (779.625 KB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh lingkungan pendidikan pesantren terhadap pembentukan akhlak siswa, dengan fokus pada masalah: Adakah pengaruh lingkunganpendidikan pesantren terhadap pembentukan akhlak siswa terhadap Allah. Adakah pengaruh lingkungan pendidikan pesantren terhadap pembentukan akhlak siswa terhadap sesama manusia. Dengan menggunakan tehnik analisa data kuantitatif Chi kwadrat baik menggunakan satu arah maupun dua arah terhadap hasil penelitian, maka diperoleh hasil sebagai berikut: Pertama. Terdapat pengaruh lingkungan pendidikan pesantren terhadap pembentukan akhlak siswa terhadap Allah dengan pengaruh sedang. Kedua terdapat pengaruh lingkungan pendidikan pesantren terhadap pembentukan akhlak siswa terhadap sesama manusia dengan pengaruh sedang. Berdasarkan hasilpenelitian tersebut disarankan Kepada yayasan hendaknya mempertimbangkan dalam hal mewajibkan siswa untuk tidak hanya menempuh pendidikan formal melainkan juga pendidikan non formal di lingkungan pendidikan pesantren, untuk meminimalisir pengaruh dari luar peserta didik di usia mereka yang rawan di jaman modern ini agar terlatih dan terarah secara baik sesuai syariat islam, khususnya di bidang akhlak, mengingat persoalan akhlak tidak akan pernah surut seiring perubahan jaman. Jika tidak memungkinkan untuk mewajibkan siswa untuk menjadi siswa yang mukim di pesantren, hendaknya mengadakan program pesantren kilat bagi siswa yang tidak mukim di pesantren di waktu liburan semester atau di hari yang di kehendak dengan harapan mereka akan termotivasi dalam hal mendalami pendidikan di lingkungan pendidikan pesantren

Page 1 of 1 | Total Record : 6