cover
Contact Name
Bambang Eka Purnama
Contact Email
masbambangnet@gmail.com
Phone
+6287736223737
Journal Mail Official
masbambangnet@gmail.com
Editorial Address
Kompleks APMMI - Jl. Bangak Simo KM 7, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah 57376
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi
ISSN : 19799330     EISSN : 20880154     DOI : -
Jurnal SPEED adalah majalah ilmiah untuk menampung publikasi riset yang dilakukan oleh dosen, guru dan praktisi agar bisa di kritisi banyak masyarakat sehingga menadpat kemanfaatan dalam kehidupan. Scope jurnal diantaranya adalah ilmu komputer, pemrograman, pendidikan, ebussines dan lingkup disekitarnya
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 4 (2018): Speed 2018" : 11 Documents clear
Analisis Ekspresi Wajah Karakter Kartun Guna Pengembangan Pembuatan Film Animasi Arin Yuli Astuti - Universitas Muhammadiyah Ponorogo
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 10, No 4 (2018): Speed 2018
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (546.69 KB) | DOI: 10.55181/speed.v10i4.30

Abstract

Abstract - " Animation is one of the interactive media that is able to provide information to the public. By using animated film media, people are more interested and entertained when getting information. In animated films, many facial expressions conveyed resemble the shape of a human face to the original. But animation has a more interesting and funny form of facial expression.Many beginner animators are confused about how to make facial expressions of a cartoon, be it sad, happy, crying, laughing and many more that can be extracted and made into a frame to make facial expressions. For that researchers try to make the mouth, eyebrow and eye skeletons that can represent facial expressions from various kinds of mood characters to be drawn.By using the pattern of the mouth, eyes and eyebrows of humans can be formed a picture of a cartoon character. The researchers only took the three objects without taking a head pattern because the mouth, eyes and eyebrows were central to facial expressions. While the head can be used in various forms without having to be changed except when changing positions, such as tilting, forward or backward. By taking the title of Face Expression Analysis of Cartoon Characters for Development of Animated Film Making, the researchers hope to help the animators to determine the facial expressions of cartoons while drawing with the help of human photographic patterns. Abstrak - “Animasi adalah salah satu media interaktif yang mampu memberikan informasi kepada masyarakat. Dengan menggunakan media film animasi orang lebih tertarik dan terhibur saat mendapatkan informasi. Di dalam film animasi banyak ekspresi wajah yang di sampaikan menyerupai bentuk wajah manusia pada aslinya. Namun animasi memiliki bentuk ekspresi wajah yang lebih menarik dan lucu.Banyak para animator pemula yang bingung bagaimana cara membuat ekspresi wajah sebuah kartun, baik itu sedih,senang, menangis, tertawa dan masih banyak lagi lainnya yang dapat digali dan dijadikan kerangka membuat ekspresi wajah. Untuk itu peneliti mencoba akan membuat kerangka mulut, alis dan mata yang dapat mewakili ekspresi wajah dari berbagai macam suasana hati karakter yang akan digambar.Dengan menggunakan pola mulut, mata dan alis manusia dapat dibentuk sebuah gambar karakter kartun. Peneliti hanya mengambil tiga objek tersebut tanpa mengambil pola kepala karena mulut, mata dan alais adalah pusat ekspresi wajah. Sedangkan kepala bisa digunakan dengan berbagai macam bentuk tanpa harus di ubah-ubah kecuali saat perubahan posisi, misalnya miring, kedepan atau kebelakang.  Dengan mengambil judul Analisis Ekspresi Wajah Karakter Kartun guna Pengembangan Pembuatan Film Animasi peneliti berharap dapat membantu para animator untuk menentukan ekspresi wajah kartun saat menggambar dengan bantuan pola gambar foto manusia.Kata kunci: animasi, foto, ekspresi wajah
Perancangan Website Pertanian Di Ploso Gede Ngluwar Magelang Sebagai Media Informasi Dan Pemasaran (Studi Kasus Pada Kelompok Tani Hidayah) Puji Widodo; Imam Ikhsanudin - Universitas BSI PSDKU Yogyakarta
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 10, No 4 (2018): Speed 2018
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (617.897 KB) | DOI: 10.55181/speed.v10i4.336

Abstract

ABSTRACT - World agriculture is extremely important role in the progress of an agrarian country. But often the constraints experienced, as when farmers often complain because of the lack of information, the difficulty of getting fertilizer, and constrained in the marketing of agricultural products. The purpose of the design of the website as a medium agricultural and marketing information to farmers, especially farmers who are members of the Farmers Group Hidayah. In designing this farm website data collection methods used are observation, interview and literature study and development of its software using waterfall model (waterfall). This website is built using programming language php, html, css, javascript and jquery. In the database used implementasiannya using phpmyadmin and testing methods blackbox testing. This website can be a media official information Hidayah farmer groups to facilitate providing information to the public. With this website Hidayah Farmers Group officers can enter data quickly, producing accurate data and timely and can immediately print the report. After the implementation of the website is of course the problems facing farmers. can be minimized so that the welfare of farmers will remain guaranteed.Key Words: Website Design, Media Information and Marketing ABSTRAK - Dunia pertanian sangatlah penting peranannya dalam kemajuan suatu negara agraris. Namun sering adanya kendala yang dialami, seperti saat ini petani sering mengeluh karena kurang adanya informasi, sulitnya mendapatkan pupuk, serta terkendala dalam pemasaran hasil pertanian. Tujuan dari perancangan website pertanian ini sebagai media informasi dan pemasaran untuk petani khususnya para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Hidayah. Dalam perancangan website pertanian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara dan studi pustaka dan pengembangan perangkat lunaknya menggunakan model air terjun (waterfall). Website ini dibangun menggunakan bahasa pemograman php, html, css, javascript, dan jquery. Dalam implementasiannya database yang digunakan menggunakan phpmyadmin dan pengujiannya menggunakan metode blackbox testing. Website ini dapat menjadi media informasi resmi Kelompok Tani Hidayah untuk mempermudah memberikan informasi kepada publik. Dengan website ini petugas Kelompok Tani Hidayah dapat memasukan data dengan cepat, menghasilkan data yang akurat dan tepat waktu serta dapat langsung mencetak laporan. Setelah diterapkannya website ini tentunya persoalan yang dihadapi para petani. dapat diminimalkan sehingga kesejahteraan petani akan tetap terjamin.Kata Kunci: Perancangan Website, Media Informasi dan Pemasaran
Memprediksi Minat Pelanggan Membeli Produk Sepatu Menggunakan Metode Decision Tree Pada PT. Zoelindo Elite Anugerah Hendri - STMIK Nusa Mandiri Jakarta; Yana Iqbal Maulana Universitas BSI
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 10, No 4 (2018): Speed 2018
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.043 KB) | DOI: 10.55181/speed.v10i4.500

Abstract

Abstrak – Hingga saat ini, ada beberapa kasus yang mempengaruhi pembeli dalam memilih sebuah produk sepatu yang belum diketahui penyebabnya. Ada beberapa faktor dan masalah peminatan pembeli yang dapat memicu pertimbangan dalam memilih sepatu yaitu dari segi merk, warna, dan bahan sepatu.Pemahaman mengenai bagaimana konsumen melakukan keputusan pembelian merupakan salah satu syarat bagi pemasar untuk meraih keberhasilan dalam melakukan program pemasarannya”. Minat pembelian adalah niat untuk melakukan pembelian pada waktu yang akan datang, Secara khusus, pemasar harus mengidentifikasi siapa yang membuat keputusan pembelian, jenis-jenis keputusan pembelian, dan langkah-langkah dalam proses pembelian. Analisis optimasi model algoritma C4.5 memberikan nilai akurasi dengan model algoritma C4.5 yaitu 73.88%. Dari evalusai menggunakan ROC curve untuk model yaitu, untuk model algoritma C4.5 nilai AUC adalah 0.764 dengan tingkat diagnosa Fair classification. Dari evaluasi ROC curve tersebut terlihat bahwa model algoritma C4.5 dapat disimpulkan bahwa algoritma C4.5 cukup akurat dalam memprediksi minat beli produk sepatuKata kunci:  ROC, C4.5, Produk Sepatu
Sistem Pengolahan Data Penduduk Wilayah Desa Cilebut - Universitas BSI, Sismadi; - Universitas BSI, Rame Santoso
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 10, No 4 (2018): Speed 2018
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (825.335 KB)

Abstract

Abstract—Population data is a very important part of a government, whether large or small, for example at the kelurahan / village level. Effective and efficient population data processing is also very important because it relates to service to the population itself. The administration of the east cilebut village in the Sukaraja sub-district of Bogor Regency has a population of 18,317 people who are scattered in cimandala to sukatani. The processing of population data is still conventional in the sense that it uses office applications and has not been well systemized, thus impacting on existing public services. These services include, among other things, population registration, domicile change, birth, death, certificate and others that cannot be optimally served. To be able to provide public services that are good and efficient and effective, it is necessary to use a technology-based data processing system to obtain speed in the process, accuracy and efficiency in reporting. The level of data storage efficiency is also very good and safe. The design of the system uses a prototype model, this model is very adaptive to the changes desired by the user, especially the staff of the east cilebut village, so the system built is very friendly to the user and the operation is also easy. So that quick, accurate and efficient public service targets can be realized easily, important data on population is safer and guaranteed accuracy. Key Word : Population System, Public Service System, Prototype Model for Desa Cilebut Timur Intisari—Data kependudukan merupakan bagian yang sangat penting bagi suatu pemerintahan, baik lingkup besar ataupun kecil, misal tingkat kelurahan/desa. Pengolahan data penduduk yang efektif dan efisien juga sangat penting sebab berkaitan dengan pelayanan terhadap penduduk itu sendiri. Pemerintahan desa cilebut timur yang berada di wilayah kecamatan sukaraja kabupaten bogor memiliki jumlah penduduk 18,317 jiwa yang tersebar di cimandala hingga sukatani. Untuk pengolahan data penduduk masih konvensional dalam arti menggunakan aplikasi office dan belum tersistem dengan baik, sehingga berdampak pada pelayanan public yang ada. Pelayanan tersebut antara lain meliputi pendaftaran penduduk, pindah domisili, kelahiran, kematian, surat keterangan dan lain-lain belum dapat dilayani dengan optimal. Untuk dapat memberikan pelayanan public yang baik dan efisien serta efektif maka dibutuhkan system pengolahan data dengan berbasis teknologi sehingga diperoleh kecepatan dalam proses, keakuratan dan efisien dalam pelaporan. Tingkat efisiensi penyimpanan data juga sangat baik dan aman. Perancangan system menggunakan model prototype, model ini sangat adaptif terhadap perubahan yang diinginkan oleh pengguna khususnya staff desa cilebut timur, sehingga system yang dibangun sangat ramah terhadap pengguna dan pengoperasian juga mudah. Sehingga target pelayanan public yang cepat, akurat dan efisien dapat diwujudkan dengan mudah, data penting kependudukan lebih aman dan terjamin keakuratannya. Kata Kunci: system kependudukan, system pelayanan 
Game Edukasi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Sekolah Dasar Negeri Sooka I Punung Kabupaten Pacitan - STMIK Nusa Mandiri, Bambang Eka Purnama; - Universitas Surakarta, Putri Intan Sari
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 10, No 4 (2018): Speed 2018
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (724.917 KB)

Abstract

ABSTRACT: Games as something that is considered fun can be used to load the contents of education that can help in delivering positive values in building human intelligence as a whole. Because the game can train the brain's ability to actively, stimulating the brain in making decisions, has greater challenges. On SDN  Sooka I in the learning process is still konvensinal ie teachers teaching science AND IPS in presenting material to students with books and explain on the board. This causes the students to look bored and not focus on the material presented. In addition students were lazy to open and review the subjects at home. It is based on primary data obtained in the form of photo documentation, and results of the interview to the teachers teaching science AND social studies students. The purpose of this observation is helping students to want to go back to review teaching science and social studies at home so that when the subject matter is presented in school students already have a stock of prior knowledge of the results of learning at home by playing this educational game. The methodology used was the literature research, observation, interviews, analysis, design, and implementation. With Game Education Subjects science and social studies are to help students learn independently at home.Keyword : Game Education, IPA, IPSABSTRAKSI: Game sebagai suatu hal yang di anggap menyenangkan dapat digunakan untuk memuat konten-konten edukasi yang dapat membantu dalam menyampaikan nilai-nilai positif dalam membangun kecerdasan manusia secara utuh. Karena game dapat melatih kemampuan otak secara aktif, merangsang otak dalam membuat keputusan, lebih mempunyai tantangan.            Pada SDN Sooka I dalam proses pembelajarannya masih bersifat konvensinal yaitu guru mata pelajaran IPA DAN IPS dalam menyampaikan materi kepada para siswa dengan buku dan menerangkan di papan tulis. Hal ini menyebabkan para siswa menjadi terlihat bosan dan tidak fokus terhadap materi yang disampaikan. Selain itu siswa terlihat malas untuk membuka dan mengulas kembali mata pelajaran tersebut di rumah. Hal ini diperoleh berdasarkan dari data primer dalam bentuk dokumentasi foto, dan hasil dari interview kepada guru mata pelajaran IPA DAN IPS dan siswa. Tujuan dari penenlitian ini adalah membantu siswa agar mau kembali mengulas mata pelajaran IPA dan IPS di rumah sehingga pada saat materi pelajaran tersebut disampaikan di sekolah siswa sudah punya bekal pengetahuan terlebih dahulu dari hasil belajar di rumah dengan bermain game edukasi ini. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kepustakaan, observasi, wawancara, analisis, perancangan, dan implementasi. Dengan Game Edukasi Mata Pelajaran IPA dan IPS  ini dapat membantu siswa belajar mandiri di rumah.Kata Kunci : Game Edukasi, IPA, IPS
Sistem Pakar Klasifikasi Siswa Tunagrahita Pada SLB Shanti Yoga Klaten Menggunakan Metode Naive Bayes Rousyati Universitas BSI PSDKU bandung; Noor Hasan Universitas BSI PSDKU Yogyakarta
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 10, No 4 (2018): Speed 2018
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1174.28 KB) | DOI: 10.55181/speed.v10i4.198

Abstract

Abstract - SLB Shanti Yoga is one of the schools with special needs for the mentally retarded in Klaten. The teachers at the school experienced problems in classifying mentally retarded students to determine the class to be occupied. In determining the class adjusted to the mental retardation classification which consists of three levels, namely mild mental retardation, moderate intellectual disability, and severe mental retardation. To determine the level of mental retardation classification in students requires a diagnosis from an expert who is a psychologist and psychiatrist. But the Shanti Yoga Special School does not provide experts. Based on these problems, the authors make the title of the thesis "Expert System for Classification of Mentally Retarded Students in the SLB Shanti Yoga Klaten Using the Naive Bayes Method". The Naive Bayes method is used by the author to calculate the probability and statistics of 135 student data in the SLB Shanti Yoga Klaten regarding the symptoms that arise. The purpose of building an expert system in classifying mentally retarded students is to diagnose whether students who study at the Shanti Yoga SLB include mild, moderate or severe mental retardation because each class occupies a different class. Based on the tests made, the Naive Bayes method can be used to assist calculations in the classification system of mentally disabled students. This is evidenced by the assessment of classification of mentally retarded students which is more appropriate because it is based on the symptoms that arise that are needed in this study.Keywords: Expert System, Mentally Disabled Student Classification, Naive Bayes
Sistem Informasi Pengukuran Performansi Layanan Komunikasi Data Pada PT. Telkom Indonesia Iriadi, Nandang; - Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta, Priatno; - STMIK Nusa Mandiri Jakarta, Iqbal
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 10, No 4 (2018): Speed 2018
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.667 KB)

Abstract

Abstract - Payroll is all salaries paid by the company to its employees. Managers, administrative staff, and sales employees, usually get a salary from a fixed number of companies. Salary rates are usually expressed in monthly salary. Payroll data processing is one of the accounting fields that is widely used in the delivery of information. A computerized payroll system is needed for every institution or company. Due to the large amount of data and information that must be processed, it is no longer effective if done using manual methods. Payroll data processing is very large and the process is quite complicated, requiring a system that has a level of speed and accuracy in the calculation of information delivery.Keywords: Service, Data Communication, Telkom Abstraksi - Pengggajian adalah semua gaji yang dibayarkan perusahaan kepada karyawannya. Para manajer, pegawai administrasi, dan pegawai penjualan, biasanya mendapat gaji dari perusahaan yang jumlahnya tetap. Tarif gaji biasanya dinyatakan dalam gaji perbulan. Pengolahan data Penggajian merupakan salah satu bidang akuntansi yang banyak digunakan dalam penyampaian informasi. Sistem penggajian yang sudah terkomputerisasi sangat dibutuhkan bagi setiap Instansi ataupun perusahaan. Dikarenakan banyaknya data maupun informasi yang harus diolah sudah tidak efektif lagi jika dilakukan dengan menggunakan cara-cara manual. Pengolahan data penggajian yang jumlahnya sangat banyak serta prosesnya yang cukup rumit, memerlukan sebuah sistem yang memiliki tingkat kecepatan dan keakuratan dalam perhitungan penyampaian informasi.Kata Kunci : Layanan, Komunikasi Data, Telkom
Implementasi Algoritma Naïve Bayes Untuk Rekomendasi Sekolah Perawat Evy Priyanti - AMIK BSI Jakarta; Nining Suryani - AMIK BSI Karawang
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 10, No 4 (2018): Speed 2018
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (644.606 KB) | DOI: 10.55181/speed.v10i4.96

Abstract

ABSTRAK - Pendidikan perawat sangat dicari di beberapa daerah bahkan dibeberapa Negara, dengan berkembangnya dunia kedokteran maka perawat mengambil hal vital dalam hal ini. Semakin banyaknya siswa yang mendaftarkan diri di sekolah perawat maka pihak sekolah memerlukan beberapa kriteria dalam mengambil keputusan yang harus dilakukan secara tepat dan cepat, kriteria tersebut nantinya akan diklasifikasi menjadi beberapa bagian dan Naïve bayes memiliki beberapa keunggulan dalam pengklasifikasian data adalah meningkatnya performa dalam mengklasifikasi data. Data set nursery ini sangat tepat jika menggunakan algoritma Naïve Bayes.  Naïve Bayes sangat tepat dalam penelitian ini karena dapat menghitung peluang dengan ketepatan akurasi sebesar 90,32% pada dataset Nursery yang diambil dari UCI dataset pada sekolah perawat yang berada di Ljubljana, Slovenia dengan delapan atribut dan satu atribut keluaran.Kata Kunci: Algorithma, Perawat, Naïve BayesABSTRACT - Nurse education is highly sought after in some regions even in some countries, with the development of medicine, nurses take vital things in this regard. The more students who enroll in the nursing school then the school requires some criteria in making decisions that must be done accurately and quickly, these criteria will be classified into several parts and Naïve Bayes has several advantages in classifying data is increasing performance in classifying data. This data set nursery is very appropriate if you use the Naïve Bayes algorithm. Naïve Bayes is very appropriate in this study because it can calculate the opportunity with accuracy accuracy of 90.32% in the Nursery dataset taken from the UCI dataset in the nursing school in Ljubljana, Slovenia with eight attributes and one output attribute.Keywords: Algorithma, Nurse, Naïve Bayes
Perancangan Website Sebagai Media Penjualan Online Kain Shibori Marsela Ayu Wardani, Ratih; - Universitas BSI, Anastasia Meyliana
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 10, No 4 (2018): Speed 2018
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (794.571 KB)

Abstract

Abstract - Electronic commerce or what is called e-commerce is an important requirement for businesses so that the business they have can compete globally. The internet is a global network that connects computer networks throughout the world so as to enable communication and interaction between business people / sellers and prospective buyers. In a website-based online sales application, prospective buyers can make transactions without having to come to the store or face to face with the seller directly as is done in the Shibori fabric sales transaction. To market Shibori fabric to be better known by the public, an information system is needed so that it can provide information about Shibori fabrics that have a variety of unique motifs, expand marketing reach and increase sales of Shibori fabrics by utilizing information technology. In addition, with this sales application, employees are easier to manage and know the stock. The method used in designing this website is the waterfall method as a method of software development, data collection uses the method of observation and literature and black box testing methods to test system functionality in applications designed based on information entered into the system. The results of designing this website can run well which makes it easy to deliver product information quickly, precisely and accurately about Shibori fabrics, providing convenience and security to buyers in making purchase transactions, helping to increase sales and expand marketing reachKeywords: design, website, shibori, black box, information Abstrak – Perdagangan secara elektronik atau yang disebut dengan e-commerce merupakan suatu kebutuhan penting bagi pelaku usaha agar usaha yang dimilikinya dapat bersaing secara global. Internet merupakan jaringan global yang menghubungkan jaringan komputer di seluruh dunia sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi antara pelaku usaha/penjual dengan calon pembeli. Pada aplikasi penjualan secara online berbasis website, calon pembeli dapat melakukan transaksi tanpa harus datang ke toko ataupun bertatap muka dengan penjual secara langsung seperti yang dilakukan pada transaksi penjualan kain Shibori ini. Untuk memasarkan kain Shibori agar lebih dikenal oleh masyarakat maka diperlukan sebuah sistem informasi sehingga dapat memberikan informasi tentang kain Shibori yang memiliki beragam motif unik, memperluas jangkauan pemasaran serta meningkatkan penjualan kain Shibori dengan memanfaatkan teknologi informasi. Selain itu dengan adanya aplikasi penjualan ini maka karyawan lebih mudah dalam mengelola dan mengetahui stok barang. Metode yang digunakan pada perancangan website ini yaitu metode waterfall sebagai metode pengembangan perangkat lunak, pengumpulan data menggunakan metode observasi dan studi pustaka serta metode black box testing untuk menguji fungsionalitas sistem pada  aplikasi yang dirancang berdasarkan informasi yang dimasukkan ke dalam sistem. Hasil dari perancangan website ini dapat berjalan dengan baik yang memudahkan dalam penyampaian informasi produk secara cepat, tepat dan akurat tentang kain Shibori, memberikan kemudahan dan keamanan kepada pembeli dalam melakukan transaksi pembelian, membantu meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pemasaranKata kunci:  perancangan, website, shibori, black box,informasi
Implementasi Data Mining Penjualan Tas Pada Toko Fabella Shop Menggunakan Algoritma Apriori Cep Adiwihardja Universitas BSI; Murni Cahyati; Reynida Hilma - STMIK Nusa Mandiri
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 10, No 4 (2018): Speed 2018
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55181/speed.v10i4.97

Abstract

Abstrak - Penjualan tas merupakan barang yang banyak diminati oleh semua kalangan, baik kalangan atas maupun bawah, pria maupun wanita di segala usia. Merek dapat mempengaruhi masyarakat untuk membeli produk tersebut, untuk mengetahuinya dapat menggunakan bantuan tools rapid miner, produk dengan penjualan terbanyak dapat diketahui. Algoritma apriori termasuk jenis aturan asosiasi pada data mining. Apriori merupakan algoritma yang sangat terkenal untuk menemukan pola frekuensi tinggi. Pola frekuensi tinggi adalah pola-pola item didalam suatu database yang memiliki frekuensi atau support diatas ambang batas tertentu yang disebut dengan istilah minimum support. Dengan menggunakan algoritma apriori dapat membantu untuk mengembangkan strategi pemasaran. Kata kunci: Data Mining, Penjualan, Tas, Algoritma Apriori, Asosiasi.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 15, No 2 (2023): Speed April 2023 Vol 14, No 4 (2022): Speed Oktober 2022 Vol 14, No 3 (2022): Speed Juli 2022 Vol 14, No 2 (2022): Speed April 2022 Vol 14, No 1 (2022): Speed Januari 2022 Vol 13, No 4 (2021): Speed Oktober 2021 Vol 13, No 3 (2021): Speed Juli 2021 Vol 13, No 2 (2021): Speed April 2021 Vol 13, No 1 (2021): Speed Januari 2021 Vol 12, No 4 (2020): Speed Oktober 2020 Vol 12, No 3 (2020): Speed Juli 2020 Vol 12, No 2 (2020): Speed Mei 2020 Vol 12, No 1 (2020): Speed Januari 2020 Vol 11, No 4 (2019): Speed 2019 Vol 11, No 3 (2019): Speed 2019 Vol 11, No 2 (2019): Speed 2019 Vol 11, No 1 (2019): Speed 2019 Vol 10, No 4 (2018): Speed 2018 Vol 10, No 3 (2018): Speed 2018 Vol 10, No 2 (2018): Speed 2018 Vol 9, No 4 (2017): Speed 2017 Vol 8, No 4 (2016): Speed 2016 Vol 7, No 2 (2015): Speed 2015 Vol 5, No 3 (2013): Speed 20013 Vol 10, No 1 (2018): Speed 2018 Vol 9, No 3 (2017): Speed 2017 Vol 9, No 2 (2017): Speed 2017 Vol 9, No 1 (2017): Speed 2017 Vol 8, No 3 (2016): Speed 2016 Vol 8, No 2 (2016): Speed 2016 Vol 8, No 1 (2016): Speed 2016 Vol 7, No 4 (2015): Speed 2015 Vol 7, No 3 (2015): Speed 2015 Vol 6, No 4 (2014): Speed 2014 Vol 6, No 2 (2014): Seed 2014 Vol 6, No 1 (2014): Speed 2014 Vol 5, No 4 (2013): Speed 2013 Vol 5, No 1 (2013): Speed 2013 Vol 4, No 4 (2012): Speed 2012 Vol 4, No 3 (2012): Speed 2012 Vol 4, No 2 (2012): Speed April 2012 Vol 4, No 1 (2012): Speed Januari 2012 Vol 3, No 4 (2011): Speed Oktober 2011 Vol 3, No 3 (2011): Speed Juli 2011 Vol 2, No 4 (2010): Speed Oktober 2010 Vol 2, No 3 (2010): Speed Juli 2010 Vol 1, No 4 (2009): Speed Oktober 2009 Vol 1, No 2 (2009): Speed April 2009 Vol 7, No 1 (2015): Speed 2015 Vol 6, No 3 (2014): Seed 2014 Vol 5, No 2 (2013): Speed 2013 Vol 3, No 2 (2011): Speed April 2011 Vol 3, No 1 (2011): Speed Januari 2009 Vol 2, No 2 (2010): Speed April 2010 Vol 2, No 1 (2010): Speed Januari 2010 Vol 1, No 3 (2009): Speed Juli 2009 Vol 1, No 1 (2009): Speed Januari 2009 More Issue