cover
Contact Name
Bambang Eka Purnama
Contact Email
masbambangnet@gmail.com
Phone
+6287736223737
Journal Mail Official
masbambangnet@gmail.com
Editorial Address
Kompleks APMMI - Jl. Bangak Simo KM 7, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah 57376
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi
ISSN : 19799330     EISSN : 20880154     DOI : -
Jurnal SPEED adalah majalah ilmiah untuk menampung publikasi riset yang dilakukan oleh dosen, guru dan praktisi agar bisa di kritisi banyak masyarakat sehingga menadpat kemanfaatan dalam kehidupan. Scope jurnal diantaranya adalah ilmu komputer, pemrograman, pendidikan, ebussines dan lingkup disekitarnya
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 4 (2015): Speed 2015" : 10 Documents clear
Analisis Inkonsistensi Pada Kebutuhan Perangkat Lunak Evi Lestari Pratiwi1 - Politeknik Hasnur; Reza Fauzan .
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 7, No 4 (2015): Speed 2015
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.655 KB) | DOI: 10.55181/speed.v7i4.36

Abstract

AbstrakMenentukan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak adalah suatu proses yang sangat kompleks dan membutuhkan waktu yang panjang. Perangkat lunak (software) komputer adalah sekumpulan data elektronik yg disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yg disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yg akan menjalankan suatu perintah. Perangkat lunak disebut juga sebagai penerjemah perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan atau diproses oleh perangkat keras. Melalui software atau perangkat lunak suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah. Kebutuhan perangkat lunak menggambarkan kebutuhan dan batasan – batasan yang ada pada produk perangkat lunak yang berkontribusi terhadap solusi dari beberapa masalah dunia nyata. Dalam kebutuhan perangkat lunak, perlu adanya konsistensi antara spesifikasi kebutuhan perangkat lunak, karena suatu perangkat lunak dikatakan berhasil jika mempunyai konsistensi spesifikasi kebutuhan dari perangkat lunak itu sendiri. Inkonsistensi data adalah tidak sesuainya data pada beberapa informasi yang saling berhubungan disebabkan adanya perubahan data. Ada banyak metode yang digunakan untuk mengukur tingkatan inkonsistensi kebutuhan perangkat lunak.Keyword : Perangkat lunak, Kebutuhan perangkat lunak, Konsistensi, Inkonsistensi, Metode Inkonsistensi
PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP BUDAYA KERJA PADA PERGURUAN TINGGI AGAMA (Studi Pada IAIN Antasari Banjarmasin) - Institut Agama Islam Negeri Antasari Banjarmasin, M. Hasby
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 7, No 4 (2015): Speed 2015
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKSI : Teknologi Informasi dan Budaya Kerja dua hal yang ada di perguruan tinggi, keberadaan keduanya penting bagi pengembangan lembaga dan saling mempengaruhi. Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Teknologi Informasi terhadap Budaya Kerja pada IAIN Antasari  Banjarmasin. Sumber data penelitian berasal dari 90 responden pegawai yang digali dan dikumpulkan melalui teknik kuesioner dan observasi. Pengolahan dan analisis data menggunakan software SPSS, melalui serangkaian uji validitas, realibilitas kuesioner. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya, dilakukanlah uji regresi linear sederhana. Berdasar hasil penelitian ditemukan bahwa Teknologi Informasi berpengaruh terhadap Budaya Kerja pada IAIN Antasari Banjarmasin. Koefisien regresi 0,452 dan signifikansinya 0,000 di bawah alpha (a 0,05) dengan Koefisien regresi bernilai positif (+). Penelitian ini menemukan R square 0,254 atau 25,4 %. Sehingga dapat dimaknai bahwa variabel tidak terikat (independen) mempengaruhi variabel terikat (dependen) sebesar 25,4%. Selebihnya (74,6 %) dijelaskan variabel lain. Kata kunci : teknologi, budaya kerja, pengaruh  ABSTRACT : Information technology and work culture are two important things in the university, both of them are exist for the development of the Institute and influencing each other. This research knows to discover the influence of information technology to work culture at IAIN Antasari Banjarmasin. Source of data research has been collected from the 90-IAIN employees through questionnaires and observation techniques. Processing and data analysis are using SPSS software, through a series of validity test, reliability, and questionnaire. To find out how big the influence of technology information for them, the simple linear regression test has been used. Based on the results of research,it was found that technology information is affecting work culture at IAIN Antasari Banjarmasin. The regression coefficient of 0.452 and their significance 0.000 under alpha (a 0.05) and the regression Coefficient is positive (+).This research also found the value of R square is 0.254 or 25.4%. It can be understanded that independent variable influence dependent variable with 25,4% value. The rest (74.6%) are described by another variable. Keywords : technology, work culture, influence
Perencanaan Strategis Sistem Informasi Apotek Mutiara Insani Martapura kalimantan selatan - STMIK Banjarbaru, Masniah
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 7, No 4 (2015): Speed 2015
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (566.633 KB)

Abstract

Abstract – With the increasing number of the scope of service pharmacy to meet the needs of medical equipment and medicines RSIA Mutiara Bunda  and the increasing number of pharmacies around the pharmacy Mutiara Insani, the pharmacy Mutiara Insani must have the right strategy, supported by a system of precise information so as to produce a standard system of information on pharmacies and eventually was able to increase the effectiveness and raise competitiveness with other pharmacies and other hospitals. The pharmacy Mutiara Insani must have a strategic planning is an information system to improve its competitive edge.Strategic planning of information systems to improve the effectiveness and pharmacy services conducted with Value Chain and Five Force Porter.The results of strategic planning information system displays information systems strategic planning future using McFarlan portfolio.Keyword: Strategic Planning Information System, Pharmacy, Value chain, Porter's Five Force, Mc Farlan. Abstrak – Dengan bertambahnya jumlah ruang lingkup layanan Apotek untuk memenuhi kebutuhan alat kesehatan dan obat-obatan  RSIA Mutiara Bunda dan bertambahnya jumlah apotek disekitar Apotek Mutiara Insani, maka Apotek Mutiara Insani harus mempunyai strategi yang tepat dengan didukung oleh sistem Informasi yang tepat sehingga menghasilkan standar sistem informasi pada apotek dan akhirnya mampu untuk meningkatkan efektivitas serta menumbuhkan daya saing dengan apotek lain dan rumah sakit lain. Apotek Mutiara Insani harus memiliki perencaaan strategis sistem informasi untuk meningkatkan keunggulan kompetitifnya. Perencanaan strategis sistem informasi untuk meningkatkan efektivitas dan layanan Apotek dilakukan dengan value chain dan Five force factors Porter.Hasil Perencanaan strategis sistem informasi menampilkan perencanaan strategis sistem informasi mendatang dengan menggunakan portofolio MCFarlan.Kata kunci:  Perencanaan Strategis Sistem Informasi, Apotek, Value chain, Five Force Porter, Mc Farlan
Evaluasi Tata Kelola IT Dengan Model Maturity Level Menggunakan Framework COBIT 4.1 (Studi Kasus: PT. Suracojaya Abadi Motor) Suryadi Syamsu - STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 7, No 4 (2015): Speed 2015
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.261 KB) | DOI: 10.55181/speed.v7i4.51

Abstract

Abstract : The evaluation of IT Governance with maturity level model using framework COBIT 4.1 (a case study at PT. Suracojaya Abadi Motor). The objective of this research is to produce obtain maturity level modelof IT Process in Company in order to develop good product service and relevant with the purpose of the company refers to Framework COBIT.This Research will use Framework COBIT 4.1 which focuses on customer perspective of the bussiness goal especially for offer competitive products and the service of 6 core IT process such as PO2, PO4, PO5, PO7, AI3, and DS6.The research methodology used in this research is qualitatif Descriptive where the researcher collect information about the condition begin with observation, interview, bibliography and collecting data using questioner of maturity level model.The Result obtained after measuring the maturity level of the domain group of PO, AI and DS is still at mean level 2.60 (repeatable). To get the Expected maturity level at level 3 (defined process),so all process required in every process must be fulfilled, especially PO4 Process wich has low maturity level.Based on the measurement, the company needs to make document plan of SOP which contains cases such as developing organisation structure of IT involves all sides according with the purpose of the company also designing a framework process of IT, Then apply the role and the responsibility of IT including supervision and duty separation refers to RACI Charts of Framework COBIT 4.1.Keywords : IT Governance, Frameworkd COBIT 4.1, Maturity Level, Business Goal, IT ProcessAbstraksi : Evaluasi tata kelola IT dengan model Maturity Level menggunakan Framework COBIT 4.1 (Studi Kasus:PT. Suracojaya Abadi Motor). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan tingkat maturity model proses IT  di perusahaan sehingga mampu mengembangkan layanan produk yang baik dan sejalan dengan tujuan perusahaan yang mengacu pada Framework COBIT.Dalam penelitian ini akan menggunakan Framework COBIT 4.1 dengan fokus pada customer perspective dari business goal khususnya Offer competitive products and service yang memuat  6 Core IT Process yaitu PO2, PO4, PO5, PO7, AI3 dan DS6. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dimana peneliti mengumpulkan informasi tentang kondisi yang ada dan sedang berlangsung mulai dari observasi, wawancara, studi pustaka dan pengumpulan data menggunakan kuesioner maturity levelHasil yang didapatkan setelah mengukur Tingkat kematangan pada kelompok Domain PO, AI dan DS  masih berada pada level rata-rata 2.60 (repeatable).  Untuk dapat mencapai tingkat kematangan yang diinginkan (expected maturity level) di level 3 (defined process) maka semua prosedur yang disyaratkan di tiap proses harus dipenuhi khususnya proses PO4 yang memiliki tingkat kematangan terendah. Berdasarkan hasil pengukuran tersebut maka pihak perusahaan perlu membuat rancangan dokumen SOP yang didalamnya memuat hal-hal seperti membangun struktur  organisasi IT yang meliputi semua pihak yang terlibat sesuai dengan tujuan perusahaan serta merancang sebuah kerangka proses IT kemudian mengimplementasikan peran dan tanggung jawab IT meliputi pengawasan dan pemisahan tugas dengan mengacu pada RACI Charts Framework COBIT 4.1.Kata kunci: Tata Kelola IT, Framework COBIT 4.1, Maturity Level, Business Goal, IT Process
Pendekatan Rapid Application Development Dalam Merancang Program Administrasi Klinik (Studi Kasus:Klinik Anugerah Sehat) Ratnawati .; Diah Raka Siwi; Husni Faqih - AMIK BSI Tegal
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 7, No 4 (2015): Speed 2015
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1244.017 KB) | DOI: 10.55181/speed.v7i4.383

Abstract

Abstrak - Keterlambatan dalam penyajian informasi yang penting akan menyebabkan tidak relavan bagi penggunanya. Sedangkan telah banyak sistem aplikasi canggih yang dapat  digunakan, seperti dalam bidang kesehatan sistem informasi digunakan untuk mempermudah pengolahan data. Sebagai klinik yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan kepada masyarakat, klinik Anugrah Sehat membutuhkan adanya suatu sistem aplikasi komputer yang dapat menunjang untuk melakukan pemrosesan data administrasi pasien.  Proses administrasi yang ada di klinik anugrah sehat masih dilakukan secara manual, dari proses pencatatan data-data pasien, pencatatan  data  yang berhubungan dengan proses administrasi, serta pembuatan laporan sehingga hal ini dapat menimbulkan resiko pencatatan data yang salah, perhitungan pembayaran, kurang akuratnya laporan dan memperlambat untuk menemukan data yang diperlukan. Beberapa metode untuk mengumpulkan data penunjang pada penelitian ini dilakukan dengan beberapa cara seperti observasi, wawancara dan studi pustaka. Pendekatan pengembangan sistem yang digunakan adalah dengan metode Rapid Application Development (RAD). Dengan adanya program ini diharapkan akan menjadi solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada pada klinik Anugrah Sehat. Kata kunci :  Program Administrasi,  Rapid Application Development (RAD) Abstract - The delay in presenting important information will result in a non-reliable for its users. While has many information systems that can be used, as in the field of health, information systems are used to facilitate data processing.As a clinic engaged in the field of health services to the public, clinics Anugrah Sehat requires the existence of an information system that can support the process of data processing patient administration. The administrative process at the Anugrah Sehat clinic is still done manually, such as the process of recording patient data, recording the data related to the administration process, and making the report, so that during the process often happened errors in recording, payment calculations, less accurate reports and delays in search of necessary data.In this research, data collection method is done by observation, interview and literature study. The system development approach used is the Rapid Application Development (RAD) method. With this program is expected to be the best solution to solve the problems that exist in the clinic Anugrah Sehat..Keywords : Program Administration, Rapid Application Development (RAD)
Pengukuran Tingkat Kepuasan Pemanfaatan E-Learning (Studi Kasus: E-Learning IF UNPAS) - Universitas Pasundan Bandung, Fajar Darmawan
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 7, No 4 (2015): Speed 2015
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (142.138 KB)

Abstract

Abstract – E-learning is one of information system that commonly referred to the intentional use of networked information and communications technology in teaching and learning. E-learning offer a learning concept which can be access everywhere and everytime. Informatic engineering department of Pasundan University Bandung is one of many department which have utilize e-learning. This research has a purposes to assess the utilize of e-learning in Informatic engineering department of Pasundan University Bandung, is the utilize of of e-learning in Informatic engineering department of Pasundan University Bandung has satisfied for the student. satisfaction is a person’s feeling of pleasure or disappointed resulting from comparing a product perceived performances (or outcome) in relation to his or her expectations(kotler). The value of satisfaction will take from questioner that delivered to student, from the questioner will show the gap between student expectation and perceived performances that student received. Keywords: e-learning, satisfaction, expectation, perceived performances Abstrak – E-learning merupakan salah satu sistem informasi yang memanfaatkan internet yang biasa digunakan dalam dunia pendidikan. E-learning menawarkan sebuah konsep pembelajaran yang tidak mengenal tempat dan waktu, dimana mahasiswa dapat mengaksesnya kapan saja dan dimana saja. Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan Bandung merupakan salah satu program studi yang telah memanfaatkan E-learning. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian terhadap pemanfaatan e-learning di Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan Bandung, apakah pemnfaatan e-learning pada prodi TIF UNPAS sudah memuaskan atau belum bagi mahasiswa. Tingkat kepuasan ini akan dilihat dengan membandingkan tingkat rata-rata harapan dengan rata-rata yang didapatkan mahasiswa (kenyataan). Untuk mendapatkan nilai tersebut maka dalam penelitian ini akan dilakukan metode kualitatif, dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa sebagai pengguna. Dari kuesioner tersebut maka akan menghasilkan gap antara tingkat rata-rata harapan dengan rata-rata yang didapatkan mahasiswa (kenyataan) apakah sudah high satisfaction (kenyataan lebih besar dari harapan) atau masih low satisfaction (harapan lebih besar dari kenyataan) Keyword: e-learning, tingkat kepuasaan, harapan, kenyataan
Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Surat Pada Universitas Cokroaminoto Palopo Syafriadi - Universitas Cokroaminoto Palopo
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 7, No 4 (2015): Speed 2015
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (642.013 KB) | DOI: 10.55181/speed.v7i4.35

Abstract

Abstract - This research aimed to find out letter management and filing system along with obstacles that is implemented using Intranet Network uses web server, a case study of Cokroaminoto Palopo University. This research used descriptive research with a qualitative approach. The instruments were used in collecting the data through observation, interview and documentation. In analyzing the data the researcher focused on the data collection technique, data reduction, data presentation, and deduction. The validity of the data was examined through triangulation of sources and methods. Working system of this management will be managed in a local website that is accessed using the intranet network with a network protocol security. Design of this system has components such as the classification of the letter, incoming data, outgoing data and agenda of filing system. This system makes the solution more quickly in the process of mailing and archiving manually. Keywords: Letter, Analysis, Design, Information System, Intranet Abstraksi- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem informasi pengelolaan dan pengarsipan surat serta hambatan-hambatannya yang di dirancang menggunakan web server dengan bahasa pemrograman php dengan sistem jaringan intranet pada Universitas Cokroaminoto Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah dalam menganalisis data adalah menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Sistem kerja dari pengelolaan surat ini akan dikelolah di dalam sebuah website lokal yang di akses menggunakan jaringan intranet dengan sebagai sistem keamanan protokol jaringan. Perancangan sistem ini memiliki komponen seperti klasifikasi surat, data surat masuk, data surat keluar dan agenda sistem pengarsipan, sistem ini membuat solusi lebih cepat dalam proses persuratan dan pengarsipan yang dilakukan secara manual. Kata kunci: Persuratan, Analisis, Sistem Informasi , Intranet.
Audit Tata Kelola Sistem Teknologi Informasi Dan Komunikasi Perguruan Tinggi (Studi Kasus: STMIK PALANGKARAYA) Arliyana - STMIK Palangkaraya
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 7, No 4 (2015): Speed 2015
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.418 KB) | DOI: 10.55181/speed.v7i4.49

Abstract

Abstract - The role of information and communication technology indispensable in many fields of work this is in line with the increasing demands to solve problems more effectively and efficiently. Application of information technology systems in higher education institutions is needed to access the information quickly and accurately. The quality of information and communication technology systems is an important factor to support the various needs of teaching and administrative services for the community college. But the emergence of a variety of factors can cause the quality of information and communication technology systems to become unstable and not as expected, it is necessary to identify the various factors and how the solutions to overcome them. To produce a system of information and communication technologies are becoming an addition to the value of a college, it is necessary for the governance of information technology systems and communications colleges so that all factors related to the use of information technology can support each other and can have a positive impact community college. Results from this study is the description of the implementation of audit governance of information technology systems and communications colleges by using the COBIT Framework 4.1. Where COBIT 4.1 framework governing objective that must be achieved by the college in providing information and communication technology services. Keywords: Governance, Information and Communication Technology Abstrak - Peranan teknologi informasi dan komunikasi sangat diperlukan dalam berbagai bidang pekerjaan hal ini sejalan dengan semakin tingginya tuntutan untuk menyelesaikan masalah secara lebih efektif dan efesien. Penerapan sistem teknologi informasi dalam lembaga pendidikan tinggi sangat diperlukan untuk mengakses informasi secara cepat, tepat dan akurat. Kualitas sistem teknologi informasi dan komunikasi merupakan faktor penting untuk menunjang berbagai kebutuhan pengajaran dan pelayanan administrasi bagi civitas perguruan tinggi. Namun munculnya berbagai faktor dapat menyebabkan kualitas sistem teknologi informasi dan komunikasi menjadi tidak stabil dan tidak sesuai harapan, maka diperlukan identifikasi berbagai faktor penyebab dan bagaimana solusi untuk mengatasinya. Untuk menghasilkan sistem teknologi informasi dan komunikasi yang menjadi penambah nilai dalam sebuah perguruan tinggi, maka diperlukan adanya tata kelola sistem teknologi informasi dan komunikasi perguruan tinggi sehingga semua faktor yang berhubungan dengan penggunaan teknologi informasi dapat saling mendukung satu dengan yang lainnya dan bisa memberikan dampak positif bagi civitas perguruan tinggi. Hasil dari penelitian ini adalah gambaran implementasi audit tata kelola sistem teknologi informasi dan komunikasi perguruan tinggi dengan menggunakan COBIT Framework 4.1. Dimana COBIT Framework 4.1 mengatur masalah objektif yang harus dicapai oleh perguruan tinggi dalam memberikan layanan teknologi informasi dan komunikasi. Kata Kunci : Tata kelola, Teknologi Informasi Dan Komunikasi
Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Asma’ul Husna Pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sooka 1 Punung Kabupaten Pacitan Putri Intan Sari .; Lies Yulianto .
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 7, No 4 (2015): Speed 2015
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55181/speed.v7i4.497

Abstract

ABSTRACT: Multimedia is one way to facilitate conveying information in the form of audio or video. Multimedia is also able to produce something more lively and interesting, one of the multimedia application is to visualize the introduction of Husna Beautiful Names. The problem is how to make an interesting visualization using a computer-based multimedia? Primary School 1 Punung Sooka country is a school that has a mission to improve the religious values of their students.Islamic religious teaching in SD Negeri 1 Punung Less Sooka maximum due to limited time in the learning process in schools other than that in the class had difficulty in attracting students' enthusiasm for learning when studying the Islamic religious lessons, especially regarding the introduction of the Beautiful Names and Attributes that a high level of concentration required to memorize and memaknainya wellThe purpose of this research is to design an attractive media and interactive learning for students excited about the information presented. The methodology used was literature research,observation,interviews,analysisanddesign. Results to be achieved in the design of this visualization is the process of learning and teaching in Islamic religious studies specifically about the introduction of more effective Husna BeautifulNamesandinteresting.Keyword : LearningMediaIntroductionHusnaBeautifulNames ABSTRAKSI: Multimedia merupakan salah satu cara yang tepat untuk mempermudah menyampaikan informasi dalam bentuk audio ataupun video. Multimedia juga mampu menghasilkan sesuatu menjadi lebih hidup dan menarik, salah satu penerapan multimedia adalah untuk memvisualisasikan pengenalan Asma’ul Husna. Adapun masalahnya adalah bagaimana membuat visualisasi yang menarik menggunakan komputer berbasis multimedia? Sekolah Dasar negeri Sooka 1 Punung adalah sebuah sekolah yang mempunyai misi untuk meningkatkan nilai-nilai agama terhadap para siswanya. Pembelajaran agama islam di SD Negeri Sooka 1 Punung Kurang maksimal dikarenakan keterbatasan waktu dalam proses pembelajaran disekolah selain itu di dalam kelas mengalami kesulitan dalam menarik semangat belajar siswa ketika mempelajari pelajaran agama islam terutama mengenai pengenalan asma’ul husna yang dibutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi untuk menghafal dan memaknainya dengan baik.          Tujuan dari penilitian ini adalah Menjadikan media pembelajaran pengenalan Asma’ul Husna  yang menarik dan interaktif sehingga siswa lebih respon dengan materi yang disampaikan dan Menghasilkan CD pembelajaran pengenalan Asma’ul Husna yang menarik dan interaktif. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kepustakaan, observasi, wawancara, analisis, perancangan, dan implementasi Hasil yang ingin dicapai pada Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Asma’ul Husna adalah agar proses belajar mengajar pada mata pelajaran agama islam khusus mengenai pengenalan Asma’ul Husna lebih effektif dan menarik.Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Asma’ul Husna 
Rancang Bangun Sistem Informasi Penentuan Gaji Karyawan Pada Kontaktor Berbasis Iterative Dichotomizer Tree (Id3) (Studi Kasus: Pt. Abc) Sutariyani - STMIK AUB SURAKARTA
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 7, No 4 (2015): Speed 2015
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55181/speed.v7i4.311

Abstract

ABSTRAK - Penelitian ini bertujuan untuk membantu pihak PT. ABC dalam melakukan sistem penggajian karyawan. Dalam penggajian karyawan, sering dipisahkan antara penggajian karyawan harian, mingguan, bahkan bulanan. Proses penggajian karyawan secara manual seringkali terdapat ketidakefisienan, kesalahan atau kegagalan pada subprosesnya, sehingga dibutuhkan laporan yang menyediakan informasi tentang penggajian karyawan. Dengan adanya kesulitan tersebut di atas, maka dalam penelitian ini dikembangkan aplikasi penggajian karyawan yang didukung dengan penggunaan Iterative Dichotomizer Tree (ID3). Hal ini diharapkan dapat menjawab tantangan dalam pengambilan keputusan pada sistem penggajian. Metodologi penelitian yang digunakan dalam perancangan aplikasi penggajian karyawan ini adalah wawancara kebutuhan sistem, observasi sistem yang sedang berjalan, dan studi kepustakaan. Hasil yang dicapai dengan menyediakan fasilitas informasi pada PT. ABC dalam membantu pengambilan keputusan bisnis yang berupa aplikasi sistem informasibagian penggajian karyawan. Sehingga dengan adanya aplikasi ini, pengambilan keputusan bisnis bagian penggajian karyawan PT. ABC menjadi lebih optimal dan efisien. Kata Kunci: Sistem Informasi, Gaji Karyawan, Iterative Dichotomizer Tree.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2015 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 15, No 2 (2023): Speed April 2023 Vol 14, No 4 (2022): Speed Oktober 2022 Vol 14, No 3 (2022): Speed Juli 2022 Vol 14, No 2 (2022): Speed April 2022 Vol 14, No 1 (2022): Speed Januari 2022 Vol 13, No 4 (2021): Speed Oktober 2021 Vol 13, No 3 (2021): Speed Juli 2021 Vol 13, No 2 (2021): Speed April 2021 Vol 13, No 1 (2021): Speed Januari 2021 Vol 12, No 4 (2020): Speed Oktober 2020 Vol 12, No 3 (2020): Speed Juli 2020 Vol 12, No 2 (2020): Speed Mei 2020 Vol 12, No 1 (2020): Speed Januari 2020 Vol 11, No 4 (2019): Speed 2019 Vol 11, No 3 (2019): Speed 2019 Vol 11, No 2 (2019): Speed 2019 Vol 11, No 1 (2019): Speed 2019 Vol 10, No 4 (2018): Speed 2018 Vol 10, No 3 (2018): Speed 2018 Vol 10, No 2 (2018): Speed 2018 Vol 9, No 4 (2017): Speed 2017 Vol 8, No 4 (2016): Speed 2016 Vol 7, No 2 (2015): Speed 2015 Vol 5, No 3 (2013): Speed 20013 Vol 10, No 1 (2018): Speed 2018 Vol 9, No 3 (2017): Speed 2017 Vol 9, No 2 (2017): Speed 2017 Vol 9, No 1 (2017): Speed 2017 Vol 8, No 3 (2016): Speed 2016 Vol 8, No 2 (2016): Speed 2016 Vol 8, No 1 (2016): Speed 2016 Vol 7, No 4 (2015): Speed 2015 Vol 7, No 3 (2015): Speed 2015 Vol 6, No 4 (2014): Speed 2014 Vol 6, No 2 (2014): Seed 2014 Vol 6, No 1 (2014): Speed 2014 Vol 5, No 4 (2013): Speed 2013 Vol 5, No 1 (2013): Speed 2013 Vol 4, No 4 (2012): Speed 2012 Vol 4, No 3 (2012): Speed 2012 Vol 4, No 2 (2012): Speed April 2012 Vol 4, No 1 (2012): Speed Januari 2012 Vol 3, No 4 (2011): Speed Oktober 2011 Vol 3, No 3 (2011): Speed Juli 2011 Vol 2, No 4 (2010): Speed Oktober 2010 Vol 2, No 3 (2010): Speed Juli 2010 Vol 1, No 4 (2009): Speed Oktober 2009 Vol 1, No 2 (2009): Speed April 2009 Vol 7, No 1 (2015): Speed 2015 Vol 6, No 3 (2014): Seed 2014 Vol 5, No 2 (2013): Speed 2013 Vol 3, No 2 (2011): Speed April 2011 Vol 3, No 1 (2011): Speed Januari 2009 Vol 2, No 2 (2010): Speed April 2010 Vol 2, No 1 (2010): Speed Januari 2010 Vol 1, No 3 (2009): Speed Juli 2009 Vol 1, No 1 (2009): Speed Januari 2009 More Issue