cover
Contact Name
Agus Yulianto
Contact Email
pej@unublitar.ac.id
Phone
+6287867104193
Journal Mail Official
pej@unublitar.ac.id
Editorial Address
Jalan Masjid 22, Kota Blitar, Jawa Timur
Location
Kab. blitar,
Jawa timur
INDONESIA
Patria Educational Journal
ISSN : 28094298     EISSN : 28093178     DOI : https://doi.org/10.28926/pej
Core Subject : Education,
Patria Educational Journal (PEJ) adalah jurnal penelitian peer-review dengan sistem akses terbuka yang diterbitkan oleh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar,. Patria Educational Journal menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel ilmiah hasil penelitian empiris, kajian dan ulasan yang berkualitas di bidang pendidikan karya oleh para peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi dari seluruh dunia.
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2023): Volume 3 Nomor 2 Juni 2023" : 13 Documents clear
Pengembangan bakat untuk atlet di usia muda: Pembahasan dalam pendekatan spesialisasi awal versus multilateral Sumarno Sumarno; Veni Imawati
Patria Eduacational Journal (PEJ) Vol 3 No 2 (2023): Volume 3 Nomor 2 Juni 2023
Publisher : Faculty Of Education Science and Social Universitas nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/pej.v3i2.1014

Abstract

Abstrak: Bakat di usia muda dapat dilihat sebagai salah satu titik berangkat dalam membahas pencapaian prestasi olahraga. Gagasan tentang bakat terus memainkan peran penting dalam sebagian besar model pengembangan atlet. Dalam ulasan singkat ini, kami menyoroti perhatian pada gagasan tentang bakat dan bagaimana hal itu dikonseptualisasikan dalam sistem olahraga pada usia dini. Artikel ini bertujuan untuk mendiskusikan tentang dua jalur pengembangan bakat usia muda, yaitu spesialisasi awal dan multilateral. Beberapa pelatih, orang tua, dan anak-anak percaya bahwa cara terbaik untuk mengembangkan atlet elit adalah dengan berpartisipasi hanya dalam satu olahraga sejak usia dini dan memainkannya sepanjang tahun. Di pihak lain, menilai memilih jalur multilateral berguna untuk dasar menuju tahap spesialisasi olahraga dan memberikan dasar fundamental motorik dan fisik yang menyeluruh bagi anak. Pembahasan kami mengarah pada akar pengembangan bakat olahraga; spesialisasi awal versus multilateral pada bakat usia dini; dan solusi dalam pelatihan dan pengembangan atlet usia muda. Abstract: Talent at an early age can be seen as a starting point in discussing sports achievement offers. The notion of talent continues to play an important role in most models of athlete development. In this brief review, we examine the notion of talent and how it is conceptualized in sport systems at an early age. This article aims to talk about two pathways of youth talent development, namely early specialization and multilateral. Some coaches, parents, and children believe that the best way to develop elite athletes is to participate in only one sport from an early age and play it year-round. On the other hand, assessing choosing a multilateral pathway for the foundation towards the stage of sports specialization and providing a comprehensive foundation of motor and physical fundamentals for children. Our discussion goes to the roots of developing sports talent; early versus multilateral specialization in early talent; and solutions in the training and development of young athletes.
Upaya peningkatan prestasi belajar biologi melalui metode demonstrasi Luluk Winarni
Patria Eduacational Journal (PEJ) Vol 3 No 2 (2023): Volume 3 Nomor 2 Juni 2023
Publisher : Faculty Of Education Science and Social Universitas nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/pej.v3i2.945

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode demonstrasi. 2). Mendeskripsikan pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas X MIPA2 Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (76,67%), siklus II (93,33%), Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode demonstrasi dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa kelas X MIPA2 serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Biologi.
Peningkatan prestasi belajar menulis surat lamaran pekerjaan melalui teknik modeling Retno Koesoemaningtyas
Patria Eduacational Journal (PEJ) Vol 3 No 2 (2023): Volume 3 Nomor 2 Juni 2023
Publisher : Faculty Of Education Science and Social Universitas nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/pej.v3i2.946

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Mendeskripsikan menulis Surat Lamaran Pekerjaan dengan teknik “Modeling”. 2). Mendeskripsikan pelaksanaan metode teknik “Modeling”. 3). Mendeskripsikan profesionalisme guru dalam menggunakan metode inovatif dalam pembelajaran menulis Surat Lamaran Pekerjaan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pembelajaran Teknik Modeling ini dirancang dalam dua siklus. Hasil evaluasi pada Siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas menulis Surat Lamaran Pekerjaan sebesar 63,17% dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 48,08%. Hasil Evaluasi pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 85,5% dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Nilai rata-rata kelas dari 63,17% meningkat menjadi 85,5% berarti ada peningkatan sebesar 35,35%. Ketuntasan belajar secara klasikal dari 16,60% meningkat menjadi 86,28% ada Peningkatan sebesar 69,68%. Hal itu berarti bahwa teknik “Modeling” dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Karangan tahun pelajaran 2022/2023 dalam menulis Surat Lamaran Pekerjaan berkaitan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang benar dan bahasa baku.
Developing english supplementary book in teaching speaking skill used visio media for 7 grade at MTs Syekh Subakir Fathiah Salma; Ahmad Saifudin; Siti Rofi’ah
Patria Eduacational Journal (PEJ) Vol 3 No 2 (2023): Volume 3 Nomor 2 Juni 2023
Publisher : Faculty Of Education Science and Social Universitas nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/pej.v3i2.1028

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to determine the results of validator validation and student responses to the product that the researcher had developed in the form of a supplementary book with a combination of Visio media to test 16 7B grade students. MTs Syekh Subakir 1. This study uses Research and Development (R&D) used Borg and Gall theory (2003). The material presented in the media is descriptive text and this additional product focuses on speaking skill. Data collection technique were carried out used unstructured interviews and surveys. The instruments used are interview guidelines and questionnaires used a Likert scale. Based on the results of the validation carried out by material and media experts, from the results of student responses, the percentage of results obtained were 82,3%, 83,3%, and 79.8% with the criteria "Good or Valid or useful". so, it can be concluded that additional descriptive text books as learned media are very well used in the English learned process.
Pengembangan media belanja kata dan gambar untuk menulis teks deskripsi dengan pendekatan kontekstual siswa kelas VII SMP/MTs. Lukmah Rosyidah; Agus Hermawan; Sri Utami
Patria Eduacational Journal (PEJ) Vol 3 No 2 (2023): Volume 3 Nomor 2 Juni 2023
Publisher : Faculty Of Education Science and Social Universitas nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/pej.v3i2.1030

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi melaluiwawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII diMTs. Sunan Ampel Ringinrejo. Pada saat observasi penelitian ditemukanbeberapa masalah dalam proses pembelajaran, salah satunya siswakurangnya kreatifitas siswa dalam ketrampilan menulis teks deskripsi.Tujuan dari penelitian pengembangan yaitu menghasilkan produk berupamedia belanja kata dan gambar serta mengetahui kelayakan produk yangmeliputi: (validasi, keparaktisan, dan kemenarikan produk) media belanjakata dan gambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode R&D dengan model pengembangan 4-D. Produk yangdikembangkan kemudian diuji cobakan guna untuk mngetahui kelayakanproduk yang meliputi: validasi (ahli media dan ahli materi), kepraktisan(guru), dan kemenarikan (siswa). Data dianalisis menggunakan teknikanalisis data kualitatif dan kuantitatif. Perolehan data kualitatif meliputi:wawancara, observasi, serta kritik dan saran yang diberikan responden.Sedangkan, pengumpulan data kuantitatif diperoleh dari hasil angketresponden yang dihitung menggunakan kriteria kelayakan produk.Berikut hasil pengumpulan data kuantitatif untuk kelayakan produk: ahlimedia dengan total skor 77%, ahli materi dengan total skor 89%, gurudengan total skor 100%, dan siswa dengan total skor 95%. Dengan ini,produk media “belanja kata dan gambar” dapat dikualifikasi sagat layakdiimplementasikan di MTs. Sunan Ampel Ringinrejo.Abstract: This research wes motivated by the results of observationsthrough interviews with teachers of Indonesia language class VII in MTs.Sunan Ampel Ringinrejo. At the time of research observation, severalproblems were found in the learning process, one of which was the lack ofstudent creativity in writing descriptive text skills. The purpose ofdevelopment research is to produce products in the from of word and imageshopping media and to determinate the feaasibility of the product whichincludes: (validation, practicality, and produk attractiveness) word andimage shopping media. The method used in this research is the R&D methodwith a 4-D development model. The developed product is then tested inorder to determine the feasibility of the product which includes: validation(media experts an material experts), practility (teachers), and attactiveness(students). Date were analyzed using qualitative and quantitative dataanalysis techniquess. The acquisition of qualitative data includes:interviews, observations, as well as criticism and suggestions given byrespondents. Meanwhile, quantitative data collection from the results of therespondent’s questionnaire which was calculated using the producteligibiliy criteria. The following are the results of collecting quantitativedata for product feasibility: media experts with a total score of 77%,material expert with a total ssore of 89%, teachers with a total score of100%, and students with total score of 95%. With this, the media product“shopping word and pictures” can be qualified as very feasible to beimplemented in MTs. Sunan Ampel Ringinrejo.
Meningkatkan rasa percaya diri melalui konseling kelompok bagi siswa kelas IX H di SMP Negeri 1 Karangan Kabupaten Trenggalek pada Semester II tahun pelajaran 2022/2023 Sukesi Sukesi
Patria Eduacational Journal (PEJ) Vol 3 No 2 (2023): Volume 3 Nomor 2 Juni 2023
Publisher : Faculty Of Education Science and Social Universitas nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/pej.v3i2.1056

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian berfokus pada bagaimana guru membangun kepercayaan diri pembelajar siswa. Menanggapi permintaan yang berkembang ini, artikel ini memberikan penjelasan empiris, menggunakan penelitian Penelitian Tindakan Kelas. Intervensi role-play yang dituliskan dilakukan selama delapan pertemuan mengikuti protokol penelitian Tindakan kelas dengan direncanakan terlaksana dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan yang diikuti 31 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi: (1) Angket, (2) observasi, (3) wawancara, (4) Catatan lapangan, dan (5) dokumentasi. Analisis data meliputi (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, dan (3) Penarikan kesimpulan atau verifikasi, (4) Tahap tindak lanjut Pendekatan penelitian tindakan ini memainkan peran penting dalam mengembangkan kepercayaan diri siswa kelas IX H di SMP Negeri 1 Karangan Kabupaten Trenggalek Pada Semester II tahun pelajaran 2022/2023. (1) Diharapkan siswa yang mempunyai masalah berkonsultasi dengan guru pembimbing, dengan bantuan guru pembimbing siswa bisa mendapatkan gambaran untuk bisa mangambil keputusan untuk memecahkan masalahnya. (2) Guru Pembimbing hendaknya lebih kreatif menggunakan metode dalam pemberian bantuan penanganan pada siswa bermasalah, agar siswa lebih tertarik dan merasa nyaman dan (3) Lembaga sekolah hendaknya memfasilitasi kegiatan konseling kelompok maupun kegiatan Bimbingan Konseling.
Peningkatan prestasi belajar materi peristiwa dalam kehidupan melalui model pembelajaran artikulasi siswa kelas V Suyati Suyati
Patria Eduacational Journal (PEJ) Vol 3 No 2 (2023): Volume 3 Nomor 2 Juni 2023
Publisher : Faculty Of Education Science and Social Universitas nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/pej.v3i2.1059

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian berfokus pada bagaimana penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan upaya peningkatan prestasi belajar materi peristiwa dalam kehidupan melalui model pembelajaran artikulasi artikel ini memberikan penjelasan empiris. Alur PTK yang akan dipergunakan dalam penelitian ini adalah alur dari Kurt Lewin (1946). ada empat fitur utama yang melekat dalam penelitian tindakan. Yaitu: 1) partisipasi dan kolaborasi; 2) siklus refleksi diri yang konstan dan berulang, yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi; 3) menghasilkan pengetahuan; dan 4) transformasi praktik/aksi. Intervensi role-play yang dituliskan dilakukan selama delapan pertemuan mengikuti protokol penelitian Tindakan kelas dengan direncanakan terlaksana dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan yang diikuti 20 siswa kelas V Semester II Tahun pelajaran 2022/2023 SDN 2 Bendoagung Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek. Instrumen yang digunakan meliputi: (1) Angket, (2) observasi, (3) wawancara, (4) soal tes, dan (5) dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa: Penerapan model pembelajaran artikulasi dapat meningkatkan prestasi belajar materi peristiwa dalam kehidupan bagi siswa kelas V Semester II Tahun pelajaran 2022/2023 SDN 2 Bendoagung Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek. Pembelajaran artikulasi memberikan bukti hasil belajar siswa, hal ini dapat membantu memenuhi permintaan yang semakin meningkat akan akuntabilitas dalam pendidikan dasar, yang mengharuskan guru, sekolah untuk mengidentifikasi dan mendemonstrasikan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang mereka inginkan untuk dimiliki siswa sebagai hasil dari pengalaman pendidikan mereka.
Peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan 8 ketrampilan dasar mengajar melalui kegiatan micro teaching di SDN 4 Sisomulyo Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek Sutrisno Sutrisno
Patria Eduacational Journal (PEJ) Vol 3 No 2 (2023): Volume 3 Nomor 2 Juni 2023
Publisher : Faculty Of Education Science and Social Universitas nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/pej.v3i2.1067

Abstract

Abstrak: Studi ini berfokus pada kemampuan guru tentang kondisi yang mendorong praktik delapan keterampilan mengajar mereka di sekolah dasar dan tentang bagaimana kondisi ini dapat menginformasikan pengembangan program pendidikan guru untuk pendekatan kegiatan micro teaching. Peneltian ini adalah program penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan kerangka kerja empat langkah PTS meliputi (a) mempelajari dan merencanakan, (b) mengambil tindakan, (c) mengumpulkan dan menganalisis data, dan (d) merefleksikan data. Penelitian ini mengambil subjek penelitian seluruh guru kelas di SDN 4 Sidomulyo Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek pada Semester I Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 6 orang guru kelas. Instrumen yang dipergunakan adalah lembar soal dan pengamatan yang memuat sejumlah aspek yang dinilai. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah statistic deskriptif. Hasil dari PTS ini Ketuntasan dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan 16%. Nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan 5 Modus dari siklus I ke siklus II meningkat 10 Nilai terendah dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan 10 Nilai tertinggi dari siklus I ke siklus II tetap. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disampaikan kesimpulan bahwa “Micro Teaching dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan 8 ketrampilan dasar mengajar di SDN 4 Sidomulyo Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek pada semester I tahun pelajaran 2022/2023
Peningkatan prestasi siswa materi kebebasan berorganisasi PKn Tiono Tiono
Patria Eduacational Journal (PEJ) Vol 3 No 2 (2023): Volume 3 Nomor 2 Juni 2023
Publisher : Faculty Of Education Science and Social Universitas nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/pej.v3i2.1074

Abstract

The aims of this research are: (1) to describe the effect of Cooperative Script learning on Citizenship Education learning outcomes. (2) Describe how far the understanding and mastery of Citizenship Education subjects after the implementation of Cooperative Script learning. This study used three rounds of action research. Each round consists of four stages: design, activity and observation, reflection, and revision. The target of this research was students of Class V Semester II at SDN Medowo 2, Kandangan District, Kediri Regency for the 2018/2019 academic year. The data obtained is in the form of evaluation results, observation sheets of teaching and learning activities. From the results of the analysis it was found that student achievement increased from cycle I to cycle III, namely, cycle I 64.00%, cycle II 80.00%, cycle III 100%. The conclusions from this study are that the Cooperative Script method can have a positive effect on the learning motivation of Class V students, and this learning model can be used as an alternative to learning Citizenship Education.
Peningkatan prestasi siswa tentang senam lantai melalui penggabungan kekuatan dua orang penjaskes Wiyono Wiyono
Patria Eduacational Journal (PEJ) Vol 3 No 2 (2023): Volume 3 Nomor 2 Juni 2023
Publisher : Faculty Of Education Science and Social Universitas nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/pej.v3i2.1076

Abstract

The aims of this research are: 1). Describe the effect of the learning method combining the strengths of two people on Physical Education learning outcomes. 2). Describe the understanding and mastery of the Physical Education subject after the application of the Strength of Two People Method. This study uses a class action research design. The data obtained is in the form of formative test results, observation sheets of teaching and learning activities. The conclusion from this research is that through the Power of Two Person Merging Method it can have a positive effect on the student learning process, and this learning model can be used as an alternative to Physical Education

Page 1 of 2 | Total Record : 13