cover
Contact Name
Muhammad Ikhlash
Contact Email
ikhlash@polibatam.ac.id
Phone
+6285276558866
Journal Mail Official
ikhlash@polibatam.ac.id
Editorial Address
Komp. Pertokoan Hafindo Square Blok B No. 8 Sekupang, Batam, Provinsi Kepulauan Riau, 29424
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
Jurnal Bisnis Mahasiswa
ISSN : -     EISSN : 28072219     DOI : -
Tujuan dari Jurnal Bisnis Mahasiswa ini adalah untuk mendorong penyebaran seluas-luasnya hasil penelitian ilmiah akademisi dibidang bisnis. Jurnal Bisnis Mahasiswa mengundang artikel-artikel di bidang: Manajemen Akuntansi Ekonomi e-Business Jurnal Bisnis Mahasiswa menerima artikel-artikel yang sesuai dengan subyek penelitian bisnis dan metodologi penelitian yang sesuai dengan standar yang ditetapkan untuk dipublikasikan dalam jurnal ini. Kriteria utama untuk publikasi di Jurnal Bisnis Mahasiswa ini adalah pentingnya kontribusi hasil penelitian terhadap kekayaan literatur dibidang bisnis pada umumnya.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2023): Jurnal Bisnis Mahasiswa" : 6 Documents clear
PENGARUH FASILITAS DAN HARGA TIKET TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG KOLAM RENANG DELI SERDANG Haditiya Putra; Muhammad Hilman Fikri
Jurnal Bisnis Mahasiswa Vol 3 No 1 (2023): Jurnal Bisnis Mahasiswa
Publisher : PT Aksara Indo Rajawali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2494.039 KB) | DOI: 10.60036/jbm.v3i1.23

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan harga tiket terhadap kepuasan pengunjung Kolam Renang Deli Serdang di Lubuk Pakam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kolam Renang Deli Serdang Lubuk Pakam yang beralamat di jalan Negara, Petapahan, Kec. Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Penelitian ini akan dilaksakan dari bulan Februari 2021 sampai dengan bulan Agusutus 2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Nilai thitung variabel fasilitas (9,024) > ttabel (1,654) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, artinya secara partial harga tiket berpengaruh fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung Kolam Renang Deli Serdang di Lubuk Pakam. Nilai thitung variabel harga tiket (8,557) > ttabel (1,654) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, artinya secara partial harga tiket berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung Kolam Renang Deli Serdang di Lubuk Pakam. Nilai Fhitung = 153,227 > Ftabel = 2,66 dan signifikansi 0,000 < 0,05, artinya secara simultan fasilitas dan harga tiket berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung Kolam Renang Deli Serdang di Lubuk Pakam. Nilai Adjusted R Square (R2) adalah 0,669 artinya bahwa fasilitas dan harga tiket menjelaskan pengaruhnya terhadap kepuasan pengunjung sebesar 0,663 atau 66,3%, sedangkan sisanya 33,7% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
PERANCANGAN PROSEDUR PENCATATAN DANA KAS KECIL PADA CV MITRA IDEAL SUKSES Karina Nisa Aulia Bredi; Muhammad Ikhlash
Jurnal Bisnis Mahasiswa Vol 3 No 1 (2023): Jurnal Bisnis Mahasiswa
Publisher : PT Aksara Indo Rajawali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60036/jbm.v3i1.95

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perancangan prosedur pencatatan dana kas kecil pada CV Mitra Ideal Sukses. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang prosedur pencatatan dana kas kecil pada CV Mitra Ideal Sukses sesuai dengan kaidah akuntansi yang berlaku. Penelitian ini menggunakan data yang telah dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif dan metode pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa belum adanya prosedur pencatatan dana kas kecil pada CV Mitra Ideal Sukses sehingga masih belum sesuai dengan metode akuntansi yang berlaku.
ANALISIS KONSEP RELATIONSHIP MARKETING, STORE ATMOSPHERE DAN SERVICE QUALITY DALAM MENGOPTIMALKAN CUSTOMER LOYALTY PADA J.CO DONUTS & COFFEE DI KOTA BATAM Mia Syafrina; Rezky Amaliah
Jurnal Bisnis Mahasiswa Vol 3 No 1 (2023): Jurnal Bisnis Mahasiswa
Publisher : PT Aksara Indo Rajawali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60036/jbm.v3i1.102

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana pengaruh dari relationship marketing (X1), store atmosphere (X2), service quality (X3) terhadap customer loyalty J.Co Donuts & Coffee di Kota Batam. Populasi dalam penelitian ini ialah pelanggan J.Co Donuts & Coffee di Kota Batam. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang berupa web-based ini diolah menggunakan google form yang kemudian disebar melalui link kepada responden, sementara teknik pengumpulan sampel berjenis purposive sampling dengan total sampel yang ditetapkan yaitu 100 responden. Jenis penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif dan metode analisis datanya menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty dimana thitung 4,210 > 1,985, store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty dimana thitung 3,233 > 1,985, service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty thitung 3,310 > 1,985, dan ketiga variabel relationship marketing, store atmosphere dan service quality berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap customer loyalty dimana Fhitung 68,959 > Ftabel 3,09.
Penilaian Tingkat Depresi, Kecemasan, dan Stres pada Karyawan Bank XYZ dengan Menggunakan Metode DASS-42 Test Adhitomo Wirawan; Siti Halimah; Yulinda; Aulia Fajrin
Jurnal Bisnis Mahasiswa Vol 3 No 1 (2023): Jurnal Bisnis Mahasiswa
Publisher : PT Aksara Indo Rajawali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60036/jbm.v3i1.103

Abstract

Penelitian ini menguji tentang Penilaian Tingkat Depresi, Kecemasan, dan Stres pada Karyawan di Bank XYZ dengan Menggunakan Metode DASS 42 Test. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat depresi, kecemasan, dan stres pada karyawan. penelitian ini menggunakan jenis penelitian comparative research dengan pendekatan yaitu kuantitatif dan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Mann-Whitney dan Uji Kruskal-Wallis dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan tingkat depresi, kecemasan, dan stres secara parsial berdasarkan gender, tidak terdapat perbedaan tingkat depresi, kecemasan, dan stres secara parsial berdasarkan beban kerja, dan terdapat perbedaan tingkat depresi, kecemasan, dan stres secara parsial berdasarkan masa kerja. Tingkat depresi, kecemasan, dan stres karyawan perempuan lebih tinggi dibandingkan dengan karyawan laki-laki dan tingkat depresi, kecemasan, dan stres karyawan yang baru bekerja lebih tinggi dibandingkan dengan karyawan yang sudah lama bekerja.
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. SENTERAL INTI GAS (SIG) TANJUNG MORAWA DELI SERDANG Muhammad Fajar; Suhaila Husna Samosir
Jurnal Bisnis Mahasiswa Vol 3 No 1 (2023): Jurnal Bisnis Mahasiswa
Publisher : PT Aksara Indo Rajawali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Senteral Inti Gas (SIG) Tanjung Morawa Deli Serdang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Senteral Inti Gas (SIG) yang beralamat Jl. Ibnu Chattab Dusun V Desa Tanjung Morawa B Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Observasi, dokumentasi dan kuesioner dengan menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 178, Dalam penelitian ini, sampel diambil dengan menggunakan rumus slovin, dan menggunakan teknik probability sampling yaitu proportionate stratified random sampling, jadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 65 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian dengan uji secara parsial bahwa Harga memiliki nilai t hitung sebesar 3,239 > 1,6686 dan nilai signifikan sebesar 0,002 lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Senteral Inti Gas (SIG) Tanjung Morawa Deli Serdang. Kualitas Pelayanan memiliki nilai t hitung sebesar 4,015 > 1,6686 dan memiliki nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Senteral Inti Gas (SIG) Tanjung Morawa Deli Serdang. Berdasarkan hasil uji F (Simultan) memiliki nilai F hitung sebesar 37,071 > 3,15, sehingga secara bersama-sama Harga dan Kualitas Pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Senteral Inti Gas (SIG) Tanjung Morawa Deli Serdang. Hasil analisis koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa Harga dan Kualitas Pelayanan memberikan pengaruh terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Senteral Inti Gas (SIG) Tanjung Morawa Deli Serdang nilai sebesar 54,5%, sedangkan sisanya sebesar 45,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN AYAM PENYET JAKARTA SM. RAJA MEDAN Waiz Al Qorni Daulay; Anggia Sari Lubis
Jurnal Bisnis Mahasiswa Vol 3 No 1 (2023): Jurnal Bisnis Mahasiswa
Publisher : PT Aksara Indo Rajawali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60036/jbm.v3i1.107

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Konsumen Ayam Penyet Jakarta SM Raja Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS Versi 25.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen Ayam Penyet Jakarta SM. Raja Medan dengan nilai koefisien sebesar 0,161, dimana nilai t-hitung > t-tabel (2,536 > 1.6608) dan signifikan sebesar 0,013 lebih kecil dari 0,05. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen Ayam Penyet Jakarta SM. Raja Medan dengan nilai koefisien sebesar 0,754, dimana nilai t-hitung > t-tabel (11,843 > 1.6608) dan signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kualitas produk secara simultan berpengaruh terhadap keputusan konsumen Ayam Penyet Jakarta SM. Raja Medan dengan nilai Fhitung (80,349) > Ftabel (3,09), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Page 1 of 1 | Total Record : 6