cover
Contact Name
Siti Aisyah
Contact Email
siti.aisy@gmail.com
Phone
+6287823177983
Journal Mail Official
edusentris_sps@upi.edu
Editorial Address
Pusat Pengembangan dan Publikasi Karya Ilmiah (P3KI) Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Jalan Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154 Jawa Barat - INDONESIA
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
ISSN : 23560703     EISSN : 24422592     DOI : DOI: https://doi.org/10.17509/edusentris
Core Subject : Education,
Edusentris, the Journal of Teaching and Education Studies, is published by Center for Development and Publication of Scientific Work, School of Postgraduate Studies, Universitas Pendidikan Indonesia, on March, July and December. It aims to stimulate research, encourage academic exchange, and enhance the professional development for theoretical and practical purposes of scholars and other researchers who are interested in: educational and instructional issues; teaching; schooling; formal and non-formal education; higher and vocational education; educational policies; life-long education.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "VOL 4, NO 2 (2017): JULI" : 5 Documents clear
PERANCANGAN PERMAINAN INTERAKTIF “GEOCACHING” SEBAGAI INOVASI BARU PEMBELAJARAN MATEMATIKA Casnan, Casnan; Mahpudin, Asep; Fuadi, Evan Farhan Wahyu
Edusentris VOL 4, NO 2 (2017): JULI
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.203 KB) | DOI: 10.17509/edusentris.v4i2.374

Abstract

Perancangan permainan interaktif Geocaching pada pelajaran matematika bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang asik dan menyenangkan serta mempermudah memahami konsep koordinat kartesius. Studi ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan dengan tahapan penelitian (1) Pembuatan Konsep Permainan Interaktif “Geochacing” (2) Desain permainan interaktif “Geochacing”, (3) Perancangan permainan interaktif “Geochacing” untuk proses implementasi. Berdasarkan hasil analisis dan validasi dari ahli materi Permainan interaktif Geocaching sebagai inovasi baru pembelajaran matematika dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika dengan kejelasan isi materi yang baik, penggunaan bahasa yang sesuai dengan sasaran penggunaan, dan tingkat interaktif dengan siswa yang asik dan menyenangkan.
ENGLISH NEEDS OF ARCHITECTURAL ENGINEERING STUDENTS AT A PRIVATE UNIVERSITY IN BANDUNG Agung Kurnia; Wachyu Sundayana
Edusentris VOL 4, NO 2 (2017): JULI
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.399 KB) | DOI: 10.17509/edusentris.v4i2.370

Abstract

Penelitian ini menyelidiki kebutuhan Bahasa Inggris mahasiswa arsitek dan mendesain sebuah silabus yang mampu memenuhi kebutuhan berdasarkan hasil penelitian kebutuhan siswa. Penelitian ini mengambil tempat di sebuah universitas swasta di Bandung dengan merekrut sejumlah mahasiswa, alumni yang bekerja di bidang arsitektur, seorang dosen Bahasa Inggris dan kepala program studi jurusan arsitek. Data dikumpulkan dengan cara penyebaran kuesioner dan melakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara dan membaca merupakan dua keterampilan yang paling dibutukan oleh mahasiswa di tempat kerja mereka nanti. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, maka dirancanglah dan diusulkan sebuah silabus yang berbasis English Special Purpose untuk memenuhi kebutuhan Bahasa Inggris mahasiswa arsitek di universitas tersebut.
REPRESENTASI AHOK DALAM PORTAL PEMBERITAAN DI KOMPAS DAN REPUBLIKA Ami Rahmi; Dadang Sudana
Edusentris VOL 4, NO 2 (2017): JULI
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.422 KB) | DOI: 10.17509/edusentris.v4i2.371

Abstract

Media massa adalah salah satu jembatan bagi bertukarnya informasi di kalangan masyarakat. Menariknya, ada adagium yang terlanjur diyakini bahwa tidak ada media yang netral. Hal ini menunjukkan bahwa media massa pasti memiliki kecenderungan untuk memihak pada salah satu pihak. Pandangan tersebut mendorong peneliti untuk melakukan analisis makna ideasional pada pemberitaan mengenai representasi Ahok dalam sampul pemberitaan mengenai “Ahok di mata mereka” dan peresmian simpang susun semanggi di portal berita online Republika dan Kompas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis wacana kritis. Sampel penelitian terdiri atas media online Republika dan Kompas yang dipilih menggunakan teknik purposif. Data representasi Ahok pada objek pemberitaan kedua media massa dikumpulkan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada pemberitaan di Repulika, Ahok muncul sebagai partisipan II, yang menunjukkan bahwa Ahok dan segala informasi mengenai dirinya bukan merupakan entitas utama dalam pemberitaan. Berlawanan dengan Republika, Kompas memunculkan Ahok sebagai partisipan I, yang memposisikan Ahok dan segala informasi mengenai dirinya sebagai entitas utama dalam pemberitaan. Perbandingan konstruksi makna ideasional representasi Ahok pada kedua media besar menunjukkan bahwa Republika memiliki ideologi politik non-kooperatif pada Ahok. Sepak-terjang Ahok ditutupi oleh berbagai sudut pandang pemberitaan yang menempatkan Ahok sebagai pihak yang tidak berperan positif pada sebuah isu. Sebaliknya, sosok Ahok dikonstruksi sangat baik oleh Kompas. Berbagai hal baik yang dilakukan oleh Ahok ditampilkan sebagai modal untuk menunjukkan popularitas, elektabilitas, dan citra Ahok yang baik di hadapan masyarakat, yang mengindikasikan Kompas memiliki idelogi kooperatif terhadap sosok Ahok sebagai pemimpin Jakarta.
ANALISIS KEBUTUHAN PROGRAM KEAHLIAN SMK BERBASIS PENGEMBANGAN POTENSI WILAYAH DI KABUPATEN CIAMIS Liah Siti Syarifah
Edusentris VOL 4, NO 2 (2017): JULI
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.701 KB) | DOI: 10.17509/edusentris.v4i2.372

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan program keahlian SMK di Kabupaten Ciamis yang didasarkan pada pengembangan potensi wilayah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan Analisis Location Quotient (LQ). Data yang digunakan berupa data sekunder yang didapatkan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Badan Pusat Statistik (BPS) dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (DISDIKBUD) Kabupaten Ciamis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program keahlian SMK yang dibutuhkan di Kabupaten Ciamis adalah agribisnis produksi tanaman, agribisnis produksi ternak, agribisnis pengolahan hasil pertanian dan perikanan, mekanisasi pertanian, kehutanan, teknik bangunan, adminstrasi, keuangan, tata niaga, teknik otomotif, teknik industri, kepariwisataan, tataboga, teknik komputer dan informatika, teknik telekomunikasi, teknik broadcasting, kesehatan, dan pekerjaan sosial.
PRODUKTIVITAS GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI KABUPATEN SUMEDANG Reina Anggia; Dedy Achmad Kurniady
Edusentris VOL 4, NO 2 (2017): JULI
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/edusentris.v4i2.373

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produktivitas guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan data survey dan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa angket atau kuisioner. Hasil responden kemudian dikuantifikasi menggunakan skala Likert. Kuisoner meliputi aspek: (1) merencanakan pembelajaran; (2) melaksanakan pembelajaran; (3) menilai hasil pembelajaran; (4) membimbing dan melatih peserta didik; dan (5) melaksanakan tugas tambahan. Penelitian ini melibatkan 30 Kepala Sekolah yang terbagi ke dalam empat wilayah di Kabupaten Sumedang. Berdasakan persepsi responden, diketahui bahwa secara umum produktivitas guru berada pada kategori baik atau baik sekali pada kelima aspek. Sehingga daapat disimpulkan bahwa secara umum guru di kabupaten sumedang sudah melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 5