cover
Contact Name
Siti Aisyah
Contact Email
siti.aisy@gmail.com
Phone
+6287823177983
Journal Mail Official
edusentris_sps@upi.edu
Editorial Address
Pusat Pengembangan dan Publikasi Karya Ilmiah (P3KI) Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Jalan Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154 Jawa Barat - INDONESIA
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
ISSN : 23560703     EISSN : 24422592     DOI : DOI: https://doi.org/10.17509/edusentris
Core Subject : Education,
Edusentris, the Journal of Teaching and Education Studies, is published by Center for Development and Publication of Scientific Work, School of Postgraduate Studies, Universitas Pendidikan Indonesia, on March, July and December. It aims to stimulate research, encourage academic exchange, and enhance the professional development for theoretical and practical purposes of scholars and other researchers who are interested in: educational and instructional issues; teaching; schooling; formal and non-formal education; higher and vocational education; educational policies; life-long education.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2021)" : 5 Documents clear
Penerapan Model Argument Driven Inquiry Berbantuan Multimodal Pada Pembelajaran Menulis Argumentasi Anwar Hadi Adistia
Edusentris Vol 8, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/edusentris.v8i2.484

Abstract

Model Argument Driven Inquiry
STUDI KOMPARATIF METODE PEMBELAJARAN NGALOGAT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA ARAB KITAB KUNING DI PESANTREN SE-JAWA BARAT Fikri Lukmanul Hakim
Edusentris Vol 8, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/edusentris.v8i2.485

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab menjadi pembelajaran yang dapat menopang peserta didik dalam era globalisasi hari ini. Pembelajaran bahasa Arab dalam Pondok Pesantren di Indonesia disampaikan dalam metode modern atau tradisional, salah satu metode tradisional adalah metode ngalogat yang lebih sering digunakan di Pondok Pesantren Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan kendala-kendala dalam kegiatan pengajaran bahasa Arab kitab kuning melalui metode ngalogat di Pondok Pesantren se-Jawa Barat. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif analisis yang beralur pada pendekatan naturalistik. Desain penelitian yang digunakan adalah menentukan fokus penelitian, menentukan kesesuaian paradigma dengan fokus penelitian, menentukan kesesuaian paradigma dengan teori substantif. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa metode pembelajaran ngalogat masih relevan untuk kemampuan membaca dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren se-Jawa Barat. Karena metode ngalogat memuat pembelajaran dalam meningkatkan kemahiran Istima’ (Mendengar), Qiro’ah (Membaca), Kitabah (Menulis) para santri/peserta didik. Meskipun terdapat perbedaan dalam tipe muatan materi pada pondok pesantren berbasis modern dan salafi.
PENDEKATAN SCIENTIFIC INQUIRY UNTUK KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MAN pirmansyah Pirmansyah
Edusentris Vol 8, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/edusentris.v8i2.480

Abstract

AbstrakPenelitian ini mengkaji kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan scientific inquiry dan siswa yang pembelajarannya  menggunakan pendekatan teacher centered. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, dengan populasi 146 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) kemampuan pemecahan masalah matematika yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan scientific inquiry lebih baik  daripada siswa yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan teacher centered; 2) secara keseluruhan respon siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan scientific inquiry menunjukkan sikap yang positif.  Hal ini diperoleh dari hasil angket dengan indikator : (a) keseriusan belajar dan kesukaan terhadap matematika. (b) kesukaan terhadap penggunaan pendekatan Scientific Inquiry dalam pembelajaran matematika. (c) kesungguhan dan kemampuan berpikir dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah Kata Kunci : Scientific Inquiry, Kemampuan pemecahan masalah matematika.
ANALISIS SEMIOTIK PEIRCE TERHADAP LAMBANG DAÉRAH DI KOTA SUKABUMI (KAJIAN FILOSOFIS DAN SEMIOTIK) Khairul Khairul Fridarmawan; Ruswendi Permana; Dede Kosasih
Edusentris Vol 8, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/edusentris.v8i2.481

Abstract

Bahasa merupakan unsur pada lambang yang tidak banyak disadari masyarakat. Tulisan ini mendeskripsikan lambang daerah yang ada di kota Sukabumi, mengupas struktur yang menyusun lambang daerah, menganalisis semboyan yang terdapat dalam lambang daérah menggunakan semiotika Charles Sanders Peirce, dan semboyan tersebut kemudian dikupas dari segi filosofis masyarakat Sunda yaitu filsafat tritangtu. Dari penelitian terungkap bahwa lambang daerah kota Sukabumi mencakup unsur potensi daerah, harapan masyarakat dan semboyan. Dan dari hasil penelitian ditemukan bahwa semboyan tidak hanya merupakan unsur dalam lambang, namun sekaligus memproduksi muatan nilai dan makna lambang bagi kehidupan, sehingga makna lambang tidak bias di masyarakat. Setiap semboyan yang terdapat dalam lambang daerah memiliki nilai filosofis tekad, ucap, jeung lampah. Dalam filosofis Sunda hal tersebut dikenal dengan istilah tritangtu. Hal ini tentu saja membuktikan bahwa semboyan dirumuskan dengan melewati proses berpikir yang diantaranya melibatkan pengungkapan harapan, dan cita-cita yang ingin dicapai oleh masyarakat dan pemerintahannya.
MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI PENERAPAN METODE IMPROVE pirmansyah Pirmansyah
Edusentris Vol 8, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/edusentris.v8i2.482

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran metode IMPROVE terhadap peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) pada pokok bahasan program linear. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, dengan populasi 4 kelas XI di salah satu SMA Swasta Kabupaten Sukabumi yang terdiri dari 2 kelas laki-laki dan 2 kelas perempuan. Dua kelas perempuan ditetapkan sebagai sampel penelitian. Satu kelas menjadi kelompok eksperimen yang menerima pembelajaran metode IMPROVE, dan satu kelas lainnya menjadi kelompok kontrol yang menerima pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) pemahaman dan komunikasi matematis siswa yang menerima pembelajaran metode IMPROVE lebih tinggi daripada siswa yang menerima pembelajaran konvensional; 2) Peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran metode IMPROVE lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembalajaran konvensional. Hal tersebut ditinjau dari rata-rata peningkatan (N-gain) kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol; 3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran metode IMPROVE

Page 1 of 1 | Total Record : 5