cover
Contact Name
Arif Bijaksana Putra Negara
Contact Email
arifbpn@untan.ac.id
Phone
+62811578624
Journal Mail Official
editor_justin@informatika.untan.ac.id
Editorial Address
Sekretariat Justin Gedung Informatika Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Jl. Prof. Dr. Hadary Nawawi Pontianak 78124
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)
ISSN : 24603562     EISSN : 26208989     DOI : http://dx.doi.org/10.26418/justin
Core Subject : Science,
JUSTIN aims to publish research results and thoughts among academics, researchers, scientists, and practitioners in the field of informatics/computer science so that they are freely available to the public, and support the exchange of knowledge. The scope of JUSTIN is but is not limited to the following: theory and information science, information systems, information security, data processing and structure, programming and computing, software engineering, informatics, computer science, computer engineering, architecture and computer networks, robotics, parallel and distributed computing, operating systems, compilers and interpreters, games, numerical methods, mobile computing, natural language processing, data mining, cognitive systems, speech processing, machine learning, artificial intelligence, expert systems, geographical information systems, computational theory, and informatics applications in various fields.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 4 (2019)" : 7 Documents clear
Aplikasi Tes Buta Warna dengan Metode Ishihara Metode Colour Gradation dan Metode Farnsworth Ardiyan, Riski; Nasution, Helfi; Tursina, Tursina
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 7, No 4 (2019)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (743.149 KB) | DOI: 10.26418/justin.v7i4.34184

Abstract

Pada umumnya istilah dimana seseorang mengalami kesulitan untuk membedakan warna lebih dikenal dengan istilah buta warna. Berdasarkan sifatnya, buta warna dapat dibedakan menjadi dua yaitu yang bersifat kongenital (berasal dari turunan orang tua) dan yang bersifat akuisita (didapatkan ketika dalam pertumbuhan). Pengembangan aplikasi diagnosa buta warna dengan bertujuan untuk mempermudah dalam tes buta warna dan memperkecil potensi menghapal pola yang dilakukan oleh peserta tes buta warna. Aplikasi ini menggunakan metode heuristic ganda yaitu metode ishihara, metode colour gradation dan metode farnsworth.Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi diagnosa buta warna dengan yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6 dan telah diuji serta mendapatkan rekomendasi oleh dokter spesialis mata.
Implementasi Web Scraping untuk Pengambilan Data pada Situs Marketplace A. Yani, Dhita Deviacita; Pratiwi, Helen Sasty; Muhardi, Hafiz
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 7, No 4 (2019)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.48 KB) | DOI: 10.26418/justin.v7i4.30930

Abstract

Perdagangan elektronik atau e-commerce merupakan proses penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Di Indonesia, terdapat beberapa perusahaan yang bergerak dalam bidang e-commerce, yang beberapa diantaranya adalah Bukalapak, Elevenia, dan JD.id. Setiap perusahaan tersebut memiliki situs web dimana calon pembeli dapat mencari, memilih, dan membeli produk yang diinginkan. Agar dapat mengambil keputusan yang terbaik ketika melakukan proses perbelanjaan, selain seorang calon pembeli yang harus melakukan pencarian di beberapa situs marketplace mengenai produk yang hendak dibeli secara manual juga mereka ingin mencari produk yang terbaik berdasarkan jumlah produk dengan penjualan terbanyak atau terlaris. Dengan bantuan aplikasi web pencarian terbaik dan teknik web scraping ini akan mampu melakukan pencarian di beberapa situs marketplace dan menampilkan hasil pencarian secara bersamaan. Menurut hasil pengujian dengan menggunakan white box testing dan black box testing, sistem telah mampu memberikan hasil terbaik produk dari gabungan hasil pencarian di tiga situs web marketplace sesuai kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna.
Sistem Pengendali Kunci Kontak Sepeda Motor Menggunakan Gelombang Bunyi sebagai Password Berbasis Mikrokontroler Putra, Rasmi Gumilang; Marindani, Elang Derdian; Muhardi, Hafiz
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 7, No 4 (2019)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (817.597 KB) | DOI: 10.26418/justin.v7i4.31623

Abstract

Tindak kriminalitas khususnya pencurian sepeda motor di Kota Pontianak dan sekitarnya sudah menjadi keresahan yang dialami oleh warga Kota Pontianak sejak sangat lama. Cara yang sering diterapkan pelaku tindak kejahatan pencurian sepeda motor adalah dengan membobol kunci kontak menggunakan kunci leter T. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan membangun sistem pengendali kunci kontak sepeda motor menggunakan gelombang bunyi sebagai password berbasis mikrokontoler. Cara kerjanya adalah jika tidak memasukkan password yang sesuai, sepeda motor tidak akan bisa dihidupkan walau kunci kontak dalam posisi on, justru sistem akan menghidupkan alarm. Tujuan penelitian ini  menghasilkan sistem yang mampu mengendalikan kunci kontak sepeda motor dengan memanfaatkan gelombang bunyi yang berasal dari ketukan sebagai password untuk memberi perintah kepada sistem, sistem dapat mengolah data gelombang bunyi yang diterima, Sistem dapat mengatur ulang password menggunakan aplikasi Android dan sistem dapat mengendalikan kunci kontak sepeda motor. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian, sistem mampu mengendalikan kunci kontak sepeda motor yang diperintah menggunakan gelombang bunyi yang berasal dari ketukan, yang mana pada penelitian ini maksimal ketukan sebanyak 20 kali, dengan jumlah tingkat pengenalan password sebesar 80%. Apabila buzzer menghasilkan tegangan diatas 0.14 volt maka sistem akan mendeteksi  sebagai 1 kali ketukan, dan apabila tegangan yang dihasilkan tidak mencapai 0.14 volt maka ketukan dianggap 0. Sistem yang dibangun cukup aman, karena mengatur ulang password dilakukan  dengan aplikasi yang diberi nama “Reset Password” yang mampu berjalan pada sistem operasi Andorid dan berkomunikasi dengan perangkat keras sistem melalui bluetooth.
Rancang Bangun Sistem Informasi Pengolahan Nilai Rapor Berbasis Website pada SMP Negeri 16 Pontianak Putri, Dhea Arista; Irwansyah, M. Azhar; Pratama, Enda Esyudha
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 7, No 4 (2019)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (739.84 KB) | DOI: 10.26418/justin.v7i4.30921

Abstract

Rapor adalah laporan oleh guru mengenai kemajuan atau hasil belajar siswa selama masa tertentu.  Penilaian merupakan rangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan hasil belajar siswa yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan. Pengolahan nilai rapor siswa adalah sebuah pekerjaan yang membutuhkan ketelitian karena didalamnya terdapat banyak sekali data yang harus diolah. Dalam hal ini, sistem pengolahan nilai rapor di sekolah SMP Negeri 16 Pontianak yang sedang berjalan saat ini yaitu setiap guru mata pelajaran menginputkan nilai-nilai siswa yang diampunya dengan mengubah data yang ada sebelumnya menjadi data baru yang nantinya akan diolah. Kemudian, data yang telah diinputkan oleh setiap guru mata pelajaran tersebut diserahkan ke bagian staf. Kemudian staf mengolah lagi data nilai-nilai siswa tersebut untuk menjadi rapor yang pada akhirnya akan dicetak sehingga proses untuk menjadi rapor terjadi double working karena data antar guru dan staf tidak tersinkronisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sistem informasi pengolahan nilai rapor berbasis website yang didalamnya dapat memanajemen seluruh data-data siswa, guru, nilai harian, nilai tugas, nilai ulangan tengah semester, nilai ulangan akhir semester, dan sebagainya. Metode yang digunakan yaitu dengan metode waterfall dimana hal ini menggambarkan pendekatan yang sistematis dan berurutan pada pengembangan perangkat lunak. Pengujian yang dilakukan terhadap sistem dengan metode UAT (User Acceptance Test). Dari hasil pengujian User Acceptance Test (UAT) yang telah dilakukan menunjukan sistem informasi berjalan dengan sangat baik sesuai fungsinya dan dapat diimplementasikan pada SMP Negeri 16 Pontianak.
Model Prediksi Awal Masa Studi Mahasiswa Menggunakan Algoritma Decision Tree C4.5 Orpa, Elsa Paskalis Krisda; Ripanti, Eva Faja; Tursina, Tursina
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 7, No 4 (2019)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (523.554 KB) | DOI: 10.26418/justin.v7i4.33163

Abstract

Masa studi mahasiswa merupakan tolak ukur penilaian keberhasilan Program Studi, karena masa studi merupakan salah satu indikator keberhasilan proses belajar mahasiswa. Permasalahan mahasiswa lulus tidak tepat waktu dan mahasiswa drop out (DO) masih menjadi kendala Program Studi saat ini. Tujuan penelitian ini adalah membangun sebuah model untuk prediksi awal masa studi mahasiswa, dimana saat ini implementasinya dilakukan pada Program Studi Informatika Universitas Tanjungpura. Keterlambatan mahasiswa dalam menempuh masa studi disebabkan karena kesulitan data pengetahuan yang terbatas tentang prediksi masa studi. Prediksi adalah suatu kegiatan untuk memperkirakan kejadian yang akan terjadi dimasa depan dengan menggunakan data yang sudah ada. Penggunakan model untuk melakukan prediksi masa studi bisa digunakan untuk menangani masalah kerumitan dan ketepatan hasil prediksi, dengan menggunakan metode pendekatan yang cocok untuk prediksi salah satunya adalah algoritma Decision Tree C4.5. Pengujian sistem yang dilakukan menggunakan Cofusion Matrix, menunjukan bahwa model prediksi yang dibangun menggunakan Decision Tree C4.5 menghasilkan rule yang baik digunakan untuk prediksi masa studi mahasiswa. Karena hasil perhitungan nilai akurasi terhadap prediksi yang dihasilkan dengan kenyataan sebenarnya menunjukan nilai precision, recall dan accuracy rata-rata diatas 50% sedangkan untuk nilai error rate berada dibawah 20% .
Augmented Reality Peta Informasi Jalan di Kota Pontianak Guntur, Arifin Sidiq Tunggal; Sukamto, Anggi Srimurdianti; Muhardi, Hafiz
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 7, No 4 (2019)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (526.554 KB) | DOI: 10.26418/justin.v7i4.24255

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi informasi, salah satunya adalah teknologi Augmented Reality (AR) yang dapat dimanfaatkan sebagai media informasi termasuk peta informasi jalan di Kota Pontianak. Hal ini dikarenakan peta informasi di Kota Pontianak masih menggunakan media konvensional seperti papan informasi yang terdapat di beberapa titik seperti di Jalan Jendral Urip, Jalan Sultan Abdurrahman, dan Jalan Gajah mada. Dengan minimnya informasi yang disampaikan membuat pengunjung atau tourist local maupun mancanegara kurang terbantu sehingga mengurangi ketertarikan untuk melihat peta informasi tersebut. Kelebihan dari Augmented Reality adalah tampilan visual yang menarik, karena dapat menampilkan objek 3D beserta animasinya yang seakan-akan ada pada lingkungan nyata dan disandingkan dengan informasi, dan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media informasi yang mampu membuat pengguna tertarik menggunakannya. Pada penelitian ini digunakan Game Engine UNITY untuk membangun aplikasi berbasis Android serta Vuforia SDK agar aplikasi yang dibangun dapat menjadi aplikasi berteknologi Augmented Reality. Aplikasi dapat menampilkan visualisasi objek 3D seperti Peta Informasi, Objek Rumah Ibadah, Tempat Wisata, dan Ikon Kota Pontianak. Berdasarkan pengujian kompabilitas, aplikasi ini sudah berjalan dengan baik pada perangkat mobile Android, mulai dari Android versi 4.2.0 (Jelly Beans) hingga Android versi 7.0 (Nougat).  Dari hasil pengujian UAT dan Usability, dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibangun mampu menarik minat masyarakat untuk menggunakan aplikasi sebagai media informasi, serta penggunaan aplikasi yang dibangun mudah digunakan.
Rancang Bangun Aplikasi Appointment dan Job Progress Control Board Berbasis Android Nasikhin, Khoirun; Safriadi, Novi; Perwitasari, Anggi
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 7, No 4 (2019)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (743.486 KB) | DOI: 10.26418/justin.v7i4.29539

Abstract

Bengkel dalam industri otomotif merupakan tempat layanan jasa perbaikan dan perawatan kendaraan. Dalam layanannya, sebuah antrian tidak bisa dihindari karena pekerjaan memerlukan waktu yang relatif lama dan diperlukan tahapan pekerjaan yang cukup banyak. Untuk mengurangi penumpukan pekerjaan, diperlukan sistem booking atau appointment sebelum hari pengerjaan. Dan untuk memantau pekerjaan diperlukan juga alat job progress control board yang real time dan mudah digunakan. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi Appointment dan Job Progress Control Board untuk membantu pengaturan waktu antrian dan waktu pekerjaan. Menggunakan teknologi android yang memudahkan dalam hal penggunaan bisa dimana saja, dan menggunakan teknologi hybrid app untuk memudahkan pembangunan aplikasi memakai teknologi web seperti javascript, html dan css. Pengujian aplikasi dilakukan dengan black box dan pengujian operasional perangkat lunak di PT. Wahana Inti Nusa Pontianak. Pengujian operasional perangkat lunak dengan teknik User Acceptance Test mendapatkan hasil sangat baik dengan nilai 62 dari nilai semesta antara 0 – 70.

Page 1 of 1 | Total Record : 7