cover
Contact Name
Angger Bimantara
Contact Email
anggerbimantara28@gmail.com
Phone
+6285859299642
Journal Mail Official
jurnal@stai-ali.ac.id
Editorial Address
Jl. Sidotopo Kidul 51, Surabaya, Jawa Timur Kode pos 60152
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa
ISSN : 20889593     EISSN : 27743748     DOI : https://doi.org/10.54214/alfawaid
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal al-Fawa’id : Jurnal Agama dan Bahasa (P-ISSN: 2088-9593 dan E-ISSN: 2774-3748) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Ali bin Abi Thalib Surabaya. Sirkulasi penerbitan jurnal ini adalah 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu di bulan maret dan september. Artikel yang dimuat berupa penelitian-penelitian tentang Agama dan Bahasa. Adapun fokus dan cakupan dari jurnal ini adalah sebagai berikut: Aqidah Agama Islam Fiqih Agama Islam Sejarah Agama Islam Pendidikan Islam Dakwah Islam Pengajaran Bahasa Asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) Sastra Bahasa Asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) Sejarah Pendidikan Bahasa Asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) Strategi Pengajaran Bahasa Asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) Media Pengajaran Bahasa Asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris)
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 2 (2020): September" : 7 Documents clear
Kedudukan dan Tujuan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Mubarak Bamualim
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 10 No 2 (2020): September
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.946 KB) | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol10.Iss2.141

Abstract

Penelitian ini akan berbicara mengenai kedudukan dan tujuan evaluasi dalam pembelajaran bahasa Arab, sebagaimana diketahui dari orang yang mendalami bidang pendidikan, bahwa evaluasi adalah salah satu unsur penting dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab. Dengannya dapat diketahui apakah tujuan yang telah ditetapkan akan tercapai atau tidak, dan memungkinkan bagi mereka yang berkecimpung di bidang pendidikan untuk memperbaiki proses pembelajaran dalam arti meningkatkan tujuan dan memperbaiki proses pembelajaran dengan mengubah metode pengajaran menjadi apa yang lebih tepat dan sesuai bagi siswa, dan di dalam pembelajaran bahasa Arab memiliki beberapa tujuan diantaranya adalah untuk memahami Al-Qur'an dan Sunnah Nabi, dan untuk memahami rujukan untuk ilmu-ilmu Islam yang ditulis dalam bahasa Arab, dan salah satu tujuan terpenting adalah mengajarkan bahasa Arab agar mampu berkomunikasi dengannya baik secara lisan maupun tulisan.
Konsep Pendidikan Berdasarkan Keteladanan Kepada Nabi Muhammad ṣallallāh ʿalaih wasallam Perspektif Shaykh Muhammad bin Abdul Wahhāb Ainul Haris
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 10 No 2 (2020): September
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (651.567 KB) | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol10.Iss2.142

Abstract

This study examines the concept of education in the perspective of Muhammad Ibn 'Abd al-Wahhāb which is based on his exemplary to the Prophet Muhammad ṣallallāh ʿalaih wasallam. The da'wah of Ibn 'Abd al-Wahhāb raises the pros and cons among Muslims. The issue of education and exemplary is kind a fundamental things in Islam, because for a Muslim the Prophet Muhammad ṣallallāh ʿalaih wasallam is the first figure to be followed by his words, carried out his orders and decisions and his behavior imitated or emulated. This research answers how the concept of education according to Shaykh Muhammad bin Abdul Wahhāb which is taken from the figure of the Prophet Shallallahu 'alaihi wa Sallam. The type of research that the writer uses is library research which specifically examines a problem to obtain data in the writing of this study. Sources of data in this study were obtained from primary data and secondary data. The primary sources in this  writing are the original works or writings of Shaykh Muhammad bin Abdul Wahhāb. The secondary sources in this study are educational books, journals of morality aqidah in Islam that are relevant to the research discussion. The approach used in this research is historical-philosophical. The data obtained were then analyzed by content analysis (content analysis).This research resulted in understanding the concept of Shaykh Muhammad bin Abdul Wahhāb about education that is in accordance with the salaf manhaj, namely ittiba '(imitating) the Prophet and based on al-Qur'ān and Hadith. This study also explains that Shaykh Ibn 'Abd al-Wahhāb carries out and teaches the concept of education in accordance with the teachings of the Prophet ṣallallāh ʿalaih wasallam. The method of delivering da'wah, thoughts and examples of behavior of Shaykh Muhammad bin Abdul Wahhāb is based on exemplary education to the Prophet with all its purity without subtracting or any addition out from it, as well as staying away from all prohibitions in the form of bid'ah, khurafat and things that deviate from Islamic teachings.
Dinamika dan Sejarah Pemikiran Salafi Fadlan Fahamsyah
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 10 No 2 (2020): September
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (697.53 KB) | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol10.Iss2.143

Abstract

Salafiyah adalah nama yang dinisbatkan pada cara memahami agama yang menyeru kepada Al-Qur’an dan Al-Sunnah sesuai dengan pemahaman generasi shaleh terdahulu dan mengikuti metode Nabi ṣallallāh ʿalaih wasallam, sahabat dan para Tābi’in, dan mereka berpegang teguh dengan apa yang disampaikan dari para salaf. Kebangkitan manhaj salaf disandarkan kepada 5 tokoh penting yaitu: Pertama, Al-ʾImam ʾAhmad bin Hanbal  yang mendapatkan ujian di zaman al-Maʿmūn al-Muʿtaṣim al-ʿAbbāsiy dengan tersebar huru-hara tentang Al-Qur’an adalah makhluk, sehingga beliau diberi gelar dengan imam ahlu sunnah.  Kedua, ʾIbnu Taimiyyah  yang dikenal dengan Shaykh al-ʾIslam da beliau dikenal dengan penentangan terhadap ʿAhlu al-Bidʿah dan penyimpangan-penyimpangan dalam masalah aqidah yang tersebar di zamannya khususnya penyimpangan aqidah syiah imāmiyyah, beliau membantah dengan kitab beliau yang berjudul Minhāj al-Sunnah al-Nabāwiyyah fī al-Radd ʿalā al-Shiyʿah al-Qadariyyah. Ketiga, Muhammad bin ʿAbd al-Wahhāb beliau adalah imam pembaharu yang banyak memerangi berbagai bentuk kezindikan dan kebid’ahan yang tersebar di negeri-negeri Arab pada zamannya. Keempat, Muhammad Rashīd Riḍa yang menghidupkan kembali dakwah al-ʾImām Muhammad bin ʿAbd al-Wahhāb dan berjuang membela al-Daʿwah al-Salafiyyah. Kelima, Muhammad Nāṣir al-Dīn al-Albāniy beliau seorang ahli dalam ilmu hadis yang telah menegakkan al-Taṣfiyyah (pemurnian) dan al-Tarbiyyah (pendidikan).
Karakteristik Peserta Didik Perspektif Imam Ibnu Jamaʿah: Studi Kitab Tadzkirah Al-Sāmiʿ wa al-Mutakallim fī al-ʾAdab Al-ʿĀlim wa Mutaʿallim karya Imam Badruddin Ibnu Jamāʿah Maryono Maryono
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 10 No 2 (2020): September
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.648 KB) | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol10.Iss2.144

Abstract

Students who are objects in the educational process are the main pillars in achieving educational goals. In this paper describes the "Characteristics of Students in the Perspective of Imam Ibnu Jamaʿah", through his phenomenal book adzkirah Al-Sāmiʿ wa al-Mutakallim fī al-ʾAdab Al-ʿAlim wa Mutaʿalim. The research method used is qualitative noninteractive because the data source is in the form of documents, not direct data from people in their natural environment. The data analysis used is content analysis, which is research that is in-depth discussion of the content of written information. Imam Ibnu Jamaʿah in Tadzkirah Al-Sāmiʿ wa al-Mutakallim fī al-ʾAdab Al-ʿAlim wa Mutaʿalim mentioned several things that must be possessed by a student so as to make a character for them, including 2 parts, First; characteristics of yourself which include; Cleanse the heart of despicable morals. Improve intention by constantly fighting lust. Make the most of your youth. Has the nature of qana'ah. Managing time. Applying wara '. Second; towards teachers include; Asking Allah for the best choice in choosing a teacher. Obey the teacher's directions according to syar'i. Recognize his teacher's rights and services to him. Be patient with the teacher's attitude. Thank the teacher in all circumstances.
Taʿlīm al-Jumal bi Kitāb al-Ṣarf min Silsilah Taʿlīm al-Lughah al-ʿArabiyyah li al-Mustawā al-Thāniy bi Jāmiʿah ʿAliy ibn Abi Ṭalib Surabaya Muh. Chusnul Yakin
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 10 No 2 (2020): September
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (531.101 KB) | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol10.Iss2.145

Abstract

Pembelajaran ṣaraf termasuk kunci kebehasilan dalam mempelajari bahasa Arab, ilmu Ṣaraf menempati posisi penting seperti Nahwu. Ungkapan kalimat yang tidak memperhatikan kaidah ṣaraf bisa dipahami salah makna akibat salah pilihan terhadap kosa kata bahasa yang perubahannya terdapat dalam ilmu Ṣaraf. STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya sebagai kampus Islam memberikan perhatian besar terhadap ilmu ṣaraf. Proses pembelajaran ilmu ṣaraf di STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya dilaksanakan dengan menggunakan Silsilah Taʿlīm al-Lughah al-ʿArabiyyah li Ghairi Nāṭiqīna bihā. Kitab Ṣaraf diajarkan dalam silsilah tersebut di semester dua hingga semester empat. Penelitian ini akan mengupas proses pembelajaran ilmu ṣaraf di semester dua STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya. Penelitian ini menggunakan kajian kepustakaan dan kajian lapangan dengan munggunakan observasi sebagai alat pengumpul data. Setelah melakukan penelitian ditemukan hasil bahwa pembelajaran ṣaraf di semester dua menfokuskan pada pemahaman mahasiswa terhadap perubahan kata kerja (fiʿil) yang terdiri atas tiga huruf dasar. Acuan yang ditetapkan berupa kemampuan mahasiswa untuk men-taṣrīf fiʿil tsulatsiy mujarrad baik taṣrīf lughawiy maupun isthilahiy, mampu membuat contoh kalimat dengan perubahan kata yang ada. Adapun metode yang digunakan adalah metode al-nuṣūṣ al-muʿādalah. Metode ini menyajikan pembelajaran dimulai dengan teks pembelajaran yang berkaitan dengan kaidah yang akan dipelajari.
Faʿāliyah Istikhdām Kitāb “al-Thārīq ila al-ʿArabiyyah min Kutub Taʿlīm al-Lughah al-ʿArabiyyah li al-Nāṭiqīna bi Ghairihā li al-Mustawā al-Awwal li Tanmiyah Mahārah al-Kitābah Ladā al-Ṣaff al-Thālithi (A) fī Madrasah al-Rahmah al-Ibtidāiyyah al-Islāmiyyah bi Surabaya. Reksi Dinda Lukmana
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 10 No 2 (2020): September
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.904 KB) | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol10.Iss2.146

Abstract

Artikel ini akan membahas mengenai efektifitas penggunaan buku ajar “al-Thārīq ila al-ʿArabiyyah min Kutub Taʿlīm al-Lughah al-ʿArabiyyah li al-Nāṭiqīna bi Ghairihā li al-Mustawā al-Awwal li Tanmiyah Mahārah al-Kitābah Ladā al-Ṣaff al-Thālithi (A) fī Madrasah al-Rahmah al-Ibtidāiyyah al-Islāmiyyah bi Surabaya. Artikel ini merupakan hasil penelitian di Madrasah Ibtidaiyyah Ar-Rahmah Surabaya pada siswa kelas 3 (A). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK).  Hasil dari penelitian yang sudah dilakukan penulis menyimpulkan berdasarkan analisis data yang ada bahwa penggunakan kita “al-Tharīq ila al-ʿArabiyyah min Kutubi Taʿlīm al-Lughah al-ʿArabiyyah li al-Nāṭiqīna bi Ghairihā li al-Mustawā al-Awwal” dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyyah Ar-Rahmah Surabaya efektif.
Taḥlīl al-ʾAkhṭāʾ al-Naḥwiyyah fī Istikhdām al-ʿAdad wa al-Maʿdūd fī Kitābah Thullāb al-Faṣl al-Awwal bi al-Madrasah al-Muḥammadiyyah al-Mutawaṣṣiṭah al-Rābiʿah Sedayu Gresik Jawa al-Sharqiyyah Tatan Maulana
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 10 No 2 (2020): September
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (648.462 KB) | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol10.Iss2.147

Abstract

Di dalam pembelajaran bahasa Arab memiliki tujuan-tujuan, yaitu memahami ilmu – ilmu yang bertuliskan bahasa Arab. Begitu juga MTS Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik Jawa Timur ini memiliki tujuan dalam pembelajaran bahasa Arabnya yaitu para siswa bisa menguasai keterampilan menulis Arab dengan benar. Akan tetapi yang terjadi menyelisihi apa yang diharapkan. Mungkin dikarenakan metode pengajaran yang kurang tepat dengan keadaan siswa dalam menerima dan memahami pelajaran, maka peneliti melihat dari beberapa siswa yang ada di MTS Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik ini, bahwasanya mereka sering mengalami kesalahan Nahwu di dalam penulisan bahasa Arab. Khususnya menulis angka dan objek yang dihitung yang sesuai dengan kaidah Nahwu yang benar. Rumusan masalah dari penelitian ini ialah: 1) Apa saja bentuk-bentuk kesalahan para siswa, dan apa sebabnya ?; 2) Apa solusi untuk memperbaiki kesalahan tersebut ?. Untuk menjawab rumusan-rumusan masalah ini peneliti menggunakan metode deskriptif dan kualitatif untuk penelitian lapangan. Sedangkan cara untuk mengumpulkan data adalah observasi dan wawancara. Setelah melakukan penelitian di MTS Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik Jawa Timur. Peneliti menemukan bentuk-bentuk kesalahan mereka yaitu kesalahan-kesalahan dalam mengubah angka menjadi mudzakkar(laki-laki) dan muannats(perempuan) serta kesalahan mengubah keadaan objek yang dihitung. Sedangkan penyebab kesalahannya yaitu pengaruh dari bahasa ibu, kurangnya praktek untuk menulis bahasa Arab, kurang perhatian, dan tidak adanya kitab khusus untuk pelajaran menulis. Dan solusi dari kesalahan tadi, yaitu hendaknya terus mempraktikkan menulis bahasa Arabnya khususnya dalam penulisan angka dan objek yang dihitung, mengulang-ngulang pelajarannya, dan menggunakan metode yang beraneka ragam serta sesuai, agar menambah semangat para siswa. 

Page 1 of 1 | Total Record : 7