cover
Contact Name
Angger Bimantara
Contact Email
anggerbimantara28@gmail.com
Phone
+6285859299642
Journal Mail Official
jurnal@stai-ali.ac.id
Editorial Address
Jl. Sidotopo Kidul 51, Surabaya, Jawa Timur Kode pos 60152
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa
ISSN : 20889593     EISSN : 27743748     DOI : https://doi.org/10.54214/alfawaid
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal al-Fawa’id : Jurnal Agama dan Bahasa (P-ISSN: 2088-9593 dan E-ISSN: 2774-3748) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Ali bin Abi Thalib Surabaya. Sirkulasi penerbitan jurnal ini adalah 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu di bulan maret dan september. Artikel yang dimuat berupa penelitian-penelitian tentang Agama dan Bahasa. Adapun fokus dan cakupan dari jurnal ini adalah sebagai berikut: Aqidah Agama Islam Fiqih Agama Islam Sejarah Agama Islam Pendidikan Islam Dakwah Islam Pengajaran Bahasa Asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) Sastra Bahasa Asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) Sejarah Pendidikan Bahasa Asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) Strategi Pengajaran Bahasa Asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) Media Pengajaran Bahasa Asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris)
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 1 (2022): Maret" : 11 Documents clear
ISTIKHDĀM ṬARĪQAH AL-TAʿALLUM AL-ʾIRSHĀDIY LI TARQIYAH MAHĀRAH AL-KALĀM: (Dirāsah Tajrībiyyah fī al-Madrasah al-Thānawiyyah Siulak Gedang Kerinci Jambi) Tomi Enramika
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 12 No 1 (2022): Maret
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol12.Iss1.188

Abstract

Pembelajaran maharah al-kalam ialah pembelajaran keterampilan yang kedua dari pembelajaran keterampilan Bahasa Asing. Problematika yang ditemukan pada pembelajaran maharah al-kalam di antaranya menggunakan bahasa tujuan, metode dan media pembelajaran. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh conselling learning method dalam meningkatkan  keterampilan berbicara di Madrasah Tsanawiyah Swasta Siulak Gedang Kerinci dan adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil nilai siswa pada keterampilan berbicara dengan menggunakan conselling learning method ( Kelas Eksperiment ) dan tanpa menggunakan conselling learning method ( Kelas Kontrol ). Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan kuantitatif dengan jenis metode eksperiment dan menggunakan analisis data statistik, pengumpulan data mealalui testdengan  sumber data dari guru Bahasa Arab dan siswa.Hasil nilai siswa pada kelas eksperiment dengan menggunakan conselling learning method berpengaruh kepada keterampilan berbicara siswa dengan nilai rata – rata postest 82,50 dan nilai postest pada kelas kontrol 70,89.
TEACHING THE PAST PARTICIPLE THROUGH DRILLING TECHNIQUE Agung Pranoto Kadiatmaja
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 12 No 1 (2022): Maret
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol12.Iss1.195

Abstract

The study conducted at The Mushlih Institute (TMI) English Development Centre in Surabaya was to find out whether or not the drilling technique influenced TOEFL Preparation Takers' structure and written expression comprehension. The focus is on teaching past participles in the students' practice. The research included sixty students in the TOEFL Preparation class from international undergraduate and postgraduate programs. Twelve students were chosen as the experimental group's sample and twelve students as the control group. Cluster random sampling was used to collect the sample. The writer employed the match t-test to analyze the data while carrying out the research. The finding of this study has proved that the drilling strategy is influential and productive for teaching TOEFL Paper-based Test Structure: Past Participle to TOEFL Preparation Test Takers at TMI English Development Centre Surabaya.
TAKFIR DALAM PERSPEKTIF ALIRAN-ALIRAN TEOLOGI ISLAM Fadlan Fahamsyah
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 12 No 1 (2022): Maret
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol12.Iss1.204

Abstract

Pembahasan takfir selalu menjadi perdebatan yang hangat dewasa ini, sering kali vonis kafir dilakukan secara sembarangan tanpa adal dalil dan argument yang kuat. Terkadang vonis kafir dilontarkan hanya karena perbedaan pandangan dan identitas kelompok politik atau sosial-keagamaan. Penelitian ini akan membahas konsep takfir dalam persperktif aliran-aliran teologi Islam. Jenis penelitian ini kualitatif dan pendekatannya diskriptif, Penelitian menggunakan kajian pustaka (Library research), sehingga sumber data utama yang digali berupa dokumen-dokumen dan kitab-kitab turath yang membahas tentang permasalahan takfir dalam perspektif aliran-aliran teologi Islam. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa pemikiran takfiri kontemporer ini memiliki benar merah dengan pemikiran kaum Khawarij, yang mudah mengkafirkan sesama muslim.
PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA 7B MTS AS-SUNNAH CIREBON Farhan Alimuddien; Budi Santoso; Mustain Mustain
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 12 No 1 (2022): Maret
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol12.Iss1.173

Abstract

This study is in the background based on observations conducted at MTs As-Sunnah Cirebon, maximizing students of 7B MTs As-Sunnah Cirebon to learn Arabic so that learners have maharoh kalam, qiro'ah, kitabah and memorization of many Arabic mufrodat. Drill methods used by educators because this method is suitable for foreign language learning, especially Arabic learning because of learners to acquire the ability to write, read and dialogue using foreign languages with practices that are carried out repeatedly in the scope of the learning space. This research uses PTK research, namely classroom action research, as an object that is a student of 7B MTs As-Sunnah Cirebon. H asil from theresearch process conducted menujukkan that the application of drill methods in Arabic subjects with material adawatul madrosiah in class 7B MTs As-Sunnah Cirebon has been better than before evidenced by the results of the student test from the first test and the second test the percentage of students who can answer increased from the start of the first test seen in the second test stage reached 85% from the previous 70%.
TAḤLĪL AL-ʾASĀLĪB AL-ʾISTIFHĀMIYYAH MAʿA ʾAJWIBATIHĀ ʿAN AL-MAWĀQIF AL-YAUMIYYAH MIN KITĀB AL-TAʿBĪR AL-ʾAWWAL Abdul Basid
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 12 No 1 (2022): Maret
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol12.Iss1.183

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ungkapan-ungkapan pertanyaan beserta jawabannya tentang kehidupan sehari-hari yang diambil dari kitab al-Taʿbīr al-ʾAwwal yaitu salah satu kitab pembelajaran bahasa arab untuk orang non arab. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan analisa teks. Setelah mengumpulkan data-data, peneliti melakukan analisis untuk mengetahui ungkapan-ungkapan pertanyaan beserta jawabannya tentang kehidupan sehari-hari yang diambil dari kitab al-Taʿbīr al-ʾAwwal. Peneliti menulis data-data tersebut, lalu memilih dan mengelompokkannya sesuai dengan temanya masing-masing. Adapun hasil penelitian ini: bahwa momen-momen keseharian yang ada dalam kitab al-Taʿbīr al-ʾAwwal tentang bepergian, naik taksi, perpustakaan, naik bus, membeli sepeda, hobi, pelabuhan, kantor pos, kantor telegram, rumah sakit, hotel, jam, pergi ke masjid, wudlu, tayamum, shalat, menghabiskan hari libur, menghabiskan waktu dan tata cara umrah. Adapun kata Tanya yang dipakai dalam ungkapan-ungkapan keseharian adalah matā, kayfa, hal, min ʾayna, hamzah al-ʾistifhām, ʾilā ʾayna, mā, kam, ʾayna, ʾayyu, limādhā, mādhā, fī ʾayyi, bimādhā, min ʾayyi.
EFEKTIVITAS MEDIA KOTAK POS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB PADA SISWI KELAS 3 SDIT DARUS SUNNAH SUMBAWA Mubarak Bamualim; Nurcholis Agus Santoso; Nufail Ibnu Muchtar
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 12 No 1 (2022): Maret
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol12.Iss1.190

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media permainan kotak pos dalam meningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab pada siswi SDIT Darus Sunnah Sumbawa. Metode peneltian kuantitatif digunakan dengan desain pre-experimental one-group pretest dan postest yang mana peneliti menguji coba efektivitas media permainan dengan membandikan keterampilan berbicara sebelum dan sesudah diberi tindakan. Subjek penelitian adalah siswi kelas III-B SDIT Darus Sunnah Sumbawa, sampel penelitian berjumlah 16 siswi yang diambil dari populasi yang berjumlah 2 kelas sebanyak 63 orang. Instrument penelitian yang digunakan yaitu tes lisan dengan jumlah 5 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu paired sample t test dengan hipotesis
ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MICRO TEACHING SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM ALI BIN ABI THALIB SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2020-2021 Achmad Fauzi
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 12 No 1 (2022): Maret
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol12.Iss1.202

Abstract

This study aims to obtain information on the quality of the items for the Final Semester Examination of the Ali Bin Abi Thalib Islamic High School Surabaya for the 2020/2021 academic year. This research is a type of quantitative descriptive research. Final Examination Questions Semester microteaching course Ali Bin Abi Thalib Islamic High School Surabaya consists of 10 essay questions. The analysis of the end of semester exam questions is on the review of validity, reliability, discriminatory power, level of difficulty. The subjects of this study were students participating in the micro teaching lecture at STAI Ali Bin Abi Talib. The data collection technique in this statement uses the documentation method. Observational data analysis using the excel application program. The results of the research items for the Final Semester Examination of the Ali Bin Abi Thalib Islamic High School Surabaya subject have a validity level of 90% valid, the reliability is 0.792 including in the high reliability category, the discriminatory power is 60% in the medium and good criteria, and the level of Difficulty is classified as easy which ranges from 0.7 to 0.85.
PRINSIP PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONSEP AL-TAṢFIYAH WA AL-TARBIYAH: (Studi Pemikiran Syaikh al-Albaniy dalam Kitab al-Taṣfiyah wa al-Tarbiyah) Oscar Wardhana Windro Saputro
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 12 No 1 (2022): Maret
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol12.Iss1.207

Abstract

Among the figures of Islamic scholars who always stick to the Qur'an and sunnah, even giving a large portion of attention to both, especially in the field of hadith science is Shaykh Muhammad Nashiruddin al-Albany. Shaykh al-Albany is a scholar who plays a major role in education, especially the development of hadith science. This paper discusses the thoughts of Shaykh al-Albany in the field of Islamic education, especially in the issue of Islamic educational principles contained in his book entitled al-Taṣfiyah wa al-Tarbiyah wa Ḥājah al-Muslimīn ilayhimā. This research is included in library research, while in terms of subjects studied, this research is included in the study of figure thoughts. In this study, the author used documentation techniques that in practice applications are carried out by collecting documents from the work of  Shaykh al-Albany and other documents related to this research. From the research that has been done can be concluded as follows: The concept of tashfiyah intended by Shaykh al-Albany, which is purifying science and straightening religious understanding of things that are not part of religion but are suspected part of religion and not in accordance with the basis of Islam, namely the Qur'an and as-Sunnah authentic from the Prophet. The concept of Tarbiyah that is intended by Shaykh al-Albany, which is to educate the younger generation with knowledge and understanding that has been purified from things that are not part of religion, namely knowledge based on the Qur'an and sunnah, so that the solution to regain the glory of Islam can be achieved. The principles of Islamic education developed by Shaykh al-Albany include: the principle of returning to the Qur'an and sunnah, the principle of purification of knowledge and correct understanding, the principle of education of knowledge and practice.
PERAN KOPERASI AMANAH SAHABAT HIJRAH DALAM MEMBERIKAN LAYANAN PENJUALAN KREDIT SYAR’I BEBAS DARI RIBA Andy Fahmi Halim
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 12 No 1 (2022): Maret
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol12.Iss1.208

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran Koperasi Amanah Sahabat Hijrah Jawa Timur dalam Memberikan Layanan Penjualan Kredit Syar’i Bebas Dari Ribawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Pengumpulan data dengan wawancara kepada pengurus dan anggota Koperasi Amanah Sahabat Hijrah. Di samping itu juga dengan melihat dan meninjau setiap akad yang digunakan dalam setiap transaksi, kemundian menimbangnya dengan dalil-dalil baik itu dari Al-Qur’an ataupun Hadits Nabi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anggota koperasi sangat mendukung keberadaan koperasi ini, karena dapat memberikan layanan penjualan kredit yang benar-benar menerapkan prinsip syariat. Koperasi juga menerapkan system yang sesuai syariat dalam setiap akadnya, sehingga diharapkan benar-benar bebas dari unsur riba dan kedzaliman di dalamya.
TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF SHAIKH AL-ALBĀNIY Maryono Maryono
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 12 No 1 (2022): Maret
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol12.Iss1.209

Abstract

Pendidikan Islam berfungsi mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan hidup manusia kepada titik optimal kemampuannya untuk memperoleh kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Kedayagunaan pendidikan sangat bergantung kepada pendidik. Sebaik-baik pendidik adalah Nabi Muhammad. Beliau mewariskan Islam secara umum dan pendidikannya kepada para ulama. Di antara ulama tersebut adalah Shaikh al-Albāni. Beliau adalah maha guru di berbagai belahan dunia. Pemikiran beliau di bidang pendidikan masih belum terhimpun dalam kitab yang utuh dan masih berupa potongan-potongan yang tersebar dalam karya dan ceramah beliau, itulah yang melatarbelakangi penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tujuan Pendidikan Islam menurut Shaikh al-Albāni. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan (library research). Peneliti mencatat semua temuan secara umum pada setiap pembahasan penelitian yang didapatkan dalam literatur-literatur dan sumber-sumber, mengumpulkan secara bertahap. Data-data tersebut dikumpulkan dengan teknik dokumentasi, yaitu dengan jalan membaca (text reading), kemudian mengkaji, mempelajari, dan mencatat literatur yang ada kaitannya dengan fokus kajian.  Hasil Kajian menunjukkan Pendidikan Shaikh al-Albāni adalah mendidik kaum muslimin di atas asas yang benar agar terhindar dari fitnah melalui perbaikan akhlak dengan cara memurnikan  aqidah Islam, fiqih Islam dan kitab-kitab tafsir Alqur’an, fiqih, dll, dari hal-hal yang tidak sesuai dengan syariat.  Adapun tujuan pendidikan menurut Shaikh al-Albāni adalah beribadah kepada Allah. Ilmu hanya sebagai sarana dan tujuan utamanya adalah beribadah kepada Allah dengan melakukan ketaatan dan amal sholeh.

Page 1 of 2 | Total Record : 11