cover
Contact Name
Angger Bimantara
Contact Email
anggerbimantara28@gmail.com
Phone
+6285859299642
Journal Mail Official
jurnal@stai-ali.ac.id
Editorial Address
Jl. Sidotopo Kidul 51, Surabaya, Jawa Timur Kode pos 60152
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa
ISSN : 20889593     EISSN : 27743748     DOI : https://doi.org/10.54214/alfawaid
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal al-Fawa’id : Jurnal Agama dan Bahasa (P-ISSN: 2088-9593 dan E-ISSN: 2774-3748) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Ali bin Abi Thalib Surabaya. Sirkulasi penerbitan jurnal ini adalah 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu di bulan maret dan september. Artikel yang dimuat berupa penelitian-penelitian tentang Agama dan Bahasa. Adapun fokus dan cakupan dari jurnal ini adalah sebagai berikut: Aqidah Agama Islam Fiqih Agama Islam Sejarah Agama Islam Pendidikan Islam Dakwah Islam Pengajaran Bahasa Asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) Sastra Bahasa Asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) Sejarah Pendidikan Bahasa Asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) Strategi Pengajaran Bahasa Asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) Media Pengajaran Bahasa Asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris)
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1 (2018): Maret" : 8 Documents clear
Sejarah Perkembangan Bahasa Arab di Pulau Sumatera Budi Santoso
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 8 No 1 (2018): Maret
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.081 KB) | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol8.Iss1.104

Abstract

Bahasa Arab merupakan Bahasa al-Qurʾan dan bahasa hadis-hadis Nabi ṣallallāh ʿalaihi wa sallam dan merupakan salah satu bahasa resmi di dunia. Bahasa Arab tersebar -dengan izin Allah- seiring dengan tersebarnya Islam. Kaum muslim di semua zaman dan tempat mempelajari bahasa Arab. Ketika Islam masuk ke Indonesia melalui para pedagang, ketika itulah bahasa Arab pula masuk ke negara tersebut. Indonesia merupakan negara kepulauan, di antaranya Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Sumatera, dan lain-lainnya. Bahasa Arab telah masuk pulau Sumatera sejak waktu lampau. Di antara bukti dari hal tersebut adalah tersebarnya masjid-masjid dan musholla yang mengajarkan al-Qur’an. Kaum muslim mempelajari al-Qur’an dan mempelajari huruf-hurufnya. Mereka mempelajari al-Qur’an dan hurufnya dengan menyimak dan mengikuti suara pengajarnya. Halaqoh-halaqoh al-Qur’an itulah yang kemudia berkembang menjadi maʿhad-maʿhad sekolah-sekolah Islam. Kaum muslimin mendatangi maʿhad tersebut untuk mempelajari Islam dan bahasa Arab. Para santri mempelajari bahasa Arab melalui kitab kuning. Kitab-kitab tersebut ditulis dengan bahasa Arab dan bangga dengan mempelajarinya. Adapun metode pembelajaran bahasa Arab adalah: Bandongan, Sorogan, Halaqoh, Hiwār, Musyawarah, dan Bahth al-Masāʾil.
Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Sayyidi Achyar
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 8 No 1 (2018): Maret
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.081 KB) | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol8.Iss1.105

Abstract

Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui peran Teknologi Informasi dan Komunikas(TIK) dalam pembelajaran bahasa arab dan Implementasi Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis TIK. Fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah media untuk membantu dan mempermudah para peserta didik dalam proses pembelajaran. “Penggunaan fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran mampu membantu meningkatkan motivasi dan kualitas hasil belajar peserta  didik. Implementasi Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis TIK meliputi beberapa tahapan: Perencanaan Pembelajaran, Proses Pembelajaran, Proses Evaluasi/Penilaian menggunakan tes formatif dan tes sumatif untuk mengukur hasil belajar peserta didik.
Pembelajaran Bahasa Arab di Lingkungan Pesantren dan Luar Pesantren Muhammad Rosyid Ridho
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 8 No 1 (2018): Maret
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.37 KB) | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol8.Iss1.106

Abstract

Bahasa Arab merupakan mata pelajaran penting dalam proses pendidikan di sekolah-sekolah agama dan lembaga-lembaga Islam, tetapi terdapat beberapa perbedaan antara pengajaran bahasa Arab di lembaga-lembaga dan sekolah-sekolah. Penelitian ini akan membahas tentang pengajaran bahasa Arab di lembaga-lembaga Islam dan sekolah-sekolah umum, dan peneliti mengambil data dari sumber-sumber ilmiah yang berkaitan dengan pengajaran bahasa Arab pada umumnya dan pengajaran bahasa Arab di lembaga-lembaga Islam pada khususnya. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa perbedaan pengajaran bahasa Arab di lembaga dan sekolah terletak pada berbagai aspek, seperti kurikulum, buku-buku yang ditentukan dan kompetensi guru.
ʾIʿdād al-Kitāb al-Taʿlīmiy li Tanmiyah Mahārah al-Kalām ladā Ṭullab al-Ṣaff al-Thālith (al-Qism al-Dīniy li al-Banīn) bi al-Madrasah al-Thānawiyyah al-ʾŪlā bi Paciran Lamongan Jawa al-Sharqiyyah Imam Rohhani; Farid Farid
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 8 No 1 (2018): Maret
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (670.533 KB) | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol8.Iss1.107

Abstract

Penelitian yang dilakukan di Madrasah Aliyah (MA) Muhammadiyah 01 Paciran Lamongan ini berbicara tentang pengembangan buku pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Buku yang dikembangkan tersebut merupakan solusi dari problematika pembelajaran yang dihadapi guru dan para siswa di sekolah tersebut yaitu tidak adanya buku pembelajaran yang cocok dan sesuai dalam pengajaran materi Hiwar (Conversation). Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui keistimewaan dari buku pembelajaran ini dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa. (2) Untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan buku pembelajaran ini dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa Kelas III (Agama Putra) di MA Muhammadiyah 01 Paciran Lamongan Jawa Timur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Adapun pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Buku pembelajaran telah selesai dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa Kelas III (Agama Putra) di MA Muhammadiyah 01 Paciran Lamongan. Keistimewaan dari buku ini adalah kandungan isinya yang mencakup percakapan, ungkapan, susunan kata, dan latihan-latihan yang berkaitan dengan keterampilan berbicara. Selain itu, yang menjadi kelebihan buku ini adalah berbagai pengetahuan dan istilah-istilah modern yang sering digunakan di zaman ini. (2) Penggunaan buku pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa Kelas III (Agama Putra) di MA Muhammadiyah 01 Paciran Lamongan. Hal ini berdasarkan hasil yang didapat peneliti setelah menganalisa data dari nilai tes, yang mana nilai rata-rata siswa ketika pre-test adalah 53,6 dan ketika post-test adalah 74,75. Ini menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan berbicara siswa setelah penggunaan buku pembelajaran. Hal ini dikuatkan pula oleh nilai test t yang diperoleh, yang mana nilai t hasil (t0) lebih besar dari nilai t tabel (tt) baik di taraf signifikasi 5% atau 1% dan nilai tersebut adalah 2,13 < 7,53 > 2,95. Begitu pula nilai dari angket dan interview mendukung semua yang telah disebutkan di atas.
Faʿāliyah ʾIstikhdām Biṭaqah al-Farz li Tanmiyah Maharah al-Kalām ladā Ṭullāb al-Barnāmij al-ʾIḍāfiy li Taʿlīm al-Lughah al-ʿArabiyyah ʾalladhi Tunẓimuhu ʾIdhāʿah Ṣaut al-Īmān bi Surabaya Samiun Samiun
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 8 No 1 (2018): Maret
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.673 KB) | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol8.Iss1.108

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Penggunaan Card Sort Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswa Semester Satu pada Program Kursus Bahasa Arab dibawah Pembinaan Radio Suara Al-Iman di Surabaya Ketrampilan berbicara peserta kursus menggunakan bahasa Arab masih sangat kurang. Kekurangan tersebut diantaranya adalah kemampuan siswa dalam mengungkapkan pemikiran mereka dalam bahasa arab sebabnya adalah pembelajaran yang hanya terpaku pada pembelajaran individu yang mana pembelajaran seperti ini akan membatasi pemikiran mereka pada pengalaman mereka sendiri; terlebih dengan kurangnya kosakata bahasa Arab beberapa siswa menambah kurang maksimalnya kemampuan masing-masing siswa dalam keterampilan berbicara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunkan dua variabel, yang pertama adalah penggunaan Card Sort sebagai variabel bebas dan kemampuan berbicara dalam bahasa Arab sebagai variabel terikat. Penelitian eksperimen ini menggunakan satu kelompok siswa dengan pre test dan post test. Penelitian ini dilakukan pada objek siswa semester satu yang berjumlah 13 siswa. Alat utama dalam penggalian data adalah ujianpre test dan post test, selain itu angket juga digunakan untuk menggali data lebih dalam lagi. Uji “t” digunakan untuk meneliti data yang diperoleh dari pre test dan post test sedangkan data yang diperoleh dari angket diteliti dengan rumus prosentase. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Card Sort memiliki pengaruh terhadap kemampuan berbicara bahasa Arab. Hal ini terlihat dari nilai “t” hasil perhitungan adalah sebesar 9,38 yang lebih besar dari nilai t tabel dengan taraf signifikasi 5% yaitu 2,18 dan 1% yaitu 3,06. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima sedangkan hipotesis nihil (H0) ditolak.
Multimedia Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Blog, Website, dan Facebook Mohammad Ihkam
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 8 No 1 (2018): Maret
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (620.562 KB) | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol8.Iss1.109

Abstract

The urgent development of information technology has transformed the concept of computer-based education, information technology-based education. Information technology can integrate computers, the internet and other information system facilities into a tool that empowers the teaching and learning process to be more creative, innovative, and competitive. The use of Information Technology for education will shift the nature of university introvert to a more proactive extroversion. Likewise with smaller educational units such as faculties, departments, study programs, even for teachers and students. Therefore, the authors see the importance of developing Arabic language learning based on blogs, websites and Facebook, and the like. In order to attract the interest of the Islamic community, especially to learn Arabic. Multimedia can be defined as a collection of computer-based media and communication systems that have a role to build, store, deliver and receive information in the form of text, graphics, audio, video, and so on. Multimedia learning Arabic can be interpreted as a multimedia application used in the Arabic learning process. Blogs, websites, and Facebook can be used as Arabic learning media.For educational institutions, technology in blogs, websites and Facebook can be used as a medium to further improve the quality of distance learning. Multimedia support and the development of media in the internet world are increasingly helping to realize interactive learning, even though it doesn't meet physically.
Hadis-Hadis yang Bertentangan dan Solusinya Abdul Basid
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 8 No 1 (2018): Maret
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.783 KB) | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol8.Iss1.111

Abstract

Hadi-Hadis Nabi memiiki kedudukan yang agung dalam agama Islam bahkan termasuk sumber syari’at Islam. Para Ulama’ sangat memperhatikan hadis-hadis Nabi Ṣallallāh ʿAlih wa sallam dengan mereka menulisnya dalam kitab-kitab yang banyak seperti al-Ṣiḥāh, al-Masānid, al-Sunan, al-Muṣanafāt dan lain-lain.  Bahkan perhatian para ulama’ terhadat hadis dengan bentuk mereka memisahkan dari hadis-hadis yang lemah dan palsu sehingga hanya tersisa hanya hadis-hadis yang ṣahih. Akan tetapi terkadang ada hadis-hadis yang tampaknya secara dhahir  bertentangan dengan hadis lain, sehingga hal tersebut menjadi sebab kesalahan dalam pemahaman ajaran agama Islam dan pengerjaan ibadah. Bahkan para musuh Islam menjadikan hal ini sebagai celah memasukan keraguan-keraguan terhadap hadis kedalam hati-hati kaum muslimin. Hal ini menunjukan pentingnya pembahasan hadis-hadis yang bertentangan dan bagaimana cara mensikapinya dengan benar agar kaum muslimin benar dalam memahaminya.
Multimedia Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Mobile Andy Fahmi Halim
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 8 No 1 (2018): Maret
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.857 KB) | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol8.Iss1.112

Abstract

In the entire parts of human life, keeping on being developed and advanced all the time makes the technology has become a part of life that is difficult to escape from. One of the most useful uses of it is in the educational field. By using its advanced technology, the educational system has made it easy for both educators and students. Nowadays, every mobile devices is possibly applied to learn, particularly to learn Arabic. Through this device, Arabic study will develop so rapidly that students with higher quality than the previous one are effectively produced. In addition, it can increase their interaction, as well as their motivation and enthusiasm to learn. Well-learning method are those being related to the recent one and in accordance with the students' developing skill. So, to be more effective is by applying the up-to-date learning method inasmuch as students can take advantage of the existing information and technology, and be more actively involved in learning, such as expressing opinions, and analyzing the problem.

Page 1 of 1 | Total Record : 8