cover
Contact Name
Sucipto
Contact Email
jurnal.cmh@ciptamediaharmoni.id
Phone
+6282111111864
Journal Mail Official
jurnal.ptk@ciptamediaharmoni.id
Editorial Address
Jl Anggrek B15, Kediri, Jawa Timur
Location
Kab. kediri,
Jawa timur
INDONESIA
PTK: Jurnal Tindakan Kelas
Published by Cipta Media Harmoni
ISSN : 27471977     EISSN : 27471969     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal PTK merupakan jurnal berbasis Penelitian yang berfokus pada bidang keilmuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Model Pendidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Praktek Mengajar Pembelajaran .Jurnal PTK dikelola oleh Penerbit Cipta Media Harmoni.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2021): November 2021" : 10 Documents clear
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Kelas VI SDN 1 Gondangkulon Murtini Suci
PTK: Jurnal Tindakan Kelas Vol. 2 No. 1 (2021): November 2021
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.261 KB) | DOI: 10.53624/ptk.v2i1.41

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran make a match. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Gondangkulon pada tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 16 siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi dan tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 56,25% (9 siswa), kemudian terjadi peningkatan prosentase pada siklus I sebesar 62,5% (10 siswa), dan pada siklus II prosentase hasil belajar siswa meningkat lagi menjadi 75% (12 siswa). Hasil tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Gondangkulon Tahun pelajaran 2019/2020. 
Penerapan Model Scramble untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Tematika Muatan IPA pada Siswa Kelas V (Lima) SDN Koncer 1 Tenggarang Bondowoso Tahun 2020 Said Farika Sari
PTK: Jurnal Tindakan Kelas Vol. 2 No. 1 (2021): November 2021
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (580.907 KB) | DOI: 10.53624/ptk.v2i1.42

Abstract

Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA, khususnya materi unsur, senyawa dan, campuran dalam kehidupan sehari-hari  melalui penerapan model Scramble. Hal tersebut bertujuan untuk mencari solusi permasalahan yang dihadapi peneliti dengan melakukan perbaikan proses pembelajaran dengan penerapan metode Sramble. Dalam penelitian tindakan kelas dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdapat beberapa kendala serta kelemahan, namun dapat diatasi dengan baik sehingga kriteria ketuntasan minimal ditetapkan dapat tercapai. Data penelitian diperoleh melalui penugasan kelompok sebagai data utama dan lembar evaluasi diakhir siklus sebagai data pendukung untuk mengukur tingkat keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran. Pada akhir siklus diperoleh peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode Scramble. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari siklus sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi unsur, senyawa, dan campuran. Dalam penerapan model scramble selain meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA juga dapat mengubah kondisi kelas menjadi lebih kondusif dan menyenangkan.
Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Presentation untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Kelas VI SDN Pulerejo 02 Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung Murjoko Murjoko
PTK: Jurnal Tindakan Kelas Vol. 2 No. 1 (2021): November 2021
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (551.831 KB) | DOI: 10.53624/ptk.v2i1.43

Abstract

Tuntutan masyarakat yang semakin besar terhadap pendidikan serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, membuat pendidikan tidak mungkin lagi dikelola hanya dengan melalui pola lama Berdasarkan pengamatan pada waktu observasi, kenyataan di lapangan pada pembelajaran Tematik khususnya pada Subtema Globalisasi dan Manfaataya di kelas VI SDN Pulerejo 02 Kabupaten Tulungagung kurang optimal dalam memanfaatkan maupun memberdayakan sumber belajar. Pembelajaran Tematik di kelas VI tersebut cenderung masih konvensional, pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered), text book, dan sedikit media. Guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dalam setiap penyampaian materi pelajaran Tematik. Oleh karena itu, peneliti mencoba memanfaatkan media powerpoint pada pembelajaran Subtema Globalisasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan  kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada masing-masing siklus dilakukan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi,  dan  refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN  Pulerejo 02 dengan jumlah siswa 20 anak. Berdasarkan data observasi, angket, dan hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Power Point Presentation dapat mengoptimalkan pembelajaran di kelas, salah satunya meningkatkan hasil belajar siswa.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bagian Tumbuhan melalui Metode STAD di Kelas IV SDN 1 Joho Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk Febriani Nur Fatimah
PTK: Jurnal Tindakan Kelas Vol. 2 No. 1 (2021): November 2021
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.141 KB) | DOI: 10.53624/ptk.v2i1.44

Abstract

Materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di tingkat Sekolah Dasar cukup luas.  Pada proses pembelajaran perlu adanya bantuan media konkret untuk merangsang anak terlibat secara aktif dan bersemangat dalam kegiatan individu atau kelompok. Pada kegiatan pembelajaran peneliti menemukan bahwa tingkat pemahaman tentang bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya siswa kelas IV SD Negeri 1 Joho masih rendah dikarenakan guru menjelaskan dengan ceramah dan contoh yang abstrak sehingga siswa kesulitan memahaminya. Berdasarkan temuan tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah melakukan pemecahan masalah melalui penerapan metode STAD (Student Teams Achievement Divisions). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada masing -masing siklus dilakukan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Joho dengan jumlah siswa 19 anak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan secara sistematis dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  dengan materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya yang menerapkan pembelajaran dengan penerapan metode STAD dapat mengoptimalkan pembelajaran di kelas. Salah satunya meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siklus I sebesar 65 % meningkat menjadi 96 % pada siklus II  atau mengalami peningkatan 31 %. Jadi, dapat disimpulkan bahwa metode STAD ini termasuk metode pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V/A di SDN Ambulu 01 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 Eka Andriani
PTK: Jurnal Tindakan Kelas Vol. 2 No. 1 (2021): November 2021
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.507 KB) | DOI: 10.53624/ptk.v2i1.46

Abstract

Pembelajaran berkualitas merupakan proses belajar yang melibatkan siswa secara aktif dan kreatif, sehingga dapat  tercipta suasana belajar lebih bersemangat dan menyenangkan. Guru dituntut untuk merencanakan suatu strategi pembelajaran yang efektif dan efiisen.  Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran melalui model kooperatif tipe Creative Problem Solving (CPS) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V/A pada materi jaring-jaring kubus dan balok di SD Negeri Ambulu 01 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu rencana tindakan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan data observasi diperoleh hasil peningkatan hasil belajar pada siswa kelas V/A SD Negeri Ambulu 01 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Creative Problrm Solving (CPS) pada materi jaring-jaring kubus dan balok. Hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 59,78,  pada siklus I sebesar 62,17. Sedangkan pada siklus II sebesar 85,65.
Media Papan Pintar Pancasila sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri 2 Payaman Nganjuk Indah Pramitasari
PTK: Jurnal Tindakan Kelas Vol. 2 No. 1 (2021): November 2021
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.585 KB) | DOI: 10.53624/ptk.v2i1.47

Abstract

Salah satu pendidikan yang berperan sebagai pembentuk karakter bangsa yaitu Pendidikan Kewarganegaraan. Materi PPKn umumnya disajikan sangat teoritis, abstrak dan sulit dipahami oleh siswa. Selain itu, kurangnya keterampilan guru mengembangkan model dan media pembelajaran PPKn menyebabkan siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran, sehingga berdampak pada hasil belajar yang cukup rendah. Alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan pada muatan PPKn ialah Papan Pintar Pancasila, dimana siswa dapat bermain dan mencocokkan gambar sesuai sila secara individu maupun kelompok. Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar PPKn melalui media Papan Pintar Pancasila pada siswa kelas II di SDN 2 Payaman, Nganjuk. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 2 Payaman Nganjuk yang berjumlah 27 siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes, dan catatan lapangan. Data observasi kegiatan pembelajaran dianalisis dalam bentuk persentase dan nilai rata-rata kegiatan pembelajaran. Data tes hasil belajar siswa dianalisis dengan menjumlahkan nilai setiap aspek yang dinilai dan berdasarkan persentase ketuntasan belajar klasikal. Data catatan lapangan yang berisi berbagai kendala dianalisis kemudian dicari solusinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan. Pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 72,88% dan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 80,68%. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penggunaan Media Papan Pancasila dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn di kelas II SDN 2 Payaman Nganjuk.
Video Interaktif sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Pucangsimo 1 Bandarkedungmulyo Jombang Ervina Budi Lestari
PTK: Jurnal Tindakan Kelas Vol. 2 No. 1 (2021): November 2021
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.878 KB) | DOI: 10.53624/ptk.v2i1.49

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang tepat merupakan faktor penunjang dalam keberhasilan proses pembelajaran, terutama pada pembelajaran daring. Berdasarkan observasi peneliti di SDN Pucangsimo 1 Bandarkedungmulyo Jombang. Dalam pembelajaran daring, guru masih menggunakan metode pembelajaran ceramah melalui whatsapp grup dan video call dengan mengacu pada referensi buku siswa. Hal ini memicu sering terjadinya miskonsepsi pada siswa, sehingga mengakibatkan rendahnya nilai hasil belajar siswa yang masih di bawah KKM. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam pembelajaran, yaitu dengan penggunaan media video interaktif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pucangsimo 1 Bandarkedungmulyo Jombang yang berjumlah 33 siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes, dan catatan lapangan. Data observasi kegiatan pembelajaran dianalisis dalam bentuk persentase dan nilai rata-rata kegiatan pembelajaran. Data tes hasil belajar siswa dianalisis dengan menjumlahkan nilai setiap aspek yang dinilai dan berdasarkan persentase ketuntasan belajar klasikal. Data catatan lapangan yang berisi berbagai kendala dianalisis kemudian dicari solusinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan. Pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 72,88% dan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 80,68%. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penggunaan video interaktif pada pembelajaran daring dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi pecahan di kelas V SDN Pucangsimo 1 Bandarkedungmulyo Jombang.
Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Cutter (Cube Letter) Untuk Kelas 1 Sekolah Dasar Dwi Endah Yulianing Tias
PTK: Jurnal Tindakan Kelas Vol. 2 No. 1 (2021): November 2021
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.553 KB) | DOI: 10.53624/ptk.v2i1.54

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan penggunaan media pembelajaran tematik di kelas 1 SDN Pondokjoyo 01. Metode penelitian yang digunakan di dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk tahap akhir, dan produksi massal. Uji efektivitas dan kelayakan media pembelajaran diawali dengan validasi dan revisi desain oleh ahli media, ahli materi, dan guru kelas 1 SD. Selanjutnya, dilakukan uji coba produk terhadap peserta didik dengan skala kecil dan skala besar. Hasil penelitian pada tahap validasi ahli terhadap media pembelajaran menunjukkan bahwa desain media pembelajaran tematik Cutter (Cube Letter) menunjukkan persentase 92% dengan kriteria sangat layak. Hasil dari ahli materi menunjukkan sangat layak dengan persentase 94% sedangkan dari guru kelas 1 SD menunjukkan kriteria sangat layak dengan persentase 100% (expert). Berdasarkan hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran tematik Cutter (Cube Letter) untuk kelas 1 SD ini menarik dan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran tematik.
Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas II pada Pembelajaran Tematik SDN Parang 4 Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Dina Fatkhul Janah
PTK: Jurnal Tindakan Kelas Vol. 2 No. 1 (2021): November 2021
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.168 KB) | DOI: 10.53624/ptk.v2i1.55

Abstract

Berdasarkan hasil data di SDN Parang 4, ditemukan fakta bahwa 62,5% siswa kelas 2 SDN Parang 4 mendapatkan nilai di bawah KKM yaitu dibawah nilai 70.00. Dalam pembelajaran, guru hanya cenderung berceramah yang monoton dan guru tidak menggunakan model pembelajaran saat melaksanakan pembelajaran di dalam kelas, dan siswa masih berperan pasif di dalamnya. Mengingat latar belakang siswa kelas 2 di SDN Parang 4 maka dirumuskan sebuah solusi yaitu menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Penelitian ini dberlangsung selama 2 siklus, tiap siklus 2 pertemuan dengan materi pembelajaran tematik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tematik.
Program Ekoliterasi sebagai Upaya Meningkatkan Fokus Siswa Slow Learner di SDN 2 Sukowinangun Kabupaten Magetan Dewi Tryanasari; Apri Kartikasari HS
PTK: Jurnal Tindakan Kelas Vol. 2 No. 1 (2021): November 2021
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1076.62 KB) | DOI: 10.53624/ptk.v2i1.57

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan fokus pada siswa slow learner di SDN 2 Sukowinangun Kabupaten Magetan. Akar masalah yang ditemukan dari hasil studi pendahuluan dan diskusi dengan guru adalah siswa slow learner menunjukkan perilaku yang sulit untuk fokus dengan  pembelajaran sebab kegiatan belajar di dalam kelas tidak memfasilitasi kelebihan energi sekaligus tidak memotivasi siswa slow learner untuk terlibat dalam pembelajaran. Oleh karena itu solusi yang dipilih dalam penelitian ini adalah dengan membuat program ekoliterasi yang berpusat pada memelihara tumbuhan dan hewan di kebun sekolah dan digabung dengan kegiatan membaca permulaan. Penelitian ini dirancang dengan rancangan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan yang dilangsungkan selama dua siklus. Siklus satu dilaksanakan selama satu bulan sedangkan siklus dua berlangsung selama dua bulan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi perilaku ketidakfokusan siswa terhadap kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan pada akhir siklus dua bahwa ketidakfokusan siswa berkurang dari pra-siklus dengan laju rata-rata pengurangan 30 sampai 40%.

Page 1 of 1 | Total Record : 10