cover
Contact Name
Lukmanulhakim
Contact Email
ukmanulhakim@fkip.untan.ac.id
Phone
+6281345635378
Journal Mail Official
jurnalvisi@untan.ac.id
Editorial Address
FKIP Universitas Tanjungpura Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124 Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan
ISSN : 20859848     EISSN : 2579552X     DOI : http://dx.doi.org/10.26418/jvip.vi.id
Core Subject : Education,
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan published manuscripts on research in education, particularly related to teaching and learning, theory and practice in education, education policy, curriculum and materials development, education on culture and characters of nation, teacher education, and other relevant activities. The journal welcomes submissions from around the world Focus and Scope: 1. Research in education, 2. Teaching and learning, 3. Theory and practice in education, 4. Education policy, 5. Curriculum and materials development, 6. Education on culture and characters of nation, 7. Teacher education,
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2009): Volume 1 Nomor 1 Edisi Januari 2009" : 7 Documents clear
PENGEMBANGAN DIRI MELALUI PEMBERDAYAAN DIRI Miranda, Dian
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Volume 1 Nomor 1 Edisi Januari 2009
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jvip.v1i1.47

Abstract

Abstrak: Proses pemberdayaan biasanya dilaksanakan dengan dua cara, yaitu secara konseptual dan empirik. Pemberdayaan secara konseptual berarti peningkatan kemampuan menciptakan ide/gagasan atau secara lebih spesifik proses penyadaran diri (self awareness). Selanjutnya pemberdayaan empirik yang dilakukan individu untuk memperbaiki kehidupan dengan cara yang praktis. Langkah-langkah pemberdayaan diri meliputi (1) memeriksa keterbatasan diri, (2) memperluas batas, (3) membangun dialog batin yang positif, (4) mengupayakan dukungan. Kata Kunci: Pengembangan Diri, Pemberdayaan Diri,
LIBERALISASI PENDIDIKAN: Sebuah Wacana Kontroversial Nur, M.Si, Dr. M. Tajudin
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Volume 1 Nomor 1 Edisi Januari 2009
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jvip.v1i1.41

Abstract

ABSTRAK Liberalisasi pendidikan telah menjadi perdebatan hangat sejumlah kalangan, padahal jika dimaknai secara benar, liberalisasi sesungguhnya diperlukan untuk memberikan keleluasaan bagi penyelenggara pendidikan dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi, seperti yang dikemas dengan otonomi pendidikan dan manajemen berbasis sekolah. Dalam konteks ini, yang sesungguhnya diperlukan adalah adanya peraturan yang tetap menjamin akses pendidikan bagi semua warga negara, terproteksinya nilai-nilai luhur bangsa, dan tetap eksisnya perguruan lokal (termasuk swasta) di tengah persaingan internal maupun kompetisi global yang semakin sulit terbendung. Kata Kunci: liberalisasi pendidikan, modal asing, BHP (Badan Hukum Pendidikan)
PEACE EDUCATION Abas Yusuf
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Volume 1 Nomor 1 Edisi Januari 2009
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jvip.v1i1.46

Abstract

Abstrak: Tantangan dalam dunia pendidikan adalah bagaimana caranya agar budaya ini dapat dipelajari dan diajarkan. Pertanyaan yang harus dijawab oleh para pendidik intelektual adalah: bagaimana seseorang dapat mempelajari sikap dan perilaku yang selaras dengan budaya perdamaian? Berdasarkan pengalaman beberapa negara rawan konflik yang mencoba menjawab pertanyaan ini, jawabannya tidaklah sederhana. Faktor-faktor yang terlibat tidak sekedar kognisi dan emosi yang menjadi lahan garapan para pendidik, melainkan meluas ke faktor-faktor politik, ekonomi, dan sosial budaya yang seringkali terbentuk dari akar sejarah yang panjang. Kata-kata Kunci
KOMPETENSI DAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Sutarmanto Sutarmanto
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Volume 1 Nomor 1 Edisi Januari 2009
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jvip.v1i1.42

Abstract

Abstrak Di tengah perkembangan pengetahuan dan teknologi serta dinamika perubahan sosial-budaya masyarakat yang semakin cepat, maka tuntutan profesionalisme di dalam pelaksanaan tugas juga semakin menjadi tuntutan. Bagi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), profesionalisme utamanya dapat diukur dari sejauhmana kemampuan mengaktualisasikan kompetensi yang dipersyaratkan. Empat kompetensi inti guru yang dijabarkan ke dalam kompetensi guru PAUD bermuara pada pengaktualisasian profesionalisme. Kata Kunci: Profesionalisme, kompetensi,
EKSISTENSI SEKOLAHRUMAH (HOMESCHOOLING) DALAM KHASANAH PENDIDIKAN Wahyudi Wahyudi
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Volume 1 Nomor 1 Edisi Januari 2009
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.22 KB) | DOI: 10.26418/jvip.v1i1.43

Abstract

Abstrak: Keberadaan pendidikan formal dan nonformal yang ada sekarang ini dirasa belum cukup, maka pada dasawarsa terakhir ini muncul bentuk penyeleggaraan pendidikan yang dikenal dengan sebutan homeschooling atau sekolahrumah yaitu suatu bentuk pendidikan yang dilakukan oleh orang tua dengan menggunakan rumah sebagai basis pendidikannya. Keberadaan sekolahrumah diharapan dapat mengembangkan potensi peserta didik sesuai dengan tingkat kecerdasan, kebutuhan dan bakat yang dimiliki. Kata kunci: Sekolahrumah, Pendidikan Non Formal, Potensi Diri.
BIMBINGAN DAN KONSELING MENJAWAB TANTANGAN ABAD XXI Luhur Wicaksono
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Volume 1 Nomor 1 Edisi Januari 2009
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jvip.v1i1.44

Abstract

Abstract. Abad 21 merupakan abad dimana Globalisasi bergulir. Abad ini mempunyai banyak kekuatan yang memunculkan adanya perubahan. Perubahan akan menuju pada kebaikan, namun disisi lain memunculkan problem yang menjadi tantangan bagi individu. Paradoks yang muncul dalam era globalisasi ini mempunyai pengaruh dalam seluruh sisi kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Paradoks ini yang perlu dikaji dalam Bimbingan dan Konseling untuk mencari solusinya, dengan begitu eksistensi bimbingan konseling akan semakin diakui serta tetap survive dalam pandangan kedepan. Kata Kunci: Bimbingan dan Konseling, Tantangan abad XXI
MULTIPLE INTELLIGENCES DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM LINGKUNGAN PENGARUH BIROKRATPROFESIONAL (CONTESTED ZONE) DI PERGURUAN TINGGI Bahari Sindju, Herculanus
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Volume 1 Nomor 1 Edisi Januari 2009
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jvip.v1i1.45

Abstract

Artikel nonpenelitian dengan judul Multiple Intelligences dan Peng-ambilan Keputusan dalam Lingkungan Pengaruh Birokrat-Profesional (Contested Zone) di Perguruan Tinggi (PT) ini merupakan salah satu solusi untuk menghindari konflik yang mungkin terjadi akibat perbe-daan kepentingan kelompok di PT. Sehubungan dengan itu, isi artikel ini menggambarkan kebutuhan PT dalam lingkungan bersama kelom-pok birokrat dan profesional yang mungkin sebagai memicu konflik. Melalui analisis proses pengambilan keputusan, mulai dari perumusan alternatif yang dilengkapi data (sebagai pertimbangan, keuntungan, dan dampak negatif yang akan terjadi akibat produk keputusan), sampai dengan negosiasi untuk mencari dukungan terhadap keputusan yang ditawarkan. Berdasarkan hasil analisis tersebut penulis berupaya menempatkan pilar-pilar multiple intelligences dalam langkah-langkah proses seperti uraian selanjutnya. Kata kunci: multiple intelligences, pengambilan keputusan, lingkungan pengaruh birokrat-profesional dan perguruan tinggi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7