cover
Contact Name
Perminas Pangeran
Contact Email
perminas@staff.ukdw.ac.id
Phone
+62274-563929
Journal Mail Official
jrmb@staff.ukdw.ac.id
Editorial Address
Fakultas Bisnis, Universitas Kristen Duta Wacana Jl. Dr. Wahidin S. No. 5-25, Yogyakarta 55224
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
ISSN : 19077343     EISSN : 27147312     DOI : http://dx.doi.org/10.21460/jrmb
Focus and Scope Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (p-ISSN: 1907-7343; e-ISSN: 2714-7312) adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana yang terbit dua kali setahun (Juli dan Desember). Jurnal ini didedikasikan sebagai sarana untuk berbagi dan diseminasi studi-studi terbaru dari para peneliti manajemen dan bisnis. Artikel-artikel empiris yang menyajikan riset yang akurat dan teliti secara metodologis dan temuan yang mencerahkan sangat dinantikan. Kami memastikan proses penyuntingan dan ulasan sejawat yang berkualitas tinggi untuk menegakkan integritas ilmiah dan memberikan asupan pengetahuan terbaik untuk masyarakat yang lebih luas. Kami hanya menerima karya asli penulis yang belum pernah diterbitkan di jurnal atau penerbitan lainnya. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis menyambut paper-paper dalam bidang-bidang berikut: Manajemen Keuangan Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Pemasaran Manajemen Operasi Kewirausahaan Manajemen Pengetahuan dan Inovasi Manajemen Strategik
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 1 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis" : 6 Documents clear
PENGARUH SIZE, LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, RISIKO BISNIS, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA SEKTOR INDUSTRI PROPERTI Anissa Mega Ratri; Ari Christianti
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 1 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.693 KB) | DOI: 10.21460/jrmb.2017.121.271

Abstract

This research aimed to test the effects of size, liquidity, profitability, business risk, and sales growth to capital structure. The objects of this research were companies in property and real estate sector listed in Jakarta Stock Exchange. This research used period from 2010 to 2014 and used panel dataanalysis. The result showed size had positive effect on capital structure. Furthermore, liquidity, profitability, business risk, and growth of sales had negative effect on capital structure. This research could be concluded to support the Pecking Order Theory.Keywords: Capital Structure, Size, Liquidity, Profitability, Business Risks , and Sales GrowthPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, likuiditas, profitabilitas, risiko bisnis, dan pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal. Adapun objek dalam penelitian iniadalah perusahaan yang termasuk dalam sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014 dengan menggunakan analisis data Panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap struktur modal. Selanjutnya, tingkat likuiditas, pertumbuhan profitabilitas, risiko bisnis, dan pertumbuhan penjualan berpengaruh negatif terhadap struktur modal. Hasil penelitian ini secara keseluruhan mendukung teori strukturmodal Pecking Order.Kata kunci: Struktur Modal, Ukuran, Likuiditas, Profitabilitas, RisikoBisnis, danPenjualanPertumbuhan
PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAERAH TERHADAP OPINI AUDIT DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Nur Anita Chandra Putry; Rudy Badrudin
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 1 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2017.121.272

Abstract

This study aimed to examine the effect of the financial performance of local governments on the audit opinion and welfare society in DIY. The study consisted of two endogenous and one exogenous. Endogenous variable in this study is the audit opinion and welfare society as measured by the human development index. Exogenous variables in this study is the local government's financial performance as measured by rasio independence, growth rate, and the ratio of the activity. This study usingpurposive sampling with criteria of availability of local government financial, audit opinion, and welfare society.The contribution of this study to show whether the implementation of good governance and inclusive economic development model in DIY which be analyzed with achievementof the local government audit opinion and welfare society.Samples used as 6 LKPD in DIY annually or 78 numbered object of research for the years 2001 to 2013. The data analysis research using Structural Equation Model - Partial Least Square (PLS-SEM) with WARP-PLS(α = 0.05). Based onthe results of the first and second hypothesis testing, the financial performance has significanpositive effect onthe local government audit opinion and welfare society.Keywords: financial performance, audit opinion, welfarePenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja keuangan pemerintah daerah pada opini audit dan kesejahteraan masyarakat di DIY. Penelitian ini terdiri dari dua variabel endogen dan satu variabel eksogen. Variabel endogen dalam penelitian ini adalah opini audit dan kesejahteraan masyarakat yang diukur dengan indeks pembangunan manusia. Variabel eksogen dalam penelitian ini adalah kinerja keuangan pemerintah daerah yang diukur dengan rasio kemandirian keuangandaerah, rasio pertumbuhan, dan rasio aktivitas. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan kriteria ketersediaan data keuangan pemerintah daerah, opini audit, dan kesejahteraanmasyarakat. Kontribusi penelitian ini untuk menunjukkan apakah pelaksanaan pemerintahan yang baik dan model pembangunan ekonomi yang inklusif di DIY dapat dianalisis dengan pencapaianmasyarakat opini audit pemerintah dan kesejahteraan lokal. Sampel yang digunakan sebanyak 6 LKPD di DIY setiap tahun atau 78 nomor objek penelitian untuk tahun 2001 sampai 2013. Analisisdata menggunakan Structural Equation Model - Partial Least Square (PLS-SEM) dengan WARP-PLS (α = 0,05). Berdasar hasil pengujian hipotesis pertama dan kedua, kinerja keuangan berpengaruh positif signifikan pada masyarakat opini audit pemerintah dan kesejahteraan lokal.Kata kunci: kinerja keuangan, opini audit, kesejahteraan
ARTI PENTING DAN KINERJA ATRIBUT PUSAT PERBELANJAAN YANG DIPERSEPSIKAN OLEH WISATAWAN NUSANTARA DI KOTA YOGYAKARTA Purwani Retno Andalas; Lucia Nurbani Kartika
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 1 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2017.121.273

Abstract

This study was aimed to analyze the Importance and Performance Attributes of shopping center perceived by domestic tourists in the city of Yogyakarta. The respondents were domestic tourists who were visiting the city of Yogyakarta with samples of 150 people, were selected using purposive sampling technique. Data were analyzed using Independent sample t Test. The results of difference test indicated that there were significant differences in the level of importance among domestictourists who visited the shopping area Beringharjo and Tamansari to attributes of shopping atmosphere, selection variety, hospitality and distance. As for the environmental attributes, the spirit of shopping and classic impression there were no difference in both shopping venues studied. As for performance, significant differences between Beringharjo Market and Shopping Area Tamansari existed on the attributes of hospitality and classic impression. As for the environmental attributes,shopping atmosphere, variety of choices, the spirit of shopping area and the distance had no significant difference in the both spots of shopping venues studied.Keywords: shopping centre, shopping area attributes, level of importance,level of performancePenelitian ini bertujuan untuk menganalisis arti penting dan kinerja atribut-atribut pusat perbelanjaan yang dipersepsikan oleh wisatawan domestik di Kota Yogyakarta. Responden adalah wisatawan domestik yang berkunjung ke kota Yogyakarta dengan sampel 150 orang, dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji –t sampel independen. Hasil uji beda menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam tingkat kepentingan atributbelanja untuk wisatawan domestik yang berkunjung ke kawasan perbelanjaan Pasar Bringharjo dan Kawasan Belanja Tamansari untuk atribut suasana belanja, variasi pilihan belanja, keramahan danjarak. Sedangkan untuk atribut lingkungan, semangat belanja dan kesan klasik tidak ada beda nya pada kedua tempat belanja yang diteliti. Sedangkan untuk kinerja, perbedaan yang signifikan antaraPasar Bringharjo dan Kawasan Belanja Tamansari ada pada atribut keramahan dan kesan klasik. Sedangkan untuk atribut lingkungan, suasana belanja, variasi pilihan, semangat belanja dan jaraktidak ada perbedaan yang signifikan pada kedua area tempat belanja yang diteliti.Kata kunci: pusat perbelanjaan, atribut area perbelanjaan, tingkat kepentingan, tingkat kinerja
PENGARUH KEPERCAYAAN, KEPUASAN KONSUMEN, DAN NILAI TERHADAP LOYALITAS PRODUK Rintar Agus Simatupang
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 1 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2017.121.274

Abstract

This study aims to examine the influence of trust, customer satisfaction, perceived value on loyalty simultaneously and test the influence of trust, customer satisfaction, and perceived value on loyalty partially. Respondents in this study are consumers of notebook users. The sampling technique is done through convenience sampling technique. The number of respondents that can be used as a sample is as much as 250 respondents. Before the first analysis is done the validity and reliability test with the aim of knowing the level of validity and reliability, then analyzed using multiple linear regression analysis. The result of analysis shows that trust, consumer satisfaction and perceived value have positive influence on loyalty simultaneously, then based on partial test of trust variable does not affect to loyalty, while consumer satisfaction and perceived value have positive effect on loyalty.Keywords: Trust, Consumer Satisfaction, Perceived Value, Loyalty.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepercayaan, kepuasan konsumen, nilai yang dipersepsikan pada loyalitas secara simultan dan menguji pengaruh kepercayaan, kepuasan konsumen, dan nilai yang dipersepsikan pada loyalitas secara parsial. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna notebook. Teknik pengambilan sampel dilakukan melalui teknik convenience sampling. Jumlah responden yang dapat digunakan sebagai sampel adalah sebanyak 250 responden. Sebelum dilakukan analisis terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan tujuan mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas, kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan kepercayaan, kepuasan konsumen dannilai yang dipersepsikan berpengaruh positif pada loyalitas secara simultan, kemudian berdasarkan pengujian secara parsial variabel kepercayaan tidak berpengaruh terhadap loyalitas, sedangkankepuasan konsumen dan nilai yang dipersepsikan berpengaruh positif pada loyalitas.Kata Kunci: Kepercayaan, Kepuasan Konsumen, Nilai yang Dipersepsikan, Loyalitas
HIGHER EDUCATION MARKETING CONCERNS: THE FACTORS INFLUENCING STUDENTS’ CHOICE FOR PRIVATE UNIVERSITY Erlita Ridanasti
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 1 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2017.121.275

Abstract

This research aims to find the most important factors that affects students’ decision making in choosing university. The research subject of this study uses quantitative survey for exploratory research. The sample of this study is 90 students of the twelfth grade of top level senior high school.For major choice, the result shows career opportunity as the most important factor. Students choose career opportunity because of their expectation to the major in providing promising job for them after graduation. For university choice, descriptive data shows prominence as the most important factor influencing students’ decision to choose university. The reputable tutor is considered as the criteria to represent that university is a reputable one. In addition, this finding would bring evaluation for the private university to provide reputable tutor in order to improve the university prominence. Further, the result of this research will concern more to university strategy for students’ recruitment.Keywords: higher education, university choice, major choice Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang paling mempengaruhi keputusan siswa dalam menentukan pilihan universitas. Subjek penelitian dari studi ini menggunakan survey kuantitatif untukpenelitian exploratori. Sample dari penelitian ini menggunakan 90 siswa pada tingkat dua belas di tiga sekolah menengah atas negeri di Yogyakarta. Dalam memilih jurusan, hasil menunjukan bahwa peluang karir merupakan faktor paling penting dalam mempengaruhi keputusan siswa. Siswa memilih peluang karir sebagai faktor paling penting karena mereka berharap bahwa jurusan yang mereka pilih mampu menyediakan pekerjaan yang menjanjikan setelah lulus. Sedangkan, dalam memilihuniversitas data deskriptif menunjukkan bahwa reputasi universitas menjadi faktor paling penting bagi siswa dalam pengambilan keputusan menentukan universitas. Pengajar yang memiliki reputasi menjadi kriteria yang paling dipertimbangkan untuk menunjukkan bahwa universitas memiliki reputasi. Penemuan ini memberikan evaluasi bagi universitas swasta untuk menyediakan pengajar yang bereputasi dalam rangka meningkatkan reputasi universitas. Hasil dari penelitian ini,selanjutnya akan lebih difokuskan pada strategi rekrutmen di universitas.Kata kunci: pendidikan tinggi, pilihan universitas, pilihan jurusan
PENILAIAN PERUBAHAN BUDAYA ORGANISASI BERBASIS ORGANIZATIONAL CULTURE ASSESMENT INSTRUMENT: STUDI PADA PERUSAHAAN JASA PARIWISATA DI YOGYAKARTA Daniel Yudistya Wardhana
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 1 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2017.121.270

Abstract

The purpose of this study is to identify the current culture of a hospitality service company and explain the changing direction of future culture in the company management, in order to improve the human resources quality within the organization. The context of this study is human resources andhospitality research with a focus on small medium enterprise in Yogyakarta, Indonesia. This research is conducted by using Organizational Culture Assessment Instrument (OCAI) in order to assess theactual corporate culture condition and the preferred culture that is desired to be in the company. By measuring six dimensions of OCAI and assessing the culture characteristic, the current result showsthe tendency to clan culture with 28.1 points and hierarchy culture with 25.5 points. Meanwhile, the potential feature, which is the clan culture, tends to increase with 30.2 points and adhocracy culture tends to increase to 25.1 points.Keywords: OCAI, Corporate Culture, Human Resources, HospitalityTujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi budaya perusahaan jasa perhotelan saat ini dan menjelaskan perubahan arah budaya masa depan dalam manajemen perusahaan, dalam rangkameningkatkan kualitas sumber daya manusia di dalam organisasi. Konteks penelitian ini adalah penelitian sumber daya manusia dan perhotelan dengan fokus pada Usaha Kecil Menengah diYogyakarta, Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Instrumen Penilaian Budaya Organisasi (OCAI) untuk menilai kondisi budaya perusahaan aktual dan budaya pilihan yangdiinginkan untuk dimiliki perusahaan. Dengan mengukur enam dimensi OCAI dan menilai karakteristik budaya, hasil saat ini menunjukkan kecenderungan budaya klan dengan 28,1 poin danbudaya hirarki dengan 25,5 poin. Sementara itu, fitur potensial, yaitu budaya klan, cenderung meningkat dengan 30,2 poin dan budaya adhokrasi cenderung meningkat menjadi 25,1 poin.Kata kunci: OCAI, Budaya Perusahaan, Sumber Daya Manusia, Perhotelan

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 2 (2021): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 15, No 2 (2020): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 15, No 1 (2020): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 14, No 1 (2019): Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Vol 13, No 2 (2018): Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Vol 13, No 1 (2018): Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Vol 12, No 2 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 1 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 11, No 2 (2016): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 11, No 1 (2016): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 2 (2015): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 1 (2015): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 9, No 1 (2014): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 9, No 2 (2014): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 8, No 1 (2013): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 7, No 2 (2012): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 7, No 1 (2012): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 6, No 2 (2011): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 6, No 1 (2011): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 5, No 2 (2010): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 5, No 1 (2010): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 4, No 2 (2009): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 4, No 1 (2009): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 3, No 2 (2008): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 3, No 1 (2008): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 2, No 2 (2007): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 2, No 1 (2007): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 1, No 2 (2006): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 1, No 1 (2006): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis More Issue