cover
Contact Name
Perminas Pangeran
Contact Email
perminas@staff.ukdw.ac.id
Phone
+62274-563929
Journal Mail Official
jrmb@staff.ukdw.ac.id
Editorial Address
Fakultas Bisnis, Universitas Kristen Duta Wacana Jl. Dr. Wahidin S. No. 5-25, Yogyakarta 55224
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
ISSN : 19077343     EISSN : 27147312     DOI : http://dx.doi.org/10.21460/jrmb
Focus and Scope Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (p-ISSN: 1907-7343; e-ISSN: 2714-7312) adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana yang terbit dua kali setahun (Juli dan Desember). Jurnal ini didedikasikan sebagai sarana untuk berbagi dan diseminasi studi-studi terbaru dari para peneliti manajemen dan bisnis. Artikel-artikel empiris yang menyajikan riset yang akurat dan teliti secara metodologis dan temuan yang mencerahkan sangat dinantikan. Kami memastikan proses penyuntingan dan ulasan sejawat yang berkualitas tinggi untuk menegakkan integritas ilmiah dan memberikan asupan pengetahuan terbaik untuk masyarakat yang lebih luas. Kami hanya menerima karya asli penulis yang belum pernah diterbitkan di jurnal atau penerbitan lainnya. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis menyambut paper-paper dalam bidang-bidang berikut: Manajemen Keuangan Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Pemasaran Manajemen Operasi Kewirausahaan Manajemen Pengetahuan dan Inovasi Manajemen Strategik
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis" : 6 Documents clear
KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SITUS DARING BUKALAPAK DENGAN PEKERJAAN, JENIS KELAMIN DAN ASAL DAERAH SEBAGAI PEMODERASI Jonathan Herdioko
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (121.259 KB) | DOI: 10.21460/jrmb.2019.142.340

Abstract

ABSTRACT This research is aimed to test the effect on  site design, product, price preception, and site image towards the consumers buying intention to shop on Bukalapak marketplace with occupation, gender, and origin as a moderation effect at Yogyakarta Special Region. The method used in this research is by using the quantitative apporach by survey methods. There are 155 respondents here and they are spread amoung five different areas in Yogyakarta Special Region. The results show that Site Image takes effects on the consumers buying intentions. And by using pait t test on the moderation test shows that gender has the effect. Keywords:  site design, product, price preception, gender, and origin. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh desain situs, produk, persepsi harga, dan citra situs pada minat belanja di situs Bukalapak dengan pekerjaan, jenis kelamin, dan asal daerah sebagai pemoderasi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Adapun jumlah sampel penelitian ini sebanyak 155 orang yang tersebar di 5 daerah kabupaten kota di Daerah Instimewa Yogyakarta dengan teknik purposive sampling.          Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra situs yang mempengaruhi secara signifikan minat belanja di situs bukalapak. Terdapat perbedaan respon minat beli pada hasil uji beda pair t test  untuk kategori pembedaan berdasarkan jenis kelamin. Kata Kunci: desain situs, produk, perkiraan harga, jenis kelamin, dan asal
PENGARUH KNOWLEDGE SHARING, KOMPETENSI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN Resti Novita; Prayekti Prayekti; Jajuk Herwati
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2019.142.341

Abstract

ABSTRACT This study aims to determine the effect of knowledge sharing, competence and work environment on employee performance. The population in this study were all employees of the Pratama Tax Office in Bantul. The sample in this study amounted to 45 respondents using accidental sampling. By using a questionnaire to collect primary data, and respondents were 45. The technique used regression analysis to determine the effect of knowledge sharing, competence and the Work Environment on employee performance. The results show multiple linear regression analysis, namely the T test shows that competency has a significant effect on employee performance. F test results show knowledge sharing, competence and work environment simultaneously have a positive and significant effect on employee performance.Keywords: knowledge sharing, competence, work environment, employee performance. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh knowledge sharing, kompetensi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini seluruh kayawan kantor pelayanan pajak pratama Bantul. Sampel dalam penelitan ini berjumlah 45 responden dengan menggunakan accidental sampling.  Dengan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data primer, dan responden adalah 45. Teknik yang digunakan analisis regresi untuk mengetahui pengaruh knowledge sharing, kompetensi dan Lingkungan Kerja terhadap kinerja karyawan. Hasil menunjukkan analisis regresi linear berganda yaitu pada uji T menunjukkan knowledge sharing tidak berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikansi 0,017 dimana nilai ini diatas 0,05. Sedangkan Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikansi 0,048 dimana nilai ini dibawah 0,05. Lingkungan kerja tidak berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai 0,895 dimana nilai ini diatas 0,05. Kata kunci : knowledge Sharing, Kompetensi, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan.
KUALITAS LAYANAN SEBAGAI FAKTOR PENENTU KEPUASAN : PENGALAMAN WISATAWAN NUSANTARA DI DESA WISATA KABUPATEN SLEMAN Purwani Retno Andalas; Lucia Nurbani Kartika
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2019.142.342

Abstract

ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh berbagai dimensi kualitas layanan terhadap kepuasan wisatawan domestik, serta menganalisis tingkat probabilitas pengaruh dimensi kualitas layanan tersebut  terhadap kepuasan dan ketidakpuasan wisatawan setelah berkunjung ke desa wisata kabupaten Sleman. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang dipilih menggunakan metoda non-probability sampling, dengan teknik accidental sampling. Dimensi kualitas layanan sebagai variabel independen meliputi wujud fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan dan empati, sedangkan kepuasan wisatawan sebagai variabel dependen meliputi kepuasan atas kualitas layanan, kepuasan atas kualitas menyeluruh dan minat kunjungan ulang.  Sedangkan  pengukuran variable kualitas layanan menggunakan skala Likert dengan nilai antara 1 sampai dengan 5 sedangkan variable kepuasan bersifat kategorial menggunakan skala nominal. Adapun metode analisis data menggunakan regresi logistik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dimensi jaminan dan empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan atas kualitas layanan dan kualitas menyeluruh, sedangkan dimensi wujud fisik, keandalan dan ketanggapan tidak berpengaruh. Kepuasan dalam bentuk minat melakukan kunjungan ulang, tidak dipengaruhi secara signifikan oleh seluruh dimensi kualitas layanan. Keywords: wujud fisik,, keandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan kepuasan.  ABSTRACT This study aims to analyze the effect of various dimensions of service quality on domestic tourist satisfaction, and analyze the probability level of the dimensions influence of service quality on tourist satisfaction and dissatisfaction after visiting the Sleman regency tourism village. Data in this study were collected by distributing questionnaires to selected respondents using a non-probability sampling method, with accidental sampling technique. The dimensions of service quality as an independent variable include tangibles, reliability, responsiveness, assurance and empathy, while tourist satisfaction as the dependent variable includes satisfaction with service quality, satisfaction with overall quality and interest in repeat visits. While the measurement of service quality variables using a Likert scale with a value between 1 to 5 while the satisfaction variable is categorical using a nominal scale. The data analysis method uses logistic regression. The results of data analysis showed that the dimensions of assurance and empathy have a significant effect on satisfaction with service quality and overall quality, while the dimensions of physical appearance, reliability and responsiveness have no effect. Satisfaction in the form of an interest in a repeat visit is not significantly influenced by all dimensions of service quality. Keywords - tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy and satisfaction.
PENGARUH KEPUASAN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN HOTEL Ambar Kusuma Astuti; Agustini Dyah Respati
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2019.142.337

Abstract

ABSTRACT Hotels have a strategic role in the development of the tourism industry. As one of the destinations for tourism, many hotels have sprung up in Yogyakarta. One of the factors that determine the quality of service to hotel guests is its employees. This study examines antesedent work performance of hotel employees. Some of the predictors used in the study were life satisfaction, job satisfaction, and organizational commitment. This study uses the perspective of social exchange theory. The criteria for the research respondents were married hotel employees. Primary data collection lasts for two months. The number of questionnaires analyzed was 96.  The first step is validity and reliability test. To test the validity, a comparison between r count values and r table is used. Whereas to test reliability used cronbach's alpha. From the results of the first validity test, it appears that there are several invalid research indicators. Furthermore, invalid indicators are removed from the testing process. After all the research indicators are declared valid and reliable, then proceed with multiple linear regression testing. In relation to the results of multiple linear regression testing, some items that observe are the adjusted R-square value, F statistical test, and statistical test t. The results showed that life satisfaction, job satisfaction, and organizational commitment affect employee performance. Keywords: satisfaction, commitment, work performance ABSTRAK Hotel memiliki peran strategis dalam pengembangan industri pariwisata. Sebagai salah satu tujuan wisata, banyak hotel bermunculan di Yogyakarta. Salah satu faktor yang menentukan kualitas layanan untuk tamu hotel adalah karyawannya. Penelitian ini meneliti kinerja kerja anteseden karyawan hotel. Beberapa prediktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepuasan hidup, kepuasan kerja, dan komitmen organisasi. Penelitian ini menggunakan perspektif teori pertukaran sosial. Kriteria untuk responden penelitian adalah karyawan hotel menikah. Pengumpulan data primer berlangsung selama dua bulan. Jumlah kuesioner yang dianalisis adalah 96. Langkah pertama, uji validitas dan reliabilitas. Untuk menguji validitas, perbandingan antara nilai-nilai hitung r dan tabel r digunakan. Sedangkan untuk menguji reliabilitas digunakan alpha cronbach. Dari hasil uji validitas pertama, tampak bahwa ada beberapa indikator penelitian yang tidak valid. Selain itu, indikator yang tidak valid dihapus dari proses pengujian. Setelah semua indikator penelitian dinyatakan valid dan dapat diandalkan, maka dilanjutkan dengan pengujian koefisien regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan hidup, kepuasan kerja, dan komitmen organisasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Kata kunci: kepuasan, komitmen, kinerja kerja
PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP MINAT BELI MELALUI BRAND IMAGE Eko Prasojo
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2019.142.338

Abstract

ABSTRAKSI Selebriti terkenal menjadi pertimbangan yang amat besar untuk menjadi komunikator dalam sebuah iklan, yang biasa disebut sebagai selebriti endorser. Selebriti yang sedang naik daun atau popular diyakini dapat lebih mempengaruhi seseorang untuk mengambil tindakan tertentu sesuai dengan tujuan awal. Iklan adalah salah satu strategi yang dilakukan perusahaan untuk mengomunikasikan produk dan mengenalkan sebuah merek. Bentuk komunikasi ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satu contohnya adalah iklan yang dipakai oleh produk Luwak White Koffie, dimana didalam iklannya menggunakan Celebrity Endorsement yang bertujuan untuk menarik perhatian calon konsumen ketika melihatnya. Celebrity Endorsement dapat membawa dampak pada dunia periklanan, tergantung dari kepribadian dan kepopuleran dari selebriti tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kredibilitas Celebrity Endorsement terhadap Brand Image, untuk mengetahui Keahlian Celebrity Endorsement terhadap Brand Image, untuk mengetahui Daya Tarik Celebrity Endorsement terhadap Brand Image, untuk mengetahui Kepercayaan (trustworthiness) Celebrity Endorsement terhadap Brand Image, untuk mengetahui power Celebrity Endorsement terhadap Brand Image serta untuk mengetahui Brand Image terhadap Minat Beli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kredibilitas, keahlian, dayatarik, kepercayaan, power (kekuatan) terhadap brand image pada konsumen produk Luwak White Koffie serta terdapat pengaruh positif dan signifikan antara brand image terhadap minat beli konsumen produk Luwak White Koffie di Kota Tegal. Kata kunci : Celebrity Endorsement, Brand Image dan Minat BeliABSTRACT Famous celebrities are a huge consideration for being a communicator in an advertisement, commonly referred to as endorser celebrity. Celebrities who are on the rise or popular are believed to be more able to influence someone to take certain actions in accordance with the initial purpose. Advertising is one of the strategies undertaken by companies to communicate products and introduce a brand. This form of communication can be done in a variety of ways, one of which is the advertisement used by Luwak White Koffie's products, in which the ad uses Celebrity Endorsement which aims to attract the attention of potential consumers when they see it. Celebrity Endorsement can have an impact on the world of advertising, depending on the personality and popularity of the celebrity. The purpose of this study is to determine the credibility of Celebrity Endorsement on Brand Image, to know the Celebrity Endorsement Expertise on Brand Image, to determine the Attractiveness of Celebrity Endorsement towards Brand Image, to find out the trustworthiness of Celebrity Endorsement towards Brand Image, to determine the Celebrity Endorsement power Brand Image and to find out the Brand Image of Buying Interest. The results showed that there was a positive and significant influence between credibility, expertise, attractiveness, trust, power (strength) on brand image of Luwak White Koffie consumers and there was a positive and significant effect between brand image on consumer buying interest of Luwak White Koffie products in the City Tegal. Keywords: Celebrity Endorsement, Brand Image and Purchase Interest
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, KOMPENSASI DAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN PADA KARYAWAN WAROENG SPESIAL SAMBAL YOGYAKARTA Lulut Klaudia; Prayekti Prayekti; Jajuk Herwati
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2019.142.339

Abstract

ABSTRACT  This research aims to determine the work environment, compensation, intrinsic motivation towards employee loyalty to Waroeng Special Sambal Yogyakarta employees.The population in this study were 100 special waroeng Yogyakarta sambal employees, then researchers narrowed the population using the Slovin formula to 46 respondents. and the sampling technique in this study is accidental (momentary taking) is a sampling technique based on the needs of anyone who accidentally meets with researchers can be used as a sample, if it is deemed that the person found is suitable as a source of data. The results show there is no influence between the work environment on employee loyalty with a significance value of 0.619 where this value is above 0.05. Then compensation has no effect on employee loyalty with a significance value of 0.052 where this value is above 0.05. While intrinsic motivation has a positive and significant effect on employee loyalty variables with a significance value of 0,000. Where this value is below 0.05. Keywords:   Work Environment, Intrinsic Motivation Compensation, Employee LoyaltyABSTRAK Penelitan  ini bertujuan untuk mengetahui  lingkungan kerja, kompensasi, motivasi intrinsik terhadap loyalitas karyawan pada karyawan Waroeng Spesial Sambal Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah 100 karyawan waroeng spesial sambal yogyakarta, kemudian peneliti mempersempit populasi menggunakan rumus slovin menjadi 46 responden. dan tehnik pengambilan sempel dalam penelitian ini adalah accidental (pengambilan sesaat). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesoner, survey langsung, skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan skala likert. Hasil menunjukan tidak ada pengaruh antara lingkungan kerja terhadap loyalitas karyawan dengan nilai signifikansi 0,619 dimana nilai ini diatas 0,05. Kemudian kompensasi tidak ada pengaruh terhadap loyalitas karyawan dengan  nilai signifikansi 0,052 dimana nilai ini diatas 0,05. Sedangkan motivasi intrinsik ada pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas karyawan dengan nilai signifikansi 0,000. Dimana nilai ini dibawah 0,05.Kata kunci: Lingkungan Kerja, Kompensasi Motivasi Intrinsik, Loyalitas Karyawan

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 2 (2021): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 15, No 2 (2020): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 15, No 1 (2020): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 14, No 1 (2019): Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Vol 13, No 2 (2018): Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Vol 13, No 1 (2018): Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Vol 12, No 2 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 1 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 11, No 2 (2016): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 11, No 1 (2016): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 2 (2015): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 1 (2015): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 9, No 1 (2014): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 9, No 2 (2014): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 8, No 1 (2013): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 7, No 2 (2012): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 7, No 1 (2012): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 6, No 2 (2011): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 6, No 1 (2011): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 5, No 2 (2010): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 5, No 1 (2010): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 4, No 2 (2009): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 4, No 1 (2009): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 3, No 2 (2008): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 3, No 1 (2008): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 2, No 2 (2007): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 2, No 1 (2007): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 1, No 2 (2006): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 1, No 1 (2006): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis More Issue