cover
Contact Name
Yasinta Maria Fono
Contact Email
yasintamariafono@gmail.com
Phone
+6285338387959
Journal Mail Official
jurnal.jcp@gmail.com
Editorial Address
Jalan Trans Bajawa, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada, NTT
Location
Kab. ngada,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jurnal Citra Pendidikan
Published by STKIP Citra Bakti
ISSN : 27751589     EISSN : 27751589     DOI : -
Jurnal Citra Pendidikan (JCP) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti. Jurnal Citra Pendidikan (JCP) didekasikan untuk karya tulis berupa kajian pustaka, hasil penelitian, dan kajian meta-analisis dalam bidang pendidikan dan ilmu pendidikan (pendidikan dasar, pendidikan anak usia dini, pendidikan matematika, pendidikan musik dan pendidikan IPA). JCP menggunakan Turnitin untuk mengecek plagiasi naskah artikel. JCP diterbitkan 4 kali dalam setahun yaitu bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 4 (2022)" : 17 Documents clear
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA ANAK BERBASIS BAHASA IBU DENGAN PENDEKATAN BUDAYA LOKAL NAGEKEO TEMA TRANSPORTASI UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KASIH BANGSA KECAMATAN BOAWAE KABUPATEN NAGEKEO Monika Kolo; Elisabeth Tantiana Ngura; Dek Ngurah Laba Laksana
Jurnal Citra Pendidikan Vol 2 No 4 (2022)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v2i4.920

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa lembar kerja anak berbasis bahasa ibu dengan pendekatan budaya lokal Kabupaten Nagekeo tema transportasi untuk pembelajaran anak usia 5-6 tahun di TK Kasih Bangsa dan mengetahui kelayakan produk hasil pengembangan. Lembar Kerja Anak ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan Four-D yang terdiridari 4 tahap, yakni: (1) tahap define (pendefenisian), (2) tahap design (perancangan), (3) tahap development (pengembangan), (4) tahap disseminate (penyebaran). Namun, dalam penelitian ini peneliti hanya sampai pada tahap tiga karena tujuan penelitian telah tercapai pada tahap ini. Hasil penelitian dan pengembangan lembar kerja anak berbasis bahasa ibu tema transportasi berdasarkan hasil uji coba ahli dan anaksebagai pengguna produk adalah sebagai berikut. (1) Kelayakan LKA berdasarkan uji coba ahli konten berada pada kategori “Sangat Valid” dengan persentase 93,3%, (2) kelayakan LKA berdasarkan uji coba ahli bahasa Indonesia berada pada kategori “Sangat Valid” dengan persentase 98%, (3) kelayakan LKA berdasarkan uji coba ahli bahasa daerah Boawae berada pada kategori “Sangat Valid” dengan persentase 100%, (4) kelayakan LKA berdasarkan uji ahli desain pembelajaran berada pada kategori “layak” dengan persentase 78,46%, (5) kelayakan LKA berdasarkan uji cobaahli media berada pada kategori “Sangat Valid” dengan persentase 88%, (6) kelayakan LKA berdasarkan uji coba perorangan berada pada kategori “Sangat Valid” dengan persentase 89%, (7) kelayakan LKA berdasarkan uji coba kelompok kecil berada pada kategori “sangat valid” dengan persentase 89%. Dengan demikian, hasil uji coba lembar kerja anak berbasis bahasa ibu dengan pendekatan budaya lokal Kabupaten Nagekeo tema transportasi berdasarkan hasil uji coba ahli dan anak sebagai pengguna produk dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA ANAK BERBASIS BAHASA IBU DENGAN PENDEKATAN BUDAYA LOKAL KABUPATEN NAGEKEO TEMA BINATANG UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKK OLAEWA Bernadeta Lawo; Dek Ngurah Laba Laksana; Marsianus Meka
Jurnal Citra Pendidikan Vol 2 No 4 (2022)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v2i4.921

Abstract

Abstrak Penelitan dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa lembar kerja anak berbasis bahasa ibu dengan pendekatan budaya lokal kabupaten Nagekeo tema binatang untuk pembelajaran anak usia 5-6 tahun di TKK Olaewa, kecamatan Boaewae kabupaten Nagekeo dengan menggunakan model pengembangan 4-D (four-D), yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap define, tahap design, tahap development dan tahap disseminate. Dalam penelitan ini peneti hanya sampai pada tahap ke tiga yaitu tahap development karena keterbatasan peneliti karena penelitian ini hanya untuk menghasilkan prodak dan menguji kevalidan produk lembar kerja anak berbasis bahasa ibu dengan pendekatan budaya lokal kabupaten Nageko tema binatang divalidasi oleh 5 ahli dengan hasil.hasil uji coba dari ahli materi dengan kritetia layak, hasil uji coba dari ahli bahasa Indonesia dengan kriteria layak, hasil uji coba dari ahli bahasa daerah boawae dengan kriteria layak, hasil penilaian dari ahli media pembelajaran dengan kriteria sangat layak dan hasil penilaian dari ahli desain pembelajaran dengan kriteria layak, hasil uji coba yang dilakukan kepada anak sebagai pengguna produk uji coba ini dilakukan secara perorangan dan uji coba kelompok kecil dengan kriteria sangat layak, sehingga produk ini layak digunakan utuk dalam proses pembelajaran. Kabupaten Nagekeo tema binatang untuk pembelajaran anak usia 5-6 tahun di TKK Olaewa, kecamatan Boaewae kabupaten Nagekeo dengan menggunakan model pengembangan 4-D (four-D), yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap define, tahap design, tahap development dan tahap disseminate. Dalam penelitan ini peneti hanya sampai pada tahap ke tiga yaitu tahap development karena keterbatasan peneliti karena penelitian ini hanya untuk menghasilkan prodak dan menguji kevalidan produk lembar kerja anak berbasis bahasa ibu dengan pendekatan budaya lokal kabupaten Nageko tema binatang divalidasi oleh 5 ahli dengan hasil.hasil uji coba dari ahli materi dengan kritetia layak, hasil uji coba dari ahli bahasa Indonesia dengan kriteria layak, hasil uji coba dari ahli bahasa daerah boawae dengan kriteria layak, hasil penilaian dari ahli media pembelajaran dengan kriteria sangat layak dan hasil penilaian dari ahli desain pembelajaran dengan kriteria layak, hasil uji coba yang dilakukan kepada anak sebagai pengguna produk uji coba ini dilakukan secara perorangan dan uji coba kelompok kecil dengan kriteria sangat layak, sehingga produk ini layak digunakan utuk dalam proses pembelajaran.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA ANAK BERBASIS BAHASA IBU DENGAN PENDEKATAN BUDAYA LOKAL KABUPATEN NAGEKEO TEMA PEKERJAAN UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKK OLAEWA Hilda Pare; Marsianus Meka; Andi Nafsia
Jurnal Citra Pendidikan Vol 2 No 4 (2022)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v2i4.922

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Menghasilkan lembar kerja anak berbasis bahasa ibu dengan pendekatan budaya lokal kabupaten Nagekeo tema pekerjaan untuk pembelajaran anak usia 5-6 Tahun di TKK Olaewa (2) Mengetahui kelayakan produk lembar kerja anak berbasis bahasa ibu dengan pendekatan budaya lokal kabupaten Nagekeo. Pengembangan lembar kerja anak ini dikembangkan dengan menggunakan model 4-D. Model ini terdiri atas 4 (empat) tahap yakni (1) Pendefinisian (Define), (2) Perancangan (Desingn), (3) Pengembangan (Development), (4) Penyebaran (Disminate). Pada tahap ini peneliti hanya sampai pada tahap pengembangan produk sedangkan untuk tahap penyebaran dilakukan oleh peneliti selanjutnya. Berdasarkan hasil uji coba lembar kerja anak (LKA) yang dikembangkan merupakan kriteria layak digunakan berdasarkan penilaian ahli materi/konten, ahli bahasa (bahasa indonesia dan bahasa daerah Boawae), ahli desain dan media. LKA ini divalidasi oleh 5 ahli dengan memperoleh presentase skor penilaian yakni: hasil dari validator ahli materi: 85% dengan kriteria baik, hasil dari validator ahli bahasa Indonesia: 87,5% dengan kriteria sangat baik, hasil dari validator ahli bahasa daerah Boawae 80% dengan kriteria baik, hasil validator ahli media 95% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil penilaian ini menunjukkan bahwa produk lembar kerja anak yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil wawancara dengan anak sebagai penguna produk dalam uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil memperoleh hasil 100% dengan kriteria sangat baik, sehingga produk layak untuk digunakan dalam pembelajaran
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA ANAK BERBASIS BAHASA IBU DENGAN PENDEKATAN BUDAYA LOKAL KABUPATEN NAGEKEO TEMA NEGARAKU UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA5-6 TAHUN DI TK KASIH BANGSA WATUGASE Dominika Diki Sada; Elisabeth Tantiana Ngura; Marsianus Meka
Jurnal Citra Pendidikan Vol 2 No 4 (2022)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v2i4.923

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan lembar kerja anak untuk mengembangkan beberapa aspek diantaranya (sosial emosional, kognitif, fisik motorik, bahasa dan seni) untuk anak usia 5-6 tahun di TK kasih Bangsa Watugase (2) Mengetahui kelayakan produk pengembangan lembar kerja anak untuk aspek (sosial emosional, kognitif, fisik motorik, bahasa dan seni) untuk anak usia 5-6 Tahun di TK Kasih Bangsa Watugase. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 Tahun baik secara perorangan maupun kelompok kecil yang ada di TK kasih Bangsa Watugase. Pengembangan lembar kerja anak sebagai bahan ajar untuk perkembangan aspek (sosial emosional, kognitif, fisik motorik, bahasa dan seni) ini dikembangkan dengan menggunakan model 4-D. Model ini terdiri atas 4 (Empat) tahap, yaitu: (1) Define, (2) Design, (3) Development, (4) Disseminate. Hasil penelitian pengembangan lembar kerja anak berdasarkan hasil uji coba ahli dan anak sebagai pengguna produk adalah sebagai berikut. (1) Uji coba ahli media ada pada kategori sangat valid, (2) Uji coba ahli desain pembelajaran ada pada kategori sangat valid, (3) Uji coba ahli materi ada pada kategori sangat valid, (4) Uji coba ahli bahasa indonesia ada pada kategori sangat valid, (5) Uji coba ahli bahasa daerah Boawae ada pada kategori sangat valid (6) Uji coba anak sebagai pengguna produk ada pada kategori sangat valid. Dengan demikian, pengembangan lembar kerja anak sebagai bahan ajar untuk perkembangan kemampuan sosial emosional, kognitif, fisik motorik, bahasa dan seni layak digunakan pada anak di TK kasih Bangsa Watugase.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA ANAK BERBASIS BAHASA IBU DENGAN PENDEKATAN BUDAYA LOKAL NAGEKEO TEMA ALAT KOMUNIKASI UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KASIH BANGSA KECAMATAN BOAWAE KABUPATEN NAGEKEO Maria Gorety Bhoko; Elisabeth Tantiana Ngura; Yasinta Maria Fono
Jurnal Citra Pendidikan Vol 2 No 4 (2022)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v2i4.924

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yaitu lembar kerja anak berbasis bahasa ibu dengan pendekatan budaya lokal kabupaten Nagekeo Tema Alat Komunikasi untuk pembelajaran anak usia 5-6 tahun di Tk kasih Bangsa Watugase kecamatan Boawae. Lembar kerja ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan four-D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) tahap define (pendefenisian), (2) tahap design (perancangan), (3) tahap development (pengembangan), (4) tahap disseminate (penyebaran). Hasil penelitian dan pengembangan lembar kerja anak berbasis bahasa ibu tema Alat Komunikasi berdasarkan hasil uji coba ahli dan anak sebagai pengguna produk adalah sebagai berikut (1) Hasil uji coba oleh ahli konten/ materi berada pada kategori “sangat valid” dengan skor 93,3%, (2) Hasil uji coba ahli bahasa Indonesia berada pada kategori “sangat valid” dengan skor 92,5%, (3) Hasil uji coba ahli bahasa daerah boawae berada pada kategori “sangat valid” dengan skor 100%, (4) Hasil uji ahli desain pembelajaran berada pada kategori sangat layak dengan skor 85,45%, (5) Hasil uji coba ahli media berada pada kategori “sangat valid” dengan skor 92,5%, (6) Hasil uji coba perorangan berada pada kategori sangat valid dengan skor 88%, (7) Hasil uji coba kelompok kecil berada pada kategori “sangat valid” dengan skor 89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil uji coba lembar kerja anak berbasis bahasa ibu dengan pendekatan budaya lokal Kabupaten Nagekeo tema Alat Komunikasi dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran anak usia dini.
ANALISIS KONTEN DAN KONTEKS BUDAYA LOKAL NAGEKEO YANG DI INTEGRASIKAN DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI Fransiska Kata; Dek Ngurah Laba Laksana; Elisabeth Tantiana Ngura
Jurnal Citra Pendidikan Vol 2 No 4 (2022)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v2i4.925

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yaitu lembar kerja anak berbasis bahasa ibu dengan pendekatan budaya lokal kabupaten Nagekeo Tema Alat Komunikasi untuk pembelajaran anak usia 5-6 tahun di Tk kasih Bangsa Watugase kecamatan Boawae. Lembar kerja ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan four-D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) tahap define (pendefenisian), (2) tahap design (perancangan), (3) tahap development (pengembangan), (4) tahap disseminate (penyebaran). Hasil penelitian dan pengembangan lembar kerja anak berbasis bahasa ibu tema Alat Komunikasi berdasarkan hasil uji coba ahli dan anak sebagai pengguna produk adalah sebagai berikut (1) Hasil uji coba oleh ahli konten/ materi berada pada kategori “sangat valid” dengan skor 93,3%, (2) Hasil uji coba ahli bahasa Indonesia berada pada kategori “sangat valid” dengan skor 92,5%, (3) Hasil uji coba ahli bahasa daerah boawae berada pada kategori “sangat valid” dengan skor 100%, (4) Hasil uji ahli desain pembelajaran berada pada kategori sangat layak dengan skor 85,45%, (5) Hasil uji coba ahli media berada pada kategori “sangat valid” dengan skor 92,5%, (6) Hasil uji coba perorangan berada pada kategori sangat valid dengan skor 88%, (7) Hasil uji coba kelompok kecil berada pada kategori “sangat valid” dengan skor 89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil uji coba lembar kerja anak berbasis bahasa ibu dengan pendekatan budaya lokal Kabupaten Nagekeo tema Alat Komunikasi dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran anak usia dini.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA ANAK BERBASIS BAHASA IBU DENGAN PENDEKATAN BUDAYA LOKAL KABUPATEN NAGEKEO PADA TEMA DIRIKU UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA BOAWAE Maria Fenista Ega; Konstantinus Dua Dhiu; Andi Nafsia
Jurnal Citra Pendidikan Vol 2 No 4 (2022)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v2i4.926

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan atau desain dan mengetahui tingkat kelayakan lembar kerja anak berbasis bahasa ibu dengan pendekatan budaya lokal kabupaten Nagekeo untuk pembelajaran anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Boawae. Penelitian yang dilakukan menggunakan beberapa metode diantaranya metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan validasi, dengan subjek adalah peserta didik berjumlah 10 orang anak di TK Negeri Pembina Boawae. Hasil penelitian pengembangan lembar kerja anak (LKA) berbasis bahasa ibu dengan pendekatan budaya lokal kabupaten Nagekeo berdasarkan hasil uji coba ahli dan hasil uji coba peserta didik sebagai pengguna produk yaitu sebagai berikut (1) Untuk ahli desain memperoleh prosentase 89% dengan kriteria “sangat valid”, (2) Untuk ahli media memperoleh prosentase 100% berada dalam kriteria “sangat valid”, (3) Untuk ahli materi/ konten memperoleh prosentase 95% berada dalam kriteria “sangat valid”, (5) Untuk ahli bahasa Indonesia memperoleh prosentase 89% dan berada dalam kriteria “sangat valid”, (5) Untuk ahli bahasa daerah memperoleh prosentase 95% berada dalam kriteria “sangat valid”, (6) Untuk uji perorangan diperoleh hasil 87,5% dengan kategori “sangat valid” dengan kesimpulan bahwa LKA tersebut layak untuk digunakan dalam pembelajaran, dan (7) Untuk uji coba kelompok kecil diperoleh hasil 83% dengan kategori “valid” dengan kesimpulan bahwa LKA tersebut layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA ANAK BERBASIS BAHASA IBU DENGAN PENDEKATAN BUDAYA LOKAL KABUPATEN NAGEKEO PADA TEMA ALAM SEMESTA UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKK OLAEWA Letisia Nembo; Efrida Ita; Konstantinus Dua Dhiu
Jurnal Citra Pendidikan Vol 2 No 4 (2022)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v2i4.927

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk merancang lembar kerja anak berbasis bahasa Ibu dan mengetahui tingkat kelayakan lembar kerja anak berbasis bahasa Ibu dengan pendekatan budaya lokal Nagekeo pada tema alam semesta untuk pembelajaran anak usia 5-6 tahun di TKK Olaewa. Lembar Kerja Anak ini dikembangkan dengan menggunakan model Four-D yang terdiri dari 4 tahap, yakni 1) tahap Define, 2) tahap Design, 3) tahap Development, 4) tahap Disseminate. Namun, dalam penelitian ini peneliti hanya sampai pada tahap tiga karena tujuan penelitian telah tercapai pada tahap ini. Hasil penelitian dan pengembangan lembar kerja anak berbasis bahasa ibu tema alam semesta berdasarkan hasil uji coba ahli dan anak sebagai pengguna produk adalah sebagai berikut. (1) Kelayakan LKA berdsarkan uji coba ahli konten berada pada kategori “Sangat Layak”, (2) Kelayakan LKA berdasarkan uji coba ahli bahasa indonesia berada pada kategori “Sangat Layak”, (3) Kelayakan LKA berdasarkan uji coba ahli bahasa daerah Boawae berada pada kategori “Sangat Layak”, (4) Kelayakan LKA berdasarkan uji coba ahli desain pembelajaran berada pada kategori “Layak”, (5) Kelayakan LKA berdasarkan uji coba ahli media berada pada kategori “Sangat Layak”, (6) Kelayakan LKA berdasarkan uji coba perorangan berada pada kategori “Sangat Layak”(7) Kelayakan LKA berdasarkan uji coba kelompok kecil berada pada kategori “Sangat Layak”. Dengan demikian, hasil uji coba lembar kerja anak berbasis bahasa ibu dengan pendekatan budaya lokal Kabupaten Nagekeo tema alam semesta berdasrkan hasil uji coba ahli dan anak sebagai pengguna produk dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA ANAK BERBASIS BAHASA IBU DENGAN PENDEKATAN BUDAYA LOKAL KABUPATEN NAGEKEO TEMA TANAMAN UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKK OLAEWA KECAMATAN BOAWAE KABUPATEN NAGEKEO Delfina Soa Fono; Dek Ngurah Laba Laksana; Yasinta Maria Fono
Jurnal Citra Pendidikan Vol 2 No 4 (2022)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v2i4.928

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa lembar kerja anak berbasis bahasa ibu dengan pendekatan budaya lokal Kabupaten Nageko tema tanaman untuk pembelajaran anak usia 5-6 tahun di TKK Olaewa dan mengetahui kelayakan produk hasil pengembangan. Lembar Kerja Anak ini dikembangkan dengan menggunakan model Four-D yang terdiri dari 4 tahap, yakni 1) tahap Define, 2) tahap Design, 3) tahap Development, 4) tahap Disseminate. Namun, dalam penelitian ini peneliti hanya sampai pada tahap tiga karena tujuan penelitian telah tercapai pada tahap ini. 1) Kelayakan LKA berdasarkan uji coba ahli konten berada pada kategori “Sangat Layak” 2) Kelayakan LKA berdasarkan uji coba ahli bahasa indonesia berada pada kategori “Sangat Layak” 3) Kelayakan LKA berdasarkan uji coba ahli bahasa daerah Boawae berada pada kategori “Sangat Layak” 4) Kelayakan LKA berdasarkan uji coba ahli desain pembelajaran berada pada kategori “Layak” 5) Kelayakan LKA berdasarkan uji coba ahli media berada pada kategori “Sangat Layak” 6) Kelayakan LKA berdasarkan uji coba perorangan berada pada kategori “Sangat Layak” 7) Kelayakan LKA berdasarkan uji coba kelompok kecil berada pada kategori “Sangat Layak”. Dengan demikian, hasil uji coba lembar kerja anak berbasis bahasa ibu dengan pendekatan budaya lokal Kabupaten Nagekeo tema tanaman berdasarkan hasil uji coba ahli dan anak sebagai pengguna produk dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA ANAK (LKA) BERBASIS BAHASA IBU DENGAN PENDEKATAN BUDAYA LOKAL KABUPATEN NAGEKEO PADA TEMA LINGKUNGANKU UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKN PEMBINA BOAWAE Florentina Pini; Konstantinus Dua Dhiu; Angelina Kurnia Juita
Jurnal Citra Pendidikan Vol 2 No 4 (2022)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v2i4.929

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan Lembar Kerja Anak (LKA) berbasis bahasa ibu dengan pendekatan budaya lokal kabupaten Nagekeo pada tema lingkunganku untuk pembelajaran anak usia 5-6 tahun di TKN Pembina Boawae, (2) Mengetahui kelayakan produk pengembangan Lembar Kerja Anak (LKA) berbasis bahasa ibu dengan pendekatan budaya lokal kabupaten Nagekeo pada tema lingkunganku untuk pembelajaran anak usia 5-6 tahun di TKN Pembina Boawae. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Four D-Models) yang memiliki 4 tahapan, yaitu; (1) Define, (2) Design, (3) Develop dan (4) Disseminate. Produk pengembangan yang dihasilkan di validasi oleh ahli materi/konten, ahli bahasa Indonesia, ahli bahasa daerah, ahli media dan ahli desain. Hasil penelitian pengembangan lembar kerja anak berdasarkan uji coba para ahli dan peserta didik sebagai pengguna produk adalah sebagai berikut. (1) Kelayakan uji coba pada ahli materi/konten berada pada kategori “sangat layak”. (2) Kelayakan uji coba pada ahli bahasa Indonesia berada pada kategori “sangat layak”. (3) kelayakan uji coba pada ahli bahasa daerah berada pada kategori “sangat layak”. (4) Kelayakan uji coba pada ahli media berada pada kategori “sangat layak”. 5) Kelayakan uji coba pada ahli desain berada pada kategori “sangat layak”. (6) Kelayakan uji coba produk pada peserta didik perorangan berada pada kategori “sangat layak”. dan uji coba kelompok keci berada pada kategori “sangat layak”. Dengan demikian, pengembangan Lembar Kerja Anak (LKA) berbasis bahasa ibu dengan Pendekatan budaya lokal kabupaten Nagekeo layak untuk digunakan untuk pembelajaran anak usia 5-6 tahun di TKN Pembina Boawae.

Page 1 of 2 | Total Record : 17