cover
Contact Name
Yasinta Maria Fono
Contact Email
yasintamariafono@gmail.com
Phone
+6285338387959
Journal Mail Official
jurnal.jcp@gmail.com
Editorial Address
Jalan Trans Bajawa, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada, NTT
Location
Kab. ngada,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jurnal Citra Pendidikan
Published by STKIP Citra Bakti
ISSN : 27751589     EISSN : 27751589     DOI : -
Jurnal Citra Pendidikan (JCP) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti. Jurnal Citra Pendidikan (JCP) didekasikan untuk karya tulis berupa kajian pustaka, hasil penelitian, dan kajian meta-analisis dalam bidang pendidikan dan ilmu pendidikan (pendidikan dasar, pendidikan anak usia dini, pendidikan matematika, pendidikan musik dan pendidikan IPA). JCP menggunakan Turnitin untuk mengecek plagiasi naskah artikel. JCP diterbitkan 4 kali dalam setahun yaitu bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 4 (2023): Jurnal Citra Pendidikan" : 19 Documents clear
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN ETHNOSCIENCE (ETHNO-PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SEKOLAH DASAR Handayani, Eka Fitri
Jurnal Citra Pendidikan Vol. 3 No. 4 (2023): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v3i4.1935

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran IPS di sekolah dasar pada tema 7 sub tema 1 pembelajaran 3 yang disebabkan karena penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi dan tidak memanfaatkan budaya dan kearifan lokal yang ada di lingkungan sekitar siswa sehingga siswa merasa bosan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan penerapan model ProblemBased Learning bermuatan Ethnoscience terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Experimental Design dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang diambil adalah 23 siswa kelas IVA dan 26 siswa kelas IVB dengan menggunkan teknik non-probability sampling dengan jenis simple random sampling. Hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran ProblemBased Learning bermuatan Ethnoscience efektif diterapkan karena dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IV.
PERAN DAN TANTANGAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SD DI ERA 4.0 Prasetya, Eka; Aditiarigianti, Henry
Jurnal Citra Pendidikan Vol. 3 No. 4 (2023): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v3i4.2074

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran dan tantangan guru dalam membentuk karakter siswa SD di era 4.0 di SD Sonosewu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data di peroleh dari guru kelas enam SD sonosewu. Data dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran dan tantangan guru sangat besar dalam membentuk karakter siswa. Oleh karena itu, guru harus mengimplementasikannya dalam sekolah dan harus memberikan contoh yang baik tentang pendidikan karakter siswa.
PEMANFAATAN TIK DALAM MEMBANTU GURU MENINTEGRASIKAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR Ana, Lutfi; Muzzaki, Muhammad Alie
Jurnal Citra Pendidikan Vol. 3 No. 4 (2023): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v3i4.2092

Abstract

Kajian literatur ini bertujuan meninjau pemanfaatn teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada pendidikan dasar untuk membantu guru mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi pada jurnal ilmiah hasil dari penelitian yang relevan tentang pemanfaatn TIK. Pada khususnya kajian ini untuk meninjau manfaat integras pada penggunaan TIK serta faktor keberhasilan dalam mengintegrasikan TIK yang mempengaruhi percaya diri guru untuk menggunakan TIK saat proses pembelajaran dan juga keharusan sekolah dalam mendukung penggunaan TIK oleh tenaga pendidik. Guru dapat memperhatikan karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, sebab siswa usia SD berada pada tingkat berpikir konkrit. Dengan dukungan penggunaan TIK dapat meningkatkan kualitas belajar dan mengajar karena dengan TIK materi mampu disajikan dalam bentuk yang lebih kongkrit. Didukung dengan pendekatan pengajaran yang sesuai perkembangan sisiwa dan juga dukungan teknis supaya memungkinkan guru mempertahankan budaya yang sekaligus memfasilitasi pembelajaran dengan teknologi yang sesuai era perkembangan masa kini.
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN METODE PQRST (PREVIEW, QUESTION, READ, SUMMARIZE, TEST) PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI KEDUNGMALANG Putra Nugraha, Rido
Jurnal Citra Pendidikan Vol. 3 No. 4 (2023): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v3i4.2190

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode PQRST pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada peserta didik di kelas V SD Negeri Kedungmalang, dengan subjek penelitian terdapat 10 guru dan 29 peserta didik kelas V SD Negeri Kedungmalang, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research) secara reflektif-kolaboratif antara peneliti, guru kelas V SD Negeri Kedungmalang, dan teman sejawat sebagai pengamat (observer). Model Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) memiliki tujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Biasanya penelitian dengan model PTK bisa membantu solusi guru yang sedang menghadapi suatu permasalahan dalam pembelajaran. PTK memiliki beberapa siklus yang dapat berulang seperti tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dari hasil akhir yang dimiliki oleh guru yaitu tahap refleksi dan perencanaan yang dilakukan oleh guru dapat terrencanakan ke perencanaan lainnya sampai mencapai hasil yang memuaskan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Satu siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan kegiatan belajar mengajar (KBM). Pembelajaran yang diterapkan yaitu menggunakan metode PQRST. Siklus pembelajaran yang akan dilakukan dalam penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (act), pengamatan (observe), dan refleksi (reflect), pada peserta didik sejumlah 41 orang. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa tes siklus 1 nilai rata-rata peserta didik 60,2 yang tidak tuntas 58,54% atau berada dalam kategori rendah yang tuntas 41,46%. Pada siklus 2 dengan nilai rata-rata adalah 76,5 yang tuntas 87,81% yang tidak tuntas 12,19%. Hal ini menujukkan bahwa model PQRST dapat meningkatkan proses aktivitas membaca pemahaman pada peserta didik kelas V SD Negeri Kedungmalang pada mata pelajaran Tematik. Hasil penelitian bahwa aktifitas peserta didik pada siklus I dan siklus II pada aspek kehadiran peserta didik mencapai 95,12% mengalami peningkatan di siklus II menjadi 97,56%, keaktifan peserta didik dalam menyimak penjelasan guru tentang membaca peserta didik mencapai 86,99% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 91,87%, keaktifan peserta didik dalam mengajukan pertanyaan kepada guru tentang membaca peserta didik padasiklus I mencapai 26,02% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 60,97%, keaktifan peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang membaca pemahaman mencapai 39,84% mengalami penigkatan pada siklus II menjadi 55,28%.
PENGARUH PENGGUNAAN CANVA TERHADAP BELAJAR MENULIS TEKS PROSEDUR Nugroho, Wahyu
Jurnal Citra Pendidikan Vol. 3 No. 4 (2023): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v3i4.2199

Abstract

This study aims to identify the effect of Canva on learning to write student procedure texts at SMK Negeri 2 Trenggalek. This research design is in quantitative research and is conducted with quasi-experimental research. This research uses two types of variables. The first variable is Canva, which will affect the dependent variable. Which was goinh to get effect from dependent variable. The sample of this study is X grade students of SMK Negeri 2 Trenggalek. Researchers chose X RPL B as the control group and X AK B as the experimental group. Each class has thirty-six students, but the total number of students participating in this study is eighteen members in each class. The instruments used in this study were tests, there were pre tests and post tests. The researcher gave a pre test to both classes before conduchting the treatment. Then, the post test was given to both classes after the researcher applied the treatment in the experimental class. The test consists of questions that students must rewrite procedural text through Canva media. After the data is collected, the researcher will analyze the data using an independent sample T-Test. Before conducting an independent sample t-test, researchers must conduct a normality test: Based on the results of the data, the Sig. value in Saphiro-Wilk of experimental group 0.188 is greater than 0.05 and Sig. in Saphiro-Wilk of Control Group 0.036 is greater than 0.05. This means that the samples in this study are normally distributed. Based on the "Independent Sample Test", Sig. (2-tailed) of the posttest is 0.026 <0.05. then as a basic rule for making an independent sample t-test it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted. Thus, it can be concluded that there is a significant effect of students' procedure text writing learning in the experimental group and control group. Based on this result. Canva as the treatment of this research is an effective learning media for learning to write procedure texts for students. The results of this study indicate that the use of Canva in learning English at SMK is the right choice for teachers, and Canva application is very useful in the teaching and learning process. In addition, this media helps students in learning, because it can be accessed anytime, and anywhere. So, Canva is a media that can be used to increase the level of motivation and learning ability of students. It is one of the effective media in learning writing for students in high school.
EFEKTIVITAS MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DALAM MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS 7A SMP PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA Endarini, Jayanti; Sukodoyo; Waluyo
Jurnal Citra Pendidikan Vol. 3 No. 4 (2023): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v3i4.2206

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengunaan model student team achivement division (STAD) dalam meningkatkan sikap sosial siswa. Penelitian dilakukan di kelas 7A SMP Negeri 2 Sumowono dengan jumlah 3 siswa. Jenis penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis & Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu, lembar observasi, penilaian diri siswa, dan lembar observasi untuk guru. Keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari validitas demokratik, hasil, proses, katalitik, dan dialogis dan dengan menyajikan data apa adanya. Teknik analisis data yaitu teknik analisis kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian berupa peningkatan model STAD oleh guru meningkat sebesar 21,05%. Sikap sosial siswa sebesar 66,83% pada tahap sikap sosial siswa sesuai harapan di siklus I dan meningkat pada siklus II sebesar 83,07% pada tahap sikap sosial sangat baik. Kata Kunci: Sikap Sosial Siswa, Model STAD, Pendidikan Agama Buddha. ABSTRACT This study aims to determine the effectiveness of using the student team achivement division (STAD) model in improving students social attitudes. This research was conducted at 7A class of SMP Negeri 2 Sumowono with a total 3 of students. This typeof research uses the Kemmis & Mc. Taggart class action reserch models. Data collection models that use are observation, interview, and documentation, the data collection instruments that used is observation sheets, students self assesment and teacher observation sheets. The data validity in this research are consists of validity democratic, result, process, catalytic, and dialogic and by presenting the data as it is. The data analysis technique is a descriptive quantitative and qualitative descriptive. The results of the research are the improvement of STAD model by the teacher increased by 21,05%. The students social attitudes were 66,83% at the stage of social attitudes according to expectations in cycle I and increased in cycle II by 83,07 at very good social attitudes. Keywords: Social Attitudes, STAD Model, and Buddhist Religious Educations.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK Komariyah, Nur
Jurnal Citra Pendidikan Vol. 3 No. 4 (2023): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v3i4.2210

Abstract

Proses pembelajaran yang pasif serta hasil belajar yang belum mencapai ketuntasan klasikal yang diharuskan menjadi permasalahan tersendiri bagi kelas 2 MIS Arrohman Kamulyan pada mata pelajaran akidah akhlak. Dari kenyataan tersebut teridentifikasi tiga masalah yang muncul, yaitu: (1) kurangnya interaksi guru dan peserta didik; (2) Kurangnya inovasi guru dalam proses pembelajaran; dan (3)Minat peserta didik yang rendah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pemilihan model pembelajaran cooperative learning tipe TGT sebagai salah satu cara meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik sesuai dengan masalah dan tingkat perkembangan siswa. Penelitian yang dilakukan menggunakan desain atau prosedur penelitian dengan model siklus. Setiap siklus ini dilaksanakan dalam bentuk proses pengkajian berdaur 4 tahap, yaitu (1) merencanakan tindakan (planning), (2) melakukan tindakan (acting), (3) mengamati (observing), dan (4) merefleksi (reflecting). Hasil penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tornament) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar. Saran yang dapat dilakukan untuk penelitian selanjutnya adalah dapat memperhatikan hasil belajar afektif dan psikomotor serta dapat membuat perbandingan aktivitas peserta didik yang dilakukan di luar kelas.
PENERAPAN FINGER PAINTING DALAM MENSTIMULASI IMAJINASI DAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DALAM BIDANG SENI Pandu Winata, Nur Sima
Jurnal Citra Pendidikan Vol. 3 No. 4 (2023): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v3i4.2220

Abstract

Anak usia dini merupakan anak yang memiliki rentan usia 0-6tahun. Seorang anak juga berhak mengembangkan keterampilanyang berbeda melalui berbagai kegiatan agar semua aspekperkembangan dapat berkembang dengan maksimal. Semua anakmemiliki potensi dan seni dalam diri mereka, yang biasanya dicapaimelalui berbagai tugas menggambar yang di berikan oleh guru,namun terkadang mereka juga takut untuk mengeksplorasikan dirimereka dalam mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Olehkarena itu peneliti mengambil kegiatan finger painting sebagai alatuntuk mengasah keterampilana anak dalam mengembangkanimajinasi dan kreatvitas anak di bidang seni, sehingga anak dapatmengeksplorasikan diri mereka sesuai imajinasi dan keterampilanyang mereka miliki. Penelitian ini merupakan jenis penelitiankualitatif dengan menggunakan metode literature review.Pendekatan yang digunakan adalah dengan menggunakan metodedeskriptif melalui kajian pustaka yang mencakup kurang lebihMengumpulkan informasi tentang berbagai makna dan sifat darikata kunci yang dibutuhkan, serta teori pendukungnya, untukmelengkapi pengetahuan yang ada. Tujuan artikel ini adalah untukmendeskripsikan peran finger painting dalam perkembangan senimemuat uraian singkat mengenai masalah dan tujuan penelitian,metode yang digunakan, dan hasil penelitian.
MAKNA GURU SEBAGAI PERANAN PENTING DALAM DUNIA PENDIDIKAN Sulistiani, Irma; Nursiwi Nugraheni
Jurnal Citra Pendidikan Vol. 3 No. 4 (2023): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v3i4.2222

Abstract

Guru adalah seseorang yang berperan penting penting dalam membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan nilai-nilai moral yang akan dibutuhkan siswa untuk sebuah keberhasilan di masa depan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka atau literature review yang didukung dengan sumber referensi yang relevan dengan kriteria artikel yang digunakan sebagai data merupakan minimal merujuk pada 30 jurnal, 25 diantaranya merupakan jurnal internasional. Peran guru sangat penting dalam dunia pendidikan, yaitu guru sebagai fasilitator, motivator, model, penilai, konselor, pengelola kelas, dan perencana. Sebagai seorang guru, kita juga harus mempunyai kemampuan, pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan berbagai peran dalam mengoptimalkan potensi belajar yang dimiliki oleh siswa.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI FINGERPICKING GITAR KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 GOLEWA KABUPATEN NGADA Bhoko, Maksimus; Fikri, Kanzul; Bate, Ferdinandus
Jurnal Citra Pendidikan Vol. 3 No. 4 (2023): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v3i4.2230

Abstract

Tujuan dari penelitian Pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran seni musik berbasis multimedia interaktif, dengan materi fingerpicking pada gitar dalam usaha meningkatkan kemampuan serta menumbuhkembangkan bakat dan minat siswa dalam memainkan alat musik barat pada peserta didik di SMA Negeri 1 Golewa. Penelitian yang dilakukan ini merupakan Jenis penelitian perancangan dan penelitian pengembangan (design & development research), dengan menggunakan model ADDIE. Untuk mengetahui tingkat kelayakan, media ini sudah diuji melalui 2 tahap uji kevalidan yakni uji coba tahap 1 oleh ahli materi, ahli media, ahli desain dan uji coba tahap 2 oleh peserta didik SMA Negeri 1 Golewa

Page 1 of 2 | Total Record : 19