cover
Contact Name
Fuad Zaini
Contact Email
fuadzaini06@gmail.com
Phone
+6282360501584
Journal Mail Official
fuadzaini06@gmail.com
Editorial Address
Jalan Syekh M. Yusuf No.24 Tanjung Pura Langkat 20853 Sumatera Utara
Location
Kab. langkat,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Iqtirahaat
ISSN : 25979965     EISSN : 27766462     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Iqtirahaat ini merupakan jurnal yang berisi tentang hasil penelitian-penelitian ataupun hasil kajian teoritis oleh para pendidik dan dosen. Hasil kajian yang akan dipublis berupa Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam. jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi para pendidik dan dosen untuk dapat mengembangkan kompetensi profesionalisme sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. Penerbitan jurnal ini dilakukan sebanyak 2 kali dalam 1 tahun (Bulan Juni dan Desember).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Volume 5 No 2 Desember 2021" : 6 Documents clear
POSITION OF SCHOOL SUPERVISOR OFFICES IN GOVERNMENT REGULATION NUMBER 57 OF 2021 Aspandi Aspandi
Jurnal Iqtirahaat Volume 5 No 2 Desember 2021
Publisher : STAI Jama'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.666 KB) | DOI: 10.56446/ji.v5i2.30

Abstract

The purpose of this study was to describe the position of school supervisors in PP 57/2021. Thus, the research question posed is how is the position of school supervisors in PP 57/2021? This study uses a qualitative approach with the type of literature study research. The primary data source in this study is Government Regulation number 57 of 2021. This study uses documentation techniques to collect data on the position of school supervisors in PP 57 of 2021. The results show that the position of school supervisors is not accommodated in PP 57 of 2021 concerning national standards. education. Thus, considering the position of school supervisors is very central in the education quality assurance system. So the position of school supervisor must remain and need to be re-stated in the revised Government Regulation 57 of 2021.
UPAYA MENINGKATKAN KELANCARAN MENGHAFAL AL QUR’AN PADA ANAKMENGGUNAKAN GAYA BELAJARAUDITORY DI PONDOK AL QUR’AN ZAINUDDIN TEMBUNG MEDAN Nazlia Ulfa, Pupu Muhidin, Sri Agustina
Jurnal Iqtirahaat Volume 5 No 2 Desember 2021
Publisher : STAI Jama'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (570.485 KB) | DOI: 10.56446/ji.v5i2.41

Abstract

Menghafal Al Quran untuk sebagian orang adalah sebuah cita-cita dan tujuan. Para penghafal Al Qur’an merupakan orang yang banyak mengorbankan waktu dan kesempatan akan urusan duniawi. Selain itu dalam kesehariannya para penghafal sebagian besar tidak lancar dalam menghafal. Hal inilah yang melatarbelakangi penelitian tentang kelancaran menghafal Al Qur’an yang rendahdi Pondok Pesantren Al Qur’an ZainuddinTembung Medan. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian kualitatif dan kuantitatif, Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Dengan subjek penelitian 20 orang siswa yang ada di pondok Pesantren Al Qur’an Zainuddin Tembung Medan.Tujuan dari penelitin ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat keberhasilan meningkatkan kelancaran hafalan Al Qur’an pada anak di Pondok Pesantren AlQur’an Zainuddin Tembung Medan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan diterapkannya gaya belajar Auditory di Pondok Pesantren AlQur’an Zainuddin Tembung Medan dapat meningkatkan kelancaran menghafal Al Qur’an pada anak didik di pondok tersebut.
PENDIDIKAN KARAKTER ANAK BERKONSEP TAZKIYATUN NAFS MENURUT Q.S ASY-SYAMS Elfidayanti, Nurmisda Ramyani
Jurnal Iqtirahaat Volume 5 No 2 Desember 2021
Publisher : STAI Jama'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.775 KB) | DOI: 10.56446/ji.v5i2.61

Abstract

Tujuannya adalah untuk mengatur dan mendidik anak - anak dari tingkat yang rendah pada tingkat yang lebih tinggi dalam akhlak, budi pekerti, kepribadian dan moralitas karakter. Alqur’an memberitahu manusia untuk mengamati dan mensucikan jiwa mereka. Dengan upaya menafsirkan Alqur’an untuk mengetahui dan menafsirkan isi kandungan nya yang kehendaki Allah SWT. Masalah ini di bahas melalui kepustakaan ( Library research) b Sumber utama data adalah Alqur’an, Tafsir Ibnu Katsir, al Misbah, Fizailalil Alqur’an, Al Maraghi dan data sekunder semua buku didukung oleh data primer. Dalam penelitian ini, menemukan hasil dalam Q.S Asy-Syams ayat 7-10,yaitu dengan jiwa yang sempurna dari ciptaan- Nya, Allah memberi inspirasi kepada jalan Jiwa dengan taqwa dan orang fasik, sesungguhnya beruntung orang yang memurnikan jiwanya dan membesarkan orang yang menegakkan mereka. Sehingga menjadikan suatu rancangan perubahan dan kecerdasan siswa, konsep insan taqwa, serta konsep penigkatan kulitas diri. Dilihat dari kesimpulan yang diambil pendidikan karakter memiliki perubahan dalam kebaikan pada siswa dari segi regiliusitas, spritualitas dan intelektualitas. Konsep tazkiyatun nafs implikasinya untuk materi pendidikan karakter adalah suatu proses penyucian pengembangan jiwa menuju proses pertumbuhan, pengembangan dan pembinaan Akhlakul karimah di diri dan kehidupan seseorang anak manusia yang seimbang jasmani dan rohani, pendidikan karakter anak usia dini merupakan prinsip pendidikan manusia seutuhnya, dengan materi yang dapat mengabungkan antara iman, ilmu, dan amal sholeh dan membantu proses pembentukan kebiasaan positif. Dan akan terciptalah tujuan pendidikan karakter anak usia dini kesempurnaan insani.
KREATIVITAS GURU MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL QUR’AN HADITS DI KELAS VII MTS TARBIYAH WALADIYAH PULAU BANYAK Zaifatur Ridha; Muhammad Saleh; Julia Satifa
Jurnal Iqtirahaat Volume 5 No 2 Desember 2021
Publisher : STAI Jama'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (779.253 KB) | DOI: 10.56446/ji.v5i2.62

Abstract

Permasalah yang ditemukan atau latar belakang masalah penelitian yaitu proses belajar dan mengajar di madrasah, guru bidang studi Al-qur’an hadis belum melibatkan siswa secara langsung dengan aplikasi Al-qur’an digital dari materi bidang studi Al-qur’an hadis yang diajarkan sehingga siswa belum terlatih dalam menyelesaikan berbagai masalah bidang studi Al-qur’an hadis dan belum tersedianya media yang mendukung kegiatan belajar dan mengajar Al-qur’an Hadis di madrasah. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi lapangan (field research). Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data penelitian dengan cara triangulasi sumber. Hasil Penelitian bahwa media Audio Visual berbasis Al-qur’an digital terhadap kemampuan nalar siswa pada konsep memahami dan menghafal ayat Al-qur’an oleh siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak yang signifikan yaitu penerapan model tersebut membantu siswa untuk lebih memahami materi pelajaran. Peningkatan kemampuan nalar siswa pada indikator berpikir kreatif, berpikir luwes, berpikir original, dan berpikir merinci setelah diterapkan Media Audio Visual pada siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak. Aktivitas siswa saat diterapkan Media Audio Visual pada bidang studi Al-qur’an hadis di Madrasah Tsanawiyah Swasta Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak yaitu siswa merespon dengan baik
KONSEP PENDIDIKAN TUT WURI HANDAYANI DALAM PERSEPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DI MTS TARBIYAH ISLAMIYAH Maulida Maulida; Nurul Hasanah; Fatimah Ahmad
Jurnal Iqtirahaat Volume 5 No 2 Desember 2021
Publisher : STAI Jama'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.645 KB) | DOI: 10.56446/ji.v5i2.63

Abstract

Konsep pendidikan Tut Wuri Handayani yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara telah dilaksanakan dengan baik pada Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah dan telah sesuai dengan perspektif pendidikan agama Islam dimana guru mampu menjadi pendorong dan pemberi motivasi yang baik bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Bentuk penerapan konsep Tut Wuri Handayani yang telah dilakukan bahwa guru sebagai pendidik yang terus-menerus menuntun, menopang, menunjukkan dan memberdayakan arah yang benar bagi hidup dan karya anak-anak didiknya. Jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi lapangan (field research) dengan melakukan observasi di lokasi penelitian. Metode Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data dengan cara trianggulasi data dan sumber. Hasil penelitian diperoleh bahwa tujuan konsep pendidikan Konsep pendidikan Tut Wuri Handayani berbasis Islam membentuk manusia yang memiliki nilai-nilai agama yang baik dan membentuk karakter yang baik dalam diri siswa. Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah mampu menerapkan konsep Tut Wuri Handayani dengan baik. pembinaan dan pengajaran aqidah akhlaq yang cukup baik dilakukan dengan memberikan tauladan langsung bagi siswa. Keahlian lainnya yang dimiliki siswa Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah adalah kemampuan berpidato yang baik sebagai salah satu keunggulan yang dimiliki Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah ini adalah kegiatan pembiaan pidato terkait penerapan ajaran Islam dalam kehidupan. Hal ini menunjukkan bahwa guru mampu mengembangkan bakat anak didik yang tentunya sesuai dengan konsep Tut Wuri handayani dimana guru dituntut mampu menggali potensi diri siswa.
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI AL-QUR’AN HADIS MELALUI METODE INDEX CARD MATCH DI KELAS XI MAN 2 MODEL MEDAN Rahmayani Siregar
Jurnal Iqtirahaat Volume 5 No 2 Desember 2021
Publisher : STAI Jama'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.501 KB) | DOI: 10.56446/ji.v5i2.64

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau dikenal dalam bahasa inggris classroom action research. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan bentuk siklus pertama ke siklus yang berikutnya. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa rata-rata penggunaan metode Index Card Match metode Index Card Match dalam proses pembelajaran Qur’an Hadis pada siklus I sebesar 65,75% meningkat 88,75% pada siklus II. Peningkatan kemampuan memahami materi Qur’an Hadis siswa terlihat dari rata-rata hasil tes kemampuan pemahaman dari siklus I ke siklus II. Kemampuan pemahaman yang meningkat dengan metode pembelajaran Index Card Match meliputi instrumental dan relasional. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 75 dan ketuntasan klasikalnya mencapai 66,34%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik adalah 90 dan ketuntasan klasikalnya mencapai 80,81%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 13,65%. Untuk persentase aktifitas belajar siswa pada siklus I adalah 72% sedangkan pada siklus II naik menjadi 81%. Ada peningkatan aktifitas siswa sebesar 9%., 4) Ada empat indikator utama kemampuan memahami pada siswa yang menjadi acuan dalam penelitian ini. Empat indikator tersebut telah muncul secara baik dan juga bertahap pada penelitian ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 6