cover
Contact Name
Marlya Fatira AK
Contact Email
marlyafatira@polmed.ac.id
Phone
+6285261198881
Journal Mail Official
marlyafatira@polmed.ac.id
Editorial Address
Department of Accounting Faculty of Financial and Sharia Banking Politeknik Negeri Medan Jl. Almamater Kampus USU No. 01, Medan, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal BILAL: Bisnis Ekonomi Halal
ISSN : -     EISSN : 27470830     DOI : https://doi.org/10.51510/bilal.v2i2
Core Subject : Economy, Social,
Focus and Scope Jurnal BILAL: Bisnis Ekonomi Halal ini merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel hasil penelitian atau literature review yang dilakukan oleh peneliti, akademisi, praktisi pada bidang scope Ekonomi Syariah, Binis dan Kewirausahaan Islami, Muamalah, Filantropi, Keuangan dan Perbankan Syariah, Keuangan Mikro syariah dan Manajemen sumber daya insani.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2021): Desember 2021" : 10 Documents clear
Pengaruh Interaksi Sosial Budaya Dan Pemahaman Tentang Riba Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah Putri Ariyaningsih; Muhammad Zuhirsyan; Hubbul Wathan
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 2 No. 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.678 KB) | DOI: 10.51510/bilal.v2i2.388

Abstract

Pemgaruh Ineraksi Sosial Budaya dan Pemahaman Tentang Riba Terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Bank Syariah Pada PT Bank Muamalat KC Medan Balai Kota. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Keputusan Nasabah dalam Memilih Bank Syariah Pada PT Bank Muamalat KC Medan Balai Kota, sedangkan variabel independen terdiri dari Sosial Budaya dan Pemahaman Tentang Riba . Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang responden. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis regresi linier berganda, uji parsial (t) dan uji simultan (F) dengan bantuan software program SPSS 22. Hasil penelitian dengan uji parsial (t) menunjukkan bahwa diantara 2 variabel independen terdapat 1 variabel yang tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen karena nilai signifikasi > 0,05 yaitu Interaksi Sosial Budaya (0,175>0,05), dan selebihnya berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen sebab nilai signifikansi < 0,05 (0,000<0,05) dan secara simultan Interaksi Sosial dan Pemahaman Tentang Riba memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Nasabah nasabah Memilih Bank Syariah yang dilihat melalui uji statistik F dengan nilai signifikansi sebesar (0,000<0,05).
Pengaruh Persepsi, Religiusitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menabung Mahasantri Pesantren Ar Raudhatul – Hasanah Di Perbankan Syariah Nur Rahmadani; Muhammad Zuhirsyan; Ahmad Kholil
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 2 No. 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.237 KB) | DOI: 10.51510/bilal.v2i2.390

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi berpengaruh terhadap keputusan menabung mahasantri Ar Raudhatul – Hasanah di Perbankan Syariah, untuk mengetahui pengarruh religiusitas terhadap keputusan menabung mahasantri Pesantren Ar Raudhatul – Hasanah di Perbankan Syariah, untuk mengetahui pengaruh lokasi terhadap keputusan menabung mahasantri Pesantren Ar Raudhatul – Hasanah. Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner 75 orang yang dianalisis melalui Analisis Regresi Linear berganda dengan bantuan program spss 17. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan dari variabel persepsi, religiusitas, lokasi secara parsial terhadap keputusan menabung. Sementara secara simultan juga tidak semua variabel positif signifikan terhadap keputusan menabung.
Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam, Promosi, Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan HPAI Kenanga Medan Junissa Salma; Diena Fadhilah; Supaino
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 2 No. 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.536 KB) | DOI: 10.51510/bilal.v2i2.391

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Etika Bisnis Islam, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Halal Mart HPAI Kenanga Medan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Loyalitas Pelanggan, sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah Etika Bisnis Islam, Promosi dan Kualitas Pelayanan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda, uji parsial(t) dan simultan(F) dengan bantuan program SPSS 23. Hasil penelitian dengan uji parsial (t) menunjukkan bahwa 3 variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen karena nilai thitung > ttabel untuk Etika Bisnis Islam(X1) mempunyai nilai (1.992 > 1.984) dan Promosi (X2) mempunyai nilai (2.021 > 1.984). Variabel Kualitas Pelayanan(X3) berpengaruh signifikan dan positif terhadap variabel dependen karena nilai thitung > ttabel atau (2.511 > 1.984). Secara simultan Etika Bisnis Islam, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Halal Mart HPAI Kenanga Medan berpengaruh signifikan dan positif dengan nilai Fhitung > Ftabel atau (2.950 > 2.70).
Tinjauan Maqashid Syariah Terhadap Praktik Jual Beli Pedagang Kaki Lima Yang Berjualan Di Fasilitas Umum Filzah Fatin; Ermyna Seri; Muslim Marpaung
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 2 No. 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.351 KB) | DOI: 10.51510/bilal.v2i2.406

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik jual beli yang dilakukan oleh pedagang kaki lima yang melakukan kegiatan jual beli di fasilitas umum Kawasan Jalan Dr Mansyur USU Medan dan untuk mengetahui sistem perdagangan pedagang kaki lima yang sesuai dengan Maqashid Syariah Kawasan Jalan Dr Mansyur USU Medan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Praktik Jual Beli PKL yang berjualan di fasiltas umum studi kasus Kawasan Jl Dr mansyur USU Medan belum sesuai dengan kaidah Maqashid Syariah, dikarenakan adanya para pedagang yang belum memahami sepenuhnya tentang maqashid Syariah. Praktik jual beli PKL yang berjualan di fasilitas umum Kawasan Jl Dr Mansyur Medan memiliki dua sisi yang berbeda dimana satu sisi dapat memudahkan masyarakat untuk mencari kebutuhan walaupun Kawasan Jl Dr Mansyur merupakan Kawasan yang illegal untuk berjualan dan di sisi lain juga dapat menimbulkan kerugian atau kemaslahatan yaitu menjadi penyebab timbulnya kemacetan, dan ketidak nyamanan para pejalan kaki.
Faktor yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2014-2019 Mei Rustiyani
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 2 No. 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (446.131 KB) | DOI: 10.51510/bilal.v2i2.442

Abstract

ABSTRACK Sharia banks are expected to not only conduct business activities in accordance with sharia principles, but also be able to systematically disclose social responsibility in their annual reports. The purpose of this study is to analyze the influence of company size, profitability, sharia compliance, leverage and investment account holder. The population in this study were all sharia commercial banks that have been registered at OJK in Indonesia. The sample tested by 12 sharia commercial banks were selected using a purposive sampling method. The data collected in the form of annual report of sharia commercial banks from 2014 to 2019. The analytical method used in this research was descriptive statistical analysis and multiple linear regression analysis using Eviews 10 software. The result of study showed that size of company, profitability and investment account holder have a significant effect on the level of disclosure of Islamic Social Reporting. Meanwhile, sharia compliance and leverage do not have a significant effect of the level of disclosure of Islamic Social Reporting for sharia banks in Indonesia. Keywords: sharia banks, Islamic Social Reporting, Indonesia
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Kpr Ib Subsidi Pada Bank Sumut Syariah Karya Diah Kartika Putri; Rizal Agus; Marlya Fatira AK
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 2 No. 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.122 KB) | DOI: 10.51510/bilal.v2i2.458

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian KPR Ib Subsidi Pada PT Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Karya dimana variabel independen yaitu Shariah Compliance (X1), Assurance (X2), Reliability (X3), Tangible (X4), Empathy (X5) dan Responsiveness (X6) terhadap variabel dependen yaitu Keputusan Pembelian (Y). Teknik pengumpulan data melalui kuisioner yang didistribusikan kepada 76 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan melakukan uji simultan (F), uji determinasi, Uji parsial (t) dengan tingkat signifikan sebesar 5 persen yang diolah dengan menggunakan SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel shariah compliance secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel assurance secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel reliability secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel tangible secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel empathy secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan variabel responsiveness secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. secara simultan, kualitas pelayanan yang terdiri dari Shariah Compliance, Assurance, Reliability, Tangible, Empathy dan Responsiveness pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian KPR Ib Subsidi Pada PT Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Karya dengan pengaruh sebesar 83,9% sedangkan sisanya 16,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang diluar penelitian.
Motivasi Wirausahawan Muda dalam Mengembangakan Usaha Tinjauan Aspek Pengetahuan, Minat dan Mental Usaha Ade Puspa Maulia; Supaino; Ermyna Seri
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 2 No. 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.109 KB)

Abstract

This research was conducted to determine the effect of entrepreneurial knowledge, interest and mentality on the motivation of young entrepreneurs (a case study of muslim students majoring in accounting at the Polytechnic Negeri Medan). This type of research includes field research (field research) using a quantitative approach and a questionnaire as the primary data then analyzed using multiple linear regression analysis by performing classical assumption tests, t statistical tests, F statistical tests, coefficient tests and determination coefficient tests with the help of SPSS 16 software. The sample in the study was 92 respondents. The dependent variable in this study is the motivation of young entrepreneurs, while the independent variable consists of knowledge, interest and entrepreneurial mentality. The results showed that the knowledge, interest and mental variables partially and simultaneously had a significant effect on the motivation of young entrepreneurs (a case study of a Muslim student majoring in accounting at the Medan State Polytechnic). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, minat dan mental berwirausaha terhadap motivasi wirausahawan muda lam mengembangkan usahanya. Penelitian ini dilakukan pada studi kasus mahasiswa muslim Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Medan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) menggunakan pendekatan kuantitatif dan kuesioner sebagai data primer kemudian di analisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan melakukan uji asumsi klasik, uji statistik t, uji statistik F, uji koefisien korelasi dan uji koefisien determinasi dengan bantuan software SPSS 16. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 92 orang responden. Variabel dependen pada penelitian ini adalah motivasi young entreprenuer, sedangkan variabel independen terdiri dari pengetahuan, minat dan mental berwirausaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan variabel pengetahuan, minat dan mental berpengaruh signifikan terhadap motivasi young entreprenuer (studi kasus pada mahasiswa muslim jurusan akuntansi Politeknik Negeri Medan).
Pembiayaan UMKM Bank Umum Syariah di Indonesia Ditinjau dari Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Non Performing Financing (NPF) Fadilah Sari Siregar; Ismi Affandi; Diena Fadhilah
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 2 No. 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.339 KB)

Abstract

This research was conducted to determine the effect of third party funds and non- performing financing on the allocation of UMKM financing at Islamic Commercial Banks for the January 2016-December 2019 period. The dependent variable in this study is the allocation of UMKM financing, while the independent variable consists of third parties and non-performing financing. This research method is quantitative using secondary data with a sample of Islamic banking statistics during the period January 2016 to December 2019 totaling 48 samples (data). The analysis used in this study is multiple linear regression analysis which is processed with SPSS 25. The results of this study indicate that third party funds and non-performing financing simultaneously have a significant effect on the allocation of UMKM financing. Meanwhile, the results of the research partially show that third party funds have a positive and significant effect on the allocation of UMKM financing and non-performing financing has a negative and insignificant effect on the allocation of UMKM financing. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dana pihak ketiga dan non performing financing terhadap alokasi pembiayaan UMKM pada Bank Umum Syariah Periode Januari 2016-Desember 2019. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah alokasi pembiayaan UMKM, sedangkan variabel independen terdiri dari pihak ketiga dan non performing financing. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan data sekunder dengan sampel dari statistik perbankan syariah selama periode Januari 2016 sampai dengan Desember 2019 sejumlah 48 sampel (data). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda yang diolah dengan bantuan alat spss 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dana pihak ketiga dan non performing financing secara simultan berpengaruh signifikan terhadap alokasi ketiga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap alokasi pembiayaan UMKM dan non performing financing memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap alokasi pembiayaan UMKM .
Perspektif Islam tentang Etos Kerja dan Kinerja Karyawan Pada Bank Syariah Riza Hasibuan; Rizal Agus; Supaino
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 2 No. 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.289 KB)

Abstract

This research is about "The Effect of Work Ethics on Employee Performance Based on an Islamic Perspective (Case Study at PT Bank Muamalat KCU Padangsidimpuan)" which aims to determine the effect of Work Ethics on Employee Performance Based on an Islamic Perspective (Case Study at PT Bank Muamalat KCU Padangsidimpuan). The research method is quantitative, which is collected by using a questionnaire distributed to 23 respondents. The research method used is the statistical t test method, correlation coefficient and normality test. The results of this study indicate that work ethic has a strong influence on the elaboration of aqidah, work ethic has a strong effect on knowledge based, work ethic has a strong influence on imitating divine nature, it can be concluded that the effect of work ethic on employee performance based on an Islamic perspective (Case Study at PT Bank Muamalat KCU Padangsidimpuan) has a positive effect. Penelitian ini tentang “Pengaruh Etos Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Berdasarkan Perspektif Islam (Studi Kasus Pada PT Bank Muamalat KCU Padangsidimpuan)” yang bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang Pengaruh Etos Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Berdasarkan Perspektif Islam (Studi Kasus Pada PT Bank Muamalat KCU Padangsidimpuan). Metode penelitian adalah kuantitatif, yang dikumpulkan dengan cara menggunakan kuisioner yang didistribusikan kepada 23 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode uji statistik t, koefisien korelasi dan uji normalitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa etos kerja berpengaruh kuat terhadap penjabaran aqidah, etos kerja berpengaruh kuat terhadap berlandaskan ilmu, etos kerja berpengaruh kuat terhadap meneladani sifat ilahi, dapatdisimpulkan bahwa Pengaruh Etos Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Berdasarkan Perspektif Islam (Studi Kasus Pada PT Bank Muamalat KCU Padangsidimpuan) berpengaruh positif.
Minat Membeli Konsumen Muslim Dilihat Dari Faktor Kesadaran Halal, Kualitas Pelayanan dan Promosi Produk Sartika Rahayu; Ahmad Kholil; Azhar Azhar
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 2 No. 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.474 KB) | DOI: 10.51510/bilal.v2i2.698

Abstract

Abstract This study aims to determine the effect of halal awareness, service quality and promotion individually (partial) and jointly (simultaneously) have a significant effect on consumer buying interest. The type of quantitative data, the data sources used are primary data and secondary data. Sources of primary data obtained through questionnaires to 150 consumers Risol Ummu Setia Budi Medan store obtained by non-probability sampling technique. The method used is a survey method. The data collection technique used a questionnaire that was assessed with a Likert scale and validity and reliability tests. Prerequisite tests include Normality Test, Multicollinearity Test and Heteroscedasticity Test. Data analysis techniques to answer the hypothesis using multiple linear regression analysis. The results obtained show that partially halal awareness and promotion do not significantly influence consumer buying interest. Service quality partially has a positive effect on consumer buying interest. The variables of halal awareness, service quality and promotion simultaneously have a very strong and significant effect on consumer buying interest with an effect of 52%, while the remaining 48% is influenced by other variables outside of this study. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran halal, kualitas pelayanan dan promosi secara individu (partial) maupun secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Jenis data kuantitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sumber data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 150 konsumen toko Risol Ummu Setia Budi Medan yang diperoleh dengan teknik nonprobability sampling. Metode yang digunakan adalah metode survey. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala likert dan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat meliputi Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas dan Uji Heterokedastisitas. Teknik analisis data untuk menjawab hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa secara partial kesadaran halal dan promosi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen. Kualitas pelayanan secara partial berpengaruh postif terhadap minat beli konsumen. Variabel Kesadaran halal, kualitas pelayanan dan promosisecara simultan berpengaruh sangat kuat dan signifikan terhadap minat beli konsumen dengan pengaruh sebesar 52%, Sedangkan sisanya 48% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 10