cover
Contact Name
Arif Maulana Yusuf
Contact Email
arif@rosma.ac.id
Phone
+6285777006828
Journal Mail Official
lppm@rosma.ac.id
Editorial Address
Jl. Kertabumi No.62, Karawang Kulon, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang, Jawa Barat 41311
Location
Kab. karawang,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Interkom : Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi
ISSN : 19078420     EISSN : 26211106     DOI : 10.35969
Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan jurnal hasil penelitian dibidang Teknik Informatika dan sistem informasi. Jadwal publikasi dari jurnal interkom adalah 4 (empat) kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Januari, April, Agustus, dan Desember. Jurnal Interkom mempublikasikan publikasi tentang teori dan penerapannya yang berdampak secara siginifikan terhadap Information science & technologi dan Information System. Purpose And Scope Jurnal Interkom merupakan jurnal publikasi ilmiah bidang teknologi informasi dan komunikasi, yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) STMIK Rosma, sebagai suatu sarana diseminasi hasil penelitian para dosen. Jurnal interkom berisikan artikel yang hasil penelitian dosen yang belum pernah di publikasikan sebelumnya. Artikel yang masuk ke dalam jurnal interkom akan melalui proses “peer-review”, setelah memenuhi persyaratan dan sesuai dengan sistematika penulisan yang berlaku maka akan diterbitkan. Jurnal interkom terbit 4 (empat) kali dalam setahun yang dimulai dari bulan April, Juli, Oktober dan Januari dengan minimal 5 (lima) artikel di setiap jurnalnya. Jurnal ini juga membahas berbagai penelitian tentang fondasi teoritis informasi dan komputer serta teknik praktis untuk implementasi dari aplikasi pada sistem komputer. Naskah ilmiah dalam jurnal ini mengandung data dan informasi yang memajukan ilmu pengetahuan secara umum dan penelitian yang nyata. Naskah ilmiah yang terkandung dalam jurnal ini mencakup: Content-Based Multimedia Retrieval Data Mining Distance Learning E-Business E-Commerce E-Government Enterprise Architecture Design & Management Formal Methods Geographic Information System (GIS) Human-Computer Interaction Information Assurance & Intelligent Information Extraction Information Retrieval Information Security & Risk Management IS/IT Operation Management IS/IT Strategic Planning IT Governance IT Project Management Multimedia Aplication Web Science Accounting information system
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 14 No. 4 (2020): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni" : 5 Documents clear
Penerapan Model Water Fall Dalam Membangun Sistem Penjualan Berbasis Web Pada Nefertari Florist Bekasi Ani Yoraeni; Adetian Adetian; Andi Arfian
Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 14 No. 4 (2020): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni
Publisher : LPPM STMIK Rosma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (544.395 KB) | DOI: 10.35969/interkom.v14i4.57

Abstract

Nefertari Florist adalah toko bunga online yang menjual karangan bunga dan melayani pengiriman ke seluruh kota besar yang ada di indonesia, dalam melakukan pembelian barang ke supplier dan pendataan Nefertari Florist masih menggunakan sistem manual dengan menggunakan Microsoft Excel.Nefertari Florist membutuhkan sekali adanya suatu sistem informasi yang menunjang dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi para customer. Untuk itulah peneliti mencoba membuat Tugas Akhir mengenai perancangan sistem pembelian berbasis web di Nefertari Florist yang sampai saat ini belum terkomputerisasi. Pada saat ini Nefertari Florist hanya berupa perusahaan yang bergerak dalam bidang Florist. Sistem yang ada pada Nefertari Florist ini masih dilakukan secara manual, mulai dari pencatatan customer yang membeli karangan bunga, sampai penyimpanan data-data lainnya yang berhubungan dengan proses pembelian hingga sampai pembuatan laporan, sehingga memungkinkan pada saat proses berlangsung terjadi kesalahan dalam pencatatan, kurang akuratnya laporan yang dibuat dan keterlambatan dalam pencarian data-data yang diperlukan. Perancangan sistem pembelian ini merupakan solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada pada perusahaan ini, serta dengan sistem yang terkomputerisasi dapat tercapai suatu kegiatan yang efektif dan efisien dalam menunjang aktifitas pada perusahaan ini. Sistem yang terkomputerisasi lebih baik dari sistem yang manual agar berjalan lebih efektif dan efisien serta sistem penjualan yang sekarang lebih kondusif dibandingkan dengan sistem yang terdahulu.
Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pada SMK Bina Karya Karawang Hamid Kurniawan; Widya Apriliah; Ilham Kurniawan; Dede Firmansyah
Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 14 No. 4 (2020): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni
Publisher : LPPM STMIK Rosma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.224 KB) | DOI: 10.35969/interkom.v14i4.58

Abstract

Saat ini information Technology (IT) atau Teknologi Informasi (TI) sangatlah berpengaruh dalam dunia kerja dalam mengambil keputusan. Kebutuhan akan informasi yang cepat, tepat, dan akurat sangat penting. Berbagai instansi berusaha mengembangkan usahanya dengan melakukan banyak perubahan dengan memanfaatan teknologi yang canggih seperti Komputer sebagai pengganti tenaga kerja manusia. Penggajian merupakan salah satu kegiatan penting untuk kelancaran operasional perusahaan, dalam menyejahterakan karyawannya. Sistem penggajian adalah salah satu hal yang berkaitan dengan pengelolaan kesejahteraan tenaga kerja sehingga harus diberi perhatian khusus oleh perusahaan dalam rangka mencapai tujuannya. Smk Bina Karya 2 Karawang merupakan sekolah kejuruan dibidang otomotif yang berdiri sejak tahun 2000 dengan status kepemilikan yayasan budi asih. Dalam melakukan proses perekapan data absen, perhitungan penggajian smk bina karya 2 karawang masih menggunakan proses manual, proses menghitung penggajian dengan menggunakan proses manual memang mempunyai beberapa kendala seperti masalah waktu menghitung gaji yang cukup lama dan keakuratan data yang kurang tepat, Berdasarkan kondisi tersebut maka diperlukan sebuah sistem informasi yang dapat memudahkan proses pengolahan data gaji dan meminimalisir kesalahan pada saat pengolahan data gaji sehingga dapat menghasilkan laporan yang lebih akurat dan mengolah data secara efisien. Pemanfaatan teknologi informasi saat ini dapat digunakan menjadi suatu solusi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi sebuah lembaga. Oleh karena itu, sebagai solusi dari permasalahan diatas, pada penelitian ini penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan wawancara sebagai metode pengumpulan datanya dan waterfall sebagai metode pengembangan software serta software Netbeans yang digunakan dalam merancang dan membuat sistem informasi pengolahan data gaji pada SMK Bina Karya 2 Karawang.
Analisis Perbandingan Metode TAM dan UTAUT dalam Mengukur Kesuksesan Penggunaan Aplikasi Ojek Online Indriyanti Indriyanti; Tri Wahyuni; Erni Ermawati; Nurul Ichsan; Haerul Fatah
Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 14 No. 4 (2020): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni
Publisher : LPPM STMIK Rosma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.226 KB) | DOI: 10.35969/interkom.v14i4.59

Abstract

Berkembangnya teknologi informasi memberikan pengaruh yang cukup bagi masyarakat, tetapi terkadang ada beberapa teknologi yang kurang diterima oleh masyarakat karena beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rasio metode TAM dan UTAUT dalam mengukur keberhasilan penggunaan aplikasi Ojek Online di Sleman, Yogyakarta. Metode yang paling banyak digunakan untuk menganalisis keberhasilan penggunaan teknologi adalah metode TAM dan UTAUT. Metode TAM dan UTAUT juga merupakan metode terbaik karena mampu menjelaskan perilaku pengguna terhadap penggunaan teknologi. Responden dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi Ojek Online di Kabupaten Sleman di Yogyakarta yang terdiri dari siswa dan masyarakat umum. Responden dalam penelitian ini diambil secara acak dari seluruh populasi. Data yang dikumpulkan diolah menggunakan SPSS agar mudah dianalisis lebih lanjut. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa metode TAM dan UTAUT mampu menganalisis penerimaan aplikasi Ojek Online meskipun nilai beberapa konstruk yang digunakan dalam penelitian ini hanya mempengaruhi penggunaan aktual sebesar 8% dan 5,2%.
Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Desa (Sipakde) Berbasis Web Dengan Framework Codeigniter Jaka Abdul Haris; Darmansyah Darmansyah; Donny Apdian; Anggi Elanda
Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 14 No. 4 (2020): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni
Publisher : LPPM STMIK Rosma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2532.739 KB) | DOI: 10.35969/interkom.v14i4.60

Abstract

Desa Kamojing sebelumnya telah menggunakan sebuah sistem informasi dari pemerintah pusat yaitu Sistem Informasi Manajemen Desa selanjutnya disebut SIMADE, akan tetapi SIMADE tersebut sudah tidak dapat bekerja secara optimal karena mengharuskan mengambil data dari Sistem Informasi Administrasi Kependudukan versi 5 atau SIAK 5 yang dimiliki oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau disingkat DISDUKCAPIL, sedangkan saat ini SIAK 5 tidak bisa mengeluarkan database penduduk yang dibutuhkan sehingga SIMADE ini tidak dapat berjalan. Sementara ini untuk menunjang berbagai pekerjaan dalam pengelolaan data masyarakat, Desa Kamojing memanfaatkan sistem manual yaitu buku register untuk pencatatan dan semi manual dengan aplikasi Microsoft Word dan Microsoft Excel untuk pendataan kependudukan. Sistem tersebut masih memiliki kelemahan, buku register dalam pencatatannya selain bisa terjadi kesalahan penulisan yang berakibat tidak validnya data, buku bisa basah dan rusak yang berakibat nantinya akan kesulitan saat pencarian data atau proses rekap data, dalam pembuatan surat pun juga tidak efektif karena setiap pembuatan surat yang berulang. Peneliti termotivasi untuk melakukan penelitian dan membuat Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Desa (SIPAKDe) Berbasis Web Dengan Framework Codeigniter. Sistem informasi ini merupakan pengembangan dari sistem yang sudah ada dan mampu membantu pekerjaan perangkat desa. Peneliti menggunakan metode analisis PIECES (Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, Service), untuk melakukan penelitiannya.
Rancang Bangun Game Edukasi Sinau Basa Lan Aksara Jawa (Sibakja) Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Cs6 Untuk Siswa Sekolah Dasar Di Kebumen Triyono Triyono; Apit Priatna
Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 14 No. 4 (2020): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni
Publisher : LPPM STMIK Rosma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1672.224 KB) | DOI: 10.35969/interkom.v14i4.61

Abstract

Bahasa jawa ialah sebuah kebudayaan yang sangat perlu dilestarikan karena membuat Indonesia kaya akan ragam bahasa. Bahasa jawa merupakan bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi oleh sebagian besar masyarakat jawa khususnya di Kebumen. Pada umumnya siswa Sekolah Dasar masih kesulitan menggunakan bahasa jawa yang baik dan benar serta sulitnya memahami aksara jawa dikarenakan kurangnya media untuk belajar. Bahasa jawa akan lebih mudah di ajarkan pada anak-anak apabila menggunakan suatu media yang menyenangkan, efektif, konstekstual, bermakna dan efisien yang dikemas dalam suatu game edukasi. Dalam hal ini yaitu media permainan sekaligus pembelajaran bahasa jawa yang ditanamkan dalam handphone pintar atau smartphone yang sudah menggunakan android dalam sistem operasinya, aplikasi ini dibangun menggunakan Adobe Flash CS6 dengan Action Script 3.0 sebagai bahasa pemrogramannya merupakan cara yang paling ampuh dalam mengenalkan bahasa dan aksara jawa kepada anak tingkat Sekolah Dasar, karena dengan metode seperti itu tetap akan memberikan suatu ilmu pengetahuan kepada anak-anak dengan cara bermain game dan setelah itu bisa secara perlahan mengajak anak tersebut untuk lebih dalam mempelajari bahasa jawa dan mengajak untuk melestarikannya.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 18 No. 1 (2023): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni Vol. 17 No. 4 (2023): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni Vol. 17 No. 3 (2022): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni Vol. 17 No. 2 (2022): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni Vol. 17 No. 1 (2022): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni Vol. 16 No. 4 (2022): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni Vol. 16 No. 3 (2021): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni Vol. 16 No. 2 (2021): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni Vol. 16 No. 1 (2021): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni Vol. 15 No. 4 (2021): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni Vol. 15 No. 3 (2020): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni Vol. 15 No. 2 (2020): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni Vol. 15 No. 1 (2020): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni Vol. 14 No. 4 (2020): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni Vol. 14 No. 3 (2019): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni Vol. 14 No. 2 (2019): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni Vol. 14 No. 1 (2019): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni Vol. 13 No. 4 (2019): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni Vol. 13 No. 3 (2018): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni Vol. 13 No. 2 (2018): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni Vol. 13 No. 1 (2018): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni Vol. 12 No. 4 (2018): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni Vol. 12 No. 3 (2017): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni Vol. 12 No. 2 (2017): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni Vol. 12 No. 1 (2017): Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komuni More Issue