cover
Contact Name
Makhyatul Fikriya
Contact Email
mahyafi@yahoo.co.id
Phone
+6285736448018
Journal Mail Official
jurnalhq@gmail.com
Editorial Address
Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Jogoroto Jombang Jl. Raya Jogoroto, Sumberbendo, Jogoroto, Kec. Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61485
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Hamalatul Qur'an : Jurnal Ilmu Ilmu Al-Qur'an
ISSN : 27228991     EISSN : 27228983     DOI : -
Core Subject : Religion, Social,
Hamalatul Quran : Jurnal Ilmu Ilmu Al-Quran is Journal the publishes scientific articles on research in fields related to the Quran sciences
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2021): December 2021" : 5 Documents clear
Program Majelisan dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan (Studi Living Qur’an di Pusat Pendidikan Ilmu Al-Qur’an Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo) Rifqatul Husna
Hamalatul Qur'an : Jurnal Ilmu Ilmu Alqur'an Vol. 2 No. 2 (2021): December 2021
Publisher : Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Jogoroto Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.14 KB) | DOI: 10.37985/hq.v2i2.19

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik PPIQ yang mengalami ketidakseimbangan antara murajaah dan hafalan yang telah diperoleh. Mayoritas dari mereka tidak bisa mengimbangi antara murājaah dan hafalannya, bahkan murājaah-nya tidak mencapai separuh dari setoran hafalannya. Mereka lebih mementingkan kuantitas hafalan dan berlomba-lomba dalam menyelesaikan hafalan, tanpa mempedulikan kualitas hafalannya. Fenomena ini terjadi sebelum lembaga PPIQ menerapkan metode majelisan. Berangkat dari permasalahan tesebut, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana program majelisan yang sudah menjadi tradisi di Lembaga PPIQ Pondok Pesantren Nurul Jadid. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, serta pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa program majelis Al-Qur’anan yang diterapkan di Lembaga PPIQ dapat menjadi problem solving atas keresahan peserta didik PPIQ dalam menjaga hafalannya. Dengan adanya majelsian ini dapat membantu peserta didik untuk menjaga kualitas hafalan mereka
Transformasi Pendidikan Sains di Pesantren, Perspektif Surah Al-Ankabut Ayat 41, Kajian Living Qur’an (Studi Kasus Pesantren Tebuireng) Syarif Abdurrahman; Dimas Setyawan Saputra
Hamalatul Qur'an : Jurnal Ilmu Ilmu Alqur'an Vol. 2 No. 2 (2021): December 2021
Publisher : Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Jogoroto Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.06 KB) | DOI: 10.37985/hq.v2i2.22

Abstract

Bermula dari minimnya para alumni pesantren yang tidak mampu memahami teks ayat-ayat kauniyah di dalam Al-Qur’an, mulai dari fenomena kejadian alam hingga pembentukannya, menyadarkan bahwasanya kitab suci Al-Qur’an beserta seluruh isinya masih dipahami sebagai bentuk yang kaku dan tidak ada pengembangan dari keilmuan selain ranah agama. Dari keresahan tersebut, mendorong peneliti untuk melakukan sebuah penelitian kepada salah satu lembaga pendidikan di pesantren yang telah melakukan transformasi pendidikan nya kepada ranah sains. Dari data yang ditemukan pada penelitian ini, peneliti mendapati bahwa SMA Tresains yang berada di naungan Pesantren Tebuireng telah melakukan terobosan memadukan keilmuan sains dengan dasar-dasar ilmu pesantren. Penelitian ini mengambil tempat Pesantren Tebuireng untuk menjadi Studi Kasus nya, dan menjadikan kajian Living Qur’an secara kualitatif untuk mendapatkan gambaran dan informasi mengenai transformasi pendidikan sains yang ada di Pesantren
Pengaruh Antara Peran Serta Wali Santri dengan Pengetahuan Santri Putri Usia 12-19 Tahun Tentang Kesehatan Reproduksi di Lingkungan Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Putri Pare - Kediri Lusyta Puri Ardhiyanti
Hamalatul Qur'an : Jurnal Ilmu Ilmu Alqur'an Vol. 2 No. 2 (2021): December 2021
Publisher : Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Jogoroto Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.324 KB) | DOI: 10.37985/hq.v2i2.23

Abstract

Pendahuluan: Masalah santri dengan alat reproduksinya kurang mendapat perhatian karena umur relatif muda, masih dalam status di pondok pesantren dan seolah-olah santri bebas dari kemungkinan menghadapi masalah penyulit dan penyakit yang berkaitan dengan alat reproduksinya. Hal ini dikarenakan kurangnya peran serta wali santri, karena kesibukan mencari nafkah sehingga kurang memperhatikan anaknya, serta kurangnya pengetahuan orang tua yang berhubungan dengan pendidikan reproduksi mereka serta beberapa wali santri merasa masih tabu membicarakan masalah reproduksi dengan putrinya Tujuan: Menganalisis Pengaruh antara peran serta wali santri dengan pengetahuan santri putri usia 12-19 tahun tentang kesehatan reproduksi di Pondok pesantren Hamalatul quran putri pare-kediri Tahun 2022 Metode: Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional merupakan rancangan penelitian yang pengukuran atau pengamatannya dilakukan secara simultan pada satu saat (sekali waktu) . Populasi Pada penelitian ini populasinya adalah seluruh santri putri PP HQ usia 12-19 yaitu 54 orang, teknik sampling menggunakan total sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan tabulasi silang Hasil: dapat diketahui bahwa lebih dari sebagian responden yang wali santrinya berperan memiliki pengetahuan baik yaitu 20 orang (66,67%), sedangkan kurang dari sebagian responden yang orang tuanya tidak berperan memiliki pengetahuan kurang yaitu 10 orang (41,67%). Kesimpulan: Dari hasil penelitian yang didapatkan, maka dapat diambil kesimpulan penelitian yaitu Sebagian besar wali santri responden di Ponpes HQ Putri berperan, Kurang dari sebagian responden di Ponpes HQ Putri Tahun 2022 memiliki pengetahuan cukup tentang kesehatan reproduksi dan Ada Pengaruh antara peran serta wali santri dengan pengetahuan santri putri usia 12-19 tahun tentang kesehatan reproduksi di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Putri Pare - Kediri Tahun 2022.Saran: Penelitian ini hendaknya dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk penelitian-penelitian yang berikutnya sehingga dapat memperoleh hasil yang lebih baik dan bermanfaat untuk lingkungan ponpes khususnyaPeran serta
Perbedaan Status Gizi Santri Putri Yang Telah Mengalami Menarche Dan Belum Menarche Di Pondok Pesantren Putri Hamalatul Quran Putri Kediri Lusyta Puri Ardhiyanti; Hidayatun Nufus
Hamalatul Qur'an : Jurnal Ilmu Ilmu Alqur'an Vol. 2 No. 2 (2021): December 2021
Publisher : Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Jogoroto Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/hq.v2i2.24

Abstract

Menarche atau menstruasi pertama adalah tanda anak perempuan Anda berada di masa remaja menuju dewasa. Usia remaja putri pada waktu mengalami menarche berbeda-beda, sebab hal itu tergantung kepada faktor genetik (keturunan), bentuk tubuh, serta gizi seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis bahwa ada perbedaan status gizi dari santri pondok pesantren hamalatul quran putri yang telah mengalami menarche dan belum menarche di pondok pesantren hamalatul quran putri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis cross sectional dengan pengambilan sampel acak sederhana. Target populasi adalah semua santri pondok pesantren hamalatul quran putri , sebanyak 54 siswa. Jumlah sampel 42 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner tertutup untuk mengetahui data tentang terjadinya menarche dan untuk mengetahui tentang status gizi dengan mengukur tinggi dan berat badan untuk semua subyek penelitian dengan menggunakan prosedur standar. Status gizi dihitung sebagai BMI [BB (kg) / TB (m2)] dan dibandingkan dengan nilai persentil. Setelah data dikumpulkan, ditabulasi dan diuji dengan menggunakan Mann Whitney U-Test. Hasil penelitian diperoleh ada perbedaan status gizi dari santri pondok pesantren hamalatul quran putri yang telah mengalami menarche dan belum menarche di pondok pesantren hamalatul quran putri . (Z hitung > Z tabel yaitu 9,4 > 1,96). Penelitian ini diharapkan menjadi masukan bagi pihak pondok pesantren untuk meningkatkan status gizi yang berpengaruh terhadap kesehatan reproduksi santri mereka
Peningkatan Belajar menghafal Al Quran santri dengan hypnoterapi Study di Pondok Pesantren Hamalatul Quran putri Ringinagung Imam Fathoni
Hamalatul Qur'an : Jurnal Ilmu Ilmu Alqur'an Vol. 2 No. 2 (2021): December 2021
Publisher : Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Jogoroto Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/hq.v2i2.25

Abstract

Setiap santri pasti memiliki motivasi belajar yang berbeda-beda, ada yang rendah namun juga ada yang tinggi. Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar dari para santri dapat dari luar ataupun dari dalam diri individu. Dampak yang ditimbulkan dari motivasi belajar yang rendah yaitu kurang bersemangatnya saat proses pembelajaran. Motivasi belajar yang rendah dapat dialami oleh siapa saja. Masalah ini terjadi pada santri Pondok Pesantren Hamalatul Quran Ringinagung Keling Kepung Kabupaten Kediri yang mengalami motivasi belajar rendah yang ditandai dengan seperti ngobrol dan kadang tidur saat muroqobah, , tidak memperhatikan saat sedang proses pembelajaran dan jarang setoran hafalanya, Sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan motivasi belajar dengan menggunakan hipnoterapi pada santri Pondok Pesantren Hamalatul Quran Ringinagung Keling Kepung Kabupaten Kediri. Motivasi belajar sangat penting dalam pengembangan diri, sebab pengembangan diri adalah belajar, belajar adalah pengembangan diri. Jika seorang anak ingin lebih sukses dibanding pencapaian keberhasilan anak saat ini, kuncinya ialah jangan pernah berhenti belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh hipnoterapi terhadap motivasi belajar yang dialami oleh pada santri Pondok Pesantren Hamalatul Quran Ringinagung Keling Kepung Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental design dan desain penelitian One group pretest- post test desain. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran skala motivasi belajar. Yang mana diambil 35 santri, terdiri dari 18 kelompok eksperimen dan 17 kelompok kontrol. Analisis data menggunakan teknik uji- t. Analisis data dengan menggunakan bantuan SPSS (Statistical Program For Social Service) versi 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan uji analisis Independent Samples Test diperoleh nilai T sebesar -2.607 dengan taraf signifikansi 0,014 sehingga berada di bawah 0,05. Artinya ada perbedaan perubahan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Namun dengan melihat nilai T yang negatif, dan melihat mean gainscore, perubahan kelompok kontrol lebih besar dari pada kelompok eksperimen. Berarti perubahan nilai tidak disebabkan oleh hipnoterapi. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “ada Pengaruh Hipnoterapi terhadap Motivasi Belajar santri Pondok Pesantren Hamalatul Quran Ringinagung Keling Kepung Kabupaten Kediri” ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa hipnoterapi berpengaruh terhadap motivasi belajar pada pada santri Pondok Pesantren Hamalatul Quran Ringinagung Keling Kepung Kabupaten Kediri pada periode 2021/2022

Page 1 of 1 | Total Record : 5