cover
Contact Name
Martono
Contact Email
martono@fkip.untan.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpbsi@untan.ac.id
Editorial Address
FKIP Universitas Tanjungpura Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 26561956     EISSN : 26213788     DOI : http://dx.doi.org/10.26418/ekha.vi.id
Core Subject : Education,
Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia contains the results of scientific works in the form of research results and studies of scientist, scholar, and teacher from language and literature filed. this journal is published twice a year in October and April in indonesian or english language.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2022): Oktober 2022" : 6 Documents clear
PENGGUNAAN BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DIMASA PANDEMI COVID-19 Shelvina Nisa; Lukman Hakim
Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/ekha.v5i2.50736

Abstract

The COVID-19 pandemic is a catastrophe that cannot be avoided. The COVID-19 outbreak has hampered teaching and learning activities in Indonesia. Changes must be made in current teaching and learning activities as an effort to overcome educational problems, especially in the changes in Indonesian language learning caused by the COVID-19 pandemic. The use of technology in learning Indonesian at this time is very urgent to do, especially during the COVID-19 pandemic. Blended learning method can be used as a solution for learning Indonesian. Blended learning refers to learning based on information and communication technology, consisting of (1) seeking information, (2) obtaining information, and (3) summarizing knowledge. This Blended Learning method shows that, students already have basic facilities such as applications to take Blended learning about Indonesian language learning, Blended learning is able to encourage independent learning and active motivation in learning Indonesian, and Blended learning is able to minimize the emergence of the spread of the covid-19 virus. .Keywords: blended learning, learning, Indonesian language, covid-19AbstrakPandemi covid-19 merupakan bencana luar biasa yang tidak bisa dihindari. Wabah covid-19 telah membuat kegiatan belajar mengajar di Indonesia terhambat. Perubahan harus dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar saat ini sebagai upaya mengatasi permasalahan pendidikan, khususnya dalam perubahan pembelajaran bahasa indonesia yang ditimbulkan oleh pandemi covid-19. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada saat ini sudah sangat mendesak untuk dilakukan terlebih lagi pada masa pandemi covid-19. Metode Blended learning dapat dijadikan solusi pembelajaran Bahasa Indonesia. Blended learning mengacu pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, terditi atas, (1) mencari informasi, (2) perolehan informasi, dan (3) rangkuman pengetahuan. Metode Blended Learning ini menunjukkan bahwa, siswa-siswi telah memiliki fasilitas dasar seperti aplikasi untuk mengikuti Blended learning tentang pembelajaran Bahasa Indonesia, Blended learning mampu mendorong kemandirian belajar dan motivasi aktif dalam belajar Bahasa Indonesia , serta Blended learning mampu meminimalisir munculnya penyebaran virus covid-19.Kata kunci: blended learning, pembelajaran, bahasa Indonesia, covid-19
DAMPAK POSTINGAN INSTAGRAM TERHADAP KAIDAH BERBAHASA INDONESIA DAN PENILAIAN SOSIAL Rahma Wati; Librilianti Kurnia Yuki
Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/ekha.v5i2.51820

Abstract

Penambahan keterangan pada foto atau video yang diunggah di instagram kerap kali memuat kata-kata yang bercampur dengan bahasa asing dengan anggapan mendapatkan perhatian atau penilaian sosial, akan tetapi, hal tersebut tidak sesuai dengan kaidah berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Penelitian ini membahas dampak postingan instagram terhadap kaidah berbahasa indonesia dan penilaian sosial dengan tujuan mendorong remaja untuk menggunakan kaidah Bahasa Indonesia sebagaimana mestinya, sehingga dapat mempertahankan identitas kebudayaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan metode kualitatif. Data yg digunakan dalam penelian ini bersumber dari mahasiswa sebagai remaja pengguna aktif media sosial instagram. Pengumpulan data menggunakan teknik melalui analisis terhadap postingan di instagram dan angket. Kajian data telah dilakukan melalui pengumpulan data, presentasi data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Adapun hasil penelitian yang diperoleh bahwa, pengguna instagram memilih menggunakan kata-kata yang bercampur dengan bahasa asing agar dipandang sehingga mendapat penilaian sosial dan pencampuran bahasa pada caption berpengaruh terhadap nasionalisme remaja. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat membuat remaja untuk lebih memperhatikan kaidah berbahasa Indonesia dan bangga akan Bahasa Indonesia, selain itu, memotivasi remaja untuk menggunakan kaidah-kaidah Indonesia yang baik dan benar agar dapat mempertahankan identitas budayanya. 
MINAT BACA SISWA SD KELAS TINGGI DI MASA PEMBELAJARAN DARING Feby Dita Pujianti
Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/ekha.v5i2.51755

Abstract

Membaca merupakan aspek dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam dunia pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui seberapa jauh minat baca pada siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kuantitatif berupa metode survei dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas tinggi (IV, V, VI) yang berjumlah 15 orang. Objek dalam penelitian ini adalah minat membaca pada siswa. Hasil analisis berdasarkan angket dapat diperoleh bahwa minat baca siswa kelas tinggi (IV, V, VI) relatif sedang. Faktor yang mempengaruhi yaitu adanya pandemi membuat siswa jenuh dengan pembelajaran daring, kurangnya pemahaman belajar siswa, serta kurang efektifnya pembelajaran daring terhadap minat baca siswa. Pengaruh lingkungan serta pengaruh teknologi secara tidak langsung mempengaruhi minat baca siswa. Untuk pengembangan sikap minat baca siswa perlu adanya kerja sama antara orang tua dan guru, sehingga membaca bukan sekedar membaca tetapi juga memahami isi bacaan.
INTERFERENSI BAHASA MAKASSAR PADA POSTER DAKWAH DI FEED INSTAGRAM @AYOKMI_HIJRAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA Suhartina Malbar; Lukman Lukman; Gusnawaty Gusnawaty
Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/ekha.v5i2.56691

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya interferensi bahasa Makassar dalam poster dakwah di feed Instagram @ayokmi_hijrah sebagai media pembelajaran Poster dakwah bisa menimbulkan minat dan perhatian mahasiswa dalam pembelajaran bahasa khususnya pelajaran sosiolinguistik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk interferensi, variasi bahasa, dan tujuan (maksud dan tujuan) pada poster dakwah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa gambar atau poster dakwah yang berisi tulisan seperti kata, frasa, klausa atau kalimat yang bersumber dari pemilik akun Instagram @ayokmi_hijrah. Hasil penelitian menemukan  interferensi bahasa Makassar terhadap penggunaan bahasa Indonesia, ditemukan 3 data interferensi morfologi, 1 fonologi, 1 sintaksis dan 2 semantik. Variasi bahasa yang ditemukan adalah dari segi penutur dan dari segi formalitas. Dari segi penutur, terdapat variasi bahasa berdasarkan usia dan kelas sosial pendidikan. Maksud dan tujuan dari poster dakwah adalah untuk mengingatkan, mengajak, menekankan dan menganjurkan. Kata kunci: Interferensi, bahasa Makassar, media pembelajaran, poster dakwah, @ayokmi_hijrah, Instagram. 
STANCE EXPRESSIONS PADA KANAL MILD REPORT SITUS BERITA TIRTO.ID: ANALISIS LINGUISTIK KORPUS Muhammad Rahmat Alimuddin*; Gusnawaty Gusnawaty*; Andi Agus Salim*
Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/ekha.v5i2.59088

Abstract

AbstractThis study aims to determine the expression of attitudes on the Mild Report news site Tirto.id. Stance expressions are the author's feelings and personal thoughts. This research uses the corpus linguistics method. The analysis of the corpus and computer data was carried out using the AntConc software. The data were analyzed using Hyland's stance expressions analysis framework. Namely, it consists of four elements, namely hedges, boosters, attitude markers, and self-mentions. The results showed that the attitude markers element was 24%, the boosters were 31%, the hedges element was 41%, and self mentions was 4%. This finding shows that the stance expressions of Hedges and Booster are used by the editorial team of Tirto.id respectively. Hedges points out that the author's decision to avoid a full commitment to the reinforcing statement expresses certainty about the proposition he makes in the text. Based on the research, it can be said that the writers of the Mild Report news on the Tirto.id website tend to be careful, such as by avoiding more risk, on the other hand the author also shows his confidence in the data based on the prepositions built by the author on the news text that is presented. This research can be developed further by adding the amount of data in the corpus, namely Mild Report news articles on the Tirto.id site. Stance expression analysis can also be applied to other texts, such as discourses or academic works to determine the author's attitude by utilizing the linguistic features of the text. Keywords: Stance expressions, Typical stance items, Corpus Linguistic, News Sites, Tirto.id.
PENDAYAGUNAAN CARRD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS WEBSITE Umi Muthmainnah
Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/ekha.v5i2.51478

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memaparkan pendayagunaan situs web Carrd, serta keefektifan situs web tersebut dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan cara menyebar angket . Data yang berupa angka dan jawaban singkat tersebut dianalisis dan dideskripsikan sesuai dengan hasil yang tertera. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 96% responden yang menganggap Carrd merupakan media yang efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, sementara 4% menganggap menganggap kurang efektif. Meskipun begitu, seluruh responden setuju bahwa Carrdmerupakan media pembelajaran bahasa Indonesia yang menarik. 88% responden merasa terbantu dengan hadirnya Carrd , sementara 12% sisanya belum terbantu. Terdapat 28% responden yang masih merasa kesulitan menggunakan Carrd, sementara 72% sisanya merasa tidak memiliki masalah. Para responden memberi tanggapan bahwa Carrd merupakan media pembelajaran yang menarik karena memiliki desain yang singkat sehingga materi yang disampaikan tidak bertele-tele, tetapi perlu waktu untuk terbiasa menggunakan media tersebut.

Page 1 of 1 | Total Record : 6