cover
Contact Name
Noor Hasanah
Contact Email
enhasanah@uin-antasari.ac.id
Phone
+6281255123605
Journal Mail Official
enhasanah@uin-antasari.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/about/editorialTeam
Location
Kota banjarbaru,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam
ISSN : 2579714X     EISSN : 28295919     DOI : -
Jurnal Tarbiyah Islamiyah adalah jurnal yang memuat artikel Pendidikan Agama Islam baiak berupa hasil penelitian atau hasil kajian tentang Pendidikan Agama Islam dan kajian Agama Islam umum
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2018): Januari - Juni" : 2 Documents clear
Pengaruh Budaya Membaca terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa SMAN 3 Banjarmasin Murdan Murdan
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 8, No 1 (2018): Januari - Juni
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.162 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v8i1.2157

Abstract

Pendidikan Agama merupakan bagian integral dari sistem pendidikan nasional, memiliki konstribusi yang besar dalam penanaman nilai-nilai moral spritual dan prilaku kegamaan siswa. Membaca merupakan salah satu cara untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Kebiasaan membaca perlu dibudayakan (dibiasakan) dikalangan  siswa, karena dengan membaca diharapkan para siswa mampu meraih prestasi yang maksimal terutama prestasi Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya membaca berpengaruh terhadap prestasi belajar PAI siswa. Hal ini berdasarkan hasil penelitian terhadap 100 orang siswa SMAN 3 Banjarmasin
Penerapan Model Pembelajaran Market Place Activity untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas XI MS-1 SMA Negeri 1 Selong Asmuni Asmuni
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 8, No 1 (2018): Januari - Juni
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.652 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v8i1.2158

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa Kelas XI-1 SMA Negeri 1 Selong melalui penerapan model pembelajaran market place activity. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dalam dua siklus. Model pembelajaran yang digunakan adalah Pembelajaran Market Place Activity (MPA). Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi untuk mengamati tingkat aktivitas belajar dan metode tes untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang  berbentuk pilihan ganda dengan 20 butir soal, yang diberikan di setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Market Place Activity dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 2