cover
Contact Name
Siti Aminah
Contact Email
sitiaminah@stiki.ac.id
Phone
+62341-560823
Journal Mail Official
jurnal@stiki.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Tidar 100 Malang 65146
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
J-Intech (Journal of Information and Technology)
ISSN : 23031425     EISSN : 2580720X     DOI : https://doi.org/10.32664/j-intech
J-INTECH merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia Malang. Ruang lingkup jurnal ini pada bidang Teknik Informatika, Sistem Informatika, dan Manajemen Informatika. Tujuannya guna mengakomodasi kebutuhan akan perkembangan Teknologi Informasi. J-Intech terbit setahun dua kali, yaitu Juni dan Desember.
Articles 204 Documents
Game Pengenalan Konsep Pemrograman Dasar Menggunakan Blockly Berbasis Website Vincent Putra Gunawan
J-INTECH (Journal of Information and Technology) Vol 5 No 01 (2017): J-Intech : Journal of Information and Technology
Publisher : LPPM STIKI MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1947.88 KB)

Abstract

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di dunia, termasuk di kalangan masyarakat umum di indonesia, saat ini banyak jutaan anak, remaja, dan orang dewasa yang telah menggunakan dan masuk di era digital. Pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi ini juga berkaitan dengan dunia kerja dimana banyak pekerjaan yang berhubungan dengan hal tersebut, dengan adanya peluang kerja yang semakin luas di bidang teknologi informasi dan komunikasi, setiap orang yang memiliki kemampuan di bidang tersebut bisa mendapatkan kesempatan besar dalam karir mereka. Setiap anak harus memiliki kesempatan untuk belajar mengenai teknologi informasi dan komunikasi sejak dini. Bisa dimulai dari belajar dasar - dasar ilmu komputer melalui pemrograman. Dengan mempelajari dasar - dasar ilmu komputer diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berlogika, memecahkan masalah, serta meningkatkan kreatifitas. Dengan memulai belajar lebih awal, anak akan memiliki dasar yang kuat dalam banyak hal seperti berpikir, berlogika, berkreativitas, pemecahan masalah, dan terutama hal yang berkaitan dengan komputer.
Sistem Informasi Kenaikan Pangkat Guru pada UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Singosari Raditias Wahana Putra
J-INTECH (Journal of Information and Technology) Vol 5 No 01 (2017): J-Intech : Journal of Information and Technology
Publisher : LPPM STIKI MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1841.431 KB)

Abstract

Pengelolaan kenaikan pangkat guru pada UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Singosari berbasis website merupakan cara yang tepat untuk mempermudah pemberkasan kenaikan pangkat guru yang selama ini belum terkomputerisasi. Dengan adanya sistem kenaikan pangkat kenaikan pangkat ini pengelolaan data pemberkasan menjadi lebih terstuktur karena terdapat histori berkas guru yang tersimpan dalam database. Kemungkinan berkas hilang pada saat pemberkasan dapat dikurangi karena berkas sudah tersimpan dalam database sistem informasi kenaikan pangkat ini.
Game Edukasi Pengenalan Lagu Lagu Nasional Berbasis Mobile Farul Sukrin Kanday
J-INTECH (Journal of Information and Technology) Vol 5 No 01 (2017): J-Intech : Journal of Information and Technology
Publisher : LPPM STIKI MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1931.91 KB)

Abstract

Teknologi mobile telah menawarkan potensi multimedia yang berkualitas untuk kepentingan edukasi. Saat ini lagu nasional sudah mulai dilupakan, pada zaman sekarang banyak sekali anak yang kurang berminat dalam mempelajari lagu nasional secara manual, apalagi dengan maraknya lagu yang ber-genre pop, rock, dangdut yang bertemakan cinta, putus cinta, cacian, keluhan, sehingga pengetahuan tentang lagu nasional kurang luas dan terkadang ada beberapa anak yang tidak hafal, lupa lirik atau tidak tahu sama sekali tentang lagu-lagu nasional dikarenakan kurang menariknya pembelajaran pengenalan lagu-lagu nasional dengan cara manual. Oleh karena itu dibuatlah suatu aplikasi berupa game berbasis mobile dengan sistem operasi Android yang berisi tentang “Pengenalan lagu-lagu Nasional”. Aplikasi ini memiliki kelebihan yaitu dapat menampilkan lirik lagu beserta video sehingga dapat meningkatkan minat anak dalam belajar.
Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Aset Teknologi Informasi (Studi Kasus: STIKI Malang) Francino Gigih Adi Saputro
J-INTECH (Journal of Information and Technology) Vol 5 No 01 (2017): J-Intech : Journal of Information and Technology
Publisher : LPPM STIKI MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1715.976 KB)

Abstract

Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah proses sistem pengelolaan aset teknologi informasi di STIKI Malang masih belum tercapai dengan baik, yang dikarenakan oleh kurangnya pengolahan data aset yang disimpan menjadi informasi yang dapat membantu STIKI Malang dalam melakukan pengelolaan aset-aset teknologi informasi yang dimiliki. Oleh karena itu, tugas akhir ini bertujuan untuk membuat sebuah sistem informasi pengelolaan aset teknologi informasi yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh STIKI Malang sebagai media informasi dalam proses pengelolaan aset teknologi informasi. Sehingga nantinya dapat mempermudah dan mempercepat sistem yang telah ada.
Pemanfaatan Web Service pada Aplikasi Notifikasi Pengumuman Mahasiswa (Studi Kasus: STIKI Malang) I Putu Sudarma Adi Septyanto
J-INTECH (Journal of Information and Technology) Vol 5 No 01 (2017): J-Intech : Journal of Information and Technology
Publisher : LPPM STIKI MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1755.185 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini, mengarahkan manusia pada mobilitas dan otomasi. Dibuktikan dengan banyaknya manusia yang menggunakan telepon pintar (smartphone) untuk menunjang berbagai aktivitas dan/atau pekerjaan mereka. Media pendistribusian pengumuman bagi mahasiswa STIKI (Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia) saat ini berupa halaman website, SMS Gateway, dan cetak. Mahasiswa sebagai target pengumuman seharusnya bersifat aktif dalam mengikuti perkembangan pengumuman yang ada. Namun, cukup banyak mahasiswa yang jarang mengikuti pembaruan pengumuman yang ada. Aplikasi perangkat bergerak dipilih sebagai solusi tepat untuk mendistribusikan pengumuman bagi mahasiswa. Mahasiswa dapat melakukan aksi untuk mengikuti kategori pengumuman tertentu, sehingga pengumuman yang ditampilkan merupakan pengumuman yang benar-benar mahasiswa butuhkan tanpa adanya distraksi dari pengumuman lain yang kurang bermanfaat bagi mahasiswa tersebut. Mahasiswa juga dapat berkontribusi dalam penambahan pengumuman melalui aplikasi perangkat bergerak. Push Notification dipilih sebagai sarana pendistribusian pengumuman. React Native yang diprakarsai oleh Facebook dipilih karena kestabilannya serta kemudahan pengembangan baik untuk sistem operasi Android, maupun iOS. React Native juga dipilih sebagai pembuktian apakah teknologi ini dapat digunakan sebagai alternatif bagi para pengembang aplikasi perangkat bergerak untuk mengembangkan aplikasinya secara lebih mudah, cepat, namun memiliki performa yang tidak kalah dengan pengembangan native. Penerapan arsitektur dengan Web Service dilakukan dengan tujuan agar pengembangan aplikasi dapat dilakukan dengan tingkat skalabilitas yang tinggi.
Sistem Pakar Identifikasi Hama dan Penyakit Tanaman Apel dengan Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Android Tri Mahardi Kurniawan
J-INTECH (Journal of Information and Technology) Vol 5 No 01 (2017): J-Intech : Journal of Information and Technology
Publisher : LPPM STIKI MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2580.673 KB)

Abstract

Apel merupakan buah yang kaya akan vitamin bagi tubuh manusia. tanaman ini banyak sekali kita jumpai di kota Batu. Karena minimnya pengetahuan seorang petani tentang informasi hama dan penyakit tanaman apel. Serangan hama dan penyakit tersebut dapat teratasi dengan cepat apabila petani mampu mengidentifikasi jenis hama dan penyakit yang menyerangnya secara cepat dan tepat berdasarkan pada gejala-gejala yang muncul. Sehingga dampak yang ditimbulkan bisa diminimalisir sedini mungkin. Dalam era dunia teknologi, tindakan yang cepat dan tepat dalam mengidentifikasi hama dan penyakit tersebut dapat diwujudkan melalui pembuatan sistem pakar. Tujuan memasyarakatkan pengetahuan dan pengalaman seorang pakar. Program sistem pakar identifikasi tanaman apel ini dikembangkan berbasis mobile karena saat ini penggunaan mobile berkembang sangat cepat dan pesat, sehingga nantinya keluhan mengenai hama dan penyakit tanaman apel dapat mengakses program ini.
Implementasi Algoritma Kriptografi Elgamal pada Data Text Binantara Parmadi
J-INTECH (Journal of Information and Technology) Vol 5 No 01 (2017): J-Intech : Journal of Information and Technology
Publisher : LPPM STIKI MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1861.299 KB)

Abstract

Keamanan data merupakan syarat wajib yang harus diterapkan seseorang ataupun kelompok dalam menjaga privasinya. Karena tidak sedikit pihak yang tidak berwenang mencuri data tersebut yang seharusnya menjadi privasi digunakan untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan tertentu. Implementasi keamanan data adalah salah satu cara efektif dalam mengamankan data demi menjaga privasi tersebut. Dengan melakukan implementasi algoritma Elgamal sebagai keamanan pada data, pihak yang tidak berwenang diharapkan tidak dapat dengan mudah mengetahui isi data yang telah diamankan.
Integrasi Sistem Informasi Pengelolaan Seminar dan Workshop Mahasiswa Benny Eka Atmaja
J-INTECH (Journal of Information and Technology) Vol 5 No 01 (2017): J-Intech : Journal of Information and Technology
Publisher : LPPM STIKI MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1874.615 KB)

Abstract

SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) dikeluarkan dan mulai digunakan sebagai syarat lulusan mulai 2016, sehingga dengan menggunakan SKPI, calon sarjana bisa ditentukan dan di buktikan prestasi non-Akademik dan Akademiknya. SKPI berisi semua kegiatan yang pernah diikuti mahasiswa selama melakukan studi di perguruan tinggi. Selain sebagai syarat kelulusan dengan SKPI calon sarjana dapat melihat semua data dari calon sarjana mulai dari tahun,bulan dan tanggal masuk, lama studi hingga Jenis Pendidikan (Akademik, Vokasi, atau Profesi) sehingga data yang ada dapat dipertanggungjawabkan keasliannya karena pada Permendikbud No. 81 Tahun 2014 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi terdapat pasal yang berisi tentang kerusakan dokumen dan bisa melakukan cetak kembali berdasarkan pasal yang bersangkutan. Untuk mewujudkan sistem yang terintegrasi dengan database STIKI TERPADU dengan database SKPI maka perlu dibuat Sistem Informasi Seminardan Workshop yang mengacu pada SKPI yang dapat digunakan sebagai syarat kelulusan di STIKI MALANG. Penulis berharap dengan sistem yang dihasilkan pada pengembangan dapat menghasilkan sistem sesuai dengan kebutuhan pengguna dan membantu mempermudah mahasiswa dalam mengikuti seminar akademik untuk keperluan tugas khusus, sehingga kegiatankegiatan proses registrasi dan pengelolaanpeserta bisa lebih terorganisir lebih baik lagi.
Sistem Informasi Administrasi Keuangan Sekolah Berbasis Web di SMK YP 17 Selorejo - Blitar Eka Dewi Susanti
J-INTECH (Journal of Information and Technology) Vol 5 No 01 (2017): J-Intech : Journal of Information and Technology
Publisher : LPPM STIKI MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1975.5 KB)

Abstract

SMK YP 17 Selorejo - Blitar merupakan institusi pendidikan yang akan mewujudkan suatu proses pengembangan teknologi yang semula konvensional menjadi terkomputerisasi untuk meningkatkan kualitas dan mutu. Sistem pengelolaan administrasi keuangan sekolah yang sedang berjalan saat ini menggunakan banyak pembukuan. Adapun administrasi keuangan di sekolah merupakan suatu hal yang sangat penting, dan didalamnya terdapat macam- macam jenis keuangan, yang harus dilaporkan dengan benar. Penelitian yang dilakukan dimaksudkan untuk menghasilkan sebuah Sistem administrasi keuangan sekolah yang dapat membantu dalam mengatasi banyak pembukuan yang didalamnya terdapat macam - macam jenis keuangan di SMK YP 17 selorejo. Dari permasalahan tersebut, maka dibuat sebuah aplikasi Sistem informasi Administrasi Keuangan Sekolah Berbasis Web. Sistem informasi administrasi keuangan sekolah ini menghasilkan sebush sistem yang dapat mempermudah dan mempercepat kinerja pengguna sistem untuk dapat mengelola data dengan menginput, menyimpan dan mencetak data sesuai kebutuhan untuk dijadikan laporan dan menyajikan informasi pada siswa, dimana semua data yang diperlukan disimpan atau terintegrasi dalam satu database.
Sistem Informasi Manajemen Data Barang guna Mempercepat Proses Perhitungan dalam Proses Produksi Tendra Defra Frandisman
J-INTECH (Journal of Information and Technology) Vol 5 No 01 (2017): J-Intech : Journal of Information and Technology
Publisher : LPPM STIKI MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1760.637 KB)

Abstract

Sistem informasi manajemen data barang merupakan sistem informasi dengan tujuan untukmengelola semua kebutuhan barang yang digunakan untuk proses produksi dan menentukanproses perhitungan setiap produk yang dihasilkan. Kebutuhan bahan dalam proses produksi ataspermintaan dari pelanggan itu sendiri, bahan – bahan yang digunakan anatara lain yaitu bahandasar kain, ukuran pakaian (S, M, L, X, XL dll), ukuran model, sampai dengan pemilihanaksesoris. Dari semua kebutuhan tersebut, semua data dikumpulkan dan ditampung ke sisteminformasi tersebut, setelah itu akan muncul hasil rincian biaya produksi. Biaya produksidigunakan menentukan harga setiap produk yang dihasilkan.

Page 1 of 21 | Total Record : 204