cover
Contact Name
Muhammad Kris Yuan Hidayatull
Contact Email
krisyuan@unwaha.ac.id
Phone
+6285733204969
Journal Mail Official
jurnal_epic@unwaha.ac.id
Editorial Address
Jl. Garuda No. 09 61451 Tambakberas Jombang Jawa Timur
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Exact Paper In Compilation (EPIC)
ISSN : -     EISSN : 26560550     DOI : -
Exact Papers In Compilation (EPIC) merupakan jurnal open-access dan diterbitkan dalam Bahasa Indonesia. Jurnal ini dimaksudkan untuk menyebarkan hasil-hasil penelitian dalam bidang sains dan teknologi. Artikel yang dikirimkan harus asli, ilmiah, dan ditulis dengan baik. Jurnal ini diterbitkan 4 (empat) kali dalam setahun pada bulan Februari, Mei, Agustus, dan November.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2020): Februari 2020" : 5 Documents clear
PENGARUH JENIS KEMASAN DAN MASA SIMPAN TERHADAP KARAKTERISTIK KERIPIK PISANG KEPOK ( Musa paradisiaca L. ) Ambar Susanti; Umi Kalsum; Irfan Arfa'i
Exact Papers in Compilation (EPiC) Vol 2 No 1 (2020): Februari 2020
Publisher : Unit Publikasi dan Jurnal Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.063 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis kemasan dan lama penyimpanan terhadap karakteristik keripik pisang kepok. Adapun parameter yang dianalisis adalah kadar air, tingkat kerenyahan, dan ketengikan keripik pisang kepok yang diuji. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial yang terdiri dari dua faktor, yaitu jenis kemasan (K) terdiri dari LDPE 6 gr (K1), alumunium foil (K2), kaleng logam (K3), plastik kontrol (K4) dan lama penyimpanan (L) terdiri dari 2 minggu (L1), 4 minggu (L2), dan 6 minggu (L3). Masing-masing perlakuan 3 kali ulangan. Hasil analisis sidik ragam menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara pengaruh jenis kemasan dan lama penyimpanan terhadap kadar air tingkat kerenyahan, dan ketengikan keripik pisang kepok yang diuji. Jenis kemasan alumunium foil dan kemasan kaleng dengan lama penyimpanan 2 minggu merupakan perlakuan yang terbaik dalam menjaga kadar air keripik pisang kepok dengan tidak ada penambahan massa air (0,00) dan mampu menekan kerenyahan dan ketengikan dengan skor masing – masing 5.
APLIKASI e-CRM TERINTEGRASI DI BAHAGIA MART KPRI BAHAGIA JOMBANG Moh. Anshori Aris Widya; Siti Sufaidah; May Uswatun Hasanah
Exact Papers in Compilation (EPiC) Vol 2 No 1 (2020): Februari 2020
Publisher : Unit Publikasi dan Jurnal Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.847 KB)

Abstract

KPRI (Koperasi Pegawai Republik Indonesia) BAHAGIA merupakan sebuah badan usaha yang mempunyai banyak bidang bisnis antara lain bidang transportasi, layanan haji, simpan pinjam dan mini market. KPRI bahagia mempunyai sebuah minimarket yang bernama Bahagia mart. Salah satu bagian terpenting dari bahagia mart ini adalah proses penjualan dan mempertahankan pelanggan. Proses penjualan yang ada di bahagia mart ini mendatangi langsung ke toko. Hal ini memiliki beberapa kelemahan diantaranya sering kali konsumen komplain barang yang diinginkan tidak tersedia dan juga tidak adanya transparansi stok barang. Keberadaan konsumen serta pelanggan adalah bagian penting bagi perusahaan dalam menunjang kesuksesan perusahaan itu sendiri. Dalam dunia bisnis, konsep mengelola pelanggan dikenal dengan nama CRM (Customer Relationship Management). Seiring dengan perkembangan teknologi internet saat ini, proses CRM tersebut kini dapat dikonversikan ke dalam bentuk e-CRM (Electronic-Customer Relationship Management). Membangun suatu prototipe sistem e-CRM dalam bentuk website dan android sebagai alternatif sistem baru merupakan tujuan dari penelitian ini. Hal tersebut didasarkan oleh beberapa kendala yang dialami bahagia mart pada sistem CRM yang sedang berjalan, utamanya pada sektor pelayanan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti akan membuat sistem berbasis e-CRM yang berfokus pada peningkatan kualitas layanan
IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PEMASARAN BERBASIS DIGITAL PADA HOME INDUSTRY JAJANAN TRADISIONAL EKO WAHYU ABRYANDOKO; Ilmi Nurul Istiqomah
Exact Papers in Compilation (EPiC) Vol 2 No 1 (2020): Februari 2020
Publisher : Unit Publikasi dan Jurnal Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (660.065 KB)

Abstract

This study aims to determine the description of marketing information systems that are applied to the traditional home snacks of Pak Dicky and analyze the problems of the current system to be developed in the form of marketing information system design to promote traditional snacks that are being forgotten. This research was carried out in the marketing section of Pak dicky's traditional home industry snacks located in the district of cotton - Bojonegoro. This type of research is a qualitative research with action research approach. Data sources used are primary data and secondary data obtained using data collection methods in the form of observation, interviews, and documentation. The results showed that the marketing information system in the traditional home snacks of Pak Dicky still uses a conventional model that still has various weaknesses and lacks efficiency. These weaknesses include the promotion of social media that is less effective and efficient in providing information to prospect customers. Recommendations from existing customers are not supported by complete information sources that can be given when needed. limited marketing reach. Digital models and existing networks have not yet been utilized. The design of the implementation of marketing information systems for digital-based promotions can be implemented by Pak Dicky's traditional hawker industry as an effort to overcome the ongoing marketing problems in providing information about traditional hawker products offered.
PERANCANGAN SISTEM PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN BERBASIS DIGITAL PADA HOME INDUSTRY JAJANAN TRADISIOANAL EKO WAHYU ABRYANDOKO; Eko Prasetyo
Exact Papers in Compilation (EPiC) Vol 2 No 1 (2020): Februari 2020
Publisher : Unit Publikasi dan Jurnal Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1228.545 KB)

Abstract

Pak Dicky's traditional snacks home industry is a UKM engaged in selling traditional culinary snacks which is also well-known by the name of market snacks. In increasing marketing and sales of products to consumers, it is necessary to implement a surefire business strategy to increase new market share. The problem experienced by Pak Dicky's traditional snacks home industry is the limited resources and time in serving every customer / consumer needs. Marketing information system design uses information systems modeling context diagrams, data flowchart diagrams, entity relationship diagran, and e-commerce website design applications by designing fast and appropriate information systems to customers, providing convenience for potential customers, and providing site-based applications web e-commerce that is easy to use by customers based on the design of marketing information systems capable of managing such as making reservations online, providing discounts and promos via the website and searching for product data using the results of application-based marketing information systems e-commerce website is able to provide options / options buying and selling transactions to consumers so that data management is more effective and the presentation of information is fast and flexible. This marketing information system was created using Visual Studio Code as a code editor and database using phpMyAdmin and MySQLi.
KALKULATOR UNTUK PENYANDANG TUNANETRA BERBASIS ARDUINO Munawarah -; Khamim Abror
Exact Papers in Compilation (EPiC) Vol 2 No 1 (2020): Februari 2020
Publisher : Unit Publikasi dan Jurnal Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.803 KB)

Abstract

Pada perkembangan teknologi saat ini, dalam dunia kerja dan pendidikan diperlukan kebutuhan mobilitas diantaranya menghitung. Matematika merupakan sistematis numerik yang digunakan untuk dasar perhitungan. Konsep dasar matematika dipenuhi dengan aspek yang disajikan secara visual. Kalkulator digunakan sebagai media komputasi untuk membantu melakukan perhitungan. Kalkulator saat ini memiliki desain tombol braille untuk input dan suara untuk output. Namun, hal ini menjadi masalah bagi tunanetra. Sehingga terdapat kalkulator 4x4 dengan dasar braille dan suara untuk output. Pada penelitian ini dibuat penyederhanaan kalkulator braille yang telah ada. Desain alat menggunakan 6 buah titik sistem huruf braille dengan kombinasi tombol 4x4 dan penyempurnaan fitur backspace. Angka yang dapat di inputkan oleh pengguna dimulai dari 0-9. Proses pembuatan alat dilakukan beberapa tahap diantaranyaanalisa, perancangan dan penerapan. Implementasi sistem dikemas dalam box yang berukuran 7,5cm x 7,3cm x 5cm. Jarak pada masing-masing tombol yang digunakan yaitu 0,6cm. Penggunaan jarak masing-masing tombol untuk mengurangi kesalahan input pengguna. Berdasarkan hasil pengujian kalkulator tunanetra ini dapat disimpulkan bahwa dari segi usabilitas yang melibatkan 2 responden penyandang tunanetra menunjukan 100% tingkat keberhasilan. Pengujian kuisioner mendapatkan rata-rata skala nilai 5 dari (skala likert 1-5), sehingga kalkulator ini dinilai telah memenuhi kategori learnability, flexibility dan robustness

Page 1 of 1 | Total Record : 5