cover
Contact Name
Heronimus Maryono
Contact Email
heronimus.maryono@pmbs.ac.id
Phone
+6221-7511126
Journal Mail Official
penerbitan@pmbs.ac.id
Editorial Address
School of Business and Economics Universitas Prasetiya Mulya JL. RA. Kartini (TB Simatupang), Cilandak Barat Jakarta Selatan, Jakarta 12430 Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Indonesian Business Review
ISSN : -     EISSN : 26546213     DOI : https://doi.org/10.21632/ibr
IBR seeks to publish high-quality, scholarly empirical research articles in : - management, - strategic management, - organization, - entrepreneurship, - operation management, - human resource management, - business, and organization topics that test, extend, or build theory and contribute to management practices in Indonesia. IBR is an open access journal that is published by Prasetiya Mulya Magister Management Program, Universitas Prasetiya Mulya.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2020): Indonesian Business Review" : 5 Documents clear
Pengaruh Theory Planned Behavior terhadap Keputusan Menabung di Rekening Syariah Doni Irawan; Prima Widhi N.; Richard Sagiman; Soesilo Nugroho
Indonesian Business Review Vol 3 No 1 (2020): Indonesian Business Review
Publisher : Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (829.176 KB) | DOI: 10.21632/ibr.3.1.1-14

Abstract

Studi ini menggunakan model Theory Planned Behavior (Icek Ajzen, 1985) dalam meneliti keputusan menabung di rekening Tabungan Syariah. Penelitian dilakukan kepada responden di berbagai wilayah di Indonesia. Dalam penelitian ini terlihat bahwa sikap terhadap perilaku menabung di tabungan, norma subyektif dan persepsi kendali perilaku berpengaruh positif terhadap intensi menabung di tabungan syariah. Intensi dan perceived behavior control mempengaruhi secara positif terhadap perilaku menabung di tabungan syariah. Implikasi managerial dari studi ini adalah pentingnya meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap kebaikan perbankan syariah serta membuat lebih banyak kemudahan bagi masyarakat untuk menabung di rekening syariah.
Faktor Penentu Penggunaan Dompet Digital pada Konsumen di Daerah Jabodetabek Denni Irawan Daulay; Gita Alfiyanna; Indah Anggraeni; Reny Aurora Sitohang; Teddy Simatupang
Indonesian Business Review Vol 3 No 1 (2020): Indonesian Business Review
Publisher : Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1286.656 KB) | DOI: 10.21632/ibr.3.1.76-102

Abstract

Mereplikasi penelitian oleh Ahuja dan Joshi (2018) yang dilakukan di India, penelitian ini dilakukan di Jabodetabek untuk mencari faktor-faktor penentu dalam penggunaan dompet digital. Penelitian oleh Ahuja dan Joshi (2018), mendapatkan bahwa faktor-faktor tersebut, dari yang pengaruhnya paling tinggi sampai yang paling rendah adalah: ease of use, benefit, trust, dan self efficacy. Sedikit berbeda, penelitian ini mendapatkan bahwa 4 faktor penentu penggunaan dompet digital di Jabodetabek, dengan urutan pengaruh dari yang paling tinggi ke yang paling rendah yaitu ease of use, self efficacy, benefit, dan trust. Walaupun penelitian ini menggunakan jumlah responden yang lebih banyak dan dengan menggunakan tambahan kuesioner baik dari beberapa sumber jurnal maupun dari hasil wawancara, didapat hasil yang mirip dengan penelitian oleh Ahuja dan Joshi (2018). Ease of use atau kemudahan dalam menggunakan aplikasi menjadi satu keharusan agar baik penyedia jasa layanan yang sekarang maupun yang akan datang, agar mempunyai daya saing yang tinggi. Ketiga faktor lainnya juga penting untuk diperhatikan tanpa mengganggu kemudahan dalam menggunakan aplikasi.
Pengaruh Behavioral Factors Terhadap Pengambilan Keputusan Investasi Finansial Individu Anita Khalisa; Charpri Kurnia Karismasari; Hirzi Hikmatul Ikhsan; Niken Saraswati
Indonesian Business Review Vol 3 No 1 (2020): Indonesian Business Review
Publisher : Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (928.043 KB) | DOI: 10.21632/ibr.3.1.15-35

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh behavioral factors investor yang terdiri dari sentiment, overconfidence, overreaction and underreaction and herd behavior terhadap pengambilan keputusan investasi di pasar modal di Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa behavioral factors investor sentiment, overreaction dan underreaction, dan herd behavior memiliki pengaruh terhadap keputusan investasi sedangkan behavioral factor overconfidence tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan investasi. Hal ini menunjukkan bahwa investor di Pasar Modal di Jakarta masih terpengaruh oleh faktor emosional, dan juga informasi dari luar dalam mengambil keputusan investasi, seperti contohnya informasi pergerakan harga saham, pendapat orang yang dianggap lebih ahli, ataupun sumber internet. Oleh karena itu, dari hasil ini diharapkan para pembuat kebijakan atau manajer portfolio untuk dapat semakin memberikan transparansi mengenai informasi dan risiko investasi yang akan diperoleh oleh investor. Selain itu, bagi investor individu diharapkan dapat mencari dan mempelajari data yang lebih baik dalam sebelum mengambil keputusan. Jurnal ini menggunakan referensi dari dua jurnal penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya: (Metawa et al. 2018) dan (Mahanthe & Sugathadasa 2019).
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intensi Konsumen Membeli Daging Organik di Jabodetabek Beni Adi Janarko; Budana Pratama Prijadi; Firman Firman; Fitra Arifin; Lalu Suherman
Indonesian Business Review Vol 3 No 1 (2020): Indonesian Business Review
Publisher : Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (977.918 KB) | DOI: 10.21632/ibr.3.1.36-55

Abstract

Riset ini bertujuan menguji pengaruh Teori Perilaku Terencana (Theory of Planned Behavior) dan motif pemilihan daging organik terhadap intensi membeli daging organik itu sendiri di wilayah Jabodetabek. 176 dari 228 responden survei di daerah Jabodetabek melengkapi isian kuesioner yang terdiri dari 9 pertanyaan demografi dan 45 pertanyaan riset yang terbagi dalam 7 konstruk: Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, persepsi diri terhadap kontrol perilaku (perceived behavioral control), keamanan daging, karakteristik daging, kepedulian kepada kesehatan dan harga. Uji model statistik terhadap data responden menunjukan bahwa persepsi diri terhadap kontrol perilaku, kepedulian kesehatan dan harga merupakan faktor-faktor yang signifikan mempengaruhi intensi beli daging organik.
Gaya Kepemimpinan, Kepuasan Kerja, dan Intensi Karyawan di Perusahaan Asuransi Indonesia Bryan Anggraita; Dalila Dalila; Rynaldo Rynaldo; Sri Malahayati
Indonesian Business Review Vol 3 No 1 (2020): Indonesian Business Review
Publisher : Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.182 KB) | DOI: 10.21632/ibr.3.1.56-75

Abstract

Banyak faktor yang menyebabkan karyawan ingin bekerja lebih lama atau pindah dalam sebuah perusahaan. Penilitan ini fokus kepada faktor gaya kepemipinan transformational ataupun transactional, kepuasan kerja, dalam kaitan nya intensi karyawan untuk menginggalkan organisasi di sebuah perusahaan asuransi di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh positif kepada kepuasan kerja dan sebaliknya dengan kepemimpinan transactional. Kepuasan kerja menunjukkan hubungan yang negatif dalam kaitan intensi karyawan untuk menginggalkan organisasi. Penting untuk perusahaan asuransi yang sedang berfokus dengan inisiatif transformasi bisnis untuk memastikan aspek kepemimpinan agar dapat mendorong process transformasi, mengidentifikasikan strategi dalam pencapaian visi dan misi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5