cover
Contact Name
Bagdawansyah Alqadri
Contact Email
bagda_alqadri@unram.ac.id
Phone
+6281343826656
Journal Mail Official
juridiksiam_fkip@unram.ac.id
Editorial Address
Lt. 1 Gedung E PIPS FKIP Universitas MataramJalan Majapahit No.62 Mataram 83125
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman (JURIDIKSIAM)
Published by Universitas Mataram
ISSN : 23554622     EISSN : 26229021     DOI : https://doi.org/10.29303/juridiksiam
Core Subject : Education, Social,
Telaah teori mutakhir dan hasil penelitian dan pengembangan tentang Kurikulum, Bahan Ajar, Metode/Model, Media, dan Evaluasi Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora serta hasil telaah teori mutahir dan hasil penelitian substansi ilmu-ilmu sosial dan humaniora.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL KEBERAGAMAN" : 14 Documents clear
Pengaruh Metode Pembelajaran Group To Group Exchange (GGE) Terhadap Hasil Belajar PPKn Ulfia Puspita; Ismail Ismail; Yuliatin Yuliatin
Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman Vol. 5 No. 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL KEBERAGAMAN
Publisher : Jurusan P. IPS, FKIP, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.536 KB) | DOI: 10.29303/juridiksiam.v5i1.69

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan metode pembelajaran group to group exchange terhadap hasil belajar PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen dengan nonequivalen control group design. Data  hasil belajar  PPKn diambil  menggunakan  soal tes yang sudah memenuhi persyaratan  instrument  penelitian.  Keseluruhan  data  dianalisis secara  kuantitif melalui   uji  parametrik   yang  terlebih  dahulu  diuji  persyaratan analisis.   Hasil penelitian menunjukkan bahw a ada pengaruh metode pembelajaran Group to Group Exchange  terhadap  hasil belajar  PPKn.  Dengan mencermati  nilai rata-rata  yang sangat tinggi, maka metode pembelajaran ini sangat efektif dan dapat digunakan.  AbstractThe objective of this study w as to determine w hether there w as the effect of the applying of learning methods group to group exchange on learning result in PPKn. This research w as a quasi experimental  w ith nonequivalen control group design. The students’  learning  result of  PPKn data  w as taken used a test item that already fulfill the requirements of the research instrument. Overall, the data analyzed by quantitative through parametric tests w ere first tested analysis requirements. The results show ed that there w as influence learning methods Group to Group Exchange on learning result in subjects PPKn. By observe the average value w as very high, so that this learning method w as effective and can be used.Keywords: Group to Group Exchange, learning result
Pengaruh Medel Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Nurul Kartika Antasari; Sukardi Sukardi; Rispawati Rispawati
Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman Vol. 5 No. 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL KEBERAGAMAN
Publisher : Jurusan P. IPS, FKIP, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (625.6 KB) | DOI: 10.29303/juridiksiam.v5i1.70

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script berbantuan LKPD terhadap hasil belajar   kognitif   sisw a   pada  mata  pelajaran  PKn.  Penelitian  ini  merupakan penelitian  Pre  eksperimen  dengan  desain  penelitianStatic  Group  Comparison. Data hassil belajar dijaring menggunakan lembar observasi dan test pilihan ganda yang sudah   memenuhi   persyaratan   penelitian.   Keseluruhan   data   dianalisis  secara kuantitatif  melalui  uji parametric  yang  terlebih dahulu  diuji persyaratan  analisis. Dengan  mencermati  nilai  rata-rata  dari  kelas  eksperimen  yang  sangat  tinggi, Sehingga dapat disimpulkan bahw a ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script berbantuan LKPD terhadap hasil belajar kognitif sisw a pada mata pelajaran PKn  AbstractThe purpose of this research is to know w hether or not there is an influence of the cooperative  learning  model using cooperative script type w ith the assist of LKPD tow ards students cognitive learning result of learning PKn. This research is a Pre-experimental  w ith the model of  research  Static  Group  Comparison. The result Learning  of data is collected  by using data of learning result taken by using test question that have fulfilled  requirement of research instrument. Totally the data w ere   analyzed   quantitatively   w ith  parametric   test  w hich  before  tested   the requirements of analysis. So it can be conclude that there is the influence of the cooperative  learning  model  application  using  cooperative  script type w ith the assist  of  LKPD  tow ards students  cognitive  learning  result of  student  learning PPKn. Keywords: Cooperative Script, LKPD, cognitive learning result
Upaya Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Mataram dalam Menanggulangi Penyalahgunaan Narkoba pada Siswa Sahri Ramadan; Yuliatin Yuliatin; Mabrur Haslan
Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman Vol. 5 No. 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL KEBERAGAMAN
Publisher : Jurusan P. IPS, FKIP, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.767 KB) | DOI: 10.29303/juridiksiam.v5i1.71

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  menjaw ab  permasalahan  bagaimana  upaya Badan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Mataram dalam Menanggulangi Penyalahgunaan   Narkoba  pada  sisw a  SMA  di  Kota  Mataram  serta  faktor pendukung  dan  penghambat  yang  dialami  oleh (BNN)  Kota  Mataram  dalam Menanggulangi  Penyalahgunaan  Narkoba  pada  sisw a SMA  di Kota  Mataram. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini ditentukan menggunakan teknik Purposive Sampling. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif melalui langkah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan   bahw a   upaya   (BNN)   Kota   Mataram   dalam   menanggulangi penyalahgunaan  narkoba  pada  sisw a  SMA  di  Kota  Mataram  melalui  upaya Prepentif  dan Represif. Upaya Prefentif meliputi: (1) penyuluhan, (2) kampanye anti  narkoba  melalui  media  cetak,  media  penyiaran  dan  tatap  muka  secara langsung,  (3)  pelatihan  kelompok  sebaya  dan,  (4)  pendekatan  agama.  Upaya Represif meliputi: (1) pencarian informasi. (2) razia dan penggeledahan, (3) Rehabilitasi. Adapun faktor pendukung (BNN) Kota Mataram dalam upaya menanggulangi penyalahgunaan narkoba pada sisw a SMA di Kota Mataram yakni adanya kerjasama dengan Polri dan Dinas Pendidikan Kota Mataram. Sedangkan kendala yang dihadapi oleh (BNN) Kota Mataram yakni (1) jumlah personil masih kurang, (2) belum optimalnya peran instansi terkait, (3) belum optimalnya peran aktif relaw an dan penggiat, (4) posisi geografis kota mataram dengan garis pantai sehingga   menyulitkan   dalam   pemantauan  narkoba  secara  illegal,  (5)  belum optimalnya koordinasi dan monitoring  dari instansi diatasnya baik fisik maupun keuangan. AbstractDeskripsi Alternatif: Abstract The purpose of this study is to answ er the problem of how the efforts of National Narcotics Agency Agency (BNN) Mataram City in Overcoming Drug Abuse in high school students in Mataram City and the supporting and inhibiting factors experienced by (BNN) Mataram City in Overcoming  Drug Abuse in high school students in Kota Mataram. Approach this research using  qualitative approach w ith descriptive method. Informants in this study  w ere determined  using  Purposive  Sampling  technique.  The data has been analyzed descriptively through data reduction steps, data presentation, verification and conclusion. The results show ed that efforts (BNN) Mataram in coping  w ith drug  abuse  in  high  school  students  in  the  City  of  Mataram  is Prepentif and Repressive. Prefentive efforts include: (1) counseling, (2) anti-drug campaigns through print, broadcast and face-to-face media, (3) peer training and (4) religious approaches. Repressive efforts include: (1) information retrieval. (2) raids  and raids,  (3) Rehabilitation.  The  supporting  factors experienced  (BNN) Mataram City in an effort to overcome the abuse of drugs in high school students in the city of Mataram that is in cooperation w ith the Police and in cooperation w ith the Department of Education Mataram  City. While the obstacles faced by (BNN) Mataram  City that is (1) the number of personnel is still lacking, (2) not optimal role of related institutions, (3) not optimal active volunteer and activist role, (4) geographical  position of city mataram  w ith coastline so complicate in illegal drug monitoring, (5) not yet optimal coordination and monitoring  from institutions  above it both physically and financially. Keywords: BNN Efforts, Overcoming Drugs, Drugs, High School Students
Penerapan Tata Tertib Sekolah dalam Pembinaan Kedisiplinan Siswa Laila Nurjannah; Hamidsyukrie ZM; Mursini Jahiban
Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman Vol. 5 No. 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL KEBERAGAMAN
Publisher : Jurusan P. IPS, FKIP, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.949 KB) | DOI: 10.29303/juridiksiam.v5i1.72

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan tata tertib sekolah dalam pembinaan   kedisiplinan   sisw a,   untuk   mengetahui   faktor   pendukung   dan penghambat  upaya  penerapan  kedisiplinan  sisw a dan, untuk  mengetahui  upaya mengatasi  anak-anak  yang  melanggar  tata tertib  sekolah. Penelitian ini menggunakan   pendekatan   kualitatif   dengan   metode   deskriptif.   Subjek  dan informan  dalam  penelitian  ini ditentukan  menggunakan  teknik purposive sampling. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif melalui langkah reduksi   data,   penyajian   data,   dan   penarikan   kesimpulan.   Hasil  penelitian menunjukkan bahw a penerapan tata tertib sekolah dalam pembinaan kedisiplinan dapat  diterapkan  sebagai  berikut  yaitu  guru  memberikan  teladan  yang  baik terhadap sisw a, meningkatkan kerjasama antarstaf sekolah, memberikan perhatian kepada sisw a, dan melakukan pembinaan melalui IMTAQ yang dilakukan setiap hari jum’at.  AbstractThe purpose of this research is to know the implementation of school discipline in student discipline development, to know the supporting and inhibiting factors of effort of applying student discipline and, to know the effort to overcome the children w ho  violate  school rules.  This research uses qualitative approach w ith descriptive method. Subjects and informants in this study w ere determined using purposive  sampling  technique.  The collected  data is then analyzed  descriptively through data reduction steps, data presentation, and conclusions. The result of the research  show s  that  the  implementation  of  school  discipline  in  disciplinary coaching  can  be  applied  as  follow s:  the  teacher  gives  good  example  to  the students, increase the cooperation betw een the school staff, give attention to the students, and do the coaching through IMTAQ done every Friday. Keyword: Orders, Discipline
Peningkatan Kemampuan Siswa Menerapkan Pemahaman Materi Pembelajaran Dan Sikap Peduli Lingkungan Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran PKn di Ma Al-Aziziyah Putri Idil Udhiyah; Mumbrita Sulaimi; Djoiz Bidjaksono
Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman Vol. 5 No. 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL KEBERAGAMAN
Publisher : Jurusan P. IPS, FKIP, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.576 KB) | DOI: 10.29303/juridiksiam.v5i1.73

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  kemampuan  sisw a  menerapkan pemahaman  materi pembelajaran  dan sikap  peduli lingkungan  melalui  metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Togethers (NHT) berbantuan media video pembelajaran pada mata pelajaran PKn di MA Al-Aziziyah Putri. Penelitian ini  merupakan   Penelitian   Tindakan   Kelas   (PTK)   yang   dilakukan   untuk memperbaiki kualitas input, proses dan hasil pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yang saling berkaitan yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan/observasi; dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, jumlah  deskriptor  metode  Numbered  Heads Togethers  (NHT)  berbantuan  media video  pembelajaran  sebagai  variabel  tindakan yang  muncul  sebanyak 26 (79%) deskriptor. Sisw a yang mencapai indikator kemampuan menerapkan pemahaman materi pembelajaran yang merupakan variabel harapan sebanyak 18 orang (72%) dan yang mencapai indikator sikap peduli lingkungan sebanyak 17 orang (68%). Sedangkan pada siklus II, variabel tindakan yang muncul sebanyak 35 deskriptor (100%).  Seiring  dengan  meningkatnya  indikator  variabel  tindakan,  sisw a  yang mencapai  indikator  kemampuan  menerapkan  pemahaman  materi pembelajaran sebagai  varibel  harapan  meningkat  menjadi  23  sisw a  (92%)  dan sikap  peduli lingkungan  meningkat  menjadi  21 sisw a (84%).  Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahw a penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered  Heads  Togethers  (NHT)  berbantuan  media  video  pembelajaran  yang efektif  dapat meningkatkan  kemampuan sisw a menerapkan pemahaman materi pembelajaran dan sikap peduli lingkungan sisw a kelas XII Bahasa MA Al-Aziziyah Putri dalam Pembelajaran PKn. 
Dampak Perceraian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Anak Dewi Indriani; M. Mabrur Haslan; M. Zubair
Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman Vol. 5 No. 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL KEBERAGAMAN
Publisher : Jurusan P. IPS, FKIP, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (521.303 KB) | DOI: 10.29303/juridiksiam.v5i1.74

Abstract

penyebab terjadinya perceraian di Desa Rugah, Kecamatan Masbagik Timu, Kabupaten Lombok Timur dan untuk mengetahui dampak perceraian orang tua terhadap motivasi belajar anak di Desa Rugah Kecamatan Masbagik Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Deskriptif. Data di peroleh melalui  Dokumentasi,  observasi  dan w aw ancara.  Teknik  penentuan subyek  penelitian  dilakukan  dengan  Snowball  Sampling  dan penentuan  informen dengan Purposive Sampling. Data yang didapatkan dianalisi secara deskriptif melalui langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian  faktor  penyebab  terjadinya  perceraian  di  Desa  Rugah  Kecamatan Masbagik  Timur  1)  ketidak  setian  salah  satu pasangan  atau perselingkuhan  2) faktor  ekonomi  3)  faktor  menikah  di  usia  muda,  4)  yang  terakhir  adanya perselisihan dan pertengkaran secar terus menerus. Sedangka dampak perceraian orang tua terhadap motivasi belajar anak adalah anak di Desa Rugah 1) memiliki motivai  belajar  rendah  kuranganya  perhatian  dari orang  tua, kasih sayang  dan dorongan  atau motivasi belajar dari orang tua sebagai penyebab  anak memiliki motivasi  belajar  rendah 2) konsenterasi  belajar  terganggu masalah rumah selalu terpikirkan  di sekolah seketika  konsenterasi  belajar di sekolah terganggu karena memikirkan masalah keluarga sehingga anak cenderung  lebih memilih diam atau jarang  berpendapat,  sulit  menerima  pelajaran  dan  mengalami  kesulitan  dalam belajar  3)  kurang   disiplin.  Orang  tua  yang  berceraian  kurang   memberikan perhatian  terhadap  pendidikan  anak  seperti yang dialami oleh anak yang orang tuanya  bercerai di Desa Rugah Kecamatan Masbagik. Sehingga anak cenderung menjadi kurang disiplin. AbstractThe purpose of this study is to determine the factors that influence the cause of divorce in the Rugah village, Masbagik sub-district, east Lombok regency and to find out the impact of parental divorce on the motivation of learning of childrenin Rugah village, Masbagik sub-district, east Lombok regency. This research uses qualitative  opproach  w ith  descriptive  method.  Data  obtained  is  analyzed  by ampling and deskriptif determination through data reduction step of presenting of data  and  conclusion. Based on result of research of cause factor of divorce in village Rugah, Masbagik east district 1) infidelity one pair or infidelity 2) economic factors 3) factors married  at a young age, 4) the and of the dispute and quarrel continuously. The impact of parental divorce on the m otivation to learn the child is Rugah Village. 1) have a low learning motivation, lack of attention from parents, affection and ancouragement or motivation to learn from parents as a child has a low   motivation  to  learn,  2)  the  concentration  of  learning  disrupted  home problems   alw ays  thought   of   in  school  instantaneously   studying   in  school disturbance thingking about family problems so that children tend to prefer silent or rarely argue, difficulty receiving lessons and having difficulty receiving lessons and having difficulty in learning, 3) lack of discipline. Divorced  parents are less concerned about children w hose parents divorced in the Rugah village, Masbagik Sub-distric,t so that children tend to be less disciplined. Keywords: Parent Divorce, Child Learning Motivation.
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar dan Sikap Demokratis Siswa MA Darussalimin NW Sengkol Pada Mata Pelajaran PPKn Mardiana Mardiana; Rispawati Rispawati; M Ismail
Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman Vol. 5 No. 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL KEBERAGAMAN
Publisher : Jurusan P. IPS, FKIP, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (637.143 KB) | DOI: 10.29303/juridiksiam.v5i1.75

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  ada  tidaknya  pengeruh  penerapan model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar kognitif dan sikap demokratis sisw a  MA  Darussalimin  NW  Sengkol  pada  mata  pelajaran  PKn tahun ajaran 2017/2018.   Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan   kuantitatif   dengan  jenis penelitian  quasi  eksperimen  (eksperimen  semu)  yaitu  Nonequivalent  Control Group Design.  Sampel  dalam  penelitian  ini adalah sisw a kelas XI Agama sebanyak 21 orang sisw a sebagai kelas eksperimen dan sisw a kelas XI IPA sebanyak 21 orang sisw a  sebagai  kelas  control.  Instrument  pengumpulan  data menggunakan  tes pilihan ganda sebanyak 20 soal untuk hasil belajar kognitif dan instrument angket untuk  sikap  demokratis.  Berdasarkan  hasil uji hipotesis  uji-t untuk  hasil belajar diperoleh data thitung =1,85 dan t table = 1,684 dengan taraf signifikan 5% dan dk=42 jadi t hitung > t table. Sedangkan hasil analisis sikap demokratis dengan menggunakan skala likert yakni 81,36% dari sebelumnya 69,04% untuk kelas eksperimen  dan  73,65%  dari sebelumnya  65,08%  untuk kelas control.  Hal ini menunjukka   hipotesis  dalam   penelitian  diterima  atau dengan  kata  lain  ada pengaruh  penerapan  model pembelajaran  inkuiri terhadap hasil belajar kognitif dan sikap demokratis sisw a. AbstractThis  thesis  aimed  at  finding  out  the effectiveness  or uneffectiveness  of  using inquiry model in finding result of cognitive study and democratic attitude student of MA darussalimin nw sengkol in PPKn lesson in academic year 2017/2018. The sample in this research w as IX (nineth) of Islamic class. That w as 21 student as experimental class and student of IX (nineth) IPA that w as 21 studenas control class. The instrument w as collecting the data used multiple choice test, there w ere 20  questions  for  the  resulted  of  cognitive  study  and  instrument  quisioner in democratic attitude. Based on the result of hipotesis experimental for the result of study the researcher got tcount = 1,85 and t table = 1,684 in taraf significant 5% and DK = 40. So tcount >t table.While analisist result of democratic attitude w as used likert scala that w as 81,36% w hich before 69,04% for experimental class and73,65% for control class. So based on the date the researcher got the other w ord it w as effective in using inquiry model to cognitive result of study and democratic attitude.Keywords: Inquiry, result of PPKn lesson and Democratic Atitude
Perlindungan Hukum terhadap Anak Korban Kekerasan Orang Tua Ari Alfian; Mursini Mursini; Mabrur Haslan
Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman Vol. 5 No. 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL KEBERAGAMAN
Publisher : Jurusan P. IPS, FKIP, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (551.88 KB) | DOI: 10.29303/juridiksiam.v5i1.76

Abstract

Penelitian   ini  meneliti   tentang   perlindungan  hukum   terhadap   anak   korban kekerasan  orang  tua. Fokus Permasalahan  dalam  penelitian  ini adalah faktor  – faktor dan dampak kekerasan orang tua terhadap anak serta perlindungan hukum yang diberikan oleh Lembaga Perlindungan Anak kepada anak korban kekerasan orang  tua. Berdasarkan  permasalahan  tersebut  perlu  perlindungan  dan penanganan  dalam  mengatasi permasalahan kekerasan orang tua terhadap  anak. Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  faktor  dan  dampak  kekerasan orang   tua   terhadap   anak   serta   upaya  Lembaga  Perlindungan  anak   dalam memberikan perlindungan  hukum terhadap anak korban kekerasan orang tua di Kabupaten Lo mbok Barat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah Ketua, Wakil Ketua,  Ketua Pembina, Sekretaris, dan anak  yang  mendapatkan perlindungan hukum d i Lembaga  perlindungan Anak. Pengumpulan data  menggunakan teknik w aw ancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik  analisis data  yang digunakan adalah tehnik  kualitatif melalui tiga tahapan yaitu; reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahw a faktor kekerasan orang tua terhadap anak adalah faktor ekonomi,  stress,  dan konflik  keluarga.  Dampaknya  adalah kurangnya  motivasi, depresi,   dan   gangguan   fisik.   Upaya   Lembaga   Perlindungan   Anak   dalam memberikan  perlindungan  hukum  terhadap  anak  adalah  melalui  mediasi  dan kasasi   atau   pihak   Lembaga   Perlindungan   anak   sebagai  pendamping   atau pembelaan ditingkat hukum dan pengadilan. AbstractAbstract  This  study examines  the legal protection of  child  victims  o f parental vio lence. Focus The problems in this study are the factors and impacts of parental vio lence  on  children  and  lega l  protection  provided  by  the  Child  Protection Institution  to  child victims of parental vio lence. Based on these problems  need protection and handling in overcoming the problems o f parental vio lence against children. The purpose of this study w as to determine the factors and impacts of parental  vio lence  on children and the efforts of Child  Protection Institutions in providing  legal  protection  for  children  victims  of  vio lence  parents  in  West Lombok District. This type o f research is qualitative  descriptive. Sample in this research are Chairman, Vice Chairman, Chief of Pembina, Secretary, and children w ho  get legal protection in Institution of Child Protection. Data collection using interview   technique,  observation  and  documentation.  Data  analysis  techniques used  are qualitative techniques through three stages namely; data reduction, data presentation and  conclusio n draw ing. Based  on the research can be concluded that the  factor  of  vio lence  of  parents  to  child  is economic  factor, stress, and family  conflict.  The  impact  is  lack  o f  motivation,  depressio n,  and  physical disorders. Efforts of  Child Protection Institutions to provide legal protection for children is through mediation and cassation or the Child Protection Agency as a co mpanio n or defense at the level o f law and court.Keywords: Legal protection, child victims, parental
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Pendidikan Kewarganegaraan Yuliana Putri; Ismail Ismail; Rispawati Rispawati
Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman Vol. 5 No. 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL KEBERAGAMAN
Publisher : Jurusan P. IPS, FKIP, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.818 KB) | DOI: 10.29303/juridiksiam.v5i1.77

Abstract

Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mengetahui   ada   tidaknya   pengaruh   model pembelajaran Problem Posing terhadap kemampuan berpikir analisis sisw a kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Kew arganegaraan (PKn) di SMKN 6 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan nonequivalent  control  group  design.  Instrumen  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini adalah  instrumen  tes bentuk  pilihan ganda  sebanyak  25 item  untuk  mengukur kemampuan berpikir analisis sisw a. Berdasarrkan hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh nilai thitung = 2,256 > ttabel = 1,683, dengan dk = n1 + n2 – 2= 39 pada  taraf  signifikan  5%, artinya  terdapat  perbedaan  yang  signifikan antara kemampuan berpikir analisis sisw a kelas eksperiemen dan kelas kontrol pada mata pelajaran  PKn.  Kemudian  hasil dari analisis menggunakan uji N-Gain diperoleh nilai N-Gain  sisw a kelas eksperimen sebesar 0,604 dengan kategori sedang dan kelas kontrol  sebesar  0,492  dengan kategori  sedang.  Meskipun  kategori  kedua kelas tersebut  adalah sedang  namun nilai  N-Gain  kelas eksperimen  lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahw a ada pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap kemampuan berpikir analisis sisw a kelas XI pada mata pelajaran PKn di SMKN 6 Mataram.  AbstractThis research aims to find out the influence of Problem Posing learning model on students’  analytical  thinking  ability  in  Civic  education  at  the  second  grade  of SMKN 6 Mataram. The type of research is Quasi Experiment by using Non-equivalent Control Group Design. The research instrument used w as multiple choice test w hich consisted of 25 items to measure students' analytical thinking ability. Based on the data analysis by using t-test, it resulted that t-ratio = 2.256 > t-table = 1.683 w ith dk  = n1+n2–2=39  on 5% significant  level, w hich means there is a significant difference  betw een  students’  analytical  thinking  ability  on  Civic  education  at experimental  class  and  control  class.  Then,  the  result  w as  tested  by  N-Gain analysis. It show ed that the N-gain value of Experimental class is 0.604 as medium category  w hile  Control  class  is  0.492  as  medium  category.  Although both categories  w ere same,  the N-Gain value of Experimental class w as higher than Control  class.  Regarding  to  the  result,  it  can  be  concluded  that  there  is  an influence of Problem Posing learning model on students’ analytical thinking ability in Civic education at the second grade of SMKN 6 Mataram.Key words: Problem Posing Learning Model, Analytical Thinking Ability
Implementasi Nilai-Nilai Bhinneka Tunggal Ika Dalam Interaksi Sosial Siswa Pande Nengah P.D; Mursini Jahiban; Muh Zubair
Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman Vol. 5 No. 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL KEBERAGAMAN
Publisher : Jurusan P. IPS, FKIP, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (516.549 KB) | DOI: 10.29303/juridiksiam.v5i1.78

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai bhinneka  tunggal  ika  dalam  interkasi  sosial  sisw a  penelitian  ini  menggunakan pendekatan  kualitatif  dengan metode  penelitian  deskriptif,  teknik  pengumpulan data   dalam   penelitian   ini   menggunakan   teknik   kuesioner,   observasi   dan w aw ancara. Hasil penelitian sebagai berikut: pemahaman sisw a tentang nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika, dapat dijelaskan dari 100 responden dikategori buruk sebanyak   1%,  kurang   baik  sebanyak   5%,  baik  sebanyak   1%  dan  kategori pemahaman  sisw a  di  kategori  sangat  baik  sebanyak  93%.Sehingga  dari  data tersebut,  94  % responden  atau sisw a  berada  dikategori  baik  dan sangat baik. Dalam hasil observasi dan w aw ancara menunjukan sisw a sudah mengamalkan 3 nilai dasar yang terkandung dalam Bhinneka Tunggal Ika yakni (1) Nilai Toleransi, (2) Nilai Keadilan dan (3) Nilai Gotong Royong, serta mampu mengimplementasikan bhinneka tunggal ika itu sendiri seperti keberagaman etnis dan ras, membangun keberagaman inklusif, kesadaran budaya multikultur, membangun sikap sensitifitas gender dan membangun sikap toleransi, jadi dapat disimpulkan   bahw a   sisw a  sudah   mampu   mengeimplementasikan   nilai-nilai bhinneka tunggal ika dalam interaksi sosial di lingkungan sekolah.  AbstractThe  purpose  of  this  study  is  to  find  out  how  the  implementation  value  of bhinneka  tunggal  ika  in  social  interaction  of  students  in . This research using qualitative   approach   w ith  descriptive   research  method,  the  data  collection techniques  in  this  study  using  questionnaire,  observation  and  interview .  The results  of  the study  w ere as follow s: the students'  understanding  of  Bhinneka Tunggal  Ika's  values that  can be explained  from  100  respondents  w hich  bad categorized as much as 1%, less good as much as 5%, good as much as 1% and the students understanding w as categories very good as much as 93%. From the data, 94% respondents or the students in w ere categorized good and very good. In the result of observation and interview , the students have implemented  3 basic values that contained in Bhinneka Tunggal Ika, that is : (1) To lerance Values, (2) Justice Values and (3) mutual cooperation Values. They w ere able to implement the  value  of  bhinneka  tunggal  ika  such as ethnic  diversity  and  race, built the inclusive  diversity,  multicultural  aw areness,  develop  gender  sensitivity  and built tolerance.  It can be concluded  that  students  have been able to implement the value of bhinneka tunggal ika in social interaction around the school environment. Keywords: Implementation, Values, Bhinneka Tunggal Ika

Page 1 of 2 | Total Record : 14