cover
Contact Name
Hilda Hilaliyah
Contact Email
diskursus.unindra@gmail.com
Phone
+6287878741498
Journal Mail Official
diskursus.unindra@gmail.com
Editorial Address
Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
ISSN : 26154935     EISSN : 26154943     DOI : http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v4i2
Core Subject : Education,
Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across settings.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 03 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia" : 10 Documents clear
Nilai Moral dan Religius pada Novel Maysuri Karya Nadjib Kartapati Z. Sri Mulyani
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 03 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.05 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i03.6695

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis nilai moral dan religius pada novel Maysuri karya Nadjib Kartapati Z. Hasil penelitian menunjukkan dari seratus dua (102) kutipan nilai moral dan enam puluh empat (64) dengan rincian sebagai berikut: (1) Nilai moral pada novel Maysuri karya Nadjib Kartapati Z. ternyata didominasi pertama aspek hubungan manusia dengan orang lain yaitu sebesar 69,6%, artinya ada nilai-nilai hubungan yang tinggi antarmanusia sebagai manifestasi makhluk sosial. Kedua aspek hubungan manusia dengan dirinya sebesar 20,6%, artinya ada keegoan dalam diri manusia. Ketiga aspek manusia dengan alam sebesar 5,9%, artinya nilai kepedulian terhadap alam sangat kurang. Keempat aspek hubungan manusia dengan masyarakat sebesar 3,9%, artinya aspek ini menduduki peringkat paling akhir, ternyata hubungan manusia dengan masyarakat sangat rendah. (2) Sementara nilai religius pada novel Maysuri karya Nadjib Kartapati Z. tersebut ternyata pertama didominasi oleh aspek akhlak yaitu sebesar 50%, artinya akhlak menjadi pondasi utama manusia dalam menjalani kehidupan. Kedua aspek syari’ah dengan 25%, artinya ketaatan dalam beribadah masih banyak ditinggalkan. Ketiga aspek akidah sama dengan aspek syari'ah dengan 25%, artinya kepercayaan terhadap nilia-nilai religius relatif rendah.Kata Kunci : nilai moral, nilai religious, novel Maysuri
Nilai Karakter dan Religi dalam Berbahasa Kelompok Pupa di Pasar Minggu (Kajian Psikolinguistik) Khodijah Khodijah
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 03 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.825 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i03.6691

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui 1)  Untuk mengetahui nilai karakter kelompok pupa di Pasar Minggu dalam  berbahasa dari kajian psikolinguistik. 2). Untuk mengetahui nilai religi kelompok pupa di Pasar Minggu dalam berbahasa dari kajian psikolinguistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan: 1). Karakter dalam psikolinguistik kelompok pupa di Pasar Minggu setelah di analisis, peserta yang aktif terdapat 60 anggota = 100% yang paling dominan adalah Id terdapat 49 peserta = 65%. Ego 19 peserta = 31,66%. Sementara superego hanya 2 peserta = 3,34%. 2). Religi dalam kelompok pupa dari kajian psikolinguistik di Pasar Minggu, bahwasanya siapa pun di luar diri kita, memiliki hubungan dan ketersambungan, menyadari bahwa di luar diri adalah cerminan diri. Di dalamnya diajarkan seperti: tidak saling menyakiti, tidak saling merendahkan melainkan sifat terpuji seperti, saling menghormati, menghargai, serta memaklumi keterbatasan setiap diri. Itulah hakikat  bahasa.Kata Kunci: Nilai karakter, nilai religi dalam berbahasa kelompok Pupa, kajian psikolinguistik
Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Teni Hikmatin
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 03 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.598 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i03.6696

Abstract

Minat  menulis pada umumnya masih rendah. Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek karena kurangnya minat baca dan penguasaan kosakata yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis cerita pendek. Penelitian ini menggunakan Metode Survey. Teknik analisis data yang digunakan ada  tiga tahap, yaitu Analisis Deskriptif, Uji Persyaratan Analisis Data, dan Uji Hipotesis Penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  pertama, terdapat pengaruh yang signifikan Minat Baca dan Penguasaan Kosakata secara bersama-sama terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan Minat Baca terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek. Kata Kunci : minat baca, penguasaan kosakata, kemampuan menulis cerita pendek
Nilai Idealisme dan Feminimisme dalam Novel Belenggu Merah Muda Karya Tyas Damaria M. Taman
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 03 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.188 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i03.6692

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai idealisme dan nilai feminimisem dalam novel Belenggu Merah Muda  karya Tyas Damaria. Hasil dari analisis ialah nilai idealisme subjektif lebih dominan dan niali idealisme objektif lebih rendah dan nilai feminimisme liberal lebih dominan dan nilai feminimisme anarkis lebih rendah dalam novel Beleggu Merah Muda Karya Tyas Damaria. Terlihat dari tujuh puluh delapan   (78) kutipan dengan rincian sebagai berikut: (1) nilai idealisme subjektif sebanyak 41 %, (2) nilai idealisme objektif sebanyak 17 %, (3) nilai idealisme personal sebanyak 23%. Disamping itu terdapat nilai Feminimisme sebagai berikut: (1) nilai feminimisme sebanyak 9 %, (2) nilai feminimisme anarkis sebanyak 7 %, (3) nilai feminimisme radikal sebanyak 7 %.Kata Kunci : Nilai Idealisme, Nilai  Feminimisme
Nilai Idealisme dan Nilai Kepribadian dalam Novel Gajah Mada Karya Langit Kresna Hariadi Zaeni Dahlan
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 03 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (136.225 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i03.6697

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai idealisme dan nilai kepribadian dalam novel Gajah Mada  karya Langit Kresna Hariadi. Hasil dari analisis ialah nilai idealisme subjektif lebih dominan dan niali idealisme objektif lebih rendah serta nilai kepribadian Id  lebih dominan dan nilai kepribadian superego lebih rendah. Terlihat dari tujuh puluh  (70) kutipan dengan rincian sebagai berikut: (1) nilai idealisme subjektif sebanyak 28  %,  (2) nilai idealisme objektif sebanyak 14 %, (3) nilai idealisme personal sebanyak 24  %. Disamping itu terdapat nilai kepribadian sebagai berikut : (1)  nilai kepribadian Id  sebanyak 14  %, (2) nilai kepribadian ego sebanyak 12 %, (3) nilai kepribadian superego sebanyak 10 %.Kata Kunci : Nilai Idealisme, Nilai  Kepribadian
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dina Indri Astuti
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 03 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.788 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i03.6688

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Populasinya siswa kelas VIII di SMPN 1 Pedes dan SMPN 2 Pedes Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang terdiri dari dua kelompok, yaitu motivasi tinggi dan motivasi rendah, sedangkan kelas VIII-D berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yang terdiri dari dua kelompok, yaitu motivasi tinggi dan motivasi rendah. Data dikumpulkan dengan kuesioner untuk motivasi belajar dan dengan tes untuk hasil belajar bahasa Indonesia. Analisis data menggunakan teknik ANOVA dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan hasil belajar bahasa Indonesia antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan yang mengikuti model pembelajaran konvensional, 2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia, di mana model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih unggul daripada model pembelajaran konvesional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa SMPN di Karawang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia
Citra dan Hakikat Perempuan dalam Novel The Other Einstein Karya Marie Benedict: Tinjauan Feminisme Sastra Muhamad Mukhlis
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 03 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.136 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i03.6693

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan citra perempuan dan hakikat perempuan dalam novel The Other Einstein karya Marie Benedict. Hasil analisis dari klasifikasi citra perempuan yang mengindikasikan Mileva sebagai tokoh perempuan yang hidup dijamannya, ditemukan empat citra perempuan yang terdapat dalam kepribadian tokoh utama, yaitu (1) citra diri secara fisik; perempuan cacat namun cerdas ; (2) citra diri secara psikis; berpikir, perperasaan, dan beraspirasi feminim; (3) citra sosial dalam keluarga; Mileva berperan baik sebagai istri dan ibu; (4) citra sosial dalam masyarakat; Mileva mengalami kehidupan sosial dijaman itu dimana perempuan harus dibawah sosok pria. Hakikat perempuan dalam novel dijelaskan dalam empat klasifikasi, yaitu (1) perempuan memiliki kesamaan kedudukan antara pria dan perempuan; (2) perempuan adalah partner kaum pria; (3) Pengakuan karya dan peran perempuan; (4) Kesempatan yang sama dalam pendidikan. Selain itu hakikat perempuan pada novel ini juga dikelompokkan menjadi : (1) hakikat Perempuan sebagai istri dan ibu; (2) Perempuan sebagai akademisi; (3) Perempuan sebagai karyawati.Kata Kunci : Citra Perempuan, Hakikat Perempuan
Pengaruh Motivasi Ekstrinsik Dan Persepsi Siswa Pada Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Hartinie Hartinie
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 03 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.546 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i03.6689

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Ekstrinsik dan Persepsi siswa pada perpustakaan sekolah terhadap Hasil belajar bahasa Indonesia. Hipotesis penelitian ini meliputi: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Motivasi Ekstrinsik dan Persepsi siswa pada perpustakaan sekolah secara bersama-sama terhadap hasil belajar bahasa Indonesia, 2. Terdapat pengaruh yang signifikan Motivasi Ekstrinsik terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia 3. Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi siswa pada perpustakaan sekolah terhadap Hasil belajar bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey deskriptif dengan mengambil sampel sebanyak 88 siswa kelas X tahun ajaran 2018/2019 yang berasal dari tiga Sekolah Menengah Kejuaruan Negeri Kota Tangerang Selatan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi ekstrinsik dan  persepsi siswa pada perpustakaan sekolah  secara bersama-sama terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Fhitung = 6,919 dan Sig. 0,002 < 0,05. Secara bersama-sama variabel motivasi ekstrinsik dan persepsi siswa pada perpustakaan sekolah memberikan kontribusi sebesar 14 % terhadap variabel hasil belajar bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kota Tangerang Selatan. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung = 3,282 dan Sig. 0,001 < 0,05. Variabel motivasi ekstrinsik memberikan kontribusi sebesar 10,09 % dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kota Tangerang Selatan. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa pada perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung = 2,186 dan Sig. 0,032 < 0,05. Variabel persepsi siswa pada perpustakaan sekolah memberikan kontribusi sebesar 3,91 % dalam meningkatkan  hasil belajar bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kota Tangerang Selatan.. Kata Kunci: Motivasi ekstrinsik, persepsi siswa pada perpustakaan sekolah, hasil belajar bahasa Indonesia
Kritik Sosial dan Nilai Moral dalam Kumpulan Cerpen Lelucon Para Koruptor Karya Agus Noor Nurul Fajri
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 03 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.445 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i03.6694

Abstract

Kritik Sosial dan Nilai Moral: dalam Kumpulan Cerpen Lelucon Para Koruptor karya Agus Noor dalam Membangun Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Leuwidamar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek kritik sosial dan nilai moral kumpulan cerpen Lelucon Para Koruptor dalam membangun pendidikan karakter. Penelitian ini berbentuk kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis isi. Sumber data yang digunakan berupa buku kumpulan cerpen  Lelucon Para Koruptor. Sampel penelitian diambil dengan cara mereduksi setengah dari jumlah cerpen dalam buku. Data yang dianalisis berupa aspek kritik sosial meliputi; kritik relevansi keadaan, sikap masyarakat/ aparat/ pemerintah dan sikap individu yang egois/ tidak bertanggung jawab. Nilai moral yang mliputi: sosial, akhlak, etika, dan susila. Serta muatan nilai pendidikan karakter berupa kristalisasi nilai karakter utama yakni, religius, nasionalis, gotongroyong, integritas dan mandiri. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan sebagai berikut. Pertama, aspek kritik sosial sebanyak 48 temuan. Kedua, aspek nilai moral sebanyak 29 temuan. Ketiga, nilai pendidikan karakter 17 temuan. Keempat, terdapat relevansi dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X dalam kurikulum 2013 edisi revisi pada KD 3.8 membandingkan dan KD 4.8 mengembangkanKata kunci: Kritik sosial, nilai moral, pendidikan karakter, cerpen.
Nilai Religius dan Eksistensi Perempuan dalam Novel Cinta Di Ujung Sajadah Karya Asma Nadia Hendar Hendar
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 03 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.207 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i03.6690

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai religius dan eksistensi perempuan dalam Cinta di Ujung Sajadah karya Asma Nadia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan objektif dengan analisis data menggunakan analisis isi (Content Analisys). Dalam hal ini, peneliti akan mengungkapkan isi atau nilai-nilai Religius dan eksistensi perempuan yang terkandung dalam novel Cinta di Ujung Sajadah karya Asma Nadia. Hasil penelitian Nilai akidah (keimanan) adalah 10 kutipan dengan prosentase 15,15%, nilai syariah (ibadah), adalah 3 kutipan dengan prosentase 4,55%, Nilai akhlak (budi pekerti), meliputi ditemukan 7 kutipan dengan prosentase 10,61%, Eksistensi perempuan sebagai pribadi terdapat 28 kutipan dengan prosentase 42,42%. Eksistensi perempuan sebagai anggota keluarga karya Asma Nadia terdapat 13 kutipan dengan prosentase 19,70%. Eksistensi perempuan sebagai anggota masyarakat terdapat 5 kutipan dengan prosentase 7,57%.Kata Kunci: Nilai Religius, Eksistensi Perempuan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10