cover
Contact Name
Yulia Febriyati
Contact Email
yuliafebriyati27@gmail.com
Phone
+6285363850807
Journal Mail Official
yuliafebriyati27@gmail.com
Editorial Address
JL. Elak Batugajah Airmolek Kec. Pasirpenyu kab. Indragiri Hulu Riau 29352
Location
Kab. indragiri hulu,
Riau
INDONESIA
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
ISSN : 19078285     EISSN : 26862387     DOI : 10.55558
Core Subject : Education,
Education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues of educational institutions, educational environment and parenting.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 14 No. 2 (2019): Oktober : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran" : 7 Documents clear
KETERAMPILAN PENDIDIK MENGKOMBINASIKAN METODE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDKIKAN AGAMA ISLAM Usman Usman
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 14 No. 2 (2019): Oktober : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.501 KB) | DOI: 10.55558/alihda.v14i2.28

Abstract

Belajar adalah suatu kegiatan yang dilakukan  dengan  melibatkan unsur rohani dan jasmani. Belajar merupakan serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku ke arah yang lebih baik, sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, efektif, dan psikomotor. Dalam proses pembelajaran seorang guru haruslah memiliki metode yang tepat agar mampu melaksanakan pengelolaan kegiatan pembelajaran dengan baik. Mengajar mengandung tujuan agar peserta didik dapat mengembangkan diri yang dengan pengembangan diri itu mengalami perubahan tingkah laku. Bahan pengajaran yang disampaikan berproses melalui metode tertentu, sehingga dengan metode yang digunakan tujuan pengajaran dapat tercapai. Tidak ada sebuah metode pembelajaran yang sempurna, karena setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan. Karena itulah penggunaan sebuah metode akan efektif jika ditopang oleh metode yang lain, dan setiap pendidik dituntut agar terampil dalam mengkombinasikan metode-metode pembelajaran, agar proses pembelajaran berjalan dengan aktif dan menyenangkan.
IMPLEMENTASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR (Pemanfaatanya Bagi Peserta Didik) Muli Prima Aldi
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 14 No. 2 (2019): Oktober : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.705 KB) | DOI: 10.55558/alihda.v14i2.29

Abstract

The value and benefits of the school library as a learning resource do not mean anything for teaching if its existence is not utilized optimally, so this requires the attention of students and teachers to better utilize it. To obtain maximum learning outcomes students must enhance interaction with these learning resources. Thus students should have high motivation and creativity to use the school library as a source of learning so that it becomes a positive habit in themselves. In addition through the school library students can educate themselves on an ongoing basis.
STUDI ANALISIS TERHADAP FATWA DSN-MUI TENTANG DENDA KETERLAMBATAN PADA CREDIT CARD SYARI’AH Yulia Febriyati
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 14 No. 2 (2019): Oktober : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.831 KB) | DOI: 10.55558/alihda.v14i2.30

Abstract

Para ulama berbeda pendapat tentang kebolehan denda keterlambatan pembayaran utang pada kartu kredit syariah. Fatwa DSN-MUI membolehkan sanksi denda yang dikenakan kepada nasabah yang mampu tetapi menunda-nunda pembayaran utangnya dengan sengaja. Denda yang di peruntukan nantinya sebagai dana sosial. Para ulama kontemporer berbeda pendapat menanggapi masalah denda ini. Sebagian ulama membolehkan diadakannya denda supaya memberikan efek jera kepada nasabah yang mampu tetapi membayar utangnya. Sebagian ulama lain tidak membolehkan tentang denda karena denda yang dikenakan mengandung unsur riba 
PERAN DIDIKAN KELUARGA DALAM MEMBANGUN GENERASI BANGSA YANG BERKARAKTER Denny wahyuni
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 14 No. 2 (2019): Oktober : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.058 KB) | DOI: 10.55558/alihda.v14i2.31

Abstract

If the implementation of the role of parents as natural educators can be carried out well, then the process of forming a nation's generation of character will be more easily realized.
IMPROVING THE STUDENTS’ ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT BY USING CHAIN WRITING Novri Susanti Suparman
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 14 No. 2 (2019): Oktober : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.468 KB) | DOI: 10.55558/alihda.v14i2.32

Abstract

Writing is most likely to encourage thinking and learning when the students view writing as a process. By recognizing that writing is a recursive process and every writer uses process in a different way, students experience less pressure to “get it right the first time” and more willing to experiment, explore, revise, and edit. Yet, novice writers need to practice “writing” or exercises that involved copying or reproduction of learned material in order to learn the conventions of spelling, punctuation, grammatical agreement, and the like. Furthermore, students need to write in the language through engaging in variety of grammar practice activities of controlled nature
KONSEP DAN PERAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA Afrida Yanis
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 14 No. 2 (2019): Oktober : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.018 KB) | DOI: 10.55558/alihda.v14i2.33

Abstract

MSDM pada hakikatnya adalah aktivitas-aktivitas manajemen yang dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengembangan dan pengawasan dalam melakukan kerja sama untuk mencapai tujuan organsiasi secara efektif dan efesien yang mementingkan unsur manusia sebagai sumber daya yang cukup potensial dan perlu dikembangkan sedemikian rupa sehingga mampu memberikan kontribusi yang maksimal bagi organisasi dan bagi pengembangan dirinya. Untuk itu sudah seyogyanya SDM yang ada dalam setiap lembaga maupun organisasi diberikan pelatihan dan pembinaan mengenai MSDM yang bertujuan agar setiap anggota organisasi memahami fungsi, hak dan kewajibannya dalam organisasi, dan adanya dorongan dari berbagai pihak dalam pelaksanaan MSDM dalam meningkatkan mutu SDM agar terciptanya keefektifan, keefesienan dan keproduktifan demi tercapainya tujuan yang diharapkan. 
PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 PERANAP KECAMATAN PERANAP KABUPATEN INDRAGIRI HULU Leni Fitrianti
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 14 No. 2 (2019): Oktober : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.79 KB) | DOI: 10.55558/alihda.v14i2.35

Abstract

Kinerja guru mencerminkan kemampuan kerja guru yang terlihat dari penampilan kerja guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru. Jika kemampuan kerja seorang guru bagus, maka kinerjanya juga akan semakin tinggi. Sebaliknya jika kemampuan kerja seorang guru tidak bagus, maka kinerjanya juga  akan semakin rendah. Kepuasan kerja adalah keadaan emosi yang senang atau emosi positif yang berasal dari penilaian pekerjaan atau pengalaman kerja seseorang. Kepuasan kerja adalah hasil dari persepsi guru mengenai seberapa baik pekerjaan mereka memberikan hal yang dinilai penting. Penelitian ingin membuktikan apakah ada pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru di SMKN I Peranap. Dengan menggunakan teknik analisa product moment, didapatkan hasil yang menunjukan hipotesa alternatif diterima dan hipotesa nihil ditolak. Artinya ada pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru di SMKN I Peranap. Hal ini ditunjukan oleh nilai ( ) lebih besar dari pada nilai r tabel baik pada taraf signifikansi 1% (0, 418) maupun 5% (0,325).

Page 1 of 1 | Total Record : 7