cover
Contact Name
Yulia Febriyati
Contact Email
yuliafebriyati27@gmail.com
Phone
+6285363850807
Journal Mail Official
yuliafebriyati27@gmail.com
Editorial Address
JL. Elak Batugajah Airmolek Kec. Pasirpenyu kab. Indragiri Hulu Riau 29352
Location
Kab. indragiri hulu,
Riau
INDONESIA
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
ISSN : 19078285     EISSN : 26862387     DOI : 10.55558
Core Subject : Education,
Education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues of educational institutions, educational environment and parenting.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 75 Documents
MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH Edi Marwan
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 12 No. 2 (2017): Oktober : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (548.468 KB) | DOI: 10.55558/alihda.v12i2.2

Abstract

Quality in the context of integrated quality management or Total Quality Management (TQM) is not only an idea, but a philosophy and methodology in helping institutions to manage changes in totality and systematic, through changes in values, vision, mission and goals. Because in the world of quality education graduates of a school are assessed based on their ability to suit the goals set in the curriculum.
KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS DALAM MENCIPTAKAN KONDISI BELAJAR YANG KONDUSIF adam saleh
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 12 No. 2 (2017): Oktober : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (747.676 KB) | DOI: 10.55558/alihda.v12i2.3

Abstract

Dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 disebutkan bahwa seseorang guru  berkewajiban menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis, dan diologis, suasana pendidikan berkaitan dengan kondisi kelas. Apabila kondisi kelas telah kondusif maka guru dapat menjalankan proses pembelajaran dengan lancar. dan siswa pun dapat belajar dengan tenang, sehingga akhirnya hasil yangdiperoleh siswa dalam belajar pun menjadi optimal, yang terlihat dalam prestasi tinggi
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TINGKAT SEKOLAH DASAR Denny Wahyuni
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 12 No. 2 (2017): Oktober : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (701.513 KB) | DOI: 10.55558/alihda.v12i2.4

Abstract

Penerapan pembelajaran tematik dapat memberikan keterhubungan antara satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lainnya dalam rangka memperbaiki dan meningkatkan kualitas belajar siswa. Dengan penerapan pembelajaran tematik akan membantu para siswa membangun kebermaknaan konsep-konsep dan prinsip-prinsip yang baru dan lebih kuat. Fokus perhatian dalam pembelajaran tematik terletak pada proses yang ditempuh siswa saat berusaha memahami isi pembelajaran sejalan dengan bentuk-bentuk keterampilan yang harus dikembangkannya. Pembelajaran tematik sebagai pembelajaran terpadu yang mana dalam pelaksanaannya kegiatan penyampaian materi pelajaran disajikan secara terpadu atau terintegrasi antara satu mata pelajaran dengan yang lainnya. Secara sederhana,Pembelajaran Tematik dapat diartikan sebagai pembelajaran yang memuat konsep pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untukmengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada para peserta didik
BAHAYA RIBA DALAM EKONOMI ISLAM Moch. Khoirul Anam
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 12 No. 2 (2017): Oktober : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (985.508 KB) | DOI: 10.55558/alihda.v12i2.5

Abstract

Diskursus mengenai riba lama diperbincangkan baik dalam tataran akademik maupun pada kitab-kitab Turast Islamiyah, ulama salaf hingga para ekonom Muslimkontemporer. Akan tetapi, hingga saat ini masalah riba masih saja terjadi diberbagaiaktivitas ekonomi, baik dalam aktivitas jual beli, hutang piutang, maupun transaksitransaksi dalam mu’amalah (ekonomi Islam), riba tidak hanya dipandang sebagai halyang haram untuk dilakukan, seperti yang telah dijelaskan dalam al-Qur’an setidaknyaada empat tahap ayat riba, akan tetapi keberadaannya tidak memiliki moralitas (amoral)keluar dari etika ekonomi bagi pelaku riba. Larangan riba tidak hanya terjadi pada masaIslam, melainkan sebelum Islam menjadi agama, agama lain (Yahudi dan Nasrani) dannnon muslim lainnya juga melarang pengambilan riba. Dengan demikian, riba membutuhkan penjelasan secara kongkrit baik dari segilegalitas dalam hukum Islam, sejarah, dampak dari pengambilan riba dan pandanganIslam terhadap riba. Dalam prakteknya riba terbagi atas empat macam; riba nasi’ah (ribapenundaan), riba fadhl (riba perniagaan), riba yad (sebelum serah terima barang) dan ribaQardhi (riba pinjaman). Dan ada pula barang-barang yang mengandung riba yang telahdisepakati oleh ulama, bahwa terdapat enam barang, sebagaiman hadis menjelaskan yangdimasuki riba, adalah emas, perak, gandum putih, gandum merah, kurma dan garam.Oleh sebab itu, tulisan jurnal ini membahas secara intensif dan komprehensif yangjauh mengupas diskursus telaah sendiri tentang riba dan hal-hal yang terkait di dalamnya,seperti mengupas aspek kebahasaan, dari al-Qur’an maupun al-Hadis disertai Asbab alNuzul dan asbab al-wurud, pendapat para fuqaha dan mufassir kontemporer, Illat riba,dampak riba, serta seputar bunga bank), yang pada akhir-akhir ini menjadi perbincangankembali diranah public dan akademis, serta menjadi budaya faham ribawi era milenialtentu menjadi frekuwensi melemahnya ekonomi Islam, hal ini menjadi masalah barudalam pengembangan proyeksi ekonomi Islam di Negeri ini.
PERAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA KOTA PEKANBARU DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK Rahmadanni Pohan
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 12 No. 2 (2017): Oktober : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (691.034 KB) | DOI: 10.55558/alihda.v12i2.6

Abstract

Teachers are professionals who are tasked with planning and implementing the learning process, assessing the results of learning, guiding and training, and conducting research and community service. There are a number of things that cause low public recognition of the teaching profession, namely the low level of professional competence,teacher mastery of the material and teaching methods are still below the standard. Thepurpose of this study was to determine the role of Madrasah Ibtidaiyah teachers in the thematic learning process and find out what are the factors that support the role of Madrasah Ibtidaiyah teachers in the thematic learning process.Qualitative descriptive research (naturalistic approach) from January to June2018 in Private Islamic Madrasah in Pekanbaru City. Data collection technique;nonparticipant observation, interviews, and documentation. Data analysis is reduction,display, and conclusion drawing / verification and source and technique triangulation.The results are indicated by the job description of the teacher in carrying out their duties as they should be able to increase the teacher's role in thematic learning,both in professional, social, personality, and pedagogic competence.
AL-ASY’ARY DAN PAHAM AHL AL-SUNNAH WA AL-JAMÂAH Ahmad Mantiq Alimuddin
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 12 No. 2 (2017): Oktober : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1036.237 KB) | DOI: 10.55558/alihda.v12i2.7

Abstract

A statement stated that al-Ash’ari holed up at home for fifteen days after doing theological dialogue with al-Juba’i, one of mu’taziliy followers , to diligently and correctively write mu’tazila teachings. This is a starting point for grow of Ash’ari’steaching where there ulama born to spread the teachings. So, the teachings were widespread in all parts of the world.
KONSEP DASAR GADAI DALAM ISLAM Arfah
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 13 No. 1 (2018): Mei : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (880.248 KB) | DOI: 10.55558/alihda.v13i1.8

Abstract

stilah gadai (Rahn) adalah menahan salah satu harta milik si peminjam sebagai jaminan atas pinjaman yang diterimanaya. Barang yang ditahan tersebut menpunyai nilai ekonomi. Barang yang dititipkan pada si piutang dapat kembali dalam jangka waktu tertentu yang telah disepakati antara nasabah dangan pegadaian. Gadai dalam fiqih di sebut rahn yang menurut bahasa adalah nama barang yang dijadikan sebagai jaminankepercayaan. Sedangkan menurut syara’ artinya menyandara sejumblah harta yang diserahkan sabagai jaminan secara hak, tetapi dapat diambil kenbali sebagai tebusan. Hukum gadai bole sama seperti jual beli. Sabagaimana dijelaskan Allah SWT dalam Alqur’an Al-Baqorah:283  
PENGEMBANGAN SILABUS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN GURU TERHADAP KOMPETENSI SISWA Juni Erpida Nasution
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 13 No. 1 (2018): Mei : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (739.764 KB) | DOI: 10.55558/alihda.v13i1.9

Abstract

Government of Indonesia has decided educational unit curriculum as an operational curriculum which can be played up by every unit of education. It is played up in contain standard, curriculum component, curriculum structure, competence standard, educational calender, syllabus, teaching plan and so on. Especially, syllabus must be formulated by a teacher through teachers’ cooperation of lessons in certain school. 
PENGARUH PENGENDALIAN PIUTANG TERHADAP EFEKTIVITAS LABA PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM KARYA MULYA RENGAT Kusmana
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 13 No. 1 (2018): Mei : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (783.028 KB) | DOI: 10.55558/alihda.v13i1.10

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Koperasi Simpan Pinjam Karya Mulya Rengat yang berlangsung lebih kurang selama 6 bulan (enam) bulan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pengendalian Piutang Terhadap Efektivitas Laba pada KoperasiKarya Mulya Rengat. Metode penelitian dengan menggunakan Teknik pengumpulan data Observasi dan pengumpulan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, koefisien korelasi dan uji t untuk mengetahui pengaruh pengendalian piutang terhadap efektivitas laba pada koperasi simpan pinjam karya mulya rengat, dimana penelitian ini jugadilakukan dengan membaca dan mempelajari berbagai literatur yang berhubungan dengan masalah yang diteliti yang bersumber dari buku-buku relevan dengan topic penelitian ini.Kesimpulan dari hasil penelitian diatas adalah adanya pengaruh  efektivitas laba pada koperasi simpan pinjam karya mulya rengat. Dan hubungan yang kuat dan positif (+) artinya searah.
PENGARUH DIDIKAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Denny wahyuni
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 13 No. 1 (2018): Mei : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.133 KB) | DOI: 10.55558/alihda.v13i1.11

Abstract

Didikan orang tua adalah upaya dasar yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam hal untuk meningkatkan mutu pendidikan anaknya baik di lingkungan rumah maupun di sekolah. Didikan orang tua adalah bagaimana cara orang tua dalam mengarahkan siswa dalam mengamalkan ajaran pendidikan agama Islam bagi anaknya