cover
Contact Name
Yulia Febriyati
Contact Email
yuliafebriyati27@gmail.com
Phone
+6285363850807
Journal Mail Official
yuliafebriyati27@gmail.com
Editorial Address
JL. Elak Batugajah Airmolek Kec. Pasirpenyu kab. Indragiri Hulu Riau 29352
Location
Kab. indragiri hulu,
Riau
INDONESIA
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
ISSN : 19078285     EISSN : 26862387     DOI : 10.55558
Core Subject : Education,
Education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues of educational institutions, educational environment and parenting.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 67 Documents
DOSEN SEBAGAI FASILITATOR DALAM PENDIDIKAN ISLAM Mariatul Hikmah
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 17 No. 2 (2022): Oktober : Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dosen dikatakan sebagai pendidik yang memberikan pesan kepasa para mahasiswa nya terkait bahan ajar dan bimbingan sikap hingga mahasiswa menjadi produk dewasa yang memiliki keiluan yang tinggi, tanpa hadirnya seorang dosen dala khazanah pendidikan di pendidikan tiggi, maka tidak akan melahirkan para sarjana-sarjana dalam berbagai bidang keilmuan sesuai dengan kompetensi para sarjana. Makna dosen sebagai fasilitator, bagaimana seorang dosen bisa memberikan fasilitas kepada para mahasiswa berupa keaktifan wawasan keilmuan, debat ilmiah, sehingga para mahasiswa nya akan menjadi manusia-manusia yang berani dalam mempertahankan sebuah kebenaran, mahasiswa yang selalu haus akan ilmu, dan yang terpenting mampu menjadikan mahasiswa yang berkompetisi secara sehat dan menjadi sebuah habit yang bermakna tat kala mereka masuk dalam dunia pekerjaan siap akan eksistensi yang mereka bawa serta berjiwa besar, iklas, memberikan kritikan berdasarkan realita yang dilihat berdasarkan pada sebuah kebenaran dan tidak dari sudut pandang sendiri saja. Dengan tercapainya tujuan dosen sebagai fasilitatr, maka diharakan para mahasiswa kita lulus saing dimanapun mereka bekerja.
MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN Muli Prima Aldi
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 17 No. 2 (2022): Oktober : Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Education is a process of humanization through the appointment of human beings to the human level. That is, education is to bring people out of ignorance, by opening the actual-transcendent veil of human nature (humannes). The learning process also requires efforts to understand how individuals are different from others (individual differences). On the other hand, understanding how to be human like other humans (equality in specieshood or humanes). The educational process should provide an inside out place for self-empowerment based on one's own paradigm, character and motives. With self-awareness and self-insight, students can "connect" with themselves and have a deeper understanding of themselves.
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE TARGHIB WA TARHIB DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Usman
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 17 No. 2 (2022): Oktober : Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberhasilan seorang Pendidik dalam menyampaikan materi dikelas dan dapat direspon dengan baik oleh peserta didik, bukan saja kebutuhan kompetensi guru dalam menguasai materi pembelajaran, tetapi ada unsur lain yang juga cukup menentukan berhasil tidaknya proses pembelajaran di kelas yaitu metode. Banyak sekali macam-macam metode yang dapat digunakan Pendidik dalam proses pembelajaran, walaupun tidak ada sebuah metodepun yang sempurna tanpa ditopang oleh metode lainnya, namun ada salah satu metode yang dominan dapat digunakan dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran Pendidikan Agama Islam, metode tersebut adalah metode Targhib wa Tarhib yang jika digunakan sesuai prosedurnya akan lebih efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, baik materi Akidah, Ibadah maupun Akhlak.
PENGARUH KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER TERHADAP KINERJA TENAGA ADMINISTRASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 017 CANDI REJO KECAMATAN PASIR PENYU KABUPATEN INDRAGIRI HULU Leni Fitrianti
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 17 No. 2 (2022): Oktober : Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang sangat berperan dalam peningkatan mutu pendidikan. Sebagai pemimpin di lingkungan sekolahnya, kepala sekolah tidak hanya wajib melaksanakan tugas-tugas administrasi tapi juga menyangkut tugas-tugas bagaimana harus mengatur seluruh program sekolah. Dia harus mampu memimpin dan mengarahkan aspek-aspek baik administrasi maupun proses kependidikan di sekolahnya, sehingga sekolah yang dipimpinnya menjadi dinamis dan dialektis dalam usaha inovasi. Keterampilan manajerial kepala sekolah diharapkan mampu memberdayakan kinerja tenaga kependidikan melalui kerjasama yang koperatif. Termasuk tenaga administrasi sekolah. Pekerjaan sebagai tenaga administrasi bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Kinerja atau Tugas Pegawai Tata Usaha meliputi Administrasi Keuangan, Administrasi Sarana dan Prasarana, Administrasi Hubungan Sekolah dengan Masyarakat, Administrasi Persuratan dan Pengarsipan, Administrasi Kesiswaan dan Administrasi Kurikulum. Kinerja tenaga administrasi sangat mempengaruhi keberhasilan sekolah mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu, kepala sekolah sebagai manajer harus mampu mengelola tenaga administrasi dengan baik sehingga dapat meningkatkan kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kepala sekolah sebagai manajerial terhadap kinerja tenaga administrasi yang ditentukan dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Kepala Sekolah sebagai manajer terhadap kinerja tenaga administrasi di Sekolah Dasar Negeri 017 Candi Rejo Kecamatan Pasir Penyu, hal ini didasarkan dari analisis harga rhitung sebesar 0,621 ≥ rtabel pada taraf signifikan 5% (0,576). Dari hasil inteprestasi koefisien korelasi menunjukkan tingkat pengaruh kedua variabel pada kategori “Kuat”. Sumbangan variabel Kepala Sekolah sebagai manajer terhadap kinerja tenaga administrasi di Sekolah Dasar Negeri 017 Candi Rejo Kecamatan Pasir Penyu sebesar 78,8%. Sementara sisanya 21,2% disumbangkan variabel lain.
ANALISIS KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN DI MESIR Juni Erpida Nasution
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 17 No. 2 (2022): Oktober : Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mesir yang terkenal dengan sebutan ardhul anbiyâ (negeri para nabi), memang telah menjadi kiblat keilmuan keislaman dunia. Di samping mempunyai segudang peradaban, negeri seribu menara ini juga merupakan gudang segala ilmu. Negara ini seakan memiliki magnet tersendiri. Terbukti, Mesir telah memikat jutaan hati para pelajar dari berbagai penjuru dunia untuk menimba ilmu di sana. Tentunya, semua ini tak lepas dari peran al-Azhar: pusat pendidikan tertua yang telah melahirkan banyak ulama dunia. Keberhasilan pendidikan memiliki hubungan erat dengan sumber Daya Manusia (SDM) yang bermutu, hal ini tentunya memberikan kontribusi bagi perkembangan sebuah negara, bahkan dunia. Lembaga pendidikan di Mesir memberikan perhatian yang lebih pada pendidikan terutama kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang berkiprah di dunia pendidikan mesir.tenaga pendidikan di mesir berasal dari orang-orang yang terbaik dan dipilih untuk menjadi guru. Dengan adanya pilihan berdasarkan orang yang terbaik, hasil dari proses pembelajaran yang dilakukannya di kelas akan lebih baik.
PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF HADITS; Kajian Konsep al-Tarbiyah, al-Ta´lim, al-Ta´dib dan al-Tazkiyah Nurwahid Ihsanudin
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 17 No. 2 (2022): Oktober : Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Konsep pendidikan formal, informal maupun non formal dalam perspektif pendidikan Islam pada dasarnya tidak hanya ditujukan untuk membekali peserta didik agar memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan, akan tetapi juga memiliki kecerdasan emosional, sosial dan spiritual. Hal inilah yang akan membentuk mereka menjadi manusia yang berkarakter insān kāmil. Terkait dengan hal ini, dalam filsafat pendidikan Islam dikenal istilah tarbiyah, ta’lim, ta’dib, tahdzib, dan tazkiyah. Istilah ta’dib sesungguhnya adalah yang paling tepat dipergunakan sebab istilah ini tidak hanya mengandung konsep transfer ilmu pengetahuan, akan tetapi juga transfer nilai kepada peserta didik.
PERSEPSI QORI TERHADAP PENGUCAPAN KONSONAN BAHASA ARAB Hamza Pansuri; Yarno Eko Saputro
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 17 No. 2 (2022): Oktober : Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui persepsi qori terhadap konsonan bahasa Arab yang mirip pengucapannya bagi penutur bahasa Indonesia. Empat narasumber dalam penelitian ini diwawancarai dan dites untuk mengetahui cara pengucapan konsonan yang mirip. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mengucapkan bahasa Arab dianalisis melalui empat komponen: pita suara, titik artikulasi, lidah, dan cara pengucapan konsonan bahasa Arab.
IMPLEMENTASI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROFESONALISME GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS Lia Amelia
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 17 No. 2 (2022): Oktober : Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

English is very important especially when it comes to education. In addition, through English we can introduce the cultural and linguistic diversity of this nation to those who naturally want to know about this nation. English is very much needed in the national and international arena. Learning English is not difficult so it's easy to understand. Lesson study appears as an alternative to overcome problems in the teaching and learning process, as learning from the learning process to create more practical and effective learning. This article uses a qualitative descriptive method. Qualitative descriptive is a way of uncovering and studying data from books, offline and online articles and other sources and explaining a phenomenon, event, current event, and describing a picture or painting in a systematic, factual and accurate manner regarding facts, characteristics properties in the form of relationships between the phenomena investigated, so that researchers can extract important data and write it down in this article. The results of the research are knowing how the application of lesson study can increase teacher professionalism in learning English so that teachers become more professional in explaining their duties.
MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH Edi Marwan
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 12 No. 2 (2017): Oktober : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (548.468 KB) | DOI: 10.55558/alihda.v12i2.2

Abstract

Quality in the context of integrated quality management or Total Quality Management (TQM) is not only an idea, but a philosophy and methodology in helping institutions to manage changes in totality and systematic, through changes in values, vision, mission and goals. Because in the world of quality education graduates of a school are assessed based on their ability to suit the goals set in the curriculum.
KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS DALAM MENCIPTAKAN KONDISI BELAJAR YANG KONDUSIF adam saleh
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 12 No. 2 (2017): Oktober : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (747.676 KB) | DOI: 10.55558/alihda.v12i2.3

Abstract

Dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 disebutkan bahwa seseorang guru  berkewajiban menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis, dan diologis, suasana pendidikan berkaitan dengan kondisi kelas. Apabila kondisi kelas telah kondusif maka guru dapat menjalankan proses pembelajaran dengan lancar. dan siswa pun dapat belajar dengan tenang, sehingga akhirnya hasil yangdiperoleh siswa dalam belajar pun menjadi optimal, yang terlihat dalam prestasi tinggi