cover
Contact Name
Agrustiani
Contact Email
ijoulabs@gmail.com
Phone
+6282128739145
Journal Mail Official
jurnalijsr@gmail.com
Editorial Address
Greenland Sendang Residence Blok.D No.02, Sendang,Kec. Sumber, Cirebon, Provinsi Jawa Barat, 45611
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Journal of Social Research
ISSN : 28279832     EISSN : 2828335x     DOI : https://doi.org/10.55324
The Journal of Social Research is a double blind peer-reviewed academic journal and open access to social and scientific fields. The journal is published monthly by International Journal Labs. The Journal of Social Research provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within the focus and scopes of the journal which can be examined empirically. The journal publishes research articles covering all aspects of social sciences, ranging from Management, Economics, Culture, Law, Public Health, and Education that belong to the social context.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2022): Journal of Social Research" : 16 Documents clear
PEMAHAMAN PERMINTAAN KONSUMEN DAN KEMAMPUAN UNTUK BERKOMPETISI SECARA GLOBAL PADA PT. CAKRA ADHI DARMA RAYA ( SEPEDA MOTOR ) KOTAPINANG Amelia Padillah Siregar; Nuri Aslami
Journal of Social Research Vol. 1 No. 3 (2022): Journal of Social Research
Publisher : International Journal Labs

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.363 KB) | DOI: 10.55324/josr.v1i3.35

Abstract

Perkembangan dunia usaha dewasa ini ditandai dengan makin tajamnya persaingan, khususnya dalam pengelolaan unit usaha perusahaan. Kondisi ini tidak saja dialami perusahaan swasta tapi juga untuk perusahaan pemerintah, karena masing-masing perusahaan mempunyai arah dan tujuan yang sama yaitu mengelola sebuah bisnis yang menguntungkan. Mengingat begitu tinggi resiko yang ditimbulkan dari pengelolaan bisnis, maka perusahaan swasta dan pemerintah mempunyai tujuan untuk memuaskan pelanggan. Adapun cara dalam menciptakan kepuasan pelanggan itu dengan jalan memberikan layanan yang baik dan ramah pada pelanggan, melakukan promosi yang menyakinakan buat pelanggan, karena pelanggan dianggap sebagai raja sehingga perusahaan harus memenuhi segala keinginan pelanggan.PT. Cakra Adhi Darma Raya merancang dan menghasilkan produknya berupa sepeda motor Honda tipe Matic beat dari segi kelengkapan fungsi (fitur), desain, pilihan warna, keunggulan, dan daya tahan sangat lengkap dan unggul dan berhasil menetapkan harga sesuai dengan kebutuhan konsumen dalam persaingan dan biaya yaitu harga, pengaruh harga, dan keterjangkauan harga. Kemudian telah melakukan promosi produk dengan baik, seperti advertising, sales promotion, ataupun personal selling. PT. Cakra Adhi Darma Raya juga dinilai sudah mampu bersaing secara sangat baik dari segi persaingan merek jika dibandingkan dengan merek sepeda motor lainnya. Dan dalam hal persaingan bentuk juga sudah mampu bersaing secara baik karena Honda beat bentuknya lebih sederhana dan bagus
PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP BRAND EQUITY Febriana Sakina; Nuri Aslami
Journal of Social Research Vol. 1 No. 3 (2022): Journal of Social Research
Publisher : International Journal Labs

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.013 KB) | DOI: 10.55324/josr.v1i3.36

Abstract

Social media merupakan media baru yang berkembang pesat di Indonesia. Media tersebut dapat digunakan untuk membangun ekuitas merek sebuah perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan seberapa besar pengaruh social media marketing dalam Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna media sosial sebagai aplikasi sosial yang memungkinkan pembuatan, pertukaran, serta berbagi informasi berupa foto dan gambar yang telah dibuat oleh pengguna berbasis internet dan teknologi. Pemasaran media sosial merupakan sarana yang berguna bagi masyarakat untuk mengenal dan memahami suatu hubungan dan memenuhi sesuatu yang dicari atau dibutuhkan konsumen yang dibangun melalui media sosial secara efektif dan efisien. Keterampilan dan kecerdasan seseorang atau konsumen dalam suatu produk atau layanan yang digunakan dari nama dan merek tertentu dikenal sebagai kesadaran merek. Penelitian ini menggunakan metodologi studi kualitatif dengan analisis data yaitu studi pustaka
PENGARUH KUALITAS PRODUCT, BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN Mega Safitri; Melia Br Ginting; Aminur Alfi Syahrin; M. Rifani Sihotang; Suhairi
Journal of Social Research Vol. 1 No. 3 (2022): Journal of Social Research
Publisher : International Journal Labs

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.05 KB) | DOI: 10.55324/josr.v1i3.38

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian mie instan merek indomie. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Desa Pematang Johar Kec. Labuhan Deli pada acara Car Free Day dan sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 responden dengan menggunakan Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah salah satu teknik non-probability sampel yaitu sampling purposive.. Analisis yaKualitas Produkng digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Terdapat pengaruh simultan kualitas produk, harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada produk mie instan merek Indomie.Terdapat pengaruh parsial kualitas produk, harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada produk mie instan merek Indomie.
PERAN HUKUM PADA TRANSAKSI BISNIS INTERNASIONAL DI ERA PERDAGANGAN BEBAS Aminur Alfi Syahrin alfi; Nuri Aslami
Journal of Social Research Vol. 1 No. 3 (2022): Journal of Social Research
Publisher : International Journal Labs

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.283 KB) | DOI: 10.55324/josr.v1i3.41

Abstract

Latar Belakang: Lalu lintas perdagangan saat ini sangat maju dengan pesatnya, pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat didapat tidak hanya berasal dari wilayahnya sendiri. Kebutuhan yang terus meningkat, membawa masyarakat internasional semakin bebas memilih dan menentukan siapa dan apa yang bisa dianggapnya mampu melakukan pemenuhan kebutuhan hidupnya. Tujuan: Penelitian ini untuk mengetahui peran hukum lalu lintas perdagangan pada transaksi Internasional diera perdagangan bebas. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana peneliti memilih jenis penelitian hukum normatif dengan menggunakan sumber dan bahan penelitian berasal dari perundang undangan, buku-buku/literature hukum. Hasil: Asas kebebasan tetap harus memenuhi prinsip hukum umum yang dapat dalam sumber hukum kontrak internasional Kesimpulan: Hukum transaksi bisnis internasional terkategori berada dalam ranah hukum privat, sehingga terhadapnya diberikan kebebasan kepada para pihak untuk menentukan isi perjanjian yang menjadi prestasi dalam sebuah perikatan. Meskipun demikian, transaksi bisnis yang dilakukan oleh dua subjek hukum yang berlainan warganegara tersebut harus tetap megindahkan hukum internasional mengenai transaksi bisnis yang mereka lakukan, selain harus memperhatikan kaidah hukum nasional masing-masing negara
PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI DI PASAR MODAL TERHADAP MINAT BERINVESTASI MAHASISWA Andryan Syaputra; Nuri Aslami
Journal of Social Research Vol. 1 No. 3 (2022): Journal of Social Research
Publisher : International Journal Labs

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (139.98 KB) | DOI: 10.55324/josr.v1i3.51

Abstract

Galeri Investasi syariah (GIS) UIN Sumatera Utara didirikan sebagai wadah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa di dunia Pasar Modal serta meningkatkan jumlah investor dari kalangan mahasiswa. Minat berinvestasi dapat ditingkatkan dengan cara peningkatan efektif pengetahuan investasi, seperti edukasi publik pengenalan pasar modal pada mahasiswa dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh dari pengetahuan investasi, kebijakan modal minimal investasi, dan pelatihan pasar modal terhadap minat investasi pada mahasiswa UIN Sumatera Utara yang mempunyai akun efek dan telah mengikuti pelatihan pasar modal serta trading. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang bersumber dari jawaban kuesioner para responden. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa variabel pengetahuan investasi berpengaruh terhadap minat investasi. Seseorang yang memiliki tingkat pengetahuan investasi yang tinggi cenderung akan melakukan investasi. Hal tersebut dapat mempengaruhi minat seseorang untuk berinvestasi. Kebijakan modal minimal investasi berpengaruh terhadap minat investasi. Nominal modal minimal yang ditetapkan semakin murah, maka minat investasi akan meningkat. Hal tersebut dikarenakan modal yang ditetapkan oleh perusahaan sekuritas dapat dijangkau olehpara investor, sehingga akan mempengaruhinya untuk berinvestasi. Pelatihan pasar modal berpengaruh terhadap minat investasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Pengetahuan Pasar Modal, Pengetahuan Jenis Instrumen Investasi, Pengetahuan Tingkat Keuntungannya pada Investasi,Pengetahuan Tingkat Risiko Investasi dan Pengetahuan Dasar Penilaian Saham terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Galeri Investasi Syariah (GIS) UIN Sumatera Utara. Hasil penelitian menunjukkan Pengetahuan Tingkat Keuntungan Investasi dan Dasar Penilaian investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islamgaleri investasi
PERAN PERTANIAN DI INDONESIA DALAM MEMASUKI PERDAGANGAN INTERNASIONAL Mhd. Faisal Anwar Afandi Rambe; Nuri Aslami
Journal of Social Research Vol. 1 No. 3 (2022): Journal of Social Research
Publisher : International Journal Labs

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.909 KB) | DOI: 10.55324/josr.v1i3.52

Abstract

Trade on Agriculture has been reformed since January 1995. ft was a result of Uruguay Round and stated on Agreement on Agriculture. However, its implementations hove given negative aspects to developing countries. It was caused by the malfunction of specific protection mechanism. Besides, special and differential treatment, created by developed countries, is not implemented effectively. Accordingly, sector on Agriculture has been being negotiated since the Doha Round in 2001
PENTINGNYA ETIKA DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM BELANJA ONLINE PADA APLIKASI SHOPEE Sri Kartika Dewi; Nuri Aslami
Journal of Social Research Vol. 1 No. 3 (2022): Journal of Social Research
Publisher : International Journal Labs

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.472 KB) | DOI: 10.55324/josr.v1i3.53

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana etika dan tanggung jawab terhadap keputusan konsumen dalam belanja online pada aplikasi shoppe. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah menggunakan jenis penelitian deskriptif. Denga metode pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Teknis analisis data penelitian ini adalah analisis data bersifat kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat di desa pematang johar sudah melakukan etika dan tanggung jawab yang dilakukan pada keputusan konsumen dalam belanja online pada aplikasi shopee itu sudah sangat baik, dimana masyarakat di desa pematang johar sudah melakukan etika yang baik dan benar pada saat belanja online pada aplikasi shopee serta masyarakat di desa pematang johar sangat bertanggung jawab atas keputusan dalam belanja online di aplikasi shopee, begitu juga dengan kurir yang megantarkan paket pada masyarakat di desa pematang johar sangat menerapkan etika yang baik pada saat pengantaran barang atau paket kepada para konsumennya. Dimana etika sendiri memberi manusia pegangan dalam menjalani kehidupan di dunia, etika dan tanggung jawab sendiri perlu di terapkan pada setiap diri seseorang
PERAN PENANAMAN MODAL ASING DALAM MEMBANGUN PEREKONOMIAN DI INDONESIA Jihan Karina Putri
Journal of Social Research Vol. 1 No. 3 (2022): Journal of Social Research
Publisher : International Journal Labs

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.796 KB) | DOI: 10.55324/josr.v1i3.55

Abstract

Indonesia menjadi salah satu Negara berkembang yang di targetkan oleh investor asing di selueruh dunia, segala macam kekayaan yang ada di Indonesia menjadi hal yang selalu dikagumi oleh Negara asing terutama pada bidang investasinya. Pemerintahan Indonesia saat ini sangat berjuang untuk pemulihan yang signifikan pada segala kerusakan ataupun kegagalan dalam maslaah pembangunan perekonomian di Indonesia. Adapun permasalahan yang terdapat dari tulisan ini ialah adakah dampak positof yang diterima oleh perekonomian yang ada di Indonesia. Metode pengambilan data yang digunakan ialah dengan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan data sekunder, dimana data dan informasi berasal dari artikel-artikel hasil penelitian dari peneliti-peneliti sebelumnya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Pustaka, dengan membaca literatur terkait pembahasan yang diangkat. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa dari data yang sudah di peroleh, dapat kita lihat bahwasanya jumlah investasi asing di Indonesia sangat tinggi. Daerah yang menjadi sasaran penanaman modal asing adalah di pulau jawa. Penanaman Modal Asing yang ada di Indonesia berasal dari berbagai sector, diantaranya adalah sektor Pertambangan; Industri Logam Dasar, Barang Logam, Mesin dan Elektronik; Listrik, Gas dan Air; Industri Kimia Dasar, Barang Kimia dan Farmasi; Perumahan, Kawasan Industri dan Perkantoran
PENGARUH WAKTU MASERASI DAN JENIS BAHAN ZAT WARNA TERHADAP PEWARNAAN KAIN Naimatur Rizqiani; Haryanto A.R
Journal of Social Research Vol. 1 No. 3 (2022): Journal of Social Research
Publisher : International Journal Labs

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.204 KB) | DOI: 10.55324/josr.v1i3.56

Abstract

Bahan pewarna tekstil alami daun alpukat, daun ketapang, daun sirsak, dan sabut kelapa. Penggunaan bahan alami bertujuan untuk mengurangi pencemaran lingkungan akibat pewarnaan tekstil. Metode yang digunakan untuk mendapatkan zat pewarna adalah maserasi, maserasi merupakan metode yang sangat sederhana dengan variasi waktu maserasi 2,4, 6, 8, 10 hari. Acuan yang digunakan dalam pewarnaan ini adalah banyaknya kadar tanin yang terkandung dalam bahan tersebut. Penelitian ini menggunakan daun sirsak segar, daun ketapang kering, daun ketapang segar, daun sirsak segar, dan sabut kelapa segar. Uji kadar tanin dilakukan menggunakan Spektrofotometri UV-Vis dengan panjang gelombang 400-800 nm.
ANALYSIS OF COMPETITIVENESS FOR MARKET SHARE EXPANSION OF PT BANK JAGO TBK Hendri Khuan
Journal of Social Research Vol. 1 No. 3 (2022): Journal of Social Research
Publisher : International Journal Labs

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (767.624 KB) | DOI: 10.55324/josr.v1i3.57

Abstract

The Bank Jago is a commercial bank that should continue to provide the services in global competitiveness. The Bank Jago should continue to innovate and use the latest technology to excel in competition in the industry. Bank Jago collaborating with the e-commerce and lending ecosystem to provide digital financial services in the middle and mass-market segments that have not been fully served so far. The research is suggested that Bank Jago should make improvements to business processes identified as weaknesses because they can obscure their strengths, and Bank Jago should also evaluate the price of service solutions by considering the value of their products and the dynamics of market prices.

Page 1 of 2 | Total Record : 16