cover
Contact Name
Hidayatus Sibyan
Contact Email
hsibyan@unsiq.ac.id
Phone
+02863326102
Journal Mail Official
jebe@fastikom-unsiq.ac.id
Editorial Address
Jl. KH. Hasyim Asy'ari Km. 03, Kalibeber, Mojotengah, Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia, 56351
Location
Kab. wonosobo,
Jawa tengah
INDONESIA
Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE)
ISSN : -     EISSN : 27162583     DOI : https://doi.org/10.32500/jebe
Journal of Economic, Business and Engineering merupakan Jurnal publikasi karya ilmiah hasil penelitian/ Skripsi/ Tesis/ Disertasi mahasiswa di bidang Ekonomi, Bisnis, dan Teknik. Journal of Economic, Business and Engineering terbit 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu bulan Oktober dan April.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 190 Documents
PENGARUH CITRA MERK, KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN STUDI PADA QWEEN COSMETICS WONOSOBO Rohimah Rohimah; R. Aj. EP. Apriliani
Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE) Vol 1 No 1 (2019): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FASTIKOM) Universitas Sains Al Qur'an

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jebe.v1i1.869

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merk, kualitas produk, promosi, dan word of mouth terhadap keputusan pembelian pada Qween Cosmetics di Wonosobo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen MakeOver yang melakukan pembelian pada Qween Cosmetics Wonosobo. Teknik pengambilan menggunakan non-probability sampling dengan jenis teknik sampling aksi dental. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus yang di kemukakan oleh Rao Purba karena jumlah sampel yang tidak di ketahui secara pasti, berdasarkan hasil perhitungan rumus tersebut pengambilan sampel penelitian ini adalah sebanyak 97 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan citra merk terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar 3,995 dan nilai signifikansi 0,000. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar 3,968 dan nilai signifikansi 0,000. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan promosi terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar 2,344 dan nilai signifikansi 0,000. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan word of mouth terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar 2,234 dan nilai signifikansi 0,000
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA HOTEL KRESNA WONOSOBO) Bella Febri Fitrianis; R. Aj. EP. Apriliani
Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE) Vol 1 No 1 (2019): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FASTIKOM) Universitas Sains Al Qur'an

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jebe.v1i1.870

Abstract

Dalam berorganisasi kerja sama antar sumber daya manusia sangat diperlukan untuk mencapai tujuan dan keberhasilan suatu peruhasaan. Dengan banyaknya faktor yang memicu ketidak semangatnya karyawan dalam bekerja maka perlu adanya dorongan agar karyawan memiliki semangat kerja yang tinggi.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berpengaruh pada kinerja karyawan diantaranya yaitu gaya kepemimpinan, budaya organisasi, motivasi kerja dan kepuasan kerja karyawan sebagai variable intervening. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara menyebar kuesioner. Penelitian ini terdiri dari 60 orang yang merupakan karyawan di hotel kresna wonosobo yang dijadikan sebagai sampel penelitian dengan menggunakan metode sensus sampel. Dari penelitian ini hasil yang didapat ialah gaya kepemimpinan, budaya organisasi, motivasi kerja dan kepuasan kerja karyawan sebagai variabel intervening berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja karyawan
PENGARUH STRES KERJA, BEBAN KERJA DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN CV. CAHAYA MUSTIKA GRABAG MAGELANG JAWA TENGAH Dewi Uswatun Khasanah; R. Aj. EP. Apriliani; M. Trihudiyatmanto
Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE) Vol 1 No 1 (2019): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FASTIKOM) Universitas Sains Al Qur'an

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jebe.v1i1.871

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tres kerja, beban kerja, dan iklim organisasi terhadap kepuasan kerja CV. Cahaya Mustika Grabag Magelang. Analisis ini menggunakan variabel independen yaitu stres kerja, beban kerja, dan iklim organisasi. Variabel dependen yaitu kepuasan kerja. Sampel penelitian ini adalah CV. Cahaya Mustika Grabag Magelang. Sampel dilakukan dengan metode non-probability (purposing sampling). Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program komputer yaitu SPSS (statistical package for sciennce) versi 2.3. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif survay, uji kualitas data, uji validitas, uji reabilitas, uji ketetapan model (Goodnes Fit), uji asumsi klasik seperti uji normalitas data, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas. Pengumpulan data dilakuakn dengan kuesioner disebar langsung ke karyawan CV. Cahaya Mustika Grabag Magelang sebanyak 110 kuesioner. Metode statistik menggunakan Analisis Regrensi Berganda, dengan pengujian hipotesis uji T (parsial), uji R2 dan uji F Menunjukan bahwa stres kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, beban kerja berpenaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel stres kerja, beban kerja dan iklim organisasi secara bersama- sama berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan.
ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE, HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN DAYA TARIK PROMOSI TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN BATIK PEKALONGAN (STUDI PADA PASAR GROSIR SETONO BATIK PEKALONGAN) Siti Ainul Hidayah; R. Aj. EP. Apriliani
Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE) Vol 1 No 1 (2019): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FASTIKOM) Universitas Sains Al Qur'an

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jebe.v1i1.872

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, harga, kualitas produk dan daya tarik promosi berpengaruh pada minat beli ulang konsumen batik Pekalongan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling yaitu teknik ini dipilih karena peneliti menggunakan pertimbangan sendiri dalam memilih anggota populasi yang dianggap dapat memberikan informasi sedangkan jumlah sampel sebanyak 97 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini dikumpulkan melalui kuisoner yang diproses dan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda metode yang digunakan dalam penentuan sempel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Uji kualitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas Person Correlation, uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha dan uji goodness of fit (uji f). Untuk uji asumsi klasiknya menggunakan uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji heteroskedasitas. Untuk uji hipotesis dalam penelitian ini, peneliti menggunakan regresi linier berganda, uji t dan koefisien determinasi 〖(uji R〗^2). Hasil data penelitian ini menunjukan bahwa brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang konsumen batik Pekalongan, harga tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap minat beli ulang konsumen batik Pekalongan, kualitas produk positif berpengaruh dan signifikan terhadap minat beli ulang konsumen batik Pekalongan, dan daya tarik promosi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap minat beli ulang konsumen pada batik Pekalongan
ANALISI PENGARUH BUMDES DALAM MENOPANG KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KECAMATAN KEPIL KABUPATEN WONOSOBO (STUDI EMPIRIS PADA BUMDES SILATRI INDAH DESA BERAN DAN BUMDES SRIKANDI DESA ROPOH) Eka Cahyani; Ahmad Guspul; Ratna Wijayanti
Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE) Vol 1 No 1 (2019): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FASTIKOM) Universitas Sains Al Qur'an

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jebe.v1i1.873

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberadaan Badan Usaha Milik Desa dalam menopang kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Kepil, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tempat pada penelitian ini dilakukan di Desa Beran (BUMDes Silatri Indah) dan Desa Ropoh (BUMDes Srikandi). Pelaku penelitian ini terdapat tiga sudut pandang yaitu pemerintah, pengelola BUMDes dan masyarakat Kepil. Aktivitas terakhir yang dilakukan pada penelitian ini adalah melihat keberadaan BUMDes terhadap kesejahteraan masyarakat di Kepil. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan metode triangulasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka hasil dari penelitian ini adalah keberadaan BUMDes mampu memberikan manfaat kepada masyarakat Kepil umumnya, Desa Beran dan Desa Ropoh khususnya, dari segi kesejahteraan dan pendapatan masyarakat meningkat. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan program dan kinerja BUMDes yang membantu meningkatkan pembangunan Desa Beran dan Ropoh menjadi lebih baik.
PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN, REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN (STUDI PADA PT TAMBI UP BEDAKAH DI WONOSOBO) Tzaza Dini Noviyani; Ahmad Guspul
Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE) Vol 1 No 1 (2019): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FASTIKOM) Universitas Sains Al Qur'an

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jebe.v1i1.874

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, lingkungan, reward dan punishment terhadap produktivitas kerja (Studi pada PT Tambi UP Bedakah di Wonosobo) Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT Tambi UP Bedakah. menggunakan teknik non-probabiliy yaitu sensus sampling yang mana berdasarkan data yang diperoleh peneliti melalui wawancara dengan staff sumber daya manusia diperoleh hasil bahwa karyawan Pt. Tambi Up. Bedakah adalah 90 orang dan semuanya akan dijadikan sampel dalam penelitian ini. Adapun hasil dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif antara variabel motivasi, lingkungan, reward dan punishment terhadap produktivitas kerja yang Hasil dari regresi diperoleh nilai adjusted R2 sebesar 0,922 artinya variabel produktivitas kerja (Y) dijelaskan oleh variabel independen (X) yaitu motivasi (X1), lingkungan (X2), reward (X3) dan punishment (X4) sebesar 92,2 persen, menjelaskan bahwa produktivitas kerja dipengaruhi oleh (X) sedangkan sisanya sebesar 7,8 persen dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan di dalam model.
PENGARUH TRANSPARANSI, KOMPETENSI, SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP AKUNTABILITAS PEMERNITAH DESA DALAM MENGELOLA ALOKASI DANA DESA (STUDI EMPIRIS PADA SELURUH DESA DI KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA) Mualifu Mualifu; Ahmad Guspul; Hermawan Hermawan
Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE) Vol 1 No 1 (2019): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FASTIKOM) Universitas Sains Al Qur'an

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jebe.v1i1.875

Abstract

Akuntabilitas pengelolaan dana desa telah menjadi tuntunan bagi pemerintah daerah. Adanya tuntunan ini hasil dari UU No. 6 tahun 2014 tentang desa. Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan tentangpengaruh transparansi, kompetensi, sisitem pengendalian internal, dan komitmen organisasi terhadap akuntabilitas pemerintah desa dealam mengelola alokasi dana desa. Penelitian ini dilakukan disemua desa di Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purballingga, yang berjumlah 19 desa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan instrumen kuesioner. Metode yang digunakan dalam pemilihan sampelmenggunakan metode purposive samplingjumlah sampel dalam penelitian ini 76 responden. Teknik analisis yang digunakan Regresi Linear Berganda, uji hipotesis menggunakan taraf signifikansi α = 0,05 dengan bantuan program SPSS versi 17,00. Uji validitas dengan teknik corrected item total correlation dengan syarat minimum r = 0,3. Uji reabilitas dengan menggyunakan koefisien Cronbach Alpha dengan batas koefisien α > 0,6. Hasil penelitian menujnjukan bahwa transparansi, kompetensi, sisitem pengeendalian internal, dan komitmen organisasi berpengaruh positif pada akuntabilitas pemerintah desa dalam mengelola alokasi dana desa
PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KEPUASAN TERHADAP KEPUASAN PEMBELIAN ONLINE DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDY KASUS PADA SANTRI MA’HAD MAMBA’UL QUR’AN WONOSOBO) Fariqoh Fariqoh; M. Trihudiyatmanto
Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE) Vol 1 No 1 (2019): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FASTIKOM) Universitas Sains Al Qur'an

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jebe.v1i1.876

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, kualitas produk dan kepercayaan terhadap kepuasan pembelian online dengan keputusan pembelian online sebagai variabel mediasi. Analisis ini menggunakan variabel Independen ( Eksogen) yaitu harga, kualitas produk dan kepercayaan. Variabel dependen (Endogen) yaitu kepuasan pembelian online dan keputusan pembelian online. Sampel dari penelitian ini adalah santri Ma’had Mamba’ul Qur’an Wonosobo. Sampel yang dilakukan dengan metode non probability sampling pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner disebar langsung kepada santri Ma’had Mamba’ul Qur’an Wonosobo yang pernah melakukan pembelian online sebanyak 100 kuesioner. Metode statistik menggunakan analisis berganda SEM (Struktural Equation Modeling) dengan pengujian hipotests Goodness of fit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga berpengaruh negatif terhadap kepuasan pembelian online, kualitas produk berpengaruh positif terhadap kepuasan pembelian online, kepercayaan berpengaruh negatif terhadap kepuasan pembelian online, harga berpengaruh positif terhadap kepuasan pembelian online dengan keputusan pembelian online sebagai variabel mediasi, kualitas produk berpengaruh negatif terhadap kepuasan pembelian online dengan keputusan pembelian online sebagai variabel mediasi, kepercayaan berpengaruh positif terhadap kepuasan pembelian online dengan keputusan pembelian online sebagai variabel mediasi. Kata kunci : harga, kualitas produk dan kepercayaan terhadap pembeliam online dengan keputusan pembelian online sebagai variabel mediasi.
PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL, KEPRIBADIAN HARDINESS DAN EFIKASI DIRI TERHADAP BURNOUT (STUDI PADA GURU SMP NEGERI 1 SIGALUH BANJARNEGARA ) Dwi Purwati; Yusqi Mahfud
Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE) Vol 1 No 1 (2019): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FASTIKOM) Universitas Sains Al Qur'an

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jebe.v1i1.877

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap burnout, pengaruh kepribadian hardiness terhadap burnout, pengaruh Efikasi diri terhadap burnout. Sampel dalam penelitian ini adalah Guru SMP Negeri 1 Sigaluh Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dan sampel yang digunakan sebanyak 32 orang. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa dukungan sosial mempunyai pengaruh negatif terhadap burnout. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin baik dukungan sosial maka akan menurunkan burnout. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa dukungan sosial mempunyai pengaruh negatif terhadap burnout. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kepribadian hardiness maka akan menurunkan burnout. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa efikasi diri mempunyai pengaruh positif terhadap burnout. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin tinggi beban dalam bekerja maka akan meningkatkan burnout.
PENERAPAN METODE MRP (MATERIAL REQUIREMENT PLANNING) DENGAN PERTIMBANGAN LOT SIZING PADA PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN BAHAN BAKU (STUDI KASUS PADA PRODUKSI CARICA HOME INDUSTRY DWARAWATI DI DESA DIENG KULON KECAMATAN BATUR KABUPATEN BANJARNEGARA) Estifani Estifani; Yusqi Mahfud; Heri Purwanto
Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE) Vol 1 No 1 (2019): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FASTIKOM) Universitas Sains Al Qur'an

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jebe.v1i1.878

Abstract

Proses pengendalian bahan baku merupakan salah satu faktor yang penting dalam sebuah perusahaan, terutama perusahaan manufaktur.Dengan menggunakan metode MRP (Material Requirement Planning), sebuah metode yang digunakan untuk mengendalikan persediaan bahan baku pada perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode MRP (Material Requirement Planning) dalam merencanakan persediaan bahan baku dapat berjalan dengan efektif dan efien pada Home Industri Dwarawati. Metode MRP (Material Requirement Planning) bertujuan untuk menghitung bahan baku dengan menentukan waktu dan jumlah pemesanannya. Dalam penghitungan menggunakan metode ini perlu dibutuhkan metode lot sizing., dimana metode-metode lot sizing yang digunakan adalah EOQ (Eqonomic Order Quantity), L4L ( lot For lot), POQ (Perode Order Quantity), dan Alogarithm Silver Meal. Sebelum penghitungan dengan menggunakan metode lot sizing maka diharuskan melakukan peramalan pada tahun berikutnya. Metode peramalan yang digunakan yaitu metode Simple Average dan metode Moving Average. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa metode peramalan simple average memiliki tingkat kesalahan terkecil dengan penghitungan lot Sizing yang menghasilkan biaya paling minimum yakni EOQ (Eqonomic Order Quantity).

Page 1 of 19 | Total Record : 190