cover
Contact Name
Ahmad Nurdin Hasibuan
Contact Email
nurdin_hsb@ibik57.ac.id
Phone
+6281381990495
Journal Mail Official
mediastima@gmail.com
Editorial Address
Jl. M. Kahfi II No. 33, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta - 12640, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12640
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Mediastima
ISSN : 08527105     EISSN : 27466493     DOI : https://doi.org/10.55122/mediastima
Core Subject : Economy,
Jurnal Mediastima adalah jurnla ilmiah dibidang pengembangan ilmu bisnis dan manajemen dengan pola peer-reviewed. Tujuan untuk mempublikasikan seluruh kegiatan hasil penelitian, kajian teoritis dan review artikel, book chapter yang bertujuan memperkaya khasanah keilmuan bisnis dan manajemen di Indonesia.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 29 No 1 (2023): Mediastima" : 5 Documents clear
Analisis random walk saham ANTM di bursa efek Indonesia selama covid-19 Andri Faisal; Kampono Imam Yulianto
Mediastima Vol 29 No 1 (2023): Mediastima
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, IBI-K57

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55122/mediastima.v29i1.674

Abstract

Dalam hipotesis pasar modal yang efisien menyebutkan seluruh harga saham yang ada di pasar modal adalah mencerminkan harga di masa lalu. Karenanya seluruh investor, ilmuwan atau pihak yang berkepentingan akan hal itu selalu mencari apa yang akan terjadi atau melakukan peramalan terhadap harga saham yang akan terjadi untuk selanjutnya. Hal ini karena berkaitan dengan keuntungan yang akan didapatkan. Salah satu periode yang menarik adalah masa covid ketika harga saham menurun. Perlu adanya suatu peramalan untuk menduga harga saham yang akan terjadi di masa depan. Sebelumnya kita sudah mengenal konsep random walk atau ketidakteraturan dalam data harga saham. Mustahil untuk melakukan peramalan pada saham pada model seperti ini. Setiap peramalan akan menjadi bias atau peramalannya yang mengandung kesalahan (error) yang sama. Dalam peramalan harga saham ANTM tanpanya masih sulit untuk dilakukan pada periode selama covid saham ANTM ini adalah saham yang cukup menarik karena pada masa depan akan memberikan keuntungan yang cukup tinggi. Dalam deskripsi penelitian ini harga saham ANTM meningkat tiga kali lipat lebih dan mungkin akan lebih meningkat. Hanya saja dengan peramalan saham ini setelah melalui tahap diferensiasi dan dilanjutkan dengan uji run, saham ini ternyata mempunyai nilai runs faktor yang besar. Saham ini mempunyai atau mengikuti pola random walk. Dengan adanya pola ini kemungkinan akan sulit untuk meramalkan saham ini.
Sistem informasi penjualan kue dan roti khas Arab berbasis web pada toko Arabic Haider Haider; Daning Nur Sulistyowati
Mediastima Vol 29 No 1 (2023): Mediastima
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, IBI-K57

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55122/mediastima.v29i1.692

Abstract

Toko Arabic merupakan salah satu pelaku usaha yang menjual kue dan roti khas arab, seperti roti konde, kue kamir, kue ka’ak dan sebagainya. Kurang maksimalnya sistem penjualan yang terjadi di Toko Arabic menjadikan pelanggan yang ingin melakukan pembelian masih dilakukan melalui aplikasi bertukar pesan atau datang secara langsung. Selain itu informasi terkait progres pembelian yang dibutuhkan oleh pelanggan kurang terlayani dengan baik, sehingga hal tersebut dapat membuat loyalitas pelanggan berkurang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada sistem penjualan di Toko Arabic dengan merancang dan membangun sebuah aplikasi yang diintegrasikan dengan API WhatsApp agar mempermudah rangkaian transaksi yang dilakukan dan pemberian informasi terkait penjualannya, karena dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Metode yang dipakai dalam pengumpulan pada penelitian ini dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Selanjutnya untuk metode pengembangan perangkat lunak sistem penjualan kue dan roti khas arab berbasis web ini menggunakan model waterfall, sistem informasi penjualan kue dan roti ini juga dibangun menggunakan Framework CodeIgniter dan MySQL. Hasil dari perancangan sistem informasi penjualan kue dan roti di Toko Arabic berbasis web ini, diharapkan dapat menjadi pemecahan masalah yang dihadapi oleh Toko Arabic dan dapat meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan.
Analisis strategi ekonomi kreatif KZ Studio berbasis gambar digital menuju niche market Reny Andriyanty; M. Nibrasy Rafiq; Tagor Rambey
Mediastima Vol 29 No 1 (2023): Mediastima
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, IBI-K57

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55122/mediastima.v29i1.696

Abstract

KZ Studio adalah bisnis pemula terkategori ekonomi kreatif. Bisnis ini adalah layanan pesanan atas gambar karakter empat dimensi yang pembuatan sesuai permintaan konsumen luar negeri. Konsumen luar negeri mayoritas dari Kanada. Analisis atas competitive profile matrix menunjukkan angka 3,11. Angka ini jika dibandingkan nilai competitive profile matrix competitor bisnis sejenis (3,24), maka bisnis KZ Studio masih harus dikembangkan. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan strategi bisnis untuk dapat bersaing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi bisnis yang harus dilakukan oleh KZ Studio agar dapat bersaing baik dipasar lokal maupun internasional. Metode penelitian adalah deskriptif. Data kualitatif diperoleh dengan metode Delphy. Analisis data menggunakan metode SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis external factor evaluation (EFE) menunjukkan skor 3,09 dan nilai internal factor evaluation (IFE) adalah 2,50. Nilai tersebut jika dicocokkan dengan IE Matrix, KZ Studio berada pada wilayah “growth & build”. Atas dasar tersebut, KZ Studio harus memiliki strategi khusus untuk tumbuh dan berkembang. Rekomendasi strategi yang harus dilakukan KZ Studio adalah membuat gambar sesuai keinginan konsumen, membuat gambar karakter yang bernilai seni tinggi, meningkatkan citra karakter secara artistik dan etis, mengembangkan gambar karakter pada teknologi VR dan mengembangkan produk menjadi brand image perusahaan. Keterbatasan penelitian adalah pada keluasan lingkup penelitian. Penelitian ini berkontribusi pada upaya duplikasi strategi bagi bisnis-bisnis start up sejenis yang dirintis oleh generasi muda Indonesia.
Efek e-word of mouth terhadap upaya marketing dalam mempengaruhi keputusan mahasiswa baru memilih perguruan tinggi Rudi Laksono; Junias Robert Gultom; Iwan Setyawan
Mediastima Vol 29 No 1 (2023): Mediastima
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, IBI-K57

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55122/mediastima.v29i1.702

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali efek dari electronic word of mouth (e-WOM) terhadap 7P bauran pemasaran jasa dalam upaya mempengaruhi keputusan calon mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi. Metode survei digunakan untuk menjaring informasi dari 119 responden mahasiswa baru Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957 tahun akademik 2022/2023 yang didistribusikan melalui Google Form. Data dianalisis dengan menggunakan structural equation modeling partial least squares. Hasil penelitian menemukan bahwa hanya elemen proses yang memberikan pengaruh langsung signifikan terhadap keputusan calon mahasiswa memilih perguruan tinggi, sedangkan product, price, place, promotion, people, dan physical evidence tidak berpengaruh signifikan. Elemen promosi dapat mempengaruhi keputusan calon mahasiswa memilih perguruan tinggi setelah diperkuat oleh e-WOM. Bahkan e-WOM sangat memperkuat elemen proses dan e-WOM sendiri mempengaruhi langsung dengan signifikan keputusan calon mahasiswa memilih perguruan tinggi. Simpulannya yaitu e-WOM memiliki efek yang signifikan terhadap elemen promosi dan memperkuat efek elemen proses dalam mempengaruhi keputusan calon mahasiswa memilih perguruan tinggi. Implikasi hasil penelitian ini terhadap keilmuan, khususnya bidang marketing jasa adalah e-WOM merupakan salah satu teknik marketing yang memiliki kekuatan yang luar biasa dalam mempengaruhi calon konsumen. Oleh karena itu, Perguruan Tinggi harus memiliki Tim Marketing yang khusus mengelola dan memonitor e-WOM agar dapat mengendalikan e-WOM ke arah yang positif dan dapat meng-counter e-WOM yang bersifat negatif terhadap Perguruan Tingginya.
Peran kepercayaan dalam memediasi efek persepsi kemudahan dan persepsi nilai digital pada niat penggunaan kontinu e-payment Junias Robert Gultom; Iwan Setyawan; Rudi Laksono
Mediastima Vol 29 No 1 (2023): Mediastima
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, IBI-K57

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55122/mediastima.v29i1.707

Abstract

Studi ini bertujuan menguji peran kepercayaan sebagai mediator pengaruh antara persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi nilai digital terhadap niat penggunaan kontinu e-payment. Sebanyak 234 pengguna e-payment berpartisipasi dalam survei ini. Untuk mewujudkan tujuan tersebut digunakan Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil studi menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi nilai digital secara langsung mempengaruhi dengan signifikan niat penggunaan berkelanjutan e-payment. Trust tidak memberikan peran dengan signifikan sebagai mediasi pada efek persepsi kemudahan penggunaan terhadap niat penggunaan berkelanjutan e-payment. Sebaliknya, Trust berperan sebagai pemediasi parsial dengan signifikan pada efek persepsi nilai digital terhadap niat penggunaan berkelanjutan e-payment. Dengan demikian, trust bukanlah faktor yang dapat memperkuat pengaruh persepsi kemudahan penggunaan terhadap niat penggunaan berkelanjutan e-payment. Sementara itu, trust berperan dalam meningkatkan pengaruh persepsi nilai digital terhadap niat penggunaan berkelanjutan e-payment.

Page 1 of 1 | Total Record : 5