cover
Contact Name
mohammad fikri nugraha kholid
Contact Email
jurnalsalam@radenintan.ac.id
Phone
+6282175878116
Journal Mail Official
jurnalsalam@radenintan.ac.id
Editorial Address
Jl. Letnan Kolonel Endro Suratmin, Kec. Sukarame, Kota Bandar Lampung, Lampung 35131
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Salam (Islamic Economics Journal)
ISSN : 27457478     EISSN : 27235955     DOI : http://dx.doi.org/10.24042/slm
Core Subject : Economy,
SALAM is a Journal of Islamic Economics and Business and a biannual journal published by Faculty of Islamic Economics and Business at UIN Raden Intan Lampung - Indonesia. SALAM focused on economic development research. Scope of SALAM are Economic Development, Economic Growth, Islamic Economics, Regional Economics, Public Economics, International Economics, Planning Economics, Institutional Economics, Monetary Economics, and Industrial Economics. SALAM Journal of Islamic Economics provides a space for scientific discussion of issues in Islamic economics and economic development
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2023): June 2023" : 12 Documents clear
Peranan Pemerintah Dalam Mengembangkan Ekonomi Kerakyatan Pasca Pandemi Covid-19 Putri Selviana Anjani; Bagus Dwi Cahyo; Ellen Praditha; Fakhri Danii Alfarizi; Heni Noviarita
Salam (Islamic Economics Journal) Vol 4, No 1 (2023): June 2023
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/slm.v4i1.15135

Abstract

Pandemi COVID-19 yang melanda dunia berdampak pula pada perekonomian Indonesia.Aspek ekonomi merupakan dampak yang paling mendapat perhatian setelah aspek kesehatan. Perekonomian di Indonesia mengalami penurunan akibat pengaruh dari luar maupun keadaan di daerah sendiri. Krisis ekonomi harus segera diatasi agar tidak terpuruk lebih dalam lagi menjadi depresi ekonomi. Karena itu, pemulihan ekonomi harus segera dirancang dan mulai dilaksanakan. Melalui kajian jurnal ini bertujuan untuk mengungkapkan basis ekonomi di Indonesia untuk melakukan pemulihan perekonomian akibat pandemi Covid-19. Sebagai penguatan program pemulihan, harus ada kebijakan dan fasilitas dari pemerintah untuk menggerakkan dan memperlancar upaya pemulihan, serta harus melibatkan perusahaan besar yang ada di daerah untuk membantu pemberdayaan aspek bisnis pada usaha rakyat.  Kajian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi pengembangan Ekonomi kerakyatan (Economic Civic) dan sangat relevan dilakukan mengingat Ekonomi Kerakyatan merupakan usaha-usaha di bidang ekonomi, dimana target pencapaian utamanya bukanlah keuntungan finansial semata. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif, yakni mengumpulkan data-data dari artikel ilmiah, laporan penelitian atau hallai yang relevan dengan topik . 
PENGARUH INVESTASI SWASTA DAN TENAGA KERJA TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO DI KOTA BANDAR LAMPUNG Reza Hardian Pratama
Salam (Islamic Economics Journal) Vol 4, No 1 (2023): June 2023
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/slm.v4i1.16874

Abstract

  PENGARUH INVESTASI SWASTA DAN TENAGA KERJA TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO DI KOTA BANDAR LAMPUNG Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat produk domestik regional bruto di Kota Bandar Lampung yang di hubungkan dengan variabel investasi swasta dan tenaga kerja. Data yang digunakan merupakan data sekunder data yang telah di olah di Badan Pusat Statistik, dinas ketenagakerjaan di Kota Bandar Lampung dan Badan Penanaman Modal Satu Pintu Kota Bandar Lampung tahun 2000 – 2018. Metode analisis yang digunakan dengan regresi linear berganda dengan alat uji Uji asumsi klasik, Uji F dan Uji T dengan menggunakan Eviews.10  Hasil Penelitian ini adalah investasi Swasta berpengaruh siqnifikan terhadap produk domestik regional bruto begitu pula dengan variabel tenaga kerja berpengaruh siqnifikan terhadap produk domestik regional bruto di Kota Bandar Lampung. Kata Kunci : Investasi Swasta, Tenaga Kerja dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) 
Tinjauan Perspektif Ekonomi Politik dalam Tata Niaga Tembakau Andri Prasetyo; Bhimo Rizky Samudro
Salam (Islamic Economics Journal) Vol 4, No 1 (2023): June 2023
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/slm.v4i1.16985

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pola hubungan yang terjadi antara perusahaan rokok, tengkulak dan petani tembakau dalam konteks ekonomi politik. Fakta umum menunjukkan bahwa aspek harga merupakan titik ketergantungan struktural petani tembakau pada perusahaan dan tengkulak. Pola ini ditelaah secara detail dengan konstruksi prinsip core-periphery dalam ekonomi politik. Pendekatan deskriptif didukung dengan studi pustaka dan dianalisis dengan pendekatan analisis isi. Hasil yang diperoleh adalah, pertama, skema pola ketergantungan antara perusahaan, tengkulak dan petani. Kedua, kebijakan pemerintah dalam memutus mata rantai ketergantungan struktural. Berdasarkan hasil tersebut, artikel ini mengusulkan cara-cara optimal untuk mengendalikan keterkaitan struktural antara perusahaan, tengkulak, dan petani tembakau. 
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN DI KOTA METRO DALAM PERSEPKTIF EKONOMI ISLAM Risky Sabillah
Salam (Islamic Economics Journal) Vol 4, No 1 (2023): June 2023
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/slm.v4i1.15955

Abstract

ABSTRAK          Ketimpangan pendapatan  ialah suatu kondisi dimana distribusi pendapatan yang diterima masyarakat tidak merata.  Semakin besar jurang pendapatan maka semakin besar pula variasi dalam distribusi pendapatan akan menyebabkan terjadinya disparitas pendapatan. Hal tersebut tidak dapat dihindari karena adanya efek perembesan kebawah dari output secara sempurna. Hasil output nasional hanya dinikmati oleh segelintir golongan minoritas dengan tujuan tertentu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah PDRB dan inflasi berpengaruh terhadap ketimpangan distribusi pendapatan di Kota Metro, serta bagaimana ketimpangan distribusi pendapatan dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh PDRB dan inflasi terhadap ketimpangan distribusi pendapatan di Kota Metro, serta untuk mengetahui ketimpangan distribusi pendapatan dalam perspektif ekonomi Islam.          Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data sekunder dalam periode pengamatan 2016-2021. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi untuk data PDRB, inflasi, dan gini ratio yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Metro. Data yang ada dianalisis menggunakan regresi linier berganda yang dioleh dengan program Eviews 10.          Kesimpulan dari penelitian ini bahwa PDRB tidak berpengaruh terhadap ketimpangan distribusi pendapatan, hal tersebut dikarenakan PDRB Kota Metro memiliki dua sektor yang unggul yaitu pada sektor industri pengolahan dan perdagangan besar dan eceran; reparasi, meski kontribusi dua sektor tersebut sangat besar dalam membentuk pertumbuhan ekonomi Kota Metro, namun tidak berpengaruh terhadap penurunan angka gini ratio atau ketimpangan distribusi pendapatan. Inflasi tidak berpengaruh terhadap ketimpangan distribusi pendapatan, hal ini dikarenakan inflasi bersifat fluktuatif. Dalam perspektif ekonomi Islam, konsep distribusi memiliki maksud yang lebih luas, yaitu peningkatan dan pembagian hasil kekayaan agar sirkulasi kekayaan dapat ditingkatkan sehingga kekayaan yang ada dapat melimpah dengan merata dan tidak beredar diantara golongan tertentu saja Kata Kunci: PDRB, Inflasi, Ketimpangan Distribusi Pendapatan
ANALISIS STRATEGI PROMOSI PERSONAL SELLING PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) BERINGHARJO DOLOPO, MADIUN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA Muhammad Alvin Hidayatullah
Salam (Islamic Economics Journal) Vol 4, No 1 (2023): June 2023
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/slm.v4i1.17028

Abstract

BMT Beringharjo Kecamatan Dolopo ini terdapat nasabah yang melakukan aktivitas simpan pinjam namun tidak sebanyak nasabah yang ada di bank-bank konvensional. Sehingga strategi promosi berperan penting dalam meningkatkan nasabah perlu menggiatkan lagi promosi yang sudah dilakukan BMT Beringharjo Kecamatan Dolopo untuk menarik minat masyarakat yang lebih banyak lagi. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana strategi promosi personal selling Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Beringharjo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. (2) Untuk mengetahui faktor promosi personal selling Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Beringharjo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. (3) Untuk mengetahui dampak promosi personal selling Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Beringharjo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun terhadap loyalitas anggota. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Dengan prosedur pengumpulan data wawancara mendalam dan dokumentasi. Berdasarkan proses pengumpulan data dan analisis data, hasil penelitian ini adalah: (1) Strategi promosi yang dilakukan BMT Beringharjo Dolopo menggunakan 3 (tiga) metode promosi yaitu metode periklanan, publicity, personal selling (penjualan pribadi) Namun dari ketiga metode promosi yang digunakan tersebut, ada 1 (satu) metode yang menjadi metode promosi utama yaitu personal selling (penjualan pribadi). (2) Faktor yang mempengaruhi dalam promosi personal selling BMT Beringharjo Dolopo adalah : dengan cara dilakukannya identifikasi masyarakat yang menjadi calon anggota, Faktor lain yang mempengaruhi promosi personal selling dari BMT Beringharjo adalah pendekatan langsung melalui tatap muka atau bertemu langsung untuk memperkenalkan produk. dan dilanjutkan meminta keputusan dalam melakukan pembelian produk. (3) Dampak dari strategi promosi personal selling yang dirasakan oleh BMT Beringharjo Dolopo yaitu meningkatnya loyalitas terhadap produk-produk BMT Beringharjo Dolopo.
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengangguran di Provinsi Jawa Timur Tahun 2016-2021 Kirana Laras Titi; Muhammad Bagus Sistriatmaja; Murgianto Murgianto
Salam (Islamic Economics Journal) Vol 4, No 1 (2023): June 2023
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/slm.v4i1.16664

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh PDRB, Inflasi, Upah Minimum Kabupaten/Kota, dan Jumlah Penduduk terhadap Tingkat Pengangguran.. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan data daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur dari tahun  2016-2021.      Data yang     digunakan       adalah data PDRB, Inflasi, UMK, Jumlah Penduduk, dan Pengangguran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kenaikan variabel PDRB, Inflasi, dan jumlah penduduk akan menurunkan tingkat pengangguran, sedangkan pada variabel UMK apabila UMK mengalami kenaikan maka pengangguran akan meningkat.
Pengaruh Investasi Swasta dan Tenaga Kerja Terhadap Produk Domestik Regional Bruto di Kota Bandar Lampung Reza Hardian Pratama
Salam (Islamic Economics Journal) Vol 4, No 1 (2023): June 2023
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/slm.v4i1.16874

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat produk domestik regional bruto di Kota Bandar Lampung yang di hubungkan dengan variabel investasi swasta dan tenaga kerja. Data yang digunakan merupakan data sekunder data yang telah di olah di Badan Pusat Statistik, dinas ketenagakerjaan di Kota Bandar Lampung dan Badan Penanaman Modal Satu Pintu Kota Bandar Lampung tahun 2000 – 2018. Metode analisis yang digunakan dengan regresi linear berganda dengan alat uji Uji asumsi klasik, Uji F dan Uji T dengan menggunakan Eviews.10 Hasil Penelitian ini adalah investasi Swasta berpengaruh siqnifikan terhadap produk domestik regional bruto begitu pula dengan variabel tenaga kerja berpengaruh siqnifikan terhadap produk domestik regional bruto di Kota Bandar Lampung.
Tinjauan Perspektif Ekonomi Politik dalam Tata Niaga Tembakau Andri Prasetyo; Bhimo Rizky Samudro
Salam (Islamic Economics Journal) Vol 4, No 1 (2023): June 2023
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/slm.v4i1.16985

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pola hubungan yang terjadi antara perusahaan rokok, tengkulak dan petani tembakau dalam konteks ekonomi politik. Fakta umum menunjukkan bahwa aspek harga merupakan titik ketergantungan struktural petani tembakau pada perusahaan dan tengkulak. Pola ini ditelaah secara detail dengan konstruksi prinsip core-periphery dalam ekonomi politik. Pendekatan deskriptif didukung dengan studi pustaka dan dianalisis dengan pendekatan analisis isi. Hasil yang diperoleh adalah, pertama, skema pola ketergantungan antara perusahaan, tengkulak dan petani. Kedua, kebijakan pemerintah dalam memutus mata rantai ketergantungan struktural. Berdasarkan hasil tersebut, artikel ini mengusulkan cara-cara optimal untuk mengendalikan keterkaitan struktural antara perusahaan, tengkulak, dan petani tembakau. 
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN DI KOTA METRO DALAM PERSEPKTIF EKONOMI ISLAM Risky Sabillah
Salam (Islamic Economics Journal) Vol 4, No 1 (2023): June 2023
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/slm.v4i1.15955

Abstract

ABSTRAK          Ketimpangan pendapatan  ialah suatu kondisi dimana distribusi pendapatan yang diterima masyarakat tidak merata.  Semakin besar jurang pendapatan maka semakin besar pula variasi dalam distribusi pendapatan akan menyebabkan terjadinya disparitas pendapatan. Hal tersebut tidak dapat dihindari karena adanya efek perembesan kebawah dari output secara sempurna. Hasil output nasional hanya dinikmati oleh segelintir golongan minoritas dengan tujuan tertentu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah PDRB dan inflasi berpengaruh terhadap ketimpangan distribusi pendapatan di Kota Metro, serta bagaimana ketimpangan distribusi pendapatan dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh PDRB dan inflasi terhadap ketimpangan distribusi pendapatan di Kota Metro, serta untuk mengetahui ketimpangan distribusi pendapatan dalam perspektif ekonomi Islam.          Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data sekunder dalam periode pengamatan 2016-2021. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi untuk data PDRB, inflasi, dan gini ratio yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Metro. Data yang ada dianalisis menggunakan regresi linier berganda yang dioleh dengan program Eviews 10.          Kesimpulan dari penelitian ini bahwa PDRB tidak berpengaruh terhadap ketimpangan distribusi pendapatan, hal tersebut dikarenakan PDRB Kota Metro memiliki dua sektor yang unggul yaitu pada sektor industri pengolahan dan perdagangan besar dan eceran; reparasi, meski kontribusi dua sektor tersebut sangat besar dalam membentuk pertumbuhan ekonomi Kota Metro, namun tidak berpengaruh terhadap penurunan angka gini ratio atau ketimpangan distribusi pendapatan. Inflasi tidak berpengaruh terhadap ketimpangan distribusi pendapatan, hal ini dikarenakan inflasi bersifat fluktuatif. Dalam perspektif ekonomi Islam, konsep distribusi memiliki maksud yang lebih luas, yaitu peningkatan dan pembagian hasil kekayaan agar sirkulasi kekayaan dapat ditingkatkan sehingga kekayaan yang ada dapat melimpah dengan merata dan tidak beredar diantara golongan tertentu saja Kata Kunci: PDRB, Inflasi, Ketimpangan Distribusi Pendapatan
ANALISIS STRATEGI PROMOSI PERSONAL SELLING PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) BERINGHARJO DOLOPO, MADIUN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA Muhammad Alvin Hidayatullah
Salam (Islamic Economics Journal) Vol 4, No 1 (2023): June 2023
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/slm.v4i1.17028

Abstract

BMT Beringharjo Kecamatan Dolopo ini terdapat nasabah yang melakukan aktivitas simpan pinjam namun tidak sebanyak nasabah yang ada di bank-bank konvensional. Sehingga strategi promosi berperan penting dalam meningkatkan nasabah perlu menggiatkan lagi promosi yang sudah dilakukan BMT Beringharjo Kecamatan Dolopo untuk menarik minat masyarakat yang lebih banyak lagi. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana strategi promosi personal selling Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Beringharjo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. (2) Untuk mengetahui faktor promosi personal selling Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Beringharjo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. (3) Untuk mengetahui dampak promosi personal selling Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Beringharjo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun terhadap loyalitas anggota. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Dengan prosedur pengumpulan data wawancara mendalam dan dokumentasi. Berdasarkan proses pengumpulan data dan analisis data, hasil penelitian ini adalah: (1) Strategi promosi yang dilakukan BMT Beringharjo Dolopo menggunakan 3 (tiga) metode promosi yaitu metode periklanan, publicity, personal selling (penjualan pribadi) Namun dari ketiga metode promosi yang digunakan tersebut, ada 1 (satu) metode yang menjadi metode promosi utama yaitu personal selling (penjualan pribadi). (2) Faktor yang mempengaruhi dalam promosi personal selling BMT Beringharjo Dolopo adalah : dengan cara dilakukannya identifikasi masyarakat yang menjadi calon anggota, Faktor lain yang mempengaruhi promosi personal selling dari BMT Beringharjo adalah pendekatan langsung melalui tatap muka atau bertemu langsung untuk memperkenalkan produk. dan dilanjutkan meminta keputusan dalam melakukan pembelian produk. (3) Dampak dari strategi promosi personal selling yang dirasakan oleh BMT Beringharjo Dolopo yaitu meningkatnya loyalitas terhadap produk-produk BMT Beringharjo Dolopo.

Page 1 of 2 | Total Record : 12