cover
Contact Name
Didi haryono
Contact Email
jmpkn.ibknitro@gmail.com
Phone
+628114115151
Journal Mail Official
jmpkn.ibknitro@gmail.com
Editorial Address
Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro (JMPKN) Jl. Prof. Abdurahaman Basalamah No.101 Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro
Published by IBK Nitro
ISSN : 2620780X     EISSN : 26207524     DOI : -
Core Subject : Economy,
Fokus dan Scopus pada Jurnal ini yaitu: - Manajemen Perbankan - Manajemen Keuangan - Dan Bidang lainnya yang berhubungan
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2023): Januari 2023" : 5 Documents clear
PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF (KAP), DAN NON PERFORMING FINANCING (NPF) TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN LIKUIDITAS PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2017 – 2021 Lisa Fidyasari Lisa; Yusvita Nena Arinta
Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro Vol. 6 No. 1 (2023): Januari 2023
Publisher : LP2M IBK Nitro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56858/jmpkn.v6i1.88

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CAR, KAP, dan NPF terhadap kinerja keuangan dengan likuiditas perusahaan sebagai variabel intervening pada Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2017 - 2021. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 12 Bank Umum Syariah yang terdaftar di OJK. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria tertentu, sehingga total sampel yang digunakan adalah 55 data dari 11 Bank Umum Syariah periode 2017 – 2021. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial CAR, KAP, NPF, dan Likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan. Sedangkan CAR dan KAP berpengaruh positif dan signifikan terhadap likuiditas. Dan NPF tidak berpengaruh signifikan terhadap Likuiditas. Berdasarkan analisis jalur, Likuiditas tidak mampu memediasi CAR, KAP, dan NPF terhadap kinerja keuangan.
Pengaruh Service Quality terhadap Customer Satisfaction pada Layanan Jasa Go-Jek di Kota Palopo Nasruddin Djunaedi; Muh. Akil Rahman
Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro Vol. 6 No. 1 (2023): Januari 2023
Publisher : LP2M IBK Nitro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56858/jmpkn.v6i1.89

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh service quality terhadap customer satisfactioson pada Jasa Gojek di Kota Palopo. Pengambilan sampel dengan teknik sampel insidental yaitu sebanyak 35 orang konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan konsumen (Y), terlihat bahwa variabel X mempunyai Thitung yakni 4.681 dengan Ttabel = 1,701 atau nilai Thitung > Ttabel. Nilai sig lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau nilai 0,000<0,05. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen pada Jasa Gojek di Kota Palopo. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulakan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Pengaruh Usaha Kecil Menengah Sektor Kuliner Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Sebelum Pandemi Covid 19 di Makassar Paris Dauda; Puteri Padriani Paris; Besse Qur’ani
Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro Vol. 6 No. 1 (2023): Januari 2023
Publisher : LP2M IBK Nitro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56858/jmpkn.v6i1.90

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh usaha kecil menengah sektor kuliner terhadap pertumbuhan ekonomi sebelum pandemi Covid 19 di Makassar. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan data skunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku UKM sektor kuliner di kota Makassar. Pengambilan data dilakukan secara purposive sampling dengan sampel penelitian 30 Usaha Kecil Menengah (UKM) pada sektor Kuliner di Makassar selama 3 tahun yakni pada tahun 2017 hingga 2019. Metode analisis yang digunakan adalah regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UKM sektor kuliner diperoleh nilai koefisien regresi yang berpengaruh positif dan signifikan. Hal tersebut diartikan UKM berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Makassar melalui pendapatan yang diterima masyarakat di 15 kecamatan yang bekerja di sentra pertumbuhan di Kota Makassar. Pertumbuhan ekonomi khusunya UKM sektor kuliner sangat berpengaruh dalam pendorong dengan adanya dukungan pemerintah berupa program-program pelatihan dan tingginya motivasi masyarakat untuk memanfaatkan potensi lokal dengan baik.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Mobile Banking Pada PT Bank Sulselbar Cabang Soppeng: i Oktovianus Sauw; Renny Mointi; A Syahrul Makkuradde; Sujatmiko; Angdy Ayu Mustika
Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro Vol. 6 No. 1 (2023): Januari 2023
Publisher : LP2M IBK Nitro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56858/jmpkn.v6i1.91

Abstract

Aplikasi Sulselbar Mobile dapat menggunakan kesempatan di masa pandemi sekarang ini untuk membantu nasabah dalam bertransaksi tampa datang ke ATM. Munculnya layanan Sulselbar Mobile yang disediakan oleh perbankan cukup mengubah gaya hidup masyarakat, yang tadinya harus mengantri di bank, kini hanya dengan aplikasi dan tanpa mendatangi ATM sudah bisa melakukan transaksi perbankan dimana saja dan kapanpun. Perkembangan teknologi yang semakin mempermudah transaksi membuat nasabah semakin berminat dengan layanan Sulselbar Mobile yang disediakan. Dengan masuknya teknologi dalam ranah keuangan perbankan saat ini membuat Bank Sulselbar cabang Soppeng berusaha untuk memaksimalkan layanan Mobile Banking yang mereka punya yaitu Sulselbar Mobile yang bertujuan mempermudah transaksi keuangan, membuat transaksi lebih aman dan membuat akses pelayanan perbankan lebih fleksibel bagi nasabah agar nasabah merasa puas dengan layanannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Mobile Banking Pada PT Bank Sulselbar Cabang Soppeng. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji t (parsial). Hasil penelitian menunjukkan Kemudahan Penggunaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kepuasan Nasabah, Efisiensi Penggunaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kepuasan Nasabah, Keamanan Penggunaan berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Nasabah dan Kemudahan, Efisiensi dan Keamanan Penggunaan berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT Bank Sulselbar  Cabang Soppeng.
Analisis Kualitas Layanan E-Tracking Terhadap Kepuasan Pelanggan Perusahaan Ekspedisi J&T Express Cabang Palopo Renaldi; Khaerana; Anhar Maulana
Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro Vol. 6 No. 1 (2023): Januari 2023
Publisher : LP2M IBK Nitro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56858/jmpkn.v6i1.93

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Layanan E-Tracking Terhadap Kepuasan Pelanggan Perusahaan Ekspedisi J&T Express Cabang Palopo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif. Jenis data yang digunakan berasal dari data primer  dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara serta kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan 50 Responden. Analisis data menggunakan Regresi Linear Sederhana. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Layanan E-Tracking berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap Kepuasan Pelanggan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5