cover
Contact Name
Bartolomius Harpad
Contact Email
informatika@wicida.ac.id
Phone
+62541736071
Journal Mail Official
informatika@wicida.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof . M. Yamin No.25 Samarinda
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Informatika Wicida
ISSN : -     EISSN : 28291085     DOI : https://doi.org/10.46984/inf-wcd
bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) meliputi topik sistem informasi, kecerdasan buatan, teknologi multimedia, dan lainnya
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1 (2019): Januari 2019" : 5 Documents clear
MEMBANGUN APLIKASI MANCORING BERBASIS ANDROID DENGAN MENERAPKAN REST API STUDI KASUS PADA PT TELKOM AKSES AREA SAMARINDA Ita Arfyanti; Tabrani Rija; Dana Sudana Hakim
Jurnal Informatika Wicida Vol 8 No 1 (2019): Januari 2019
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.981 KB) | DOI: 10.46984/inf-wcd.1220

Abstract

Mancore merupakan kepanjangan dari manajemen core di dalam konstruksi pembangunan/penyebaran jaringan berbasis fiber optic oleh Telkom Group, dimana mancore merupakan salah satu proses penting di dalamnya. Proses mancoring ini pun terjadi disetiap waktu, mulai dari awal pembangunan bahkan ketika proses perawatan ketika jaringan fiber optic telah terbangun. Mancoring di lapangan biasa dikerjakan oleh teknisi di satu unit ODC, dimana perlu sebuah pencatatan untuk setiap core, mengingat banyaknya core yang ada di satu unit ODC, mungkin dengan pencatatan manual di kertas sudah bisa menjadi solusi, kemudian dimasukkan ke dalam sebuah file excel untuk disatukan dengan data core dari ODC lain untuk keperluan data, tetapi ini cukup memakan waktu. Sehingga ini menjadi alasan dibangunnya aplikasi/sistem mancoring untuk teknisi dengan berbasis android, karena hampir setiap teknisi memiliki smartphone android, ketika data untuk core disetiap ODC bisa diinput melalui android maka ini sudah bisa memangkas beberapa pekerjaan teknisi, terutama mencatat data core dengan manual tadi.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN PADA CV. GASSA BERBASIS CLIENT SERVER Muhammad Rega Praduana; Ita Arfyanti; Heny pratiwi
Jurnal Informatika Wicida Vol 8 No 1 (2019): Januari 2019
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.181 KB) | DOI: 10.46984/inf-wcd.1222

Abstract

Perancangan Sistem Informasi Kepegawaian Pada CV. GASSA. Penelitian, Program Studi Sistem Informasi. STMIK Widya Cipta Dharma. Pembimbing I : Ita Arfyanti S.Kom., MM.SI dan Pembimbing II : Dr. Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd., M.Ti. Penelitian dilakukan untuk dapat mengembangkan suatu sistem informasi kepegawaian pada CV. GASSA yang nantinya jika sistem ini berhasil dapat membantu tugas perusahaan pada saat melakukan penggajian Karyawan setiap periode. Penelitian dilakukan di CV. GASSA. Metode pengumpulan data dengan wawancara yang mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan sistem pegelolaan gaji karyawan. Dengan cara observasi, yaitu mengadakan Pengamatan secara langsung ke CV. GASSA. Dalam penelitian ini metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu waterfall dengan perangkat lunak pendukung yang digunakan adalah PHP dan MySQL. Topologi jaringan yang digunakan adalah topologi star. Adapun hasil dari penelitian ini berupa suatu pengelolaan data gaji Karyawan berbasis client-server yang dapat meningkatkan pelayanan dan mempermudah pemberian gaji karyawan CV. GASSA.
PENERAPAN ALGORITMA FISHER YATES PADA APLIKASI PEMBELAJARAN PENGENALAN MATAKULIAH ETIKA PROFESI PADA STMIK WICIDA BERBASIS MULTIMEDIA Nursobah Nursobah; Azahari Azahari; Andi Wahyudi
Jurnal Informatika Wicida Vol 8 No 1 (2019): Januari 2019
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.427 KB) | DOI: 10.46984/inf-wcd.1223

Abstract

Penelitian ini membuat bagaimana menerapkan algoritma fisher yates pada sebuah aplikasi pembelajaran pengenalan Matakuliah Etika Profesi yang membahas Materi Etika Profesi.Pada aplikasi pembelajaran pengenalan Matakuliah Etika Profesi menggunakan tahapan pengembangan multimedia dan juga menggunakan algoritma fisher yates, dimana didalam tahapan pengembangan multimedia ada enam tahapan yaitu Konsep, Desain, Pengumpulan Materil, Penyusunan, Tes Dan Distribusi. Adapun alat bantu pengembangan sistemnya menggunakan flowchart dan storyboard.Penelitian ini menggunakan Algoritma Fisher-Yates yang berguna untuk mengacak soal pada latihan soal yang terdapat pada aplikasi. Adapun data yang digunakan adalah data dari dosen yang bersangkutan yaitu tentang materi etika profesi serta algoritma Fisher-Yates dan Multimedia.
MEMBANGUN SIDE SCROLLING GAME FLYING ENGGANG BERBASIS ANDROID DENGAN GODOT ENGINE Cladio Alessandro Ryan Tobi; Reza Andrea; Andi Yusika
Jurnal Informatika Wicida Vol 8 No 1 (2019): Januari 2019
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.665 KB) | DOI: 10.46984/inf-wcd.1234

Abstract

Mobile game adalah sebuah game yang didesain dan dimainkan melalui mobile devices, seperti PDA, smartphone, tablet PCs, dan portable media player. Dan sekarang ini, mobile game telah dibuat di berbagai macam platform seperti Symbian, Apple IOS, Android serta Windows Phone. Game Flying Enggang adalah game yang bergenre Arcade atau Side Scrolling yang dibuat dengan menggunakan aplikasi Godot Engine yang bersifat open source dalam pembuatan game ini. Game Flying Enggang ini memiliki konsep yang bertujuan untuk menguji konsentrasi seseorang dalam menerbangkan burung Enggang sebagai karakter utama sehingga dapat meloloskan diri dari rintangan yang berupa tiang dan mendapatkan poin atau nilai sebanyak-banyaknya. Game Flying Enggang ini juga bertujuan untuk memperkenalkan beberapa bangunan icon yang ada di kota Samarinda. Dalam penelitian ini metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu tahapan pengembangan multimedia dan berbasis android. Kesimpulan dari penelitian ini berupa game flying enggang berbasis android yang menggunakan Godot Engine yang dapat memperkenalkan beberapa icon bangunan di kota Samarinda serta burung Enggang sebagai hewan khas Kalimantan Timur.
APLIKASI PENGENALAN TATA CARA SHALAT PADA TK TUNAS RIMBA 2 BERBASIS MULTIMEDIA Ekawati Yulsilviana; Muhammad Wahid
Jurnal Informatika Wicida Vol 8 No 1 (2019): Januari 2019
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.851 KB) | DOI: 10.46984/inf-wcd.1236

Abstract

Dalam sebuah komputer atau perangkat multimedia lainnya terasa tidak lengkap bila tidak terdapat aplikasi pembelajaran. Pembuatan pembelajaran tersebut bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Dalam pembuatan aplikasi ini penulis membuat elemen-elemen yang di gunakan dalam Aplikasi Pembalajaran ini berupa karakter, backsound dan elemen lainnya dengan memanfaatkan tool yang ada pada software SwishMax4 serta penyimpanan musik dan efek suara dengan meng-import ke library dimana dalam library penulis mengorganisasi elemen-elemen tersebut. Elemen yang telah disiapkan dan dibuat kemudian penulis susun dalam scene, layer dan frame sesuai dengan apa yang penulis rancang. Penulis memanfaatkan actionscript dan motion dalam mengatur elemen-elemen pada Aplikasi Pembelajaran ini agar pembelajaran tersebut menjadi lebih menarik untuk diaplikasikan kepada siswa.Hasil akhir dari penelitian ini adalah dihasilkan program aplikasi berbasis Multimedia yang dapat memberikan gambaran jelas mengenai Aplikasi Pengenalan Tata Cara Shalat Pada TK Tunas Rimba 2 yang dapat menampilkan informasi tentang gerakan shalat, dzikir, serta doa sesudah shalat.

Page 1 of 1 | Total Record : 5