cover
Contact Name
Bartolomius Harpad
Contact Email
informatika@wicida.ac.id
Phone
+62541736071
Journal Mail Official
informatika@wicida.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof . M. Yamin No.25 Samarinda
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Informatika Wicida
ISSN : -     EISSN : 28291085     DOI : https://doi.org/10.46984/inf-wcd
bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) meliputi topik sistem informasi, kecerdasan buatan, teknologi multimedia, dan lainnya
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 2 (2020): Juli 2020" : 5 Documents clear
PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO UNTUK PEMBELAJARAN DARING BAGI DOSEN DILINGKUNGAN STMIK WIDYA CIPTA DHARMA Basrie Basrie; Amelia Yusnita
Jurnal Informatika Wicida Vol 9 No 2 (2020): Juli 2020
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.794 KB) | DOI: 10.46984/inf-wcd.1215

Abstract

Pembelajaran daring merupakan konsep yang sudah banyak diterapkan oleh negara maju. Negara berkembang seperti indonesia tidak mau ketinggalan dalam konsep pembelajaran daring ini. STMIK Widya Cipta Dharma merupakan perguruan tinggi yang ikut bertransformasi digital melakukan kegiatan belajar dengan memanfaatkan teknologi internet. Salah satu metode pembelajaran daring di STMIK Widya Cipta Dharma adalah mengupload video pembelajaran. Kendala yang dihadapi adalah tidak semua dosen yang mahir atau memiliki kemampuan dalam pembuatan video khususnya dalam penggunaan software Filmora, pada pelaksanaan pengapdian masyarakat ini ditujukan untuk dosen STMIK Widya Cipta Dharma dengan tujuan meningkatkan kemampuan dan kreatifitas dosen, Mengubah gaya mengajar konvesional tatap muka menjadi daring, dan merupakan alternatif belajar yang tidak mengharuskan dosen atau mahasiswa untuk hadir dikelas. Dalam pelaksanaanya pemateri memberikan ceramah dan praktek membuat video yang dihubungkan dengan LCD Proyektor. Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan dosen mampu memahami dan lebih kreatif dalam pembuatan video pembelajaran.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN PENYIAR RADIO PADA RADIO KPFM MENGGUNAKAN METODE SMART (SIMPLE MULTIATTRIBUTE RATING TECHIQUE) Ita Arfyanti; Yunita Yunita; Dwi Andrian Nurbawono
Jurnal Informatika Wicida Vol 9 No 2 (2020): Juli 2020
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.965 KB) | DOI: 10.46984/inf-wcd.1235

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) adalah sistem yang dapat membantu seseorang dalam mengambil keputusan yang akurat dan tepat sasaran. Banyak permasalahan yang dapat diselesaikan dengan menggunakan SPK, salah satunya adalah Penerimaan Penyiar Radio Pada Radio KPFM dengan menggunakan bantuan metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Penyiar Radio Pada Radio KPFM dengan menggunakan bantuan metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique) dengan harapan seleksi penyiar radio dilakukan secara obyektif. Dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database yang digunakan yaitu MySql. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, observasi dan wawancaraHasil dari penelitian ini adalah dibuatnya sistem pendukung keputusan untuk melakukan keputusan penyiar radio yang diterima, dan tidak diterima untuk menjadi penyiar radio. Pengguna dapat menginputkan data penyiar, data kriteria dan data sub kriteria. Kemudian sistem akan mencari solusi dengan metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique). Setelah keputusan didapatkan, maka sistem akan menampilkan keputusan tersebut.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TURNAMEN FUTSAL BERBASIS WEB PADA RUMAH FUTSAL MELAK Bonifasius Candra; Ita Arfyanti; Kusno Harianto
Jurnal Informatika Wicida Vol 9 No 2 (2020): Juli 2020
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.103 KB) | DOI: 10.46984/inf-wcd.1237

Abstract

Tugas akhir ini bertujuan untuk membangun sistem informasi manajemen penjadwalan turnamen futsal berbasis web pada rumah futsal melak. Sistem informasi ini dikembangkan dengan menggunakan perangkat lunak Sublime Text 2, XAMPP yang merupakan gabungan dari apache Web Server, PHP, dan MySQL, dan browser Google Chrome.Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode pengembangan sistem menggunakan waterfall Karena metode ini mempunyai tahapan – tahapan yang jelas nyata dan praktis. Kemudian pengujian sistem yaitu Black Box, White Box dan Beta Testing, sehingga sistem yang didapat sesuai dengan keinginan para calon pengguna.Sistem informasi manajemen ini dapat melakukan manajemen dan penjadwalan turnamen. Tujuan aplikasi ini adalah untuk memberikan kemudahan kepada pemilik rumah futsal melak dalam manajemen dan penjadwalan turnamen serta memberikan kemudahan kepada pihak-pihak yang ingin menyelenggarakan turnamen futsal.
MONITORING KETERSEDIAAN TEMPAT PARKIR DI STMIK WICIDA BERDASARKAN PERHITUNGAN KELUAR MASUK KENDARAAN DI PORTAL MASUK MENGGUNAKAN RFID TAG Bartolomius Harpad; Asep Nurhuda; Muhamad Almazazi Metekohy
Jurnal Informatika Wicida Vol 9 No 2 (2020): Juli 2020
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (682.537 KB) | DOI: 10.46984/inf-wcd.1238

Abstract

Monitoring ketersediaan tempat parkir di STMIK Wicida berdasarkan perhitungan keluar masuk kendaraan di portal masuk menggunakan RFID tag, bertujuan untuk menciptakan suatu alat yang dapat mempermudah pengguna kendaraan bermotor roda dua yang ada dikampus STMIK Wicida dalam memasuki tempat parkir juga mendapatkan kualitas layanan yang baik serta pengembangan efisiensi pekerjaanPenelitian ini menggunakan metode prototype yang merupakan salah satu metode siklus hidup sistem yang didasarkan pada konsep model bekerja (Working Model). Tujuannya adalah mengembangkan model menjadi sistem final dan dapat menghemat waktu. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dengan cara mengadakan pengamatan secara langsung di STMIK Widya Cipta Dharma sehingga didapat data yang di butuhkan untuk menunjang penelitian dan wawancara atau tanya jawab langsung kepada kepada pihak-pihak yang berkepentingan dengan masalah pengelola parkir pada kampus STMIK Wicida.Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa untuk membuat monitoring ketersediaan tempat parkir di STMIK Wicida berdasarkan perhitungan keluar masuk kendaraan di portal masuk menggunakan RFID Tag ini, dibutuhkan beberapa komponen seperti kartu RFID Tag yang digunakan sebagai akses keluar masuk di portal, NodeMCU sebagai pusat kontrol, RFID Reader sebagai sensor untuk melakukan tap kartu, Motor Servo sebagai portal masuk dan keluar, sensor Infrared sebagai sensor kendaraan, DFPlayer Mini sebagai output pesan suara dan web sebagai tampilan monitoring jumlah ketersediaan tempat parkir.
APLIKASI PENGENALAN ANGGOTA TUBUH MANUSIA MENGGUNAKAN SWISHMAX PADA TK DARUL FALAH 10 SAMARINDA BERBASIS MULTIMEDIA Bartolomius Harpad; Meilinda Wulandari
Jurnal Informatika Wicida Vol 9 No 2 (2020): Juli 2020
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1022.574 KB) | DOI: 10.46984/inf-wcd.1239

Abstract

Dalam sebuah komputer atau perangkat multimedia lainnya terasa tidak lengkap bila tidak terdapat aplikasi pembelajaran. Pembuatan pembelajaran tersebut bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Dalam pembuatan aplikasi ini penulis membuat elemen-elemen yang di gunakan dalam Aplikasi Pembalajaran ini berupa karakter, backsound dan elemen lainnya dengan memanfaatkan tool yang ada pada software SwishMax4 serta penyimpanan musik dan efek suara dengan meng-import ke library dimana dalam library penulis mengorganisasi elemen-elemen tersebut. Elemen yang telah disiapkan dan dibuat kemudian penulis susun dalam scene, layer dan frame sesuai dengan apa yang penulis rancang. Penulis memanfaatkan actionscript dan motion dalam mengatur elemen-elemen pada Aplikasi Pembelajaran ini agar pembelajaran tersebut menjadi lebih menarik untuk diaplikasikan kepada siswa.Hasil akhir dari penelitian ini adalah dihasilkan program aplikasi berbasis Multimedia yang dapat memberikan gambaran jelas mengenai Aplikasi Pengenalan Anggota Tubuh Manusia Menggunakan SwishMax Pada TK Darul Falah 10 Samarinda yang dapat menampilkan informasi tentang bagian-bagian anggota tubuh serta fungsinya.

Page 1 of 1 | Total Record : 5