cover
Contact Name
Ignatius Ario Sumbogo
Contact Email
ignatius.sumbogo@kalbis.ac.id
Phone
+6285812024824
Journal Mail Official
lpp@kalbis.ac.id
Editorial Address
Jalan Pulomas Selatan Kav 22, Kayu Putih, Jakarta Timur 13210
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Kalbisocio: Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Published by UNIVERSITAS KALBIS
ISSN : 23564385     EISSN : 28291301     DOI : https://doi.org/10.53008
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi adalah jurnal akses terbuka akademik yang bertujuan untuk mempromosikan integrasi bisnis dan komunikasi. Fokusnya adalah menerbitkan makalah tentang bisnis dan komunikasi. Makalah yang dikirimkan akan ditinjau oleh komite teknis jurnal. Semua artikel yang dikirimkan harus merupakan artikel asli, hasil penelitian yang sebelumnya tidak pernah dipublikasikan, eksperimental atau teoritis, dan akan ditinjau oleh reviewer. Artikel yang dikirimkan ke jurnal harus memenuhi kriteria ini dan tidak boleh sedang dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain. Naskah harus mengikuti gaya jurnal dan dapat ditelaah dan diedit.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 1 (2022): Kalbisocio, Jurnal Bisnis dan Komunikasi" : 8 Documents clear
Analisis Pengaruh Penerapan Standarisasi Proses Produksi Industri Ban Vulkanisir Dan Kualifikasi Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan Ario Sumbogo, Ignatius
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi Vol. 9 No. 1 (2022): Kalbisocio, Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Publisher : Research and Community Service INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS KALBIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (483.127 KB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh penerapan Standar Proses Produksi Good Manufacturing Production (SPP-GMP) dan kualifikasi SDM terhadap kinerja karyawan industri vulkanisir ban. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode lapangan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan unit analisis sebuah industri vulkanisir ban di wilayah Kabupaten Bogor Jawa Barat, dengan jumlah responden 60 orang. Metode pengolahan data menggunakan metode regresi menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan program SPP-GMP berpengaruh signifikan terhadap kinerja, kualifikasi SDM berpengaruh signifikan pada kinerja, dan pengaruh SPP-GMP dan Kualifikasi SDM secara simultan signifikan pada kinerja karyawan industri vulkanisir ban.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Manajemen Keuangan Generasi Milenial Tasha Gunadi , Aggry; Ruhana Dara , Siti
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi Vol. 9 No. 1 (2022): Kalbisocio, Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Publisher : Research and Community Service INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS KALBIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.923 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan pendapatan pribadi terhadap perilaku manajemen keuangan pada generasi milenial. Metode analisis menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 20. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi milenial di Indonesia dan sampel yang diambil sebanyak 220 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode teknik non probability sampling dan jenis yang digunakan sampling insidental. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner menggunakan skala Likert untuk mengukur setiap pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan keuangan, sikap keuangan dan lokus kendali internal berpengaruh terhadap perilaku manajemen keuangan. Sedangkan pendapatan pribadi tidak berpengaruh terhadap perilaku manajemen keuangan.
Objektivitas Tempo.co dalam Memberitakan Sosok Jokowi Yunita, Anastasia; Salman
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi Vol. 9 No. 1 (2022): Kalbisocio, Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Publisher : Research and Community Service INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS KALBIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.847 KB)

Abstract

Presiden Jokowi menjadi presiden terpilih untuk kedua kalinya pada pemilu serentak di tahun 2019. Sebelumnya, ia telah dikenal bukan di rancah nasional namun juga internasional sebagai sosok yang sederhana dan pekerja keras. Kebijakan dan kinerjanya menjadi perhatian publik. Namun, tentu masih terdapat pihak yang pro ataupun kontra dengan Jokowi, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa objektivitas Tempo.co. dalam memberitakan sosok Jokowi dengan menggunakan metode analisis isi kuantitatif dan mengaplikasikan kerangka Objektivitas Westerstahl. Hasil penelitian menunjukkan tingkat objektivitas Tempo.co adalah sebesar 51.03%. Selain itu, berita yang paling banyak diberitakan secara tidak objektif adalah berita dengan tema kinerja.
Pengaruh Budaya Kaizen, Pelatihan Kerja, dan Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan pada PT Rimba Kencana Bumi Nusantara Yunico Tampubolon, Ronaldo; Abadi, Ferryal
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi Vol. 9 No. 1 (2022): Kalbisocio, Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Publisher : Research and Community Service INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS KALBIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.985 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh budaya kaizen, pelatihan kerja dan kompetensi terhadap kinerja karyawan pada PT Rimba Kencana Bumi Nusa. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu kuisoner pada karyawan departemen produksi, quality control, ppic, gudang, dan marketing. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah data hasil kuesioner yang berjumlah 77 responden. Teknik analisis pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program aplikasi statistik. Hasil penelitian secara statistik menunjukkan bahwa budaya kaizen berpengaruh secara positif namun tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan, pelatihan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, serta kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dan secara bersama-sama budaya kaizen, pelatihan kerja, dan kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.
Pengaruh Price Perception, Social Media Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kertas Titik Koma Christian, Joshua; Mariah
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi Vol. 9 No. 1 (2022): Kalbisocio, Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Publisher : Research and Community Service INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS KALBIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.586 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh price perception, social media marketing¸ dan brand awareness terhadap keputusan pembelian produk kertas Titik Koma. Penelitian ini membahas mengenai dimensi pada variabel penelitian yang dikaji untuk mengetahui pengaruh antara variabel dengan objek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui survey kuisioner yang disebarkan kepada 131 responden yang diolah menggunakan SPSS Versi 24.0 dengan metode pengambilan sampel non-probability sampling. Hasil uji hipotesis (uji t), price perception berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Social media marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand Awareness berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Implikasi dari penelitian ini agar dapat memberikan pemahaman bagi para pemasar untuk memperhatikan price perception, social media marketing dan brand awareness yang baik, terutama terhadap produk Kertas Titik Koma.
Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Institusional dan Terkonsentrasi Terhadap Nilai Perusahaan Sulistiorini, Josephine; lestari, diyan
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi Vol. 9 No. 1 (2022): Kalbisocio, Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Publisher : Research and Community Service INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS KALBIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (533.182 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, struktur modal, ukuran perusahaan, kepemilikan institusional, dan kepemilikan terkonsentrasi terhadap nilai perusahaan sektor consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) per kuartal selama periode 2016-2019. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari laporan keuangan konsolidasi per kuartal perusahaan sektor consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2016-2019. Terdapat 23 perusahaan yang menjadi sampel atau sebanyak 368 observasi yang memenuhi kriteria sampel penelitian dengan metode purposive sampling. Metode analisis data dilakukan dengan analisis regresi panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan dan kepemilikan institusional berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan, variabel net profit margin, debt to equity ratio, dan kepemilikan terkonsentrasi tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Perilaku Konsumen Remaja Putri Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Secara Online Melalui Tiktok Di Masa Pandemi Ayu Lestari, Ratih; Dwi Jatmiko Latabulo, Dholey
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi Vol. 9 No. 1 (2022): Kalbisocio, Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Publisher : Research and Community Service INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS KALBIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.725 KB)

Abstract

Penggunaan media sosial Tiktok meningkat di kalangan remaja putri dikarenakan rasa jenuh dan membutuhkan hiburan. Dengan frekuensi penggunaan media sosial Tiktok yang meningkat tersebut mempengaruhi perilaku konsumen mereka yang berdampak pada pengambilan keputusan pembelian selama pandemi, hal tersebut dikarenakan konten yang dikonsumsi berupa review suatu barang, jasa, atau produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana perilaku konsumen belanja online remaja putri pengguna aktif Tiktok dapat terjadi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma post positivisme. Penelitian ini berlandaskan teori Decisions Making (Solomon, 2017) yang masih relevan hingga saat ini. Hasil penelitian ini adalah para remaja menunjukkan bahwa Tiktok merupakan aspek utama yang mempengaruhi meningkatnya para remaja putri tersebut mengkonsumsi barang yang mereka lihat melalui media sosial Tiktok selama masa pandemi covid – 19 dengan lingkungan pertemanan sebagai faktor sosial yang mendorong para remaja tersebut, dengan mengutamakan pendapat mereka dalam pengambilan keputusan pembelian secara online yang dapat berubah menjadi perilaku konsumtif.
Strategi Analisis Pengembangan Produk Di Divisi Research And Development Perusahaan Farmasi PT. X Sophiana Agustianingsih, Anna
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi Vol. 9 No. 1 (2022): Kalbisocio, Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Publisher : Research and Community Service INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS KALBIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.881 KB)

Abstract

Perusahaan farmasi PT. X merupakan salah satu perusahaan farmasi nasional yang menerapkan strategi generik. Perusahaan Farmasi X tidak hanya berupaya terhadap produk-produk existing namun juga berupaya untuk mengembangkan produk generik off patent item baru, sebagai sarana untuk menghadapi persaingan yang sangat ketat di industri farmasi. Salah satu divisi yang berperan dalam pengembangan produk generik yaitu divisi Research and Development. Perusahaan Farmasi PT. X menerapkan salah satu pendekatan penelitian dan pengembangan (litbang) yaitu menjadi peniru inovatif dari produk yang berhasil, sehingga meminimalkan risiko dan biaya awal. Dalam menjalankan kinerjanya divisi Research and Development perusahaan farmasi PT. X harus memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses pengembangan produk obat. Data yang dianalisis pada divisi R&D perusahaan farmasi PT. X merupakan data yang diperoleh dari hasil wawancara, FGD, pengamatan, dan studi pustaka. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan metode SWOT dan QSPM. Hasil dari penelitian dengan menggunakan metode tersebut tersusun perencanaan Strategi yang dapat diterapkan oleh divisi Research and Development Perusahaan Farmasi PT. X meliputi Reformulasi alur pengembangan formula di divisi R&D, meningkatkan kompetensi sumber daya manusia, melengkapi fasilitas di laboratorium R&D dan efisiensi proses produksi

Page 1 of 1 | Total Record : 8