cover
Contact Name
Ignatius Ario Sumbogo
Contact Email
ignatius.sumbogo@kalbis.ac.id
Phone
+6285812024824
Journal Mail Official
lpp@kalbis.ac.id
Editorial Address
Jalan Pulomas Selatan Kav 22, Kayu Putih, Jakarta Timur 13210
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Kalbisocio: Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Published by UNIVERSITAS KALBIS
ISSN : 23564385     EISSN : 28291301     DOI : https://doi.org/10.53008
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi adalah jurnal akses terbuka akademik yang bertujuan untuk mempromosikan integrasi bisnis dan komunikasi. Fokusnya adalah menerbitkan makalah tentang bisnis dan komunikasi. Makalah yang dikirimkan akan ditinjau oleh komite teknis jurnal. Semua artikel yang dikirimkan harus merupakan artikel asli, hasil penelitian yang sebelumnya tidak pernah dipublikasikan, eksperimental atau teoritis, dan akan ditinjau oleh reviewer. Artikel yang dikirimkan ke jurnal harus memenuhi kriteria ini dan tidak boleh sedang dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain. Naskah harus mengikuti gaya jurnal dan dapat ditelaah dan diedit.
Articles 52 Documents
Figur Jokowi Dalam Video Opening Ceremony Asian Games 2018. Sudedi, Aprinandi; Salman
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi Vol. 7 No. 1 (2020): Kalbisocio, Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Publisher : Research and Community Service INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS KALBIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.064 KB)

Abstract

Presiden biasanya memiliki sikap yang formal dalam figurnya. Tetapi berbeda dengan apa yang digambarkan dalam video Opening Ceremony Asian Games 2018. Jokowi digambarkan sebagai sosok yang heroik dengan aksi-aksinya. Dalam video ini menggambarkan figur Jokowi yang berbeda di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna figur Jokowi di dalam video Opening Ceremony Asian Games 2018. Dalam penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme. Penelitian ini menggunakan teori konstruksi realitas sosial media massa serta menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis semiotika yang dikemukakan oleh Charles Sanders Pierce dengan menggunakan triangle meaning yaitu sign, object dan interpretant. Penelitian ini menemukan bahwa figur Jokowi dimaknai sebagai figur terpenting bagi negara Indonesia dan memiliki sifat yang sama seperti masyarakat pada umunya yang tidak terlalu formal sifatnya dalam jabatannya.
Strategi Bersaing Produk Air Minum Alkali PT KLM di Wilayah Bogor, Jawa Barat Ratna, Oktaviani; Sumaryono, Wahono; Hatta, Iha Haryani
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi Vol. 7 No. 1 (2020): Kalbisocio, Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Publisher : Research and Community Service INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS KALBIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.986 KB)

Abstract

PT. KLM merupakan perusahaan air minum yang ada di Bogor Jawa Barat, memproduksi air minum pH 8+ atau air minum alkali, yang berfungsi bukan sekedar menghilangkan rasa dahaga tetapi juga memberikan manfaat kesehatan lainnya. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi faktor internal dan eksternal produk air minum alkali PT. KLM, menggunakan analisa SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats) dari beberapa faktor yang diperoleh untuk menentukan strategi bisnis PT KLM dalam menghadapi persaingan industri. Hasil analisis SWOT dan IFE EFE, didapatkan kekuatan dan peluang memiliki skor lebih besar dari kelemahan dan ancaman. Pada faktor internal, kekuatan memiliki skor 2.13 dan kelemahan dengan skor 1.99 sehingga didapatkan nilai x adalah 0.14. Faktor eksternal, peluang mendapat skor 2.17 dan ancaman yang mendapat skor 1.90, sehingga didapatkan nilai y adalah 0.27. Dilihat dari titik x dan y (0.14, 0.27), posisi berada pada kuadran 1 yaitu pertumbuhan agresif. Langkah implementasi dari Strategi pertumbuhan agresif adalah melakukan penetrasi pasar, mengembangkan market melalui media promosi dan meningkatkan kualitas mesin
Komodifikasi Disabilitas Dalam Film The Shape of Water Novelita, Maria; syaifuddin
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi Vol. 7 No. 1 (2020): Kalbisocio, Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Publisher : Research and Community Service INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS KALBIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (902.337 KB)

Abstract

Kisah disabilitas tidak hanya dapat ditemui di dunia nyata namun juga dalam media massa. Salah satu film yang menghadirkan tokoh disabilitas adalah film The Shape Of Water melalui tokoh utamanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk membongkar disabilitas yang dijadikan komoditi bagi kaum kapitalis, pemilik media massa. Penelitian ini menggunakan Teori Komodifikasi (Teori Ekonomi-Politik Media) dengan pendekatan kualitatif dan metode analisis semiotika Roland Barthes yang meliputi tiga level pemaknaan yaitu denotasi, konotasi dan mitos.Hasil dari penelitian ini adalah disabilitas telah mengalami pergeseran mitos. Dalam mitos daerah, disabilitas dianggap sakti, tidak mandiri, dan tidak dapat bersosialisasi. Namun dalam film The Shape of Water, disabilitas digambarkan sebagai ‘aib’, mandiri, dan mampu bersosialisasi. Selain itu, film ini juga memantapkan beberapa mitos seperti dikucilkan dari masyarakat, sesuatu yang menyedihkan dan memiliki derajat yang rendah.
Pengaruh Celebrity Adsense di Media Sosial dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Situs Belanja Online Wardah Febriansyah; Iskandar , Donant A.
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi Vol. 7 No. 1 (2020): Kalbisocio, Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Publisher : Research and Community Service INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS KALBIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.348 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara celebrity adsense dan saluran distribusi terhadap volume penjualan Wardah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survei kepada 40 distributor Wardah. Seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Hasil uji hipotesis (uji t) yang menunjukkan bahwa variabel celebrity adsense berpengaruh signifikan terhadap variabel volume penjualan ini ditunjukkan dengan t hitung sebesar 8.093 > 2,026192 yang lebih besar dari t tabel. Demikian pula dengan variabel saluran distribusi berpengaruh signifikan dengan t hitung sebesar 6,827 > 2,026192 yang lebih besar dari t tabel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah celebrity adsense dan saluran distribusi berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan.
Komunikasi Antar Budaya Mahasiswa Perantau dalam Beradaptasi di Lingkungan Pendidikan Tinggi Parlindungan , Davis Roganda
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi Vol. 7 No. 1 (2020): Kalbisocio, Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Publisher : Research and Community Service INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS KALBIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.325 KB)

Abstract

Mahasiswa yang berasal dari luar Jakarta merantau ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi di universitas tidak dapat menghindari pengalaman dan budaya baru yang sangat berbeda dengan budaya tempat asalnya. Mereka akan mengalami cultural shock. Dimana kondisi ini menimbulkan rasa kuatir, cemas, frustasi, penuh tekanan dan permusuhan akan keadaan sosial di lingkungan pendidikan tinggi atau kampus. Untuk itu perlu komunikasi antar budaya dalam beradaptasi dalam lingkungan pendidikan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif agar dapat mengambarkan bentuk cultural shock yang dihadapi mahasiswa perantau tersebut dan bentuk komunikasi antar budaya mahasiswa dalam beradaptasi. Hasil penelitian mengambarkan dalam beradaptasi terhadap cultural shock mereka melalui beberapa tahapan yaitu optimistic, kultural, recovery dan penyesuaian
Pemanfaatan Brand Awareness dan Brand Trust terhadap Minat Beli Produk Terbaru meliana, vina; Ifander , Sebastian Evan
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi Vol. 7 No. 1 (2020): Kalbisocio, Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Publisher : Research and Community Service INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS KALBIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.643 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand awareness dan brand trust yang dimiliki Nokia terhadap minat beli konsumen smartphone android Nokia seri terbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah sejumlah 120 responden yang merupakan pengguna Nokia versi lama dan mengetahui smartphone android Nokia terbaru. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand awareness berpengaruh terhadap minat beli konsumen dan juga brand trust memiliki pengaruh terhadap minat beli. Selain itu brand awareness dan brand trust secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat beli konsumen dengan nilai f tabelsebesar 48,876.
Pengaruh Tayangan Suara Hati Istri di Indosiar Terhadap Perilaku Ibu Rumah Tangga Meiliana , Stefica; Delliana , Santi
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi Vol. 7 No. 1 (2020): Kalbisocio, Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Publisher : Research and Community Service INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS KALBIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.909 KB)

Abstract

Pada penelitian ini dengan judul Pengaruh Tayangan Suara Hati Istri di Indosiar Terhadap Perilaku Ibu Rumah Tangga. Tayangan televisi memberikan dampak yang dapat mempengaruhi perilaku masyarakat yang menonton. Fungsi utama dari media massa adalah informasi, pengetahuan, hiburan Tujuan pada penelitian ini adalah adalah pengaruh pada tayangan Suara Hati Istri terhadap perilaku ibu rumah tangga Perumahan Harapan Indah RT 05/16. Penelitian ini menggunakan teori kultivasi dan teori belajar sosial dengan paradigma positivisme, dan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 38 ibu rumah tangga. Hipotesis yang dijabarkan dan berdasarkan t tabel dan t hitung dengan taraf siginifikasi 0,05 (8,538 > 1,687), dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka tayangan Suara Hati Istri di Indosiar berpengaruh terhadap perilaku Ibu Rumah Tangga Perumahan Harapan Indah RT05/16.
Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Online Shop @diet_inget_irwan Ferica , Sheila; Parlindungan , Davis Roganda
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi Vol. 7 No. 2 (2020): Kalbisocio, Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Publisher : Research and Community Service INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS KALBIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.049 KB)

Abstract

Abstrak: @diet_inget_irwan adalah salah satu online shop yang bergerak dibidang produk kesehatan dan kecantikan. Online shop ini menyadari bahwa perkembangan teknologi dan persaingan pasar terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu, sehingga dibutuhkan strategi komunikasi yang tepat dan mampu menjembatani proses pemasaran antara pengusaha dengan masyarakat. Strategi yang dipilih oleh online shop @diet_inget_irwan adalah dengan pemanfaatan media sosial Instagram sebagai komunikasi pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan Instagram sebagai strategi komunikasi pemasaran pada online shop @diet_inget_irwan.Peneliti menggunakan paradigma penelitian post positivisme dan pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian deskriptif, peneliti mengumpulkan data secara primer yang diperoleh dari pemilik online shop @diet_inget_irwan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, diharapkan bahwa pemanfaatan media sosial Instagram sebagai strategi komunikasi pemasaran online shop dapat menjadi peluang bagi pemilik online shop lain untuk menerapkan strategi tersebut pada bisnisnya.
Pengaruh Price Perception, Social Media Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kertas Titik Koma Christian, Joshua; Mariah
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi Vol. 7 No. 2 (2020): Kalbisocio, Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Publisher : Research and Community Service INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS KALBIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.746 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh price perception, social media marketing¸ dan brand awareness terhadap keputusan pembelian produk kertas Titik Koma. Penelitian ini membahas mengenai dimensi pada variabel penelitian yang dikaji untuk mengetahui pengaruh antara variabel dengan objek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui survey kuisioner yang disebarkan kepada 131 responden yang diolah menggunakan SPSS Versi 24.0 dengan metode pengambilan sampel non-probability sampling. Hasil uji hipotesis (uji t), price perception berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Social media marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand Awareness berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Implikasi dari penelitian ini agar dapat memberikan pemahaman bagi para pemasar untuk memperhatikan price perception, social media marketing dan brand awareness yang baik, terutama terhadap produk Kertas Titik Koma.
Penggambaran Perceraian Dalam Film Marriage Pranacinsa , Kimberly; kusumawati, dyah
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi Vol. 7 No. 2 (2020): Kalbisocio, Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Publisher : Research and Community Service INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS KALBIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.175 KB)

Abstract

Perceraian menjadi sebuah perpisahan diantara pasangan suami istri. Hal didalamnya melibatkan faktor ekonomi, keluarga, hukum, serta sosial. Tujuan penelitian ini untuk melihat penggambaran perceraian dalam film Marriage Story. Penelitian ini menggunakan Teori Konstruksi Realitas Sosial Media Massa dengan pendekatan kualitatif serta metode analisis Semiotika Pierce dengan tiga tahapan yaitu sign, object, dan interpretant. Perceraian merupakan suatu realitas yang ada di masyarakat. Penelitian ini melihat bahwa perceraian merupakan suatu proses panjang yang harus dijalani. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan jika perceraian digambarkan dalam bentuk mediasi, proses hukum, terbentuknya jarak pembatas, serta dalam bentuk diskusi antar pasangan. Namun, perceraian juga diperlihatkan sebagai masalah yang diselesaikan secara baik dan adil.