cover
Contact Name
Hemma Marlenny
Contact Email
jurnal.ekispersya@unmuha.ac.id
Phone
+628116812469
Journal Mail Official
jurnal.ekispersya@unmuha.ac.id
Editorial Address
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh Jalan Muhammadiyah No.91, Batoh LuengBata BandaAceh23245
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
JIEPS: Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam dan Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh
ISSN : -     EISSN : 28078381     DOI : https://doi.org/10.37598/jeips.v1i2,Nov
Core Subject : Economy, Education,
JIEPS: Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam dan Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is publishes original articles on the latest issues and trends occurring internationally in islamic economic, syariah banking, economic of Islam policy, economic management, economic of Islam best practise, increasing economic of islam, management of economic of Islam, curriculum and preparation of science econom and bankirs with the am to advance our knowledge of Islam economic and syariah banking theory and practice. Moreover, this journal also cover the issues corcerned with environmental of Islam economic and syariah banking.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2023): JEIPS: Jurnal Ekonomi Islam Dan Perbankan Syariah" : 6 Documents clear
MENGANALISIS PENGARUH MERGER PADA BSI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA Cut Nova Rianda
Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah Vol 3, No 1 (2023): JEIPS: Jurnal Ekonomi Islam Dan Perbankan Syariah
Publisher : Prodi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jeips.v3i1.1769

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh dari merger perbankan Syariah adalah salah satu dari solusi perekonomian bangsa, hal itu dikarenakan kegiatan perekonomian yang merupakan tulang punggung penggerak pada stabilitas nasional, kemudian saat ini harus dimulai kegiatan perekonomian nasional yang bergerak menuju perekonomian yang berbasis syariah. Perkembangan perbankan syariah di Indonesia menjadikan terwujudnya merger atau penggabungan 3 (tiga) perbankan syariah yang sudah ada yaitu Bank Syariah Mandiri (BSM), Bank Negara Indonesia Syariah (BNIS) dan Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRIS). Seperti yang sedang terjadi di industri perbankan, tentunya merger dilakukan disebabkan karena ada tujuan dan alasan tertentu yang ingin dicapai.
PENGARUH PEMBIAYAAN MUDHARABAH DAN MUSYARAKAH TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA (2015-2020) Fairuz Najmi; Puji Aryani; Harisna Rais
Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah Vol 3, No 1 (2023): JEIPS: Jurnal Ekonomi Islam Dan Perbankan Syariah
Publisher : Prodi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jeips.v3i1.1770

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembiayaan mudhrabah dan Pembiayaan musyarakah terhadap Profitabilitas Bank Syariah Indonesia di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data pada penelitianiniyaitu data sekunder berupa data laporan keuangan Bank Syariah Indonesia yang terbaru. Proses analisis data menggunakan aplikasi SPSS 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a. Pembiayaan mudharabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas Bank Syariah Indonesia, b. Pembiayaan musyarakah berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas Bank Syariah Indonesia, c. Secara simultan, Pembiayaan mudharabah dan musyarakah berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap profitabilitas Bank Syariah Indonesia. 
EMAS GANTIKAN DOLAR AS MENJADI ALAT TUKAR NEGARA ISLAM Cut Nova Rianda
Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah Vol 3, No 1 (2023): JEIPS: Jurnal Ekonomi Islam Dan Perbankan Syariah
Publisher : Prodi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jeips.v3i1.1768

Abstract

Emas sebagai alat tukar atau dikenal juga dengan dinar dan dirham yang terbuat dari perak adalah solusi untuk mengatasi ketidakstabilan mata uang kertas yang dapat menyebabkan inflasi atau krisis ekonomi, sehingga membuat harga-harga barang naik. Beban masyarakat semakin bertambah semakin berat dan juga menyebabkan semakin banyak pengangguran dan meningkatnya kemiskinan, sehingga dibutuhkan banyak oranguntuk mencari sumber pendapatan lain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan berinvestasi sebagian dari mereka aktiva. Ada juga beberapa orang yang memiliki ekonomi kelas menengah ke atas, tentu saja mereka tidak hanya berpikir tentang investasi tetapi juga bagaimana mereka dapat melindungi aset mereka dari efek negatif inflasi dengan lindung nilai. Yang merupakan salah satu instrumen investasi oleh tabungan dinar dan dirham. Karena dinar dan dirham merupakan mata uang alternatif yaitu tahan terhadap inflasi, tidak seperti mata uang kertas lainnya, misalnya rupiah karena dinar dan dirham memiliki nilai tetap sehingga tidak ada kendala dalam proses pertukaran uang.
TRANSFORMASI DIGITAL BRANCH DALAM UPAYA PENINGKATAN LAYANAN DI ERA SOCIETY 5.0 PADA BANK MANDIRI JEMBER Hafiz Wahyu Ananda; Siti Masrohatin; Rizca Laila Amalia; Lynda Qurotul Aini
Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah Vol 3, No 1 (2023): JEIPS: Jurnal Ekonomi Islam Dan Perbankan Syariah
Publisher : Prodi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jeips.v3i1.1761

Abstract

Transformasi digital pada industri perbankan lebih dari sekedar menyediakan layanan online dan mobile banking. Digital branch sebagai salah satu bentuk digitalisasi perbankan hadir sebagai strategi layanan terbaru yang memudahkan masyarakat untuk dapat menikmati layanan perbankan secara lebih cepat, mudah, dan aman. Konsep digital branch menggabungkan antara layanan konvensional dan layanan digital, yang dilakukan dalam memenuhi kebutuhan nasabah yang kompleks dan beragam terutama di Era Society 5.0. Dalam menghadapi perubahan ini, perbankan harus memperhatikan perkembangan teknologi dan tuntutan masyarakat, serta dampak sosial dan lingkungan yang ditimbulkan dari sistem yang telah dibuat untuk mengembangkan strategi dan produk yang tepat dan relevan dengan kebutuhan nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengambilan informasi melalui wawancara dengan narasumber, buku, tinjauan pustaka, literatur, penelitian terdahulu, website atau artikel yang relevan dengan isu yang sedang dikaji. Penelitian ini bertujuan memaparkan transformasi bank konvensional menjadi digital branch sehingga memunculkan strategi dan upaya baru bank untuk meningkatkan layanan nasabah terutama pada perubahan industri era Society 5.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi bank konvensional menjadi digital branch dapat memberikan kemudahan dan keamanan layanan bagi nasabah dalam melakukan aktivitas perbankan, sehingga hal ini akan meningkatkan kepuasan nasabah dan kualitas layanan perbankan, serta memunculkan kepercayaan nasabah pada sektor perbankan tersebut.
PENGARUH CITRA PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK ACEH SYARIAH KANTOR CABANG SUBULUSSALAM Ridwansyah Harahap; Puji Aryani; Hemma Marlenny
Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah Vol 3, No 1 (2023): JEIPS: Jurnal Ekonomi Islam Dan Perbankan Syariah
Publisher : Prodi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jeips.v3i1.1741

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Aceh Syariah Kantor Cabang Subulussalam. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini dilakukan terhadap nasabah PT. Bank Aceh Syariah Kantor Cabang Subulussalam sampel diambil sebanyak 100 orang nasabah. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel citra produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini dapat dilihat dari nilai Fhitung sebesar 41,466 dengan probabilitas signifikasi 0,000. Sedangkan secara parsial kedua variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini dibuktikan, variabel citra produk dengan nilai thitung sebesar 2,196, dan probabilitas signifikan 0,030. Variabel kualitas pelayanan dengan nilai thitung 4,864 dan probabilitas signifikan 0,000. Berdasarkan uji R Square (R) pengaruh yang diberikan sebesar 46,1% sedangkan sisanya 53,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti di dalam penelitian ini.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH BSI (Studi Pada Dosen Universitas Muhammadiyah Aceh) Puji Aryani; Susi Wardani; Raja Utama
Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah Vol 3, No 1 (2023): JEIPS: Jurnal Ekonomi Islam Dan Perbankan Syariah
Publisher : Prodi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jeips.v3i1.1703

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia Cabang Banda Aceh.Populasi penelitian adalah seluruh dosen tetap Universitas Muhammadiyah Aceh.Sampel penelitian berjumlah 100 orang dan dipilih secara random. Hasil penelitian mendapati bahwa kualitas pelayanan dan kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi berturut-turut adalah 0,002 dan 0,000., lebih kecil dari 0,05. Nilai uji F mendapati bahwa secara simultan kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi  0,000, lebih kecil dari 0,000.  Sumbangan variabel independen terhadap variabel dependen adalah sebesar 42%.Tingkat hubungan antara variabel independen dan variabel dependen adalah kuat, ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,648.Implikasi dari penelitian ini adalah Bank Syariah Indonesia harus selalu menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas produk untuk menjaga dan meningkatkan kepuasan nasabah.

Page 1 of 1 | Total Record : 6