cover
Contact Name
Nuraini Purwandari
Contact Email
nuraini.purwandari@gmail.com
Phone
+628129579830
Journal Mail Official
junsibi@ibi-k57.ac.id
Editorial Address
Jl. Moch. Kahfi II No.33, RT.1/RW.5, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI)
ISSN : 27743446     EISSN : 27743454     DOI : https://doi.org/10.55122/junsibi.v1i1.101
Core Subject : Science,
Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI) menerima artikel ilmiah dengan lingkup penelitian pada: Sistem Informasi dan Implementasinya Teknologi Informasi dan Implementasinya Enterprise Resource Planning Technopreneur Database, Data Mining Aplikasi Web Based Mobile Android Manajemen Proyek SistemInformasi Audit Sistem Informasi Sistem Informasi Bisnis Komunikasi Data Simulasi Pemodelan Internet Of Things Kecerdasan Buatan Tema penelitian lain yang relevan dengan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI)" : 5 Documents clear
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KOPI MELALUI DIGITALPRENEUR STUDI KASUS PADA CV. PUTRI CAHAYA CEMERLANG (KOPI ONCAK) Filda Angellia; Mayang Riyantie
Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI) Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI)
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (799.07 KB) | DOI: 10.55122/junsibi.v1i1.101

Abstract

Area DKI Jakarta adalah area yang mempunyai potensi bisnis yang cukup besar untuk berkembang karena area tersebut merupakan area padat penduduk dan padat akan kegiatan bisnis serta perekonomian lainnya. Pertambahan jumlah penduduk juga terus meningkat sehingga kebutuhan akan bahan atau barang tertentu juga cenderung ikut meningkat. Seiring dengan era industrial 4.0 yang mengusung tema IoT (Internet of Things), maka sangat diperlukan penentuan strategi komunikasi yang sesuai. Pemasaran berbasis digital merupakan salah satu strategi yang cukup vital dan sangat dominan untuk meningkatkan jumlah pangsa pasar (konsumen).Begitupun dengan usaha penjualan kopi, dimana kopi sudah menjadi ketuhan sehari-hari yang harus terpenuhi. Kopi telah dianggap memiliki pangsa pasar besar dalam industri. Sehingga untuk proses produksi dan penjualannya butuh strategi untuk ditingkatkan atau minimal bertahan di pasaran. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif. Data yang diperlukan diperoleh dengan studi lapangan, dokumentasi survey lapangan, dan hasil wawancara. Hasil observasi dan survey lapangan memperlihatkan data bahwa usaha penjualan bahan kebutuhan sehari-hari seperti kopi menggunakan strategi pemasaran berbasis digital (digital marketing) yang terus dilakukan bersamaan dengan strategi pemasaran lain.
Analisi Sistem Penjualan dengan Point of Sales (POS) Berbasis Web di Gudang Kopi Oncak Bilqis Nabilla Santgani; Filda Angellia
Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI) Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI)
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (741.622 KB) | DOI: 10.55122/junsibi.v1i1.102

Abstract

Sistem informasi Penjualan dengan Point of Sale (POS) merupakan sistem yang dibangun untuk pencatatan transaksi penjualan dan melakukan proses data pada CV Putri Cahaya Cemerlang (Gudang Kopi Oncak) untuk mempercepat pelayanan dari registrasi sampai dengan pembayaran. Sistem informasi Penjualan POS ini dibangun menggunakan metode Waterfall. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi literatur untuk menganalisis kebutuhan dan perancangan sistem informasi penjualan dengan POS. Perancangan sistem informasi penjualan dengan POS ini menggunakan metode Unified Modeling Language (UML) untuk memvisualisasikan proses transaksi penjualan yang terjadi. Diagram yang digunakan adalah diagram use case, diagram aktivitas, dan diagram kelas. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan Codeigniter, dan MySQL sebagai databasenya. Hasil dari analisis dan perancangan sistem ini mencakup formulir pengguna, formulir pendaftaran pelanggan, formulir pemrosesan transaksi, dan formulir pemrosesan laporan.
ANALISIS SWOT TERHADAP PT. CHANDRA SAKTI UTAMA LEASING DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS PEMBIAYAAN ALAT BERAT waskita cahya
Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI) Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI)
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (446.906 KB) | DOI: 10.55122/junsibi.v1i1.104

Abstract

Perkembangan suatu usaha baik itu usaha yang berskala kecil, menengah maupun besar dalam upaya bertahan maupun pengembangan usaha dibutuhkan sumber dana yang besar. Oleh karena itu kemampuan finansial sangat dibutuhkan. Salah satu alternatif sumber dana yang dapat diperoleh oleh suatu perusahaan adalah dengan menggunakan jasa perusahaan pembiayaan dengan keunggulan proses yang cepat,syarat yang mudah dan ketentuan yang fleksibel membuat perusahaan dapat memenuhi kebutuhan usaha. Analisis dilakukan terhadap PT. Chandra Sakti Utama Leasing, salah satu perusahaan pembiayaan alat berat di Indonesia. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT sehingga dapat menghasilkan nilai IFAS (Internal Factor Analysis Summary) dan EFAS (External Factor Analysis Summary) untuk menentukan posisi perusahaan tersebut dalam kuadran Matrik SWOT, serta strategi-strategi alternatif yang dapat digunakan perushaaan sebagai informasi dan bahan pertimbangan yang dapat menunjang dalam menghadapi perkembangan dan kemajuan industri pembiayaan pada masa akan datang.
PENGELOLAAN ARSIP DIGITAL SURAT MASUK DAN KELUAR MENGGUNAKAN TEKNIK DOCUMENT SCANNING, OPTICAL CHARACTER RECOGNITION, DAN DATA INDEXING Boy Firmansyah
Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI) Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI)
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.545 KB) | DOI: 10.55122/junsibi.v1i1.105

Abstract

Pengelolaan arsip (berkas) surat masuk dan surat keluar selama ini rata-rata dilakukan secara konvesional berupa hardcopy atau lembaran kertas yang menyusahkan dalam hal pencarian surat jika sewaktu –waktu diperlukan. Surat masuk dalam beberapa tahun yang lalu akan lebih susah ditemukan jika tempat penyimpanannya berupa hardcopy baik karena makin menumpuknya arsip ataupun karena arsip surat yang tersimpan sudah rusak. Kerumitan dan kesulitan ini dapat diselesaikan dengan memanfatkan kemajuan dibidang teknologi informasi yaitu komputerisasi untuk menangani arsip surat masuk dan keluar. Pengelolaan dengan pemanfaatan teknologi komputer tersebut bukan lagi berupa hardcopy (cetakan) atau lembaran kertas melainkan sudah berupa file (berkas) hasil pemindaian secara digital surat yang asli (sumber). Arsip hasil pemindaian akan direkam dengan kode tertentu agar memudahkan pada saat pencarian sehingga arsip (berkas) yang telah masuk pada beberapa tahun yang lalu tidak dalam keadaan rusak serta mudah dicari
ANALISA DAN PERANCANGAN PEMINATAN PEMILIHAN MAKANAN DAN MINUMAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI Herly Nurrahmi; Gaung Sukma
Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI) Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI)
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.422 KB) | DOI: 10.55122/junsibi.v1i1.106

Abstract

Perkembangan usaha kedai kopi sampai saaat ini berada pada pertumbuhan yang sangat tinggi. Data mining diperlukan dalam penjualan produk pada coffee shop untuk menentukan pola kombinasi makanan dan minuman. Algoritma apriori digunakan pada teknik data mining yang diimplementasikan pada sistem persediaan dengan menggunakan data data penjualan produk coffee shop sebelumnya. Metode spiral digunakan sebagai metode pengembangan sistem. Bahasa pemograman PHP digunakan untuk analisa pemilihan makanan dan minuman sedangkan untuk database menggunakan MySQL dan menggunakan Microsoft Visio untuk hasil perancangan program. Aplikasi berbasis web yang dibuat dapat membantu customer dan barista untuk mengetahui produk yang paling diminati dan yang kurang diminati dalam kurun waktu tertentu sehingga bermanfaat dalam proses evaluasi untuk kemajuan dan kenyamanan Barista dan Customer di coffee.

Page 1 of 1 | Total Record : 5