cover
Contact Name
Magdalena Pranata Santoso
Contact Email
magdaps@petra.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
aletheia_journal@petra.ac.id
Editorial Address
Faculty of Teacher Education, Petra Christian University, Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya 60236, Indonesia
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Aletheia Christian Educators Journal
ISSN : -     EISSN : 27763714     DOI : https://doi.org/10.9744/aletheia
Core Subject : Education,
ALETHEIA Christian Educators Journal merupakan wadah publikasi hasil penelitian Pendidikan Kristen yang memiliki nomor e-ISSN 2776-3714, yang secara daring (online) diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Kristen Petra dengan tujuan (1) Mempublikasikan berbagai hasil penelitian merupakan hasil penelitian kualitatif maupun kuantitatif, penelitian konseptual dan artikel-artikel dengan tujuan dan lingkup yang ditetapkan, (2) Mempublikasikan berbagai hasil penelitian di antaranya penelitian lapangan kuantitatif maupun kualitatif, kajian konseptual dan kritis, studi kasus dan bentuk pemikiran orisinal lainnya dalam lingkup penelitian Pendidikan Kristen, dan (3) Menjadi media informasi dan media pengkajian untuk mengembangkan profesional dan praktik situasional, meningkatkan penelitian ilmiah di berbagai bidang dalam pendidikan Kristen serta mendukung dan memberi inspirasi bagi para pendidik Kristen.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2021): OKTOBER 2021" : 7 Documents clear
PERAN GURU DALAM MENGAJARKAN NILAI KRISTEN DI KELAS BAHASA INGGRIS SEKOLAH DASAR KRISTEN “X” SURABAYA Linda Linda
Aletheia Christian Educators Journal Vol 2 No 2 (2021): OKTOBER 2021
Publisher : Faculty of Teacher Education - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (523.265 KB) | DOI: 10.9744/aletheia.2.2.125-135

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengajarkan nilai Kristen di kelas Bahasa Inggris di Sekolah Dasar Kristen ‘X’ Surabaya. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan melalui kegiatan wawancara, observasi, dan pencatatan dokumen dalam bentuk anekdot. Sumber data dari penelitian ini adalah seorang guru Bahasa Inggris kelas 2 SD yang mengajar di empat kelas dengan total sebanyak 97 murid. Topik ini dipilih karena melihat betapa pentingnya membawa murid mengenal Tuhan melalui Bahasa Inggris. Bahasa Inggris adalah karunia unik dari Tuhan untuk melayani Tuhan, diri sendiri, dan sesama. Alasan ini yang membuat peneliti melakukan penelitian pada empat keterampilan dasar dalam Bahasa Inggris yaitu listening, reading, writing, dan speaking. Kesimpulan yang didapatkan adalah ada usaha dari pihak sekolah dan guru untuk dapat menghadirkan Tuhan di dalam kelas Bahasa Inggris. Pihak sekolah menetapkan adanya bagian ‘Integrasi Alkitab’ di dalam rancangan proses pembelajaran harian. Guru tidak hanya mengisi bagian tersebut dengan penuh pertimbangan tetapi juga menghidupi ayat Firman Tuhan yang diajarkan di kelas dan menjadi teladan yang nyata bagi setiap murid yang diajar
PERAN KEPALA SEKOLAH BERDASARKAN KEPEMIMPINAN KRISTEN YANG MENOLONG GURU SDTK KASIH KARUNIA KUPANG UNTUK MEMILIKI DISIPLIN ROHANI Azalia Elmaivana Jovita
Aletheia Christian Educators Journal Vol 2 No 2 (2021): OKTOBER 2021
Publisher : Faculty of Teacher Education - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.297 KB) | DOI: 10.9744/aletheia.2.2.136-143

Abstract

Kepemimpinan Kristen adalah kepemimpinan yang berlandaskan pada nilai-nilai Kristiani dan yang menjadikan Kristus sebagai teladan. Di sekolah Kristen yang menjadi pemimpin adalah kepala sekolah. Kepala sekolah SDTK Kasih Karunia Kupang sudah menjalankan peran pemimpin Kristen dalam menolong guru memiliki disiplin rohani sebagai pendidik, pemberi motivasi, dan pemimpin. Kepala sekolah memandang disiplin rohani sebagai hal yang penting, maka dari itu kepala sekolah harus membuat program yang menunjang disiplin rohani dan didukung oleh tindakan secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah berdasarkan kepemimpinan Kristen untuk menolong guru memiliki disiplin rohani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, peneliti melakukan observasi sebanyak 2 tahap. Tahap pertama dilakukan pada tanggal 11 Januari - 24 Januari, dan tahap kedua dilakukan dari bulan November - Desember. Pengumpulan data juga dilakukan secara wawancara, yang menjadi narasumber adalah kepala sekolah dan 3 orang guru SDTK Kasih Karunia Kupang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah telah menjalankan tiga peran sebagai pendidik, pemberi motivasi dan pemimpin. Dari ketiga peran tersebut dapat menolong guru untuk memiliki disiplin rohani.
IMPLEMENTASI PENGHARGAAN DAN KONSEKUENSI BERDASARKAN PENDIDIKAN KRISTEN DI KELAS 4C SEKOLAH DASAR KRISTEN “H” MALANG Emmanuela Oktafiyeni Baik
Aletheia Christian Educators Journal Vol 2 No 2 (2021): OKTOBER 2021
Publisher : Faculty of Teacher Education - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.149 KB) | DOI: 10.9744/aletheia.2.2.144-150

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengimplementasian penghargaan dan konsekuensi berdasarkan pendidikan Kristen sebagai metode mendisiplinkan murid. Sekolah Dasar Kristen “H” Malang sebagai salah satu sekolah yang menggunakan metode ini dalam mendidik murid-muridnya. Kesesuaian perspektif guru dengan perspektif Alkitab turut menentukan pengimplementasian penghargaan dan konsekuensi ini. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif sesuai dengan teori Moleong dan Ferdiansyah. Hasil penelitian menunjukkan dalam mengimplementasikan penghargaan dan konsekuensi perlu adanya kerjasama guru sebagai wakil sekolah dengan orang tua. Pengimplementasian penghargaan dan konsekuensi perlu di lakukan di sekolah dan rumah
PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MURID MELALUI PEMBERIAN ‘REWARD SUPER STUDENT’ DI SEKOLAH DASAR KRISTEN ‘B’ SURABAYA Natalia Dewi
Aletheia Christian Educators Journal Vol 2 No 2 (2021): OKTOBER 2021
Publisher : Faculty of Teacher Education - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (631.583 KB) | DOI: 10.9744/aletheia.2.2.151-156

Abstract

Dalam proses sebuah pendidikan pasti ada kalanya murid tidak mampu belajar dengan baik. Motivasi belajar membuat murid lebih mudah untuk belajar. Untuk membuat murid semangat belajar atau aktif dalam proses pembelajaran maka diperlukan guru yang memotivasi murid untuk belajar. Dalam penelitian kali ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar murid menggunakan Reward Super Student. Penelitian ini menggunakan teori behavioristic yang dicetuskan oleh B.F Skinner untuk mengetahui motivasi belajar murid. Guru memberikan Reward Super Student saat murid berhasil mencapai tujuan pembelajaran. Reward ini bisa didapatkan saat murid aktif bertanya, menjawab dan presentasi. Cara guru untuk menumbuhkan motivasi belajar murid didapatkan melalui 3 cara. Pertama, pembelajaran melalui proyek kelas. Kedua, kepemimpinan dan yang terakhir tugas tanggung jawab untuk meningkatkan motivasi belajar murid. Guru menggunakan ketiga cara tersebut untuk memotivasi belajar murid digabungkan dengan pemberian reward super student Dari hasil penelitian penggunaan Reward Super Student berhasil untuk memotivasi murid mau belajar.
HUBUNGAN PENGGUNAAN ASESMEN BERBASIS PROJECT TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MURID DI SEKOLAH DASAR TEOLOGI KRISTEN PELANGI KRISTUS SURABAYA Windy Franola Sine
Aletheia Christian Educators Journal Vol 2 No 2 (2021): OKTOBER 2021
Publisher : Faculty of Teacher Education - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (610.938 KB) | DOI: 10.9744/aletheia.2.2.157-163

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan di Indonesia perlu membangun kemandirian murid dalam belajar. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan agar terciptanya sumber daya manusia yang memiliki kompetensi yang utuh. Salah satu faktor kemandirian belajar adalah asesmen berbasis project. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan asesmen berbasis project terhadap kemandirian belajar murid. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional berdasarkan teori Sugiyono, yang dilakukan di Sekolah dasar Teologi Kristen Pelangi Kristus Surabaya. Sampel penelitian sebanyak 45 murid dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket kuesioner. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara asesmen berbasis project terhadap kemandirian belajar murid.
HUBUNGAN KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP PERILAKU NEGATIF MURID SEKOLAH DASAR TEOLOGI KRISTEN PELANGI KRISTUS SURABAYA Wia Wulandari
Aletheia Christian Educators Journal Vol 2 No 2 (2021): OKTOBER 2021
Publisher : Faculty of Teacher Education - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (668.369 KB) | DOI: 10.9744/aletheia.2.2.164-170

Abstract

Sebanyak 153 kasus kekerasan fisik dan bullying terjadi pada tahun 2019, 39% di antaranya terjadi pada tingkat SD, di mana 30% pelakunya adalah murid sendiri. Salah satu faktor yang menyebabkan murid berperilaku negatif di sekolah adalah keharmonisan keluarga. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keharmonisan keluarga terhadap perilaku negatif murid. Data diperoleh melalui pengisian kuesioner oleh 45 murid Sekolah Dasar Teologi Kristen Pelangi Kristus Surabaya yang didampingi orang tua dalam proses pengisiannya. Data dianalisis berdasarkan teori Sugiyono dengan pengujian persyaratan seperti uji normalitas dan uji linearitas data; uji regresi untuk melihat besar kontribusi variabel keharmonisan keluarga terhadap perilaku negatif murid; serta uji korelasi untuk melihat apakah ada hubungan antara keharmonisan keluarga terhadap perilaku negatif murid.
KETERAMPILAN GURU SD KRISTEN “X” SURABAYA DALAM MENOLONG MURID SD BELAJAR DI KELAS BERDASARKAN PENDIDIKAN KRISTEN Nita Agnesia Prana Putri
Aletheia Christian Educators Journal Vol 2 No 2 (2021): OKTOBER 2021
Publisher : Faculty of Teacher Education - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (695.14 KB) | DOI: 10.9744/aletheia.2.2.171-178

Abstract

Keterampilan guru adalah kemampuan yang dapat dilakukan oleh guru untuk menolong para murid belajar di dalam kelas. Sebagai guru Kristen, keterampilan yang dimiliki dapat digunakan untuk menolong para murid belajar di dalam kelas sesuai dengan pendidikan Kristen. Keterampilan yang dimaksud adalah keterampilan dalam hal bertanya, keterampilan melakukan variasi, keterampilan dalam memberikan penguatan dan keterampilan dalam hal menjelaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru Kristen di SD Kristen “X” untuk menolong murid belajar di kelas berdasar teori yang dikemukakan oleh Debora dan Han pada tahun 2020. Penelitian ini mengambil data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru di SD Kristen “X” Surabaya telah menjalankan pendidikan Kristen dengan benar melalui keterampilan mengajar yang dilakukan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7